Tips Rahasia Menjawab Soal TPS Pemahaman Bacaan UTBK 2020

Pemahaman Bacaan UTBK – Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 11/SE.LTMPT/2020 yang dirilis oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), maka Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 akan tetap dilaksanakan. UTBK sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 12 Juli 2020. Dikutip dari laman LTMPT, materi tes yang diujikan dalam UTBK hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. Seperti yang kita ketahui, TPS sendiri memiliki beberapa subtes seperti penalaran umum, lalu pemahaman bacaan, terus pengetahuan umum, dan yang terakhir adalah pengetahuan kuantitatif. Nah, kali ini Mamikos akan mengupas tuntas seputar subtes pemahaman bacaan beserta tips ampuh menjawab soal-soalnya.

Deretan Tips Menarik Menjawab Soal-soal TPS Pemahaman Bacaan UTBK

Pemahaman Bacaan UTBK
disk.mediaindonesia.com

Pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 ini, perbedaan yang sangat kentara terlihat di materi yang diujikan. Jika sebelumnya materi yang diujikan adalah Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS), pada UTBK 2020 hanya akan dilakukan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. Dalam TPS ini sendiri, yang akan diukur adalah kemampuan kognitif, logika atau nalar, dan pemahaman umum, diluar kemampuan akademik. Salah satu subtes TPS yang sering dianggap sulit adalah subtes pemahaman bacaan. Jika anda membutuhkan tips-tips ampuh untuk menjawab sederetan soal pemahaman bacaan, teruskan baca informasinya hingga akhir artikel.

Apa itu Tes Pemahaman Bacaan?

Pemahaman bacaan merupakan salah satu subtes yang ada di dalam Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK tahun 2020. Dalam subtes ini yang akan diujiankan adalah kemampuan bahasa yamg anda miliki. Umumnya, soal-soal pemahaman bacaan ini menuntut anda untuk dapat memahami inti paragraph, kesimpulan, pesan tersirat, hingga penggunaan EYD yang tepat. Jika dilihat sepintas memang terlihat mudah, namun tentunya anda pun tidak boleh menyepelekan tes pemahaman bacaan ini.

Jenis Soal Pada Tes Pemahaman Bacaan

1. Pemahaman Isi Bacaan

Jenis soal yang pertama adalah memahami isi bacaan. Nantinya ada beberapa soal yang akan menguji anda untuk dapat membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh. Soal yang akan disajikan biasanya berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Soal-soal yang muncul biasanya seputar judul bacaan serta kata yang paling tepat untuk melengkapi penggalan kalimat atau paragraf. Misalnya, “Judul yang paling tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah …” atau “Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat ketiga paragraf pertama adalah …”. Nah, ketika mengerjakan soal-soal ini secara tidak langsung anda pun akan mengetahui kemampuan membaca cepat dan fokus menjadi suatu hal yang dibutuhkan.

2. Penalaran Kebahasaan

Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis soal kedua ini akan menguji kemampuan anda dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di jenis soal penalaran kebahasaan ini akan terkait dengan ejaan yang berpedoman pada PUEBI dan KBBI. Misalnya, anda diminta untuk mencari kata berimbuhan yang salah pada suatu paragraf, atau anda diminta untuk memilih kata yang sesuai dengan aturan KBBI.

Tips Menjawab Soal TPS Pemahaman Bacaan

Buat anda yang sebentar lagi akan menghadapi UTBK, sudahkah anda tahu tips-tips ampuh untuk menjawab sederetan soal yang ada nanti? Jika belum, di bawah ini Mamikos berikan beberapa tips rahasia untuk anda menjawab soal-soal TPS Pemahaman Bacaan dalam UTBK nanti. Apa saja tipsnya? Langsung cek berikut ini.

