UTBK 2021 Sudah Dibuka, Kapan Waktu yang Pas Buat Daftar?

UTBK 2021 Sudah Dibuka, Kapan Waktu yang Pas Buat Daftar? – Mulai hari ini pukul 15.00 WIB, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 telah dibuka. Pendaftaran ini akan dibuka hingga 1 April 2021. Lantas, kapan waktu yang pas untuk mendaftar UTBK? Yuk simak info lengkapnya di bawah ini.

Berikut Info Terbaru Terkait Pendaftaran UTBK 2021

blue.kumparan.com

Seperti yang kita ketahui, pendaftaran UTBK 2021 sudah dibuka mulai 15 Maret 2021 tepat pukul 15.00 WIB. Siswa-siswi lulusan tahun 2019, 2020 dan 2021 pun dipersilahkan LTMPT untuk mendaftarkan diri sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Karena hanya diperbolehkan ikut sekali, tentunya peserta harus mempersiapkan diri sejauh mungkin agar dapat mengerjakan soal-soal UTBK dengan baik dan benar.

Kapan UTBK 2021?

Untuk bisa mendaftar UTBK 2021, tentunya dirimu harus memiliki akun LTMPT terlebih dahulu. Registrasi akun LTMPT ini sendiri sudah dibuka pada 7 Februari 2021 dan ditutup pada 12 Maret 2021 lalu. Jika sudah memiliki akun LTMPT, selanjutnya dirimu pun bisa mendaftar UTBK pada 15 Maret hingga 1 April 2021. Nantinya, UTBK akan dilaksanakan pada 12 hingga 18 April (gelompang I) dan 26 April hingga 2 Mei 2021 (gelombang 2).

Kapan Waktu yang Pas Daftar UTBK 2021?

Seperti yang kita ketahui, UTBK tahun ini juga akan diadakan sebanyak dua gelombang layaknya pada tahun lalu. Berdasarkan pengalaman siswa-siswi yang mengikuti UTBK di tahun 2020, ternyata hari UTBK mempengaruhi kelulusan UTBK. Siswa-siswi yang mengikuti UTBK di gelombang pertama rata-rata memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti UTBK gelombang kedua. 

Soal-soal UTBK yang ada di UTBK gelombang pertama memang tidak jauh berbeda dengan soal-soal UTBK yang ada di gelombang kedua. Namun jika berbicara soal mental, maka mental siswa-siswi yang mengikuti UTBK gelombang kedua akan jauh lebih siap menghadapi UTBK. Intinya, karena waktunya lebih lama maka peserta UTBK gelombang kedua lebih siap. Peserta UTBK gelombang kedua pun akhirnya lebih mudah mengisi soal-soal yang dianggap susah oleh peserta UTBK gelombang pertama.

Semakin banyak siswa yang mengisi soal-soal tersebut dengan benar maka bobot soal semakin rendah. Hal ini yang menyebabkan peserta yang mengikuti UTBK gelombang pertama memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan siswa-siswi di gelombang kedua. Jadi, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk mendaftar UTBK 2021?

Mamikos sarankan untuk kalian tidak mendaftar UTBK di hari pertama, karena jika dirimu mendaftar di hari pertama maka dirimu juga akan mengikuti UTBK di hari pertama. Jika dirimu memilih UTBK di hari pertama, takutnya dirimu akan menyesal nantinya. Karena biasanya di hari pertama UTBK digelar akan banyak keluar bocoran tipe tipe soal UTBK yang akan keluar di media sosial.

Untuk menghindari kekecewaan, maka jangan pilih UTBK di hari pertama. Namun, dirimu juga tidak disarankan untuk mendaftar UTBK di hari terakhir. Takutnya nanti dirimu tidak mendapatkan lokasi Pusat UTBK sesuai yang diinginkan. 

Meskipun kita tidak bisa memilih kapan gelombang dan sesi UTBK. Namun, kita masih bisa menggunakan strategi untuk tidak mendaftar UTBK di hari pertama. Karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, siswa yang mendaftar di hari pertama UTBK dibuka maka akan mendapatkan sesi pertama di gelombang pertama.

Nah, itu tadi informasi singkat yang bisa Mamikos bagikan kepada kalian terkait trik daftar UTBK 2021. Mamikos infokan kembali bahwa pendaftaran UTBK 2021 sudah dibuka sejak 15 Maret 2021 pukul 15.00 WIB. Agar dirimu tidak mendapatkan jadwal ujian di sesi pertama dan gelombang pertama, ada baiknya dirimu tidak mendaftar UTBK di hari pertama pendaftaran dibuka ya. Oh iya, jika dirimu membutuhkan informasi lainnya khususnya terkait kost-kostan maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel ya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close