Web Resmi Pengumuman SBMPTN Tahun 2021/2022

Web Resmi Pengumuman SBMPTN Tahun 2021/2022 – Apa yang akan anda lakukan setelah lulus sekolah? Jika pertanyaan tersebut diberikan kepada anak sekolah menengah atas, mungkin sebagian besar mereka menjawab, akan berkuliah. Jika pertanyaan tersebut dilanjutkan dengan, kuliah dimana? Sebagian besar juga pasti akan menyebutkan berbagai universitas negeri terbaik di Indonesia. 

Sebagai bahan acuan saja jika dilihat pada web resmi pengumuman SBMPTN 2021 maka peminat untuk mengikuti seleksi masuk SBMPTN sangat banyak, menjadi bukti bahwa universitas negeri masih menjadi idaman banyak anak-anak Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya.

Mengapa PTN?

Pertanyaan yang mungkin sering terbesit di benak kita atau mereka yang tidak paham akan sistem pendidikan di perguruan tinggi adalah mengapa harus berkuliah di universitas atau perguruan tinggi negeri (PTN). 

Sebenarnya tidak ada keharusan, namun banyaknya anak-anak yang memilih PTN karena melihat kualitas dari PTN. Banyak memang PTS yang juga kualitasnya baik, namun PTN memiliki kualitas yang terpercaya sejak dahulu.

Alasan berikutnya yang juga cukup banyak diberikan adalah karena biaya kuliah di PTN relatif lebih murah dibandingkan dengan PTS. Sehingga dengan kuliah di PTN dapat dijangkau oleh siapa saja, termasuk mereka yang berangkat dari ekonomi menengah ke bawah.

Sayangnya didunia ini tidak ada yang mudah. Untuk kuliah di PTN impian juga butuh usaha. Seleksi masuk PTN terbilang sangat menakutnya. Salah satu tes masuknya adalah melalui SBMPTN. Jika melihat pada web resmi pengumuman SBMPTN 2021 maka kita semua akan tahu bahwa setiap tahunnya persaingan di SBMPTN semakin meningkat.

Jika lengah sedikit sudah tentu akan tertinggal. Maka tak heran jika mereka yang berkeinginan kuat untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri, rela menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan mempersiapkan SBMPTN bahwa jauh-jauh hari sebelum kelulusan.

Persiapan Untuk SBMPTN

Sebenarnya seleksi masuk ke perguruan tinggi bukan hanya melalui SBMPTN saja, namun banyak jalur lainnya seperti jalur undangan dan jalur mandiri. Jalur undangan hanya diperoleh untuk mereka yang memiliki nilai raport terbaik dan berprestasi semasa sekolah, sedangkan untuk jalur mandiri adalah seleksi yang khusus yang diselenggarakan oleh universitas yang bersangkutan.

Untuk seleksi mandiri terkenal jauh lebih sulit di bandingkan SBMPTN karena setiap universitas memiliki standar masih-masing. Soal yang mereka buat juga soal khusus hanya untuk kepentingan instansi mereka sehingga tentu saja standarnya harus mengikuti ketentuan yang mereka buat.

Jalan yang paling banyak ditempuh adalah SBMPTN. Tes ini sebenarnya cukup menakutkan juga, namun jika dipersiapkan dengan matang, siapa saja dapat menaklukkan tes ini. Beberapa persiapan yang bisa dilakukan untuk menghadapi SBMPTN diantaranya:

1. Belajar soal-soal SBMPTN

Ini adalah persiapan wajib yang harus dilakukan siapa saja yang hendak berjuang di SBMPTN. Soal-soal SBMPTN mungkin terkenal sulit, namun bukan berarti tidak bisa ditaklukkan. Siapa saja bisa lolos SBMPTN asal mampu menjawab pertanyaan yang disuguhkan dengan benar. 

Terbiasa berlatih soal-soal SBMPTN akan membuat anda lebih yakin saat nantinya mengikut tes seleksi yang sesungguhnya. anda akan terbiasa dengan soal sulit, sehingga otak anda akan bekerja dengan lebih mudah.

2. Pahami segala ketentuannya

SBMPTN memiliki ketentuan tersendiri terutama dalam hal skoring. Di SBMPTN terdapat peraturan skor minus ketika menjawab salah. Hal-hal basic seperti ini yang harus diperhatikan para peserta SBMPTN. Lebih lengkap tentang peraturan SBMPTN dapat dilihat pada laman web resmi pengumuman SBMPTN 2021.

3. Mengikuti tryout

Tryout atau percobaan merupakan salah satu bentuk persiapan yang cukup efektif. Dengan mengikuti tryout maka anda akan mengetahui kemampuan anda dalam menghadapi SBMPTN nantinya. anda akan tahu apakah belajar anda selama ini sudah maksimal atau belum. 

Jika hasil tryout masih belum memuaskan maka tandanya anda harus belajar lebih keras lagi untuk menghadapi tes yang sesungguhnya. Namun jika hasil tryout sudah mencapai target anda juga tidak boleh berpuas diri, tetap harus memaksimalkan segala bentuk persiapan untuk SBMPTN.

Daftar SBMPTN 2021

Jika ingin mendaftar SBMPTN maka anda juga harus mengetahui dimana anda harus mendaftarkan diri. Untuk SBMPTN sendiri sebenarnya sudah diakomodir secara online. Jadi semua proses pendaftaran dilakukan melalui website resmi yang didesain untuk mempermudah para peserta.

Namun sebelum mendaftar anda harus terlebih dahulu mengetahu persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar. Persyaratan yang dibutuhkan semua tertuang pada web resmi pengumuman SBMPTN 2021 yang dapat anda akses dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Cermati dengan baik semua persyaratan yang ada dan persiapkan semuanya dengan maksimal.

Jika persyaratan sudah lengkap, maka proses pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri di laman resmi SBMPTN dan anda akan diminta untuk memilih tempat lokasi tes. Pilihkan tempat lokasi terdekat dari domisili anda agar memudahkan mobilitas anda.

Selanjutnya anda akan diminta untuk membayarkan biaya pendaftaran. Pembayaran biasanya dapat dilakukan di beberapa bank. Carilah bank yang dekat dengan rumah sehingga mempercepat proses pendaftaran. Sebagai tips alangkah baiknya mendaftar di jam-jam senggang seperti pagi hari atau tengah malam, untuk menghindari server down karena banyak yang mengakses.

Catat nomor peserta beserta waktu tes dan lokasi tes. Datanglah ke lokasi tes sehari sebelum pelaksanaan agar anda tahu tempat lokasi beserta ruangannya, sehingga di hari pelaksanaan anda tidak banyak menghabiskan waktu untuk mencari ruangan tes. 

Web Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022

Pengumuman biasanya dapat diketahui beberapa minggu sampai satu bulan setelah tes. Pengumuman dapat dilihat di web resmi pengumuman SBMPTN 2021 atau web alternatif khusus untuk pengumuman SBMPTN. 

Web alternatif atau sering disebut sebagai web miror biasanya dikelola oleh universitas tertentu. anda dapat mengakses website ini sebagai solusi karena biasanya web utama SBMPTN down karena banyak yang mengakses di waktu yang sama. 

Tenang saja, meskipun ini hanya web alternatif, namun isi atau informasi yang ada didalamnya sama dengan website utamanya. Website alternatif ini hanya untuk mempermudah peserta untuk mendapatkan informasi seputar pengumuman dengan cepat dan mudah. 

Cara untuk melihat pengumuman SBMPTN sebenarnya cukup mudah, baik di laman utama atau laman miror. anda hanya akan diminta untuk menginput nomor peserta dan juga tanggal lahir. Kemudian tekan search atau cari, dan dengan sendirinya pengumuman akan muncul. Biasanya yang lulus akan diberi tampilan warna hijau dan yang tidak lulus akan diberi tampilan warna merah.

Baca juga :

  1. Situs Alternatif Melihat Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  2. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  3. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022
  4. Pengumuman SBMPTN LTMPT ac id 2021/2022
  5. Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTN 2021/2022

Jika lulus maka laman web resmi pengumuman SBMPTN 2021 akan memberikan link untuk proses registrasi di universitas masing-masing. Proses registrasi biasanya dilakukan secara online dan secara langsung. Namun hal tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Di era pandemi seperti ini mungkin kebijakannya juga akan berbeda di masing-masing universitas. 

anda perlu cermat dalam proses registrasi agar data-data yang anda input tidak keliru sehingga tidak akan merepotkan anda dikemudian hari.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close