Tips KKN Daring Agar Tetap Seru dan Sukses di Masa New Normal Covid-19

Tips KKN Daring Agar Tetap Seru dan Sukses di Masa New Normal Covid-19 – Selama masa new normal, kegiatan yang melibatkan banyak orang dan kerumuman perlu dibatasi. Tidak hanya kegiatan perkuliahan di kampus atau kegiatan sekolah saja yang dibatasi, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pun harus mengalami penyesuaian.

Tips KKN Seru dan Sukses di Masa New Normal

unsplash.com

 

Sebagai salah satu mata kuliah wajib di Perguruan Tinggi, KKN melatih mahasiswa untuk bisa berkontribusi langsung di masyarakat. Tapi, selama masa Pandemi Covid-19, kegiatan mahasiswa banyak mengalami penyesuaian. Perkuliahan di dalam kelas diganti dengan sistem daring, begitu pula dengan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

Kegiatan KKN yang semestinya dilakukan mahasiswa dengan berbaur pada masyarakat pun harus dilakukan secara online. Hal tersebut bertujuan agar penularan Covid-19 dapat diminimalisir. Bahkan, di beberapa kampus besar, perubahan mekanisme KKN menjadi online sudah dilakukan. Tema KKN pun turut disesuaikan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 hingga membantu perekonomian masyarakat.

Keseruan anak KKN yang bercengkerama dengan penduduk desa, pengerjaan program kerja yang rumit, hingga jalan-jalan di tengah KKN akan menjadi hal yang dirindukan. Tidak perlu bingung dan khawatir meskipun KKN tahun 2020 ini dilaksanakan secara online. Ada tips seru dari Mamikos yang bisa dirimu terapkan agar KKN tetap berkesan dan sukses selama masa new normal.

1. Pilih Program Kerja Sesuai Passion

unsplash.com

 

Pihak Perguruan Tinggi memang menentukan tema besar untuk pelaksanaan KKN. Namun, mahasiswa juga memiliki kebebasan untuk mengembangkan tema tersebut. Mahasiswa bisa memastikan tema KKN di kampus kemudian berkonsultasi pada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN.

Program kerja yang dilakukan mahasiswa tentunya harus tetap berpedoman pada tema suatu kampus. Apabila kampus memberikan tema tentang ‘Supporting Keselamatan Masyarakat Terhadap Covid-19’ program kerja yang bisa dibuat adalah pelatihan pembuatan masker. Memberikan pelatihan pembuatan face shield pun juga bisa menjadi solusi karena saat ini masyarakat juga membutuhkannya. Selain memberikan kemampuan baru pada masyarakat, nantinya kemampuan tersebut juga bisa digunakan masyarakat sebagai ide berjualan.

Passion dalam memilih program kerja sangat penting agar dirimu senantiasa bersemangat dalam menjalani KKN. Jika program yang dirimu buat tidak dirimu sukai, pastinya ketika melaksanakan program tersebut pun tidak akan maksimal.

2. Lakukan Interaksi Aktif Selama KKN Online

unsplash.com

Jangan jadikan KKN secara online sebagai hal yang membosankan. Selama KKN berlangsung, lakukan interaksi aktif dengan teman-teman, DPL, serta warga yang menjadi sasaran. Adakan tanya jawab agar partisipasi semakin aktif. Apabila suasana kurang asyik, tawarkan kuis atau acara lain yang bisa membuat semua berkontribusi.

Gunakan aplikasi online yang menunjang kegiatan KKN, seperti aplikasi yang memuat fitur chat dan telepon selain video. Jangan lupa mengisi paket data atau menyalakan wifi agar koneksi tidak terputus ketika KKN berlangsung.

KKN online membutuhkan usaha yang lebih keras, apalagi untuk memastikan bahwa semua bisa berpartisipasi pada waktu yang sudah ditentukan. Jika tidak semua peserta dapat bergabung dalam waktu waktu, pilih waktu penyelenggaraan dimana banyak peserta bisa ikut.

3. Pilih Narasumber Berkualitas untuk Program Kerja

unsplash.com

 

KKN online memungkinkanmu untuk menghadirkan narasumber berkualitas tanpa harus terkendala jarak. Undang narasumber yang memiliki kualifikasi di bidangnya, misalnya narasumber di bidang kedokteran, pangan, atau di bidang wirausaha. Informasikan pada warga tempat KKN untuk mengikuti pertemuan online dengan narasumber di sosial media atau melalui aplikasi meeting online.

