Universitas Jurusan Bimbingan Konseling di Jakarta

Universitas Jurusan Bimbingan Konseling di Jakarta — Tentunya dirimu sudah tahu bahwa bimbingan konseling adalah suatu hal yang pernah kita kenal saat berada di bangku sekolah. Nah, nyatanya bimbingan konseling tidak hanya dibutuhkan bagi pelajar saja lho.

Bimbingan dan konseling di Perguruan Tinggi dan kehidupan sehari-hari juga diperlukan. Makanya Mamikos membuatkan artikel mengenai universitas jurusan bimbingan konseling di Jakarta ini dengan tujuan untuk memperkaya informasi dirimu.

Bimbingan konseling di kampus diperlukan agar mahasiswa mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai perkembangannya seperti aspek fisik, emosi, intelektual, sosial dan moral-spiritual. Sementara di kehidupan sehari-hari bimbingan konseling dibutuhkan bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk memecahkan problem sehari-hari mereka.

Universitas Jurusan Bimbingan Konseling di Jakarta

https://www.pexels.com/

Sederhananya, bimbingan dan konseling merupakan sebuah proses interaksi antara konselor (orang yang melayani konseling) dengan konseli atau orang yang membutuhkan arahan. Baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka untuk membantu konseli agar dapat mengembangkan potensi dirinya ataupun memecahkan permasalahan yang dialaminya.

Di blog Mamikos ini, bukan saja informasi universitas jurusan bimbingan konseling di Jakarta saja yang bisa dirimu peroleh. Tapi informasi seperti universitas yang ada jurusan bimbingan konseling di jogja, syarat masuk jurusan bimbingan konseling, jurusan bimbingan konseling universitas terbuka, lowongan kerja jurusan bimbingan konseling, hingga jurusan bimbingan konseling islam juga bisa dirimu temukan.

dirimu sudah tidak sabar lagi dengan informasi universitas jurusan bimbingan konseling di Jakarta ini? Maka dirimu bisa langsung membaca keterangan lengkapnya seperti daftar yang sudah Mamikos susun mengenai daftar universitas jurusan bimbingan konseling di Jakarta seperti berikut ini:

Daftar Universitas Jurusan Bimbingan Konseling di Jakarta

1. Universitas Negeri Jakarta

UNJ Jurusan Bimbingan Konseling

Universitas Jurusan Bimbingan Konseling di Jakarta
https://fip.umj.ac.id/

Dilansir dari portal resmi UNJ, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0545/0.1983 maka diputuskan salah satu Fakultas di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) adalah Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan adalah salah satu jurusan yang diresmikan dalam Surat Keputusan tersebut.

Kini, setelah lebih dari tiga dekade, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan yang kemudian bertransformasi menjadi Program Studi (S1) Bimbingan dan Konseling telah menghasilkan ribuan sarjana yang ahli dalam bidang bimbingan dan konseling.

Dan sejak tahun 2018, melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 617/Sk/BAN-PT/Akred/S/II/2018 Program Studi (S1) Bimbingan dan Konseling telah terakreditasi A lho. Membanggakan bukan.

Informasi Tentang Prodi Bimbingan Konseling UNJ

Tujuan Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling FIP UNJ bisa dirimu simak sebagai berikut ini:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan dan konseling.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik profesional dalam bidang bimbingan dan konseling yang mampu menyelenggarakan layanan BK berbasis multikultural dan teknologi pada setting pendidikan.
  3. Memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi akademik dan non akademik pada tingkat lokal, wilayah, nasional, dan internasional.
  4. Menghasilkan produk riset yang dapat digunakan oleh stakeholder.
  5. Menghasilkan berbagai bentuk kemitraan dengan stakeholder, dan lembaga lain, baik nasional maupun internasional.
  6. Menghasilkan berbagai bentuk kepedulian sosial (social responsibilities) terutama bagi masyarakat profesi bimbingan dan konseling.

Kompetensi Lulusan Utama

Mahasiswa Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling FIP UNJ yang telah mengikuti seluruh proses perkuliahan, diharapkan dapat menampilkan capaian sebagai kompetensi utama lulusan, sebagai berikut:

  1. Memanfaatkan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan, psikologi, sosiologi, dan Bimbingan dan Konseling sebagai dasar penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.
  2. Menerapkan keterampilan konsultasi, kolaborasi, mediasi, advokasi dan resolusi yang adaptif dan transformatif dalam penyelesaian masalah.
  3. Menguasai kerangka teori dan praktik bimbingan dan konseling
  4. Mampu merancang program BK berdasarkan hasil asesmen
  5. Mempraktekan kemahiran berbahasa dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis
  6. Mampu mengaplikasikan pendekatan-pendekatan dalam layanan konseling individu pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir
  7. Mampu mengaplikasikan keterampilan-keterampilan dan dinamika kelompok dalam layanan konseling kelompok pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir.
  8. Mampu mengevaluasi pelaksanaan program sebagai bagian dasar pengembangan program bimbingan dan konseling
  9. Memperlihatkan kesadaran etis dan legal dalam bekerja.
  10. Membina hubungan antar pribadi dalam bekerja.
  11. Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling.
  12. Mengimplementasikan kolaborasi antar profesi.
  13. Mampu mengaplikasikan metode-metode psikoedukasi yang berpusat pada siswa (student centered learning) dalam layanan bimbingan dan klasikal pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir.

Kontak Kampus

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur

2. Universitas Indraprasta PGRI

UNINDRA Jurusan Bimbingan Konseling

https://mamikos.com/

Universitas Indraprasta PGRI atau juga dikenal dengan sebutan Unindra merupakan salah satu universitas swasta di Jakarta. Letak kampusnya berada di Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan didirikan oleh Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan PGRI.

Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) tidak hanya melayani klien yang ingin berkonsultasi mengenai masalahnya, namun UPBK juga memberikan layanan informasi (informasi pendidikan atau jabatan dan pengenalan kampus), layanan konseling (perorangan atau kelompok), pemeriksaan tes psikologis (tes intelegensi, minat dan bakat serta kepribadian), bimbingan atau penasehatan akademik, dan masih banyak lagi.

Layanan ini pun tidak dipungut biaya atau diberikan secara langsung dan tanpa syarat. Selain itu, layanan UPBK juga tidak mengandung unsur paksaan, karena keputusan sepenuhnya berada di tangan klien. Namun, layanan yang disediakan UPBK tetap berpegang teguh pada asas kerahasiaan, yang berarti kerahasiaan data pribadi akan dijamin sepenuhnya.

Informasi Tentang Prodi Bimbingan Konseling UNINDRA

Tujuan

  1. Mampu menghasilkan sarjana kependidikan bidang Bimbingan dan Konseling yang berkualitas dan berakhlak mulia
  2. Mampu menghasilkan sarjana Bimbingan dan Konseling yang mempunyai keterampilan hidup (life skill) yang unggul sebagai bekal kemandirian, kompetitif dan adaptif terhadap perkembangan global
  3. Mampu menghasilkan analis/teknisi instrumentasi Bimbingan dan Konseling dalam rangka menyiapkan calon peserta Program Pendidikan Profesi Konselor (PPK), Strata II (S-2) maupun Strata III (S-3)

Kontak Kampus

  • Kampus A (Ranco)
    Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
  • Kampus B (Gedong)
    Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760
    (021) 7818718 – 78835283
  • Alamat surel resmi: [email protected]

3. Universitas Kristen Indonesia

UKI Jurusan Bimbingan Konseling

https://wikimedia.org/

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah tenaga pendidik yang memiliki kompetensi untuk memberikan layanan Bimbingan dan Konseling baik secara individu maupun kelompok. Adapun layanan yang diberikan dapat berupa layanan edukasi maupun psikologis.

Oleh sebab itu, setiap sekolah membutuhkan guru Bimbingan dan Konseling seperti yang diatur dalam Permendiknas 27 tahun 2008, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Demi memenuhi kebutuhan sekolah-sekolah di Indonesia tentang penyediaan guru Bimbingan dan Konseling, maka Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Kristen Indonesia (UKI) hadir dengan berbagai program pembelajaran antara lain:

  • Pembelajaran di dalam kelas
  • Observasi ke sekolah
  • Praktikum di Laboratorium Konseling
  • Studi banding

Informasi Tentang Prodi Bimbingan Konseling UKI

Keunggulan Program Studi

FKIP UKI dari LPTK lainnya merupakan konsentrasi layanan konseling Anak Berkebutuhan Khusus, di mana setiap mahasiswa prodi BK FKIP UKI dilatih untuk melayani anak-anak berkebutuhan khusus.

Proses pembelajaran untuk kurikulum layanan konseling Anak Berkebutuhan Khusus diberikan di Laboratorium Konseling Klinis. Dalam laboratorium klinis ini setiap mahasiswa benar-benar mengajar langsung setiap anak-anak berkebutuhan khusus mulai dari usia 3 s/d 22 tahun. Jadi dirimu pastikan bahwa dirimu bisa langsung menyalurkan ilmu yang sudah dirimu peroleh.

Fasilitas Program Studi

  1. Kurikulum Berbasis Praktikum (Student Centered Learning)
  2. Laboratorium Konseling Individual
  3. Laboratorium Dinamika Kelompok
  4. Laboratorium Konseling Klinis (Anak Berkebutuhan Khusus)
  5. Ruang Tes Psikologis
  6. Pembelajaran berbasis ICT
  7. Ruang Konseling Individual
  8. Ruang Konseling Pastoral

Kompetensi Dosen

Dosen-dosen BK FKIP UKI memiliki kompetensi yang sangat menunjang Proses belajar mengajar, yaitu kompetensi dalam Bidang Bimbingan dan Konseling, pendidikan, psikologis, anak usia dini, dan anak berkebutuhan khusus.

Kegiatan Mahasiswa

Selain proses pembelajaran di kelas dan laboratorium, mahasiswa BK FKIP UKI juga memiliki kegiatan-kegiatan di luar kampus, antara lain: studi banding, pengabdian masyarakat ke daerah (luar Jakarta), kunjungan ke sekolah, panti asuhan, Lapas anak, seminar-seminar, dan sebagainya.

Kompetensi Lulusan

Setiap lulusan prodi BK FKIP UKI memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan dan pengajaran, layanan bimbingan dan konseling, pendidik Anak Berkebutuhan Khusus (Autis, ADHD, ADD, Asperger, dan sejenisnya), konsultan pendidikan, dan pengembang Sumber Daya Manusia (trainer).

Masa kuliah: 4 s/d 5 tahun masa belajar
Akreditasi Program Studi Bimbingan Konseling UKI sudah memperoleh akreditasi B dari BAN-PT.

Kontak Kampus

Universitas Kristen Indonesia

Jl.Mayjen Sutoyo No 2. Jakarta

13630 – Indonesia

021-8092425

Jl.Diponegoro No. 84-86, Jakarta Pusat

10430 – Indonesia 021-3920174

4. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

UNIKA Atma Jaya Jurusan Bimbingan Konseling

Universitas Jurusan Bimbingan Konseling di Jakarta
https://www.atmajaya.ac.id/

Pada tahun 1992 Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) tidak menerima mahasiswa lagi (phasing out) sebab telah dibuka Fakultas Psikologi di Unika Atma Jaya. Untuk memenuhi kebutuhan sekolah akan guru pembimbing maka pada tahun 1995 dimulainya Program Studi baru di FKIP yakni Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) dengan ijin operasional dari Direktorat Pendidikan Tinggi (SK 136/DIKTI/KEP/1995).

Setelah melakukan berbagai perbaikan dan melakukan reakreditasi pada tahun 2002 berhasil mencapai peringkat akreditasi A. Kemudian pada tahun 2008 reakreditasi Program Studi BK dapat mempertahankan peringkat A nya.

Kualitas lulusan mahasiswa FKIP cukup terjamin karena didukung oleh staf dosen dengan latar belakang pendidikan Magister dan Doktor dalam keahlian yang sesuai dengan program studi. Berdasarkan data Program Studi Bimbingan Konseling memiliki sebanyak 8 dosen.

Informasi Tentang Prodi Bimbingan Konseling UNIKA Atma Jaya

Peminatan

Program Studi Bimbingan dan Konseling memiliki 2 (dua) peminatan, diantaranya adalah:

  • Peminatan Pendidikan
  • Peminatan Non Pendidikan

Profil Lulusan

Sarjana pendidikan dalam bidang bimbingan dan konseling yang berkarya di sekolah, sebagai guru BK/pendamping siswa berkebutuhan khusus, dan atau di luar sekolah sebagai pendamping orang sakit atau pendamping karyawan yang profesional, peduli, dan berkarakter.

Beban dan Masa Studi

  1. Jumlah maksimum sks per semester: 20 sks pada semester 1 dan 2; ≤ 24 sks pada semester 3 dst.
  2. Beban minimum sks per mata kuliah: 2 sks
  3. Beban maksimum sks per mata kuliah: 6 sks
  4. Jumlah beban studi Program Studi: 144 sks
  5. Jumlah semester dalam kurikulum: 8 semester
  6. Batas studi maksimum: 14 semester
  7. Batas maksimum cuti akademik: 4 semester
  8. Evaluasi keberhasilan studi dan putus kuliah sesuai peraturan Universitas.

Persyaratan Mendapatkan Gelar

Untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.), mahasiswa harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • Menyelesaikan 144 sks termasuk Skripsi dengan IPK sekurang-kurangnya 2,00.
  • Nilai C adalah nilai minimal untuk semua mata kuliah, termasuk Skripsi, sekaligus pula merupakan nilai minimal yang tercantum dalam Transkrip Akademik.
  • Lulus ujian Skripsi dengan nilai minimal C.
  • Menunjukkan bukti sertifikat nilai TOEFL (Atma Jaya English Language Test)/sejenisnya dengan skor 375, yang bisa diambil sepanjang masa studi.
  • Menunjukkan bukti pengumpulan SKP sebanyak 15 SKP dengan proporsi sesuai ketentuan Universitas.

Contoh Mata Kuliah Program Studi Bimbingan dan Konseling

  1. Mata Kuliah Wajib
    Belajar dan Pembelajaran
    Kajian dan Praktikum Konseling Masalah Akademik
    Kajian dan Praktikum Konseling Masalah Emosional
    Kajian dan Praktikum Konseling Masalah Sosial
    Psikologi Anak Luar Biasa
    Praktik Psikoedukasi
    Praktik Konseling Individual, dll.
  2. Mata Kuliah Peminatan Pendidikan
    Teknologi Pendidikan
    Manajemen Sekolah
    Pendidikan Luar Sekolah
    Kajian & Perencanaan Pendidikan Anak Usia Dini
    Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus
  3. Mata Kuliah Peminatan Non-Pendidikan
    Manajemen Sumber Daya Manusia
    Konseling Kasus di Perusahaan
    Intervensi Sosial
    Konseling Kasus Ketergantungan Obat
    Komunikasi Organisasi

Prospek Karir

  • Sekolah Formal : Guru Bimbingan dan Konseling, Co-Konselor Sekolah
  • Lembaga-lembaga Pelatihan/Kursus : Konsultan karir untuk pemilihan jurusan dan studi lanjut, Terapis anak berkebutuhan khusus
  • Perusahaan/Industri : Konsultan karir, Training & Development (HRD)
  • Rumah Sakit dan Panti Rehabilitasi : Pendampingan Orang Sakit, Co-Konselor Pasien
  • Lembaga Swadaya Masyarakat : Pekerja sosial, Trainer, Konsultan

Kontak Kampus

Jl. Jenderal Sudirman 51, Jakarta 12930
Telp. (62-21) 5727615, 5703306, 5708823
Faks. (62-21) 5747912

  • Kampus Pluit (Fakultas Kedokteran):

Jl. Pluit Raya 2, Jakarta 14440
Telp. (62-21) 6691944, 6694366, 6693168
Faks. (62-21) 6606122, 6606123

Jalan Raya Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten 15345
Telp : 021-80827200 (ext 1039) atau 0877 7539 8770 (WA)

5. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

UHAMKA Jurusan Bimbingan dan Konseling

Universitas Jurusan Bimbingan Konseling di Jakarta
https://www.linkedin.com/

Guru BK bisa dibilang adalah salah satu posisi yang sangat dibutuhkan, mengingat usia remaja yang masihlah labil dan memiliki berbagai masalah. Guru BK akan melakukan pendekatan bagi para siswanya yang memiliki masalah untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

Sementara di Indonesia, Guru BK biasanya dijumpai di SMA sederajat karena memang pada masa inilah, siswa rentan terhadap masalah. Namun, banyak juga SMP dan SD yang sudah menggunakan guru BK sebagai posisi yang penting.

Prospek kerja bimbingan konseling UHAMKA juga bisa menjadi pertimbangan sebelum dirimu memilih jurusan kuliah mana yang hendak dirimu pilih. Tujuan akhir setelah menempuh pendidikan di UHAMKA, pastinya Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan.

Terlebih bagi dirimu yang suka dunia konseling dan pendidikan, maka BK atau Bimbingan Konseling sangatlah tepat untuk dirimu. Untuk itu, berikut ini akan kami ulas bagaimana prospek kerja BK di dunia pendidikan yang belum diketahui oleh banyak orang.

Apalagi sekarang ini, guru BK sangat dibutuhkan perannya di berbagai jenjang pendidikan. Jumlah satu sekolah saja seringkali membutuhkan lebih dari 2 guru BK. Tidak jarang juga bahkan mencapai lebih dari 5 guru. Sebab memang kebutuhan di sekolah yang semakin banyak memerlukan tenaga seorang guru BK. Oleh karena itu, lulusan BK sangatlah dibutuhkan di bidang pendidikan ini.

Informasi Tentang Prodi Bimbingan Konseling UHAMKA

Tujuan

Tujuan Program Studi Bimbingan dan konseling FKIP UHAMKA sebagai berikut:

  1. Menghasilkan Sarjana Bimbingan Konseling yang kompeten dan profesional
  2. Membangun karakter sivitas akademika Bimbingan Konseling yang peka terhadap masalah-masalah yang berkembang di masyarakat, dan mampu memberi solusi berdasarkan hasil kajian ilmiah
  3. Menghasilkan sarjana Bimbingan Konseling yang mampu melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan
  4. Mewujudkan program studi sebagai wahana pembentukan civitas akademika Bimbingan Konseling yang berakhlak mulia

Profil Lulusan

  • Guru BK/ Konselor di sekolah yang Berwawasan Islami.
  • Konselor di Luar Sekolah yang berwawasan Islami

Capaian Pembelajaran Jurusan Bimbingan Konseling UHAMKA

a. Guru BK/ Konselor di sekolah yang Berwawasan Islami.

Menguasai konsep keilmuan sebagai guru BK berdasarkan standar kualifikasi konselor pendidikan yang mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional dalam berbagai jalur pendidikan, jenjang pendidikan dan jenis pendidikan yang ada di Indonesia. Kemudian Guru BK/ Konselor mampu mengimplementasikan pendekatan pelayanan BK yang islami baik terhadap pribadi maupun terhadap peserta didik yang dilayani. Mampu menghargai dan menjalankan kaidah-kaidah profesi sebagai pendidik sekaligus pembimbing di sekolah.

b. Konselor di Luar Sekolah yang berwawasan Islami

Mampu memberikan pelayanan BK di masyarakat pada berbagai tingkat usia dan berbagai lembaga instansi pemerintah dan non pemerintah. Mampu memberikan pelayanan BK yang mengalami masalah – masalah insidental dalam upaya preventif. Memahami berbagai karakteristik individu dalam konteks lintas budaya.

Kontak Kampus

Jl. Tanah Merdeka No.20, RT.11/RW.2, Rambutan,
Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus
Ibukota Jakarta 13830
Telp. : +62(021) 7394451
Email : [email protected]

Demikianlah ulasan mengenai universitas jurusan bimbingan konseling di Jakarta yang dapat Mamikos berikan. Semoga saja informasi ini bermanfaat untuk dirimu dan bisa memberikan dirimu semacam inspirasi baru. dirimu tertarik untuk mengambil jurusan bimbingan konseling di Jakarta ini? Maka daftar tadi bisa jadi bahan pertimbangan dirimu.

Mamikos ingin ingatkan bahwa aplikasi pencari kost Mamikos dapat memastikan dirimu memperoleh informasi hunian yang sangat berguna. Akses dimanapun kapanpun sesuai kebutuhan dirimu. Selain itu aplikasi pencari kost Mamikos juga bisa dirimu peroleh secara gratis alias cuma-cuma via appstore dan playstore.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close