[Terbaru] Seluk Beluk UTBK SBMPTN 2021, dari Jadwal Hingga Cara Pendaftaran

[Terbaru] Seluk beluk UTBK SBMPTN 2021, dari jadwal hingga cara pendaftaran – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 menjadi bagian penting bagi anda yang ingin mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Informasi Lengkap UTBK SBMPTN 2021

https://disk.mediaindonesia.com/

Persiapan untuk mendaftar jalur SBMPTN 2021 tidak bisa dilakukan mendadak. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui pendaftar sebelum akhirnya bisa mengikuti seleksi SBMPTN. Apabila tahapan pendaftaran terlewat, kemungkinan untuk dapat meneruskan tahap selanjutnya akan terhambat, bahkan bisa menjadi gagal.

Untuk bisa mendaftar SBMPTN hal yang terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah nilai UTBK. Nilai tersebut akan menjadi dasar untuk menyeleksimu dengan peserta lainnya di program studi kampus tujuan. Semakin tinggi nilai UTBK-mu, akan semakin besar pula kesempatan lolos seleksi SBMPTN.

Agar anda tetap lancar mendaftar ujian masuk PTN tahun 2021 dengan jalur SBMPTN, pahami jadwal seleksi, cara pendaftaran, hingga seluk beluk lainnya. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait UTBK SBMPTN yang dapat anda jadikan referensi.

Informasi UTBK SBMPTN 2021

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2021, UTBK – SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi yang mengharuskan pendaftarnya mengikuti tes. Proses seleksi dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dengan adanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pelaksanaan UTBK dilakukan dengan prinsip transparan, adil, efisien, fleksibel, serta akuntabel.

UTBK dilaksanakan dengan metode tes berbasis komputer. Pendaftaran UTBK 2021 diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang akan memilih kelompok soshum, kelompok saintek, atau kelompok campuran. Materi tes UTBK meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dengan tingkat kesulitan bervariasi. Hasil berupa nilai tes UTBK yang sudah ditempuh peserta akan diberikan secara individu.

Kuota calon mahasiswa yang dapat diterima di PTN dari jalur UTBK – SBMPTN minimal sebanyak 40 persen. Ketentuan tersebut didasarkan hasil UTBK saja ataupun dari hasil UTBK ditambah kriteria lainnya yang sudah ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pelaksanaan UTBK menggunakan komputer biayanya ditanggung oleh peserta dan diberi subsidi oleh pemerintah. Dibandingkan jalur masuk SNMPTN dan jalur seleksi mandiri, kuota jalur SBMPTN lebih besar, sehingga peluang menjaring mahasiswa dari jalur tersebut pun lebih banyak.

Jadwal Penting UTBK SBMPTN 2021

Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN akan berjalan beriringan. Berikut ini adalah jadwal UTBK – SBMPTN 2021 yang perlu anda ketahui. Adapun pelaksanaan UTBK – SBMPTN di lapangan jika mengalami perubahan akan diumumkan pada media sosial atau website resmi pelaksana.

• 7 Februari – 12 Maret 2021: tahap pendaftaran akun LTMPT
• 15 Maret – 1 April 2021: tahap pendaftaran UTBK dan SBMPTN
• 12 April – 18 April 2021: pelaksanaan UTBK gelombang pertama
• 26 April – 2 Mei 2021: pelaksanaan UTBK gelombang kedua
• 14 Juni 2021: pengumuman hasil seleksi SBMPTN pukul 15.00 WIB

Syarat Pendaftaran UTBK 2021

Persyaratan UTBK yang perlu dipenuhi oleh peserta diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki akun LTMPT dan sudah melakukan registrasi
  2. Pendaftar adalah siswa SLTA kelas 12 (tahun 2021) atau peserta didik paket C (tahun 2021) dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2021
  3. Pendaftar adalah lulusan SLTA tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2021
  4. Syarat peserta: a) Kelompok saintek: mengikuti TPS dan TKA Saintek; b) Kelompok Soshum: mengikuti TPS dan TKA Soshum; c) Kelompok campuran: mengikuti TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum
  5. Hasil UTBK 2021 berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2021
  6. Membayar biaya UTBK 2021