Narasumber yang menyampaikan tema sesuai dengan tema KKN di kampusmu pun bisa membantu pencapaian program kerja. Agar pertemuan online dengan narasumber berjalan lancar, informasikan program tersebut jauh-jauh hari. Selain itu, sampaikan pula pada masyarakat terkait manfaat yang akan mereka dapatkan jika mengikuti pertemuan online.

4. Buat Program Kerja yang Aplikatif

unsplash.com

 

Hindari pembuatan kerja KKN secara asal-asalan karena hanya dilakukan secara online. Justru di saat seperti inilah dirimu bisa mengembangkan kemampuanmu untuk membuat program kerja yang berkesinambungan. Jika biasanya program kerja KKN banyak difokuskan untuk membangun atau memperbaiki infrastruktur, carilah ide lain pada KKN new normal. Jika memungkinkan, program kerja KKN new normal ini bukanlah program kerja yang hanya dapat dilakukan sekali.

Ide baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan ekonomi masyarakat akan sangat membantu. Apalagi ada banyak karyawan yang dirumahkan pasca Pandemi Covid-19. Program kerja yang dapat diaplikasikan meskipun KKN sudah berakhir akan meninggalkan kesan positif bagi masyarakat. Tidak hanya itu, KKN-mu pun akan terhitung berhasil jika program yang dirimu buat membawa kesejahteraan.

5. Membuat Inovasi Ketika KKN

unsplash.com

 

Jangan takut membuat inovasi baru ketika KKN. Meskipun KKN tidak dilakukan langsung dengan interaksi cukup sering dengan masyarakat, inovasi program kerja tetap penting. Misalnya saja dirimu ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan di masa new normal. Program kerja yang dapat dilakukan adalah membuat pelatihan pembuatan masker. Namun, tentunya dengan inovasi terbaru, masker yang dibuat tidak boleh biasa-biasa saja.

Mula-mula, lakukan survey terkait program kerja tersebut dengan mencari buku referensi atau jurnal yang berkaitan. dirimu dapat membuat masker khusus bagi lansia agar tidak sesak nafas, seperti menambahkan bahan khusus. Selanjutnya, diskusikan pada DPL agar mendapat masukan. Jika sudah disetujui, dirimu bisa menerapkannya di lokasi KKN.

6. Memanfaatkan Waktu Bimbingan untuk Konsultasi

unsplash.com

 

Gunakan waktu konsultasi dengan DPL sebaik mungkin. Tanyakan hal-hal yang belum dirimu pahami dan sampaikan masalah yang dirimu alami di lapangan. Apabila dirimu menjumpai kendala di masyarakat seperti warga yang kurang aktif atau sulit mengumpulkan massa, sampaikan juga pada DPL. Harapannya, DPL akan membantu mencarikan solusi masalahmu dan membantu menyelesaikannya.

7. Buat Project KKN untuk Semua Usia

unsplash.com

 

Akan sangat menyenangkan jika KKN yang dirimu lakukan bisa menjangkau seluruh kalangan. Usahakan untuk membuat program kerja bagi anak-anak hingga orang dewasa. dirimu dapat membuat program yang sama, namun dengan penyampaian berbeda sesuai target sasaran. Jangan lupa untuk memberikan informasi tujuan program kerja pada masyarakat dan harapanmu agar program tersebut bisa terus dilakukan.

Sudah bersemangat untuk menjalankan tips KKN daring agar tetap seru dan sukses di masa new normal Covid-19?. Tentunya masih ada banyak cara yang dapat dirimu terapkan untuk membuat KKN semakin seru dan berkesan. Ketika terjun di lapangan, senantiasa terapkan protokol kesehatan agar dirimu dan orang di sekitar terjaga dari paparan Covid-19.

Jangan lupa selalu menjaga kesehatan agar dirimu bisa menjalankan KKN online secara maksimal meskipun hanya dari rumah. Jalin komunikasi yang baik dengan teman kelompok, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan warga tempat KKN. Pastinya pengalaman KKN di masa new normal akan tetap meninggalkan kesan tak terlupakan. Selamat KKN!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

 

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close