1. Bacalah soal terlebih dahulu

Dahulukan membaca soal yang ditanyakan. Umumnya, soal pada pemahamaan bacaan itu hanya menanyakan informasi pada bagian atau paragaraf tertentu. Kalau misalnya bacaannya tersebut memiliki 8 paragraf, kira-kira butuh waktu berapa lama untuk membacanya? Padahal yang ditanyakan ternyata hanya informasi di paragraf ketiga saja. Akan cukup membuang waktu anda bukan?

2. Banyak belajar dari KBBI dan PUEBI

Di dalam soal-soal pemahaman bacaan, nantinya anda akan menemukan soal seperti ini ““Kata menganalisa para paragraf ke dapat diganti dengan…” Nah, inilah yang namanya soal penalaran kebahasaan yang merupakan salah satu jenis soal pemahaman bacaan. Soal bagian ini akan menguji pengetahuan anda tentang KBBI (Kamus Besar Bahasa Indoesia) dan juga PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Agar lebih mudah diingat, penalaran kebahasaan ini akan menguji seberapa banyak anda mengetahui KBBI dan PUEBI. Untuk itu jangan lupa untuk banyak-banyak belajar dari KBBI dan PUEBI ya!

3. Mengerjakan soal UTBK tahun lalu

Pertanyaan yang muncul pada saat ujian umumnya memiliki pola yang tidak jauh berbeda setiap tahunnya. anda bisa mengukur tingkat penguasaan materi dengan mengerjakan soal-soal UTBK tahun sebelumnya. Selain itu, anda juga bisa mengetahui sejauh mana kesiapan diri anda dalam menghadapi tes UTBK ini.

4. Melakukan review materi yang belum dikuasai

Setelah anda mengerjakan latihan soal dari tahun sebelumnya, anda bisa mengetahui sejauh mana kesiapan anda untuk mengikuti tes UTBK serta mengetahui bentuk pertanyaan apa yang sulit dan belum anda kuasai. Setelah itu, tinjau ulang dari soal-soal tersebut materi apa saja yang perlu anda pelajari lebih dalam lagi. Catat materi yang harus dikuasai dan mulai mempelajari materi. Selanjutnya, setelah mengetahui apa saja materi yang perlu diperdalam lagi.
anda juga bisa membuat dalam bentuk catatan secara rinci. Misalnya, mencantumkan materi apa yang sulit, contoh pertanyaan yang sulit, cara apa yang akan anda lakukan untuk memperdalam materi tersebut, dan target menyelesaikan pendalaman materi. Jika sudah terencana dengan baik, lakukan rencana tadi agar targetmu tercapai. Dengan membuat catatan dan perencanaan, semakin mudah untukmu melakukan kegiatan belajar karena sudah tersusun tahap demi tahap.

5. Pelajari teknik skimming

Teknik skimming merupakan teknik membaca untuk menemukan gagasan atau inti utama pada bacaan secara keseluruhan. Teknik ini ampuh untuk membantu anda menjawab deretan soal seperti “apakah topik utama pada teks tersebut?” Dengan menggunakan teknik skimming ini, anda pun mampu mendapatkan gambaran dari isi bacaan meskipun anda tidak membaca seluruh bacaannya. Mamikos pun menganjurkan anda untuk mempelajari teknik skimming ini di rumah sebelum anda menghadapi UTBK tahun 2020 ini. Adapun berikut cara membaca menggunakan teknik skimming:

  • Agar dapat mengingat rangkuman tersingkat dari sebuah bacaan, bacalah judul bacaan terlebih dahulu karena rangkuman dari sebuah bacaan biasanya tersimpan di dalam judulnya.
  • Bacalah keseluruhan dari paragraf pembuka, tujuannya adalah untuk memperkenalkan anda pada topik dari bacaan. Topik utama dari bacaan biasanya terletak di bagian akhir dari paragraf pembuka. Akan tetapi tidak ada salahnya membaca keseluruhan paragraf agar mendapat gambaran yang lebih jelas.
  • Apabila anda menemukan bacaan yang terdapat sub-headings, baca satu persatu dan cobalah untuk menemukan korelasi antar sub-headings
  • Mayoritas paragraf mempunyai ide utama di awal paragraf. Untuk itu anda pun cukup membaca kalimat pertama atau kedua dari setiap paragraf setelah paragraf pembuka. Namu, perlu diingat bahwa tidak semua paragraf punya gagasan pokok di awal paragraf. Karena itu, jika kalian tidak menemukan ide utama suatu paragraf di awal, tidak ada salahnya mencari di kalimat-kalimat terakhir ataupun di tengah.
  • Baca paragraf kesimpulan secara menyeluruh karena pada dasarnya paragraf kesimpulan telah merangkum keseluruhan isi bacaan.

6. Pelajari teknik scanning

Lain dengan teknik skimming, teknik scanning bertujuan untuk menemukan informasi yang lebih spesifik dari sebuah bacaan yang panjang. Jadi, jika anda ingin menjawab soal yang berbunyi “Berdasarkan teks di atas, siapakah yang melakukan pekerjaan bersih-bersih?” Maka anda cuma perlu mencari kata kunci yang telah ada dalam teks tersebut dan menemukan jawaban yang tepat, tanpa perlu membacanya keseluruhan teks. Adapun berikut cara membaca menggunakan teknik scanning:

  • Pertama-tama, pikirkan kata kunci yang akan anda cari terlebih dahulu. Setelah anda menemukan kata kuncinya, akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan jawabannya. Berbeda dengan skimming yang cuma perlu membaca beberapa bagian dari bacaan, teknik scanning mengharuskan anda untuk membaca setiap baris pada bacaan. Namun, anda pun tidak perlu mencerna kata dan kalimatnya sampai anda menemukan kata kuncinya
  • Cobalah menganalisis bacaannya terlebih dahulu. Jika bacaan tidak terlalu panjang, akan mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Namun, jika bacaan terlalu panjang, ada baiknya melakukan skimming terlebih dahulu.
  • Jika sudah menemukan kata kunci yang dicari, baca keseluruhan kalimatnya.

7. Melakukan evaluasi penguasaan materi

Setelah anda mempelajari dan memperdalam materi pemahaman bacaan ini, kembali lakukan evaluasi kesiapan diri dengan mengerjakan latihan soal terkait. anda bisa mengerjakan soal yang sebelumnya pernah anda kerjakan atau mengerjakan soal lain yang belum pernah anda kerjakan. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda bersungguh-sungguh ketika mempelajari materi yang belum anda kuasai. Sehingga pada tahap ini anda menunjukkan kemajuan yang signifikan dari sebelumnya.

8. Mengikuti simulasi UTBK atau tryout

Disarankan jika anda ingin mengikuti simulasi atau tryout UTBK ketika anda memang sudah siap setidaknya 85 persen. Mengikuti simulasi ini dapat membantu memberikan gambaran tentang proses UTBK berlangsung yang dapat membuat mental anda menjadi lebih kuat. Hasil simulasi juga bisa anda gunakan sebagai acuan dan bahan pertimbangan untuk menentukan strategi selanjutnya. Itulah “jurus jitu” yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan UTBK. Jangan lupa, rencana akan menjadi sia-sia jika tidak dilakukan dengan bersungguh-sungguh. Persiapan yang baik akan meningkatkan rasa percaya diri anda dan menghasilkan nilai yang memuaskan.

Oke, itu tadi deretan tips rahasia menjawab soal TPS pemahaman bacaan pada UTBK 2020 nanti. Bagaimana? Apakah salah satu dari anda ada yang sudah menerapkan tips-tips di atas? Untuk mendapatkan informasi terbaru seputar UTBK 2020, jangan lupa untuk kunjungi situs Mamikos secara berkala ya! Oh iya, jika anda berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS anda. Di aplikasi Mamikos, anda bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di seluruh kota yang ada di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close