Update! Jadwal UTBK 2020 Dilaksanakan 2 Kali, Cek Jadwalnya di Sini!

UTBK 2020 – Mendengar nama UTBK tentu saja sudah tidak asing lagi bukan untuk didengar? Ya, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ini merupakan merupakan ujian bagi siswa SMA dan sederajat agar bisa masuk ke perguruan tinggi. Nantinya nilai UTBK ini akan digunakan sebagai syarat utama penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2020 melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, UTBK 2020 akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Agar dirimu tidak ketinggal info lebih lanjutnya, berikut Mamikos berikan informasi terbaru terkait jadwal terbaru hingga update lainnya seputar UTBK 2020.

Info Terbaru Jadwal UTBK 2020

UTBK 2020
disk.mediaindonesia.com

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT adalah hasil tes diberikan secara individu. UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020. UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Sejak tahun 2019 lalu, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tidak terpisah dari SBMPTN.

Jadwal UTBK 2020

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 resmi akan digelar sebanyak dua kali. Peserta pun boleh mengikuti ujian sebanyak dua kali asalkan masih dalam kelompok ujian yang sama. Sebagaimana telah dirimu ketahui, dalam UTBK 2020 ini terdapat tiga kelompok ujian yakni kelompok ujian sosial humaniora (soshum), sains dan teknologi (saintek), dan campuran. Bagi peserta yang hendak mengikuti tes UTBK untuk kedua kalinya, kelompok ujian yang diambil harus sama antara tes UTBK tahap ke-1 dan tes UTBK tahap ke-2. Jadi untuk tes UTBK tahap ke-2 kelompok ujian soshum hanya bisa diikuti peserta tes UTBK tahap tahap ke-1 kelompok ujian soshum juga, begitu pula dengan kelompok ujian saintek maupun kelompok ujian campuran.

Adapun untuk jadwal terbaru UTBK 2020 adalah sebagai berikut:

  • UTBK Tahap I
    Pendaftaran: 30 Maret – 11 April 2020
    Tes: 20 April – 26 April 2020
    Pengumuman: 12 Mei 2020
  • UTBK Tahap II
    Pendaftaran: 14 April – 16 April 2020
    Tes: 1 – 3 Mei 2020
    Pengumuman: 12 Mei 2020

Kelompok Ujian UTBK 2020

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok sebagai berikut:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi);
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Jenis Tes UTBK 2020

UTBK 2020 ini terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. Adapun untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

  • TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.
  • TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Biaya UTBK 2020

Bagi peserta yang memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak akan dikenakan biaya pendaftaran jika mengikuti satu UTBK saja, baik pada tahap I maupun tahap II. Namun, jika peserta tersebut mengikuti untuk kedua kalinya maka akan dikenai biaya sebesar Rp200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum dan Rp300.000 untuk kelompok ujian campuran. Sedangkan, bagi peserta umum atau non-KIP Kuliah yang ingin ikut UTBK wajib membayar biaya pendaftaran baik tahap I maupun tahap II sebesar sebesar Rp200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum dan Rp300.000 untuk kelompok ujian campuran.

Jurusan di UTBK 2020

Bagi peserta yang mengikuti UTBK sebanyak dua kali, maka kelompok ujian yang diambil harus sama antara Tes UTBK tahap I dan tahap II. Misalnya, di UTBK tahap I memilih Kelompok Ujian Soshum, maka pada tahap II (jika ingin ikut lagi) juga memilih Soshum. Meski begitu, untuk jurusannya boleh berbeda asalkan masih dalam kelompok ujian yang sama. Adapun pengumuman hasil UTBK tahap I dan tahap II akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2020. Siswa pun dihimbau agar dapat mempersiapkan diri dengan baik agar hasil atau nilai yang tinggi dalam UTBK 2020 nanti.

Tahapan UTBK 2020

  1. Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 17 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  6. Melakukan login kembali ke laman, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Di atas tadi Mamikos sudah rangkumkan untuk dirimu informasi seputar jadwal terbaru UTBK 2020 yang wajib untuk dirimu ketahui. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kalian semua ya. Jika dirimu masih memiliki pertanyaan lainnya seputar UTBK 2020, dirimu bisa gali informasi lebih banyak lagi melalui situs blog Mamikos. Buat dirimu yang berencana ingin merantau ke luar kota untuk menempuh pendidikan, maka jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel dirimu ya! Di aplikasi Mamikos dirimu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah yang bisa menjadi tempat tinggal dirimu nantinya. Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga di ponsel Android atau ponsel iOS dirimu sekarang juga ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close