Tips Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah dalam Satu Langkah Mudah

unsplash.com

Tips Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah dalam Satu Langkah Mudah – Ada nggak sih, cara menentukan jurusan kuliah yang mudah? Kebanyakan pelajar SMA , masih sering bingung mau menentukan kuliah di jurusan apa. Setelah baca-baca, dirimu bisa jadi dapat rekomendasi jurusan A, B, C. Orang tua ingin  dirimu kuliah di jurusan D. Tapi kayaknya jurusan E boleh juga, tuh. Belum lagi kalau ternyata hasil rekomendasi dari guru BK di sekolah berbeda. Bingung, dong!

Kenapa Memilih Jurusan Kuliah Itu Persoalan yang Penting?

Iya, kenapa sih dirimu harus menganggap persoalan memilih jurusan kuliah ini sebagai sesuatu yang penting? Bukankah dirimu hanya akan belajar suatu ilmu, kuliah seperti layaknya teman-teman yang lain, lalu  lulus dan bekerja? Orang lain nampaknya  santai-santai saja, tuh. Lalu, kenapa memilih jurusan kuliah harus dibikin ribet?

Sebenarnya, memilih jurusan kuliah akan terasa mudah untuk mereka yang sudah tahu mau kuliah di jurusan apa, mau belajar apa, ingin menekuni profesi apa. Intinya, mereka tahu betul impian dan cita-cita dalam hidupnya. Apalagi kalau , orang tua juga mendukung 100,1%. Ideal sekali , kan?

Padahal kenyataannya tidak seperti itu. . Banyak pelajar yang tidak benar-benar memahami mereka ingin belajar apa. Apalagi bekerja dan menjalani profesi tertentu. Pemikiran itu masih jauh!

Anggaplah dirimu akhirnya memutuskan berkuliah di jurusan yang sepertinya  oke. Semester pertama, dirimu masih bisa menjalani perkuliahan yang seru dan banyak hal baru. Tahun kedua, ternyata perkuliah terasa mulai tidak menyenangkan. Tahun ketiga, dirimu makin merasa yakin kalau salah jurusan. Mau pindah jurusan kuliah, tanggung, tapi mau terus kuliah, rasanya berat.

Begitulah kira-kira yang terjadi kalau dirimu sampai salah memilih jurusan kuliah. Itu pun baru gambaran dalam tiga tahun ke depan. Bagaimana enam atau delapan tahun kemudian? Makanya, penting sekali memilih jurusan kuliah yang cocok. Lantas,  bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang cocok denganmu?

Bagaimana Cara Menentukan Jurusan Kuliah?

Ada beberapa cara mengatasi bingung memilih jurusan kuliah. Pertama, diskusi dengan orang tua ketika pilihanmu berbeda dari pilihan mereka. Diskusi seperti ini  biasanya tidak akan selesai dalam satu dua kali bahasan. Boleh jadi topik jurusan kuliah ini akan terus dibahas bahkan setelah dirimu naik kelas!

Cara menentukan jurusan kuliah yang kedua biasanya lebih singkat, yaitu diskusi dengan guru BK di sekolah. Cara kedua ini bisa lebih singkat jika guru BK di sekolahmu menggunakan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah. Namun dirimu harus berbagi waktu diskusi dengan siswa-siswa lain di sekolah yang juga sama-sama bingung memilih jurusan kuliah!

Cara mengatasi bingung memilih jurusan kuliah yang ketiga adalah berkonsultasi dengan ahli. Cara ini memungkinkan dirimu memilih jurusan kuliah secara objektif, dengan mengukur kemampuan dan minat diri. Bukan tidak mungkin dirimu juga bisa mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah dalam masa konsultasi ini. Sayangnya cara ketiga ini butuh biaya.

Apa Tips Penting dalam Memilih Jurusan Kuliah?

Kalau memilih jurusan kuliah hanya karena suka atau karena banyak teman yang memilihnya, belum tentu dirimu memiliki kemampuan untuk belajar di bidang ilmu tersebut. Atau sebaliknya, memilih jurusan kuliah karena merasa mampu di suatu bidang, belum tentu dirimu bisa menikmati kuliahnya dan mengembangkan kemampuan di situ.

Itulah sebabnya, salah satu tips memilih jurusan kuliah yang cukup penting adalah memahami kemampuan, minat, dan bakat diri sendiri. Jika perlu, dirimu bisa mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah sekalipun berbayar. Tapi kalau ada cara memilih jurusan kuliah sesuai kemampuan tanpa biaya, kenapa tidak digunakan saja?

Adakah Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Mudah?

Ada lho, cara menentukan jurusan kuliah yang cocok denganmu tanpa biaya. Misalnya, dirimu bisa men-download aplikasi untuk menentukan jurusan kuliah di ponsel masing-masing.

Aplikasi yang bisa membantumu memilih jurusan kuliah harus memiliki fitur layanan untuk  mengenali bakat, minat, dan kemampuan diri. Tes Penjurusan di saya Pintar, misalnya, membantu dirimu mengenali diri sendiri mulai dari memahami dirimu tipe orang yang seperti apa, suka belajar dengan cara apa, hingga senang bekerja dalam lingkungan seperti apa.

Aplikasi saya Pintar juga memiliki database jurusan kuliah yang dapat membantu dirimu mendapatkan informasi tiap-tiap jurusan kuliah. Misalnya, dirimu bisa mengetahui apa saja yang dipelajari di suatu jurusan, prospek kerjanya, hingga kampus-kampus yang memiliki jurusan tersebut lewat fitur Cari Jurusan.

Gunakan Cara Termudahmu untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Bingung memilih jurusan kuliah itu masalah sejuta pelajar. Tapi asalkan mengetahui alternatif solusinya, dirimu bisa memilih cara menentukan jurusan kuliah yang dirasa paling mudah. Dan tak hanya mudah, cara itu juga haruslah efektif mengeluarkan dirimu dari kebingungan dan kegalauan memilih jurusan kuliah.

Jadi, kalau ada cara memilih jurusan kuliah sesuai kemampuan, bakat, dan minat dalam satu langkah mudah, kenapa tidak dimanfaatkan saja?


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close