Tata Cara Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Tahapan pendaftaran UTBK yang perlu ditempuh pendaftar secara berurutan adalah:

  1. Lakukan registrasi akun LTMPT (bersifat wajib bagi semua calon pendaftar UTBK – SBMPTN). Persiapkan syarat regsitrasi, seperti NISN, NPSN, dan tanggal lahir.
  2. Login menggunakan username email dan password pada laman website https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Pilih menu verifikasi dan validasi data siswa. Nantinya pendaftar akan diminta mengisi biodata diri, mengunggah pas foto berwarna terbaru, serta melakukan verifikasi biodata.
  4. Pilih menu pendaftaran UTBK dan pilih lokasi pusat UTBK PTN. Pendaftar juga dapat memilih jenis ujian dan sesi ujian sebelum mendapatkan slip pembayaran.
  5. Melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BTN, dan Bank Mandiri). Slip pembayaran dibawa ke bank dan pembayaran dilakukan maksimal 1 x 24 jam.
  6. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Mengikuti UTBK sesuai tanggal, hari, sesi, dan lokasi pusat UTBK yang sudah dipilih ketika melakukan pendaftaran sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa pendaftar yang sudah pernah dinyatakan lolos seleksi PTN melalui SNMPTN tahun 2019, 2020, dan 2021 akan ditolak mendaftar UTBK. Pendaftaran UTBK – SBMPTN terbuka bagi peserta tuna netra dengan menyertakan Surat Keterangan resmi dari kepala sekolah.

Lokasi UTBK Tahun 2021

Pemilihan lokasi UTBK tahun 2021 dilakukan oleh pendaftar. Jadi, anda tidak perlu khawatir dan takut mendapatkan lokasi ujian secara acak hingga luar daerah. LTMPT telah menyediakan 74 lokasi pusat UTBK PTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Pastikan untuk memilih lokasi UTBK 2021 yang paling dekat dari tempat tinggalmu untuk memudahkan mobilitas dan transportasi. Persiapkan pula syarat-syarat yang harus dibawa saat akan mengikuti UTBK.

Tips Lancar Mendaftar UTBK SBMPTN 2021

Ingin sukses menjalani UTBK SBMPTN 2021? Persiapan fisik dan mental dalam menghadapi ujian tersebut perlu anda miliki. Ada beberapa tips dari Mamikos agar anda lancar ketika mendaftar UTBK SBMPTN 2021.

  1. Persiapkan syarat pendaftaran sebelum batas waktu penutupan. Sebaliknya, hindari mengumpulkan syarat seperti dokumen dan berkas mendekati hari H.
  2. Periksa data diri yang terdapat pada dokumen dan pastikan pengisian data yang anda lakukan sudah sesuai kondisi.
  3. Pelaksanaan tes UTBK dilakukan dalam 2 gelombang. Pastikan anda mengetahui jadwal tes UTBK pilihanmu beserta waktu ujian. Jangan sampai anda salah jadwal ujian karena akan mengakibatkan status kepesertaanmu gugur.
  4. Persiapkan diri sebaik mungkin dengan belajar materi-materi UTBK. Sebab, setiap peserta UTBK hanya diizinkan mengikuti ujian sebanyak satu kali saja. Tidak ada kesempatan mengulang bagi anda yang belum berhasil mendapatkan nilai bagus saat ujian tiba.

Demikian informasi [Terbaru] seluk beluk UTBK SBMPTN 2021, dari jadwal hingga cara pendaftaran yang perlu anda ketahui. Ketika pendaftaran UTBK SBMPTN sudah dibuka, segeralah melakukan pendaftaran agar tidak terburu-buru mendekati deadline penutupan. Manfaatkan waktumu saat ini untuk mengumpulkan berbagai macam syarat pendaftaran dan berkas yang diperlukan. Selain itu, jangan lupa belajar materi ujian UTBK SBMPTN agar bisa mendapatkan nilai tinggi. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close