Teknologi Informasi Dan Komunikasi – Sejarah, Pengertian, Manfaat, Dampak, Pengelompokan, Komponen, Pendidikan, Klasifikasi

Teknologi Informasi Dan Komunikasi – Sejarah, Pengertian, Manfaat, Dampak, Pengelompokan, Komponen, Pendidikan, Klasifikasi :  yakni Tempat yang mewadahi semua peralatan teknis yang digunakan dalam proses penyampaian informasi. Secara lebih terperinci.

 yakni Tempat yang mewadahi semua peralatan teknis yang digunakan dalam proses penyampaia Teknologi Informasi Dan Komunikasi – Sejarah, Pengertian, Manfaat, Dampak, Pengelompokan, Komponen, Pendidikan, Klasifikasi


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sistem Informasi


Sejarah Tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan peradaban insan diiringi dengan perkembangan cara penyampaian isu (yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti hingga diperkenalkannya dunia arus isu yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET.


Informasi yang disampaikan pun berkembang. Dari sekedar menggambarkan keadaan hingga seni manajemen bertempur. Berikut ini yakni sejarah perkembangan teknologi isu dan komunikasi manusia;


Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)

Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan insan pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan isu yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, perihal berburu dan hewan buruannya.


Pada masa ini mereka mulai melaksanakan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua kawasan mereka tinggal, lantaran kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk bunyi dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.


Perkembangan selanjutnya yakni diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, ibarat gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.


Loading...

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal ibarat yang kita kenal kini ini, teknologi isu masih digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus, dan mahal!


3000 SM. Untuk yang pertama kali goresan pena digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibuat dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda(penyebutan), sehingga bisa menjadi kata, kalimat dan bahasa.


2900 SM. Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno. Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda, yang ketifka digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda, bentuk goresan pena dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan goresan pena bangsa Sumeria.


500 SM. Serat Papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis/media isu yang lebih berpengaruh dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.


105 M. Bangsa Cina menemukan Kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini yakni kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal kini dengan sistem Cap.


Masa Modern ( 1400-an M s/d kini )

Tahun 1455. Mesin Cetak yang menggunakan plat karakter yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.


Tahun 1830. Augusta Lady Byron Menulis jadwal komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang didesain bisa memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.


Tahun 1837. Samuel Morse membuatkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 kawasan yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua kawasan tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini bisa dikirim dan diterima pada dikala yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan isu sanggup diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.


  • Tahun 1861. Gambar bergerak yang peroyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan sebagai cikal bakal film sekarang.
  • Tahun 1876. Melvyl Dewey membuatkan sitem penulisan Desimal.

  • Tahun 1877.

  1. Alexander Graham Bell membuat dan membuatkan Telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
  2. Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.

  • Tahun 1899. Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama.
  • Tahun 1923. Zvorkyn membuat tabung TV yang pertama.

  • Tahun 1940. Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

  • Tahun 1945. Vannevar Bush membuatkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.
  • Tahun 1946. Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.
  • Tahun 1948. Para peneliti di Bell Telephone membuatkan Transistor.

  • Tahun 195. Jean Hoerni membuatkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon.

    – USSR (Rusia pada dikala itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai jadinya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk membuatkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer.


  • Tahun 1962. Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk membuatkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang bisa mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir.

  • Tahun 1969. Sistem jaringan yang pertama dibuat dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah.dengan kekuatan 50Kbps.

  • Tahun 1972. Ray Tomlinson membuat jadwal e-mail yang pertama

  • Tahun 1973 – 1990. Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation membuatkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.

    kemudian pada tahun 1986 IETF membuatkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.


  • Tahun 1991- Sekarang. Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.

    1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi (oleh General Atomics/CERFnet),1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan insan dan menjadi cuilan yang tidak sanggup dipisahkan dari manusia.


    1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian untuk membuatkan sistem dan alat yang lebih canggih.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 9 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli


Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Teknologi isu dan komunikasi meliputi dua aspek, yaitu teknologi isu dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan, teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.


Maka, teknologi isu dan teknologi komunikasi yakni suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas perihal segala acara yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer/pemindahan isu antar media


  •   Menurut Eric Deeson, Harper Collins Publishers, Dictionary of Information Technology, Glasgow,UK,1991

Information Technology (IT) the handling of information by electric and electronic (and microelectronic) means.”Here handling includes transfer. Processing, storage and access, IT special concern being the use of hardware and software for these tasks for the benefit of individual people and society as a whole


Dari klarifikasi di atas sanggup diartikan bahwa teknologi isu yakni kebutuhan insan didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses isu dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.


  • Menurut Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)    meliputi dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
  • Teknologi Informasi yakni meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,  penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
  •  Teknologi Komunikasi yakni segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.


Dari klarifikasi diatas sanggup disimpulkan bahwa      Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yakni suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang  segala kegiatan  yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan isu antar media


  • Menurut Susanto ( 2002 ) isu merupakan hasil dari pengolahan data namun tidak semua hasil dari pengolahan tersebut sanggup menjadi informasi.

Jadi pengertian TIK yakni sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / isu maupun menunjukkan isu kepada orang lain serta sanggup digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.


Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan payung besar triminologi yang meliputi semua keperluan teknis untuk memperoses dan memberikan sebuah informasi, TIK mempunyai dua aspek, yaitu teknologi isu dan teknologi komunikasi.


Teknologi isu menliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakian sebagai alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi. Teknologi komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk memperoses serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya.


Oleh alasannya yakni itu, teknologi isu dan komunikasi merupakan dua buah konsep yang terpisahkan, maka Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi mempunyai perngertian luas, yaitu segala jenis acara yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan, manipulasi, serta pemindahan isu antar media.


Istilah TIK ada sehabis adanya perpaduan antara teknologi komputer (perangkat keras ataupun lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan masa ke-20. Perpaduan teknologi tersebut berkembang sangat pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Sampai awal masa ke-21, TIK masih terus mengalami banyak sekali perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.


Dampak positif dan negatif pemanfaatan teknologi isu dan telekomunikasi antara lain:

A. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain :

  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan gampang di susukan untuk kepentingan pendidikan

  2. Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para andal dibidangnya sanggup dilakukan dengan gampang walaupun andal tersebut berada ditempat yang sangat jauh.

  3. Perpustakaan online, perpusatakaan online yakni perpustakaan dalam bentuk digital.
  4. Diskusi online. Diskusi online yakni diskusi yang dilakukan melalui internet.

  5. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.

  6. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtualatau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.

  7. Sistem manajemen pada sebuah forum pendidikan akan semakin gampang dan lancar lantaran penerapan sistem TIK.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ 45 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli ( Fungsi, Jenis Dan Tujuan )


B. Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi berkembang sangat cepat seiring dengan perkembangan zaman. Kehidupan insan tidak luput dari penggunaan teknologi isu dan komunikasi.


Dampak perkembangan teknologi sangat signifikan, masyarakat sudah tergantung dengan teknologi isu dan komunikasi. Hal ini mengakibatkan mobilitas isu sangat cepat, insiden dari banyak sekali belahan dunia bisa kita nikmati secara langsung.


Tapi di sisi lain perkembangan teknologi membawa dampak yang negative bagi masyarakat, utamanya bagi perkembangan generasi muda. Dengan teknologi ibarat layanan internet sangat banyak konten-konten yang tidak sepantasnya dilihat dan diakses oleh anak-anak di bawah umur. Hal ini mengakibatkan perkembangan mental dan psikologi anak-anak kita menjadi terganggu dan tidak sedikit anak-anak kita yang rusak lantaran teknologi.

Teknologi bagi beberapa kelompok merupakan sebuah lahan pasar yang sangat ideal untuk meraup laba yang banyak.


  1. Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi :

  2. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet sanggup berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia dari anak-anak hingga manula.

  3. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia sanggup saling bertukar isu dengan cepat dan murah.

  4. Media untuk mencari informasi, perkembangan internet yang pesat.
  5. Kemudahan memperoleh isu yang ada di internet sehingga insan tahu apa saja yang terjadi.
  6. Bisa digunakan sebagai lahan isu untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

  7. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke kawasan penawaran/penjualan.

  8. Dengan internet, kita sanggup memperbaharui isu yang setiap detiknya sanggup di update. dampak teknologi informasi, dampak negatif teknologi informasi, dampak positif teknologi informasi, dampak teknologi isu dan komunikasi, efek teknologi informasi

  9. Dampak Negatif Teknologi Informasi da Komunikasi


Melalui media komputer. Begitu dahsyatnya kelebihan, kemudahan, dan kesenangan yang ditawarkan oleh sarana-sarana dalam komputer dan internet, ternyata sanggup menimbulkan banyak sekali dampak negatif dalam penggunaan komputer. Berikut yakni uraiannya:


  • ketergantungan

Media komputer mempunyai kualitas atraktif yang sanggup merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Terlalu atraktifnya, membuat penggunanya seolah-olah menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. kita bisa menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan bermain gamesyang ada.


  • Pornografi

Anggapan yang menyampaikan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian isu yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Begitu banyak situs-situs pornografi yang ada di internet, meresahkan banyak pihak terutama kalangan orang bