Tidak Lulus SBMPTN 2020? Jangan Sedih, Berikut 6 Solusi Terbaik

Tidak Lulus SBMPTN 2020? Jangan Sedih, Berikut 6 Solusi Terbaik – Berita tentang pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 sudah beredar secara resmi. Tanggal 14 Agustus 2020 nanti, peserta UTBK bisa mengetahui hasil seleksi dan menentukan langkah selanjutnya. Jumlah peserta SBMPTN 2020 mencapai 662.404 orang. Daya tampung jurusan atau program studi di Perguruan Tinggi Negeri tentu tidak dapat menampung seluruh pendaftar. Jadi, tidak semua pendaftar di program studi tersebut akan dinyatakan lulus.

Solusi Bagi yang Tidak Lulus SBMPTN 2020

https://www.undip.ac.id/

Cara mengetahui kelulusan SBMPTN sebenarnya cukup mudah karena dirimu bisa mengakses pengumuman dari rumah. Masuklah ke tautan atau link resmi http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau link mirror (link alternatif). Kemungkinan bagi peserta yang mengikuti UTBK SBMPTN hanya ada dua: lulus atau tidak lulus.

Bagi dirimu yang dinyatakan lulus seleksi SBMPTN, Mamikos ucapkan selamat. Tinggal persiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi mahasiswa baru di kampus impian. Namun, bagi dirimu yang dinyatakan tidak lulus SBMPTN 2020, jangan bersedih terlalu lama. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, persaingan masuk Perguruan Tinggi Negeri tentu tidak mudah. Ditambah lagi peserta UTBK SBMPTN 2020 tidak hanya dari lulusan tahun 2020 saja. Langkahmu sampai sejauh ini tentu tidak mudah, tetapi dirimu tetap bisa melaluinya. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan jika tidak lulus SBMPTN 2020?

1. Mengikuti Jalur Mandiri PTN

University students in lounge

Keinginan masuk ke program studi yang diidam-idamkan di Perguruan Tinggi Negeri biasanya menjadi motivasi kuat untuk tetap mencoba. Segera cari tahu seleksi mandiri yang diadakan PTN agar dirimu bisa mendaftar melalui jalur tersebut. Adanya seleksi mandiri sebenarnya menjadi solusi bagi para peserta yang tidak berhasil masuk melalui SNMPTN maupun SBMPTN 2020.

Perlu dirimu ketahui bahwa seleksi mandiri di PTN tidak dilaksanakan secara serentak. Jadi, dirimu perlu mencari tahu informasi akurat tentang seleksi mandiri melalui website resmi maupun media sosial kampus tujuan. Jenis seleksi mandiri juga ditetapkan berdasarkan kebijakan masing-masing kampus. Terdapat PTN yang menjadikan skor UTBK sebagai dasar seleksi, tetapi ada pula yang mengadakan ujian secara online.

Pilih kampus yang menawarkan jurusan sesuai passionmu. Segeralah melengkapi berkas pendaftaran dan mengikuti seleksi pada waktu yang ditentukan. Masih ada kesempatan untuk bisa diterima di jurusan tujuan melalui seleksi mandiri. Berusahalah!

2. Mengambil Gap Year

pixabay.com

Jika dirimu belum diterima di kampus tujuan melalui berbagai macam jenis seleksi, baik SNMPTN, SBMPTN, maupun seleksi mandiri, tenanglah dahulu. Pasti dirimu pernah mengetahui bahwa perjuangan untuk masuk kampus impian tidak jarang harus dilakukan dengan mengambil gap year. Jeda waktu kuliah tersebut tentu tidak dirimu gunakan untuk bersantai-santai. Sebaliknya, dirimu perlu belajar lebih keras dan memanfaatkan waktu agar bisa mengikuti seleksi pada tahun selanjutnya.

Tips sukses gap year dan inspirasi orang-orang yang sukses ketika mengambil gap year sangat mudah ditemukan. Tapi, dirimu tetap harus menemukan motivasimu sendiri. Alasannya pasti nanti ketika perkuliahan sudah dimulai dan dirimu tidak menempuh studi seperti teman-temanmu, akan ada para pengkritik. Selama dirimu memiliki motivasi dan harapan sukses setelah gap year, kata-kata dari orang di sekitar tidak akan membuatmu terpuruk.

3. Mencari Perguruan Tinggi Swasta

pixabay.com

Kesuksesan tidak ditentukan oleh kampus tujuan. Justru dirimu sendiri lah yang menentukan kesuksesan tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencari kampus swasta yang menawarkan program studi sesuai keinginanmu. Terdapat banyak Perguruan Tinggi Swasta dengan reputasi baik dan kualitas yang tidak kalah dengan PTN. Bahkan, alumni Perguruan Tingi Swasta juga mampu bersaing dengan lulusan PTN hingga lulusan luar negeri.

Lakukan survey kampus swasta secara mendalam, baik terkait program studi maupun biaya studinya. Meskipun kampus swasta dikenal memiliki biaya kuliah yang mahal, bukan berarti dirimu tidak bisa masuk. Ada banyak penawaran beasiswa dari kampus tersebut atau dari lembaga lainnya. Cobalah mencari tau peluang tersebut sebelum dirimu memutuskan untuk mendaftar. Dengan demikian, dirimu bisa fokus studi tanpa harus memikirkan sumber pendanaan ketika kuliah.

4. Mengikuti Kegiatan Volunteer

https://www.pexels.com/

Merasa tidak bisa memberikan banyak manfaat bagi lingkungan sekitar dan diri sendiri? Ambillah jeda sejenak untuk menjadi relawan. Ada banyak bidang yang bisa dirimu coba, mulai dari relawan di bidang sosial, bidang lingkungan, bidang keagamaan, bidang pendidikan, dan sebagainya. Pastikan bahwa dirimu menjadi relawan sesuai dengan passion-mu.

Jika dirimu sangat mencintai lingkungan dan ingin memberikan perubahan, cobalah menjadi relawan di bidang lingkungan. Ikuti kegiatan volunteer dari gerakan atau organisasi lingkungan dengan agenda terkait bidang tersebut. Kegiatan yang mungkin dirimu ikuti pastinya tidak akan jauh dari kampanye cinta lingkungan, sosialisasi tentang lingkungan, maupun kegiatan lain yang berdampak pada lingkungan.

Dengan mengikuti kegiatan volunteer atau relawan, kepekaan diri sendiri secara tidak langsung akan terasah. Tidak hanya itu, dirimu juga akan mendapatkan jejaring baru yang memiliki minat sama dengan dirimu. Pastinya, kontribusimu sangatlah berguna sekecil apa pun itu.

5. Ikut Kursus Pengembangan Diri

Selama mempersiapkan diri untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, mungkin dirimu terlalu fokus pada SBMPTN 2020. dirimu belajar dengan keras agar bisa bersaing dengan pendaftar lainnya untuk bisa diterima di kampus tujuan. Akibatnya, ada kemampuan lain yang tidak terasah. Setelah dinyatakan tidak lulus SBMPTN 2020, inilah saatnya dirimu memanfaatkan waktu untuk mengembangkan diri.

Ada banyak kursus yang ditawarkan untuk menambah pengentahuan. Ikuti kursus yang memberikan manfaat jangka panjang. Kursus yang dapat dirimu ikuti misalnya percakapan bahasa Inggris, kursus menjadi MC, kursus berbicara di depan umum, hingga kursus terkait finansial atau kursus keterampilan. Selagi masih ada waktu, manfaatkan untuk belajar hal-hal baru agar dirimu memiliki kemampuan (skill) baru. Lingkunganmu nantinya tidak hanya membutuhkan orang yang cerdas dalam bidang akademik, tetapi juga orang yang kreatif dan mampu berkontribusi.

6. Bekerja

Alternatif terakhir yang dapat dirimu lakukan jika tidak lulus SBMPTN 2020 adalah bekerja. Cobalah melamar pekerjaan, baik yang bersifat paruh waktu (part-time) atau pekerjaan penuh waktu (full-time). dirimu masih memiliki ijazah sekolah menengah yang dapat dimanfaatkan. Pastinya ada banyak perusahaan atau tempat yang melirik lulusan sekolah menengah untuk bekerja.

Sebelum melamar pekerjaan, pertimbangkan gaji yang akan dirimu dapatkan dan bidang kerja yang akan dirimu lamar. Jika dirimu ingin bekerja untuk bisa mendapatkan biaya kuliah tahun depan, artinya dirimu perlu mencari lokasi kerja dengan gaji tinggi. Sebaliknya, jika dirimu ingin merasakan pengalaman kerja dan memberi tantangan pada diri sendiri, ada banyak tempat yang bisa dicoba. Bahkan, dirimu pun bisa membuka bisnis sendiri hingga meraih kesuksesan. Carilah kisah inspiratif tentang para pebisnis dan temukan mentor yang tepat untuk membimbingmu.

Demikian informasi solusi yang dapat dirimu lakukan bagi yang tidak lulus SBMPTN 2020. dirimu boleh bersedih dan galau, tetapi jangan berlama-lama. SBMPTN hanya salah satu tahapan dalam hidup yang perlu dirimu jalani. Masih ada peluang lain yang bisa dirimu manfaatkan. Jangan sampai waktumu banyak tersita karena dirimu terlalu lama larut dalam kesedihan. Segeralah bangkit dan lakukan kegiatan produktif meskipun dirimu tidak diterima di kampus tujuan dengan jalur SBMPTN. Tetapi semangat dan jangan menyerah, ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close