UTBK 2020 Hari Pertama Selesai, Link Contoh Soal UTBK 2020 dari LTMPT

UTBK 2020 Hari Pertama Selesai, Link Contoh Soal UTBK 2020 dari LTMPT – Pelaksanaan UTBK gelombang pertama berlangsung tanggal 5 – 14 Juli 2020. Sangat wajar jika peserta UTBK merasa gugup sebelum UTBK tiba. Selain karena jumlah peserta UTBK tahun 2020 yang cukup banyak, materi UTBK berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) yang diujikan juga cukup menantang.

Link Contoh Soal UTBK dari LTMPT

sutraline.id

Materi yang diujikan saat UTBK, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) mengukur kemampuan calon mahasiswa sebelum masuk Perguruan Tinggi. Semain tinggi nilai TPS, potensi keberhasilan untuk menyelesaikan studi di suatu Perguruan Tinggi pun akan semakin besar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika calon mahasiswa belajar keras untuk menaklukkan soal-soal UTBK yang cukup sulit. Harapannya, peserta UTBk akan terbiasa mengerjakan soal tersebut dan menjadi semakin siap ketika ujian tiba.

Bingung tentang cara belajar soal UTBK?. Meskipun UTBK sudah mulai dilaksanakan, dirimu bisa meneruskan proses belajar. Kali ini Mamikos akan memberikan link contoh soal UTBK dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sebagai lembaga resmi, LTMPT merupakan penyelenggara yang diakui dan lembaga resmi.

Sebagai referensi sumber belajar TPS dalam menghadapi UTBK, dirimu bisa mendownload soal UTBK di link ini. Gunakan aplikasi pembuka pdf di ponsel atau di PC untuk bisa membuka file tersebut.

Berikut ini adalah salah satu contoh soal dari LTMPT yang bisa dirimu gunakan untuk belajar sebelum UTBK tiba. Soal berikut adalah soal pemahaman bacaan dan menulis.

Tulisan berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkanlah apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E).

Setiap suku memiliki ritual tersendiri, mulai dari ritual yang biasa hingga ekstrem (4), untuk menunjukkan rasa duka akibat kehilangan anggota keluarganya. Bagi suku Dani yang bermukin di papua (5), kebersamaan sangat penting. Oleh karena itu, saat kehilangan anggota keluarga, mereka akan segera memotong ruas jarinya. Tradisi itu dikenal sebagai Iki Palek.

4. A. Tidak perlu diperbaiki
B. Aneh
C. Lazim
D. Ganjil
E. Luar biasa

5. A. Tidak perlu diperbaiki
B. Papua
C. Papua
D. “Papua”
E. “Papua

Jawaban:
6. A
7. B

Contoh Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif

1. Bilangan berikut yang merupakan bilangan kuadrat sekaligus bilangan pangkat tiga adalah…
A. 8
B. 27
C. 64
D. 81
E. 100

2. Manakah di antara bangun berikut yang merupakan bangun datar?

1. Persegi
2. Balok
3. Trapesium
4. Kerucut

A. (1), (2), dan (3) saja yang benar
B. (1) dan (3) saja yang benar
C. (2) dan (4) saja yang benar
D. Hanya (4) yang benar
E. Semua pilihan benar

Jawaban:
1. C
2. B

Cara Sukses Mengerjakan Tes Potensi Skolastik

Apakah semua Tes Potensi Skolastik sulit dikerjakan? Ternyata tidak. Jika dirimu sudah mengetahui konsep dan pola soal pada tes tersebut, proses pengerjaan akan menjadi lebih mudah. Namun, memang ada tantangan khusus pada TPS UTBK tahun 2020 karena sebagian soal berbahasa Inggris. Jadi, selain perlu menguasai materi TPS, secara tidak langsung dirimu pun diminta untuk belajar bahasa Inggris.

1. Mencetak Soal Latihan

Contoh soal UTBK yang diberikan LTMPT di atas masih berupa file pdf yang bisa dilihat di ponsel atau PC. Tentunya dirimu tidak bisa membuat coretan atau mengerjakan langsung di file tersebut kecuali menggunakan aplikasi khusus. Agar belajar menjadi lebih mudah, cetaklah soal latihan UTBK pada selembar kertas.

Mencetak soal akan membuat belajar lebih nyaman karena dirimu tidak terus terpaku pada gadget. Beri tanda pada soal-soal yang dirimu anggap sulit dan belum dirimu pahami teorinya. Cetaklah soal-soal UTBK pada kertas bekas yang masih layak pakai. Ini juga menjadi bentuk kontribusimu untuk menjaga lingkungan.

2. Mengerjakan Soal dengan Timer

Pasang timer berupa jam atau stopwatch untuk mengetahui kecepatanmu dalam mengerjakan soal. Tapi perlu diingat bahwa tidak hanya sekadar membutuhkan waktu yang cepat saja untuk menyelesaikan suatu soal. dirimu juga perlu memastikan bahwa jawaban tersebut benar agar dirimu bisa meraih skor tinggi.

Pasanglah penghitung waktu ketika mengerjakan soal UTBK. Buat perkiraan waktu untuk mengerjakan setiap soal agar dirimu bisa menyelesaikan keseluruhan soal tersebut. Misalnya, dirimu bisa memasang target 30 detik untuk mengerjakan setiap soal pemahaman bacaan dan menulis. Jika dirimu menghabiskan waktu lebih dari 30 detik, berarti dirimu perlu berlatih lagi untuk meningkatkan kecepatan membaca. Alternatif lainnya adalah dengan semakin banyak berlatih soal sejenis agar dirimu lebih cepat mengerjakan.

3. Belajar Bahasa Inggris

Soal TPS UTBK yang diujikan tidak hanya soal berbahasa Indonesia saja. Tentunya ini menjadi tantangan bagi dirimu yang masih belum menguasai bahasa Inggris. Akan sangat disayangkan jika dirimu sudah mengetahui teori pengerjaan soal, tapi salah menjawab hanya karena bingung karena soal berbahasa Inggris.

Agar lebih siap menghadapi soal TPS bahasa Inggris, cobalah untuk belajar tata bahasa (grammar) dan menambah kosakata. Mungkin terdengar sulit belajar bahasa Inggris dalam waktu yang sangat mendadak, apalagi UTBK sudah mulai berjalan. Tapi, dirimu bisa menyiasati belajar bahasa Inggris agar meskipun santai tetapi tetap maksimal.

dirimu bisa mulai belajar soal TPS UTBK materi lainnya terlebih dahulu. Jika sudah merasa bosan atau lelah, hibur diri dengan menonton film kartun berbahasa Inggris. Ada banyak rekomendasi film kartun untuk menambah kosakata. Aktifkan subtitle pada film tersebut dan pahami kalimat yang diucapkan tokoh-tokohnya. Secara tidak langsung, dirimu pun akan memahami cara penggunaan kalimat, frase, dan mengetahui kosakata baru. Catat kosakata yang dirimu anggap penting dan cari tahu artinya. Cara belajar yang menyenangkan ini tidak akan membuatmu stres belajar bahasa Inggris menjelang UTBK.

4. Tidak Menghabiskan Waktu pada Soal Sulit

Sebaran tingkat kesulitan soal TPS pada UTBK bertujuan untuk memetakan kemampuan calon mahasiswa. dirimu tidak perlu khawatir tidak bisa mengerjakan soal UTBK sama sekali. Sebab, sudah ada soal UTBK dengan tingkat pengerjaan mudah. Namun, tentunya ada pula soal UTBK yang sulit dikerjakan dan membutuhkan waktu yang lama.

Jika dirimu mendapati soal sulit dan tidak kunjung mendapatkan jawabannya, lewati dulu soal tersebut. dirimu bisa kembali lagi untuk mencoba soal tersebut saat waktu ujian masih tersisa. Apabila dirimu terus menghabiskan waktu pada soal sulit, waktu akan banyak terbuang dan dirimu pun tidak selesai mengerjakan semua soal UTBK.

Demikian informasi link contoh soal UTBK 2020 dari LTMPT. Bagi dirimu yang mendapatkan jadwal UTBK setelah tanggal 5 Juli atau bahkan jadwal pada gelombang kedua, maksimalkan belajarmu dengan banyak berlatih soal. Kunci keberhasilan mengerjakan UTBK SBMPTN adalah banyak berlatih soal, berdoa, dan optimis. Jangan lupa pula untuk menjaga kesehatan tubuh karena syarat mengikuti UTBK adalah kondisi tubuh yang sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit. Persiapkan pula kebutuhan UTBK lainnya, seperti masker, sarung tangan, face shield, dan dokumen UTBK. Selamat berjuang!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

 


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close