UTBK SBMPTN 2020 Ditunda, Persiapkan 7 Hal Penting Ini

UTBK SBMPTN 2020 – Wabah Virus Corona (Covid-19) yang semakin menyebar luas di Indonesia memiliki dampak yang cukup signifikan. Selain Ujian Nasional (UN) yang dibatalkan, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) juga sepakat untuk menunda pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Hal ini dilakukan demi menekan penyebaran wabah Virus Corona yang angkanya terus bertambah setiap harinya. Penundaan ini berlaku untuk UTBK tahap satu dan tahap dua hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sembari menunggu pengumuman lebih lanjut seputar UTBK SBMPTN 2020, ada baiknya anda mempersiapkan 7 hal penting yang akan dijelaskan berikut ini.

UTBK SBMPTN 2020
non-indonesia-distribution.brta.in

 

Melalui Surat Edaran Nomor 09/SE.LTMPT/2020, LTMPT memutuskan untuk mengundurkan waktu pendaftaran dan penyelenggaraan UTBK 2020. UTBK ini merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. Jika melihat jadwal sebelumnya, seharusnya pendaftaran UTBK tahap satu akan digelar pada 30 Maret hingga 11 April 2020 mendatang dan untuk tes UTBK sendiri akan dilakukan pada 20-26 April 2020. Kemudian pendaftaran UTBK tahap dua seharusnya digelar pada 14-16 April 2020, sementara tesnya digelar pada 1-3 Mei 2020.

Apa itu UTBK dan SBMPTN?

UTBK

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT). Di mana UTBK ini terdiri dari dua jenis tes, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Jika di tahun 2019 kemarin UTBK dilakukan secara tertulis, maka di tahun ini sebaliknya. Nantinya nilai UTBK inilah yang akan digunakan untuk untuk melengkapi persyaratan wajib masuk ke perguruan tinggi, melalui 2 jalur yang sudah ditetapkan LTMPT yaitu, SBMPTN dan Ujian Mandiri.

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan tes atau ujian tulis sebelum masuk perguruan tinggi. Materi yang diujikan dalam SBMPTN ini terbagi menjadi tiga jenis, yakni IPA, IPS & IPC. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, SBMPN kali ini hanya bersifat seleksi saja. Setelah anda lakukan pendaftaran SBMPTN sesuai dengan PTN tujuan anda, nanti pihak perguruan tinggi lah yang akan menentukan siswa mana yang layak masuk ke perguruan tinggi tersebut. Penilaian ini tentunya sesuai dengan kriteria dari masing-masing perguruan tinggi dan berbekal dari hasil nilai UTBK yang telah anda lalui.

Hal penting yang perlu disiapkan untuk UTBK SBMPTN

Sambil menunggu pengumuman lebih lanjut dari LTMPT terkait pelaksanaan UTBK SMBPTN 2020, ada baiknya anda mempersiapkan diri di rumah sebaik mungkin. Mengingat korban dari wabah Virus Corona yang terus bertambah setiap harinya, Mamikos menyarankan anda untuk di rumah saja guna meminimalisir bertemu dengan orang banyak. Bila anda ingin lulus SBMPTN 2020, anda harus benar-benar mempersiapkan diri menghadapinya. Berikut Mamikos rangkum 7 hal penting yang perlu anda persiapkan sambil menunggu UTBK SBMPTN 2020.

1. Pastikan kesehatan anda terjaga

UTBK SBMPTN nantinya akan dilaksanakan di depan layar komputer selama beberapa jam. Maka, anda harus menjaga kesehatan supaya bisa mengerjakan soal-soal dengan optimal. Jangan sampai terlalu lelah dan tidak kuat menatap layar komputer. Upayakan tidur tepat waktu dan jangan memaksakan diri saat belajar. Bila perlu, puasa gadget dulu supaya konsentrasi anda bisa full ketika mengerjakan soal di layar nanti. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa terhindar dari berbagai penyakit, mengingat sekarang sedang maraknya penyebaran Virus Corona.

2. Perbanyak membaca dan mengerjakan soal soal HOTS

Soal jenis High Order Thinking Skill (HOTS) akan memberikan bobot penilaian yang lebih tinggi. Menjawab soal HOTS akan membantu anda memperoleh nilai yang lebih baik untuk bekal menuju jurusan yang anda idamkan. Soal HOTS ini dapat dengan mudah anda temukan di internet. Sekarang tergantung dirimu, mau mencari atau tidak.

3. Latihan Prediksi soal ujian UTBK SBMPTN

Berlatih, berlatih, dan berlatih adalah salah satu hal penting yang wajib. Sebelum menghadapi ujian SBMPTN yang sesungguhnya, para calon peserta yang akan mengikuti ujian disarankan untuk terus berlatih dengan soal yang diprediksi akan diujikan, saintek maupun soshum, termasuk dengan model soal di dalamnya. Dengan semakin banyak berlatih, maka semakin besar kemungkinannya untuk bisa menaklukan soal SBMPTN.

4. Mengasah kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat

Semakin sering durasi anda meluangkan waktu untuk membahas soal-soal HOTS, anda pun secara otomatis akan terlatih menjawab soal dengan cepat dan tepat. Kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal menjadi poin penting bagi anda pejuang SBMPTN 2020. Mulai sekarang, anda wajib melatih diri mengerjakan soal dengan cepat dan tepat ya teman-teman. Kecepatan mengerjakan soal juga sangat diperlukan, karena ini akan membantu anda menyelesaikan banyak soal, khususnya TKPA (Tes Potensi Akademik).

5. Tingkatkan rasa percaya dirimu

Salah satu syarat terpenting yang harus anda miliki ketika akan menghadapi UTBK adalah memiliki rasa percaya diri. Jika anda tidak memiliki kepercayaan diri maka akan sulit mengerjakan soal UTBK dengan benar. Siapkan kepercayaan dirimu sebaik mungkin selagi UTBK SBMPTN sedang ditunda. Percaya saja dengan kemampuanmu, dan lakukan yang terbaik.

6. Biasakan menggunakan komputer dalam mengerjakan soal latihan UTBK SBMPTN

Manfaatkanlah komputer atau laptop di rumah untuk mengikuti tes-tes yang dilakukan secara online. Kini sudah banyak platform-platform yang menawarkan tes UTBK secara gratis via daring. Mengapa hal ini wajib anda lakukan? Karena dengan membiasakan diri mengikuti tes UTBK SBMPTN secara online, anda pun akan memiliki rasa percaya diri dan mengetahui segala proses teknis pengerjaan.

7. Hindari kesalahan teknis

Yang terpenting, ketika UTBK SBMPTN berlangsung nanti hindarilah kesalahan-kesalahan teknis berupa komputer atau laptop yang tidak terhubung ke listrik, koneksi internet yang putus, lupa username & password. Untuk itu, anda pun boleh mempersiapkan diri sematang mungkin agar nantinya ketika UTBK SBMPTN belangsung anda terhindar dari kendala-kendala yang tidak diinginkan.Selain itu, dengan membiasakan diri mengikuti latihan soal UTBK SBMPTN secara online, anda akan terbiasa dengan ujian online, sehingga rasa grogi anda akan berkurang. Jangan sepele pernah menyepelekan latihan ya, karena latihan yang cukup akan membantu memperkuat mental anda.

LTMPT mengeluarkan kebijakan menunda pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2020 akibat pandemi global COVID-19 yang sudah masuk Indonesia. Meskipun UTBK SBMPTN 2020 ditunda, anda pun bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin di rumah. Jika anda masih memiliki pertanyaan lainnya seputar UTBK SBMPTN, anda bisa gali informasi lebih banyak lagi melalui situs blog Mamikos. Buat anda yang berencana ingin merantau ke luar kota untuk menempuh pendidikan, maka jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel anda ya! Di aplikasi Mamikos anda akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah yang bisa menjadi tempat tinggal anda nantinya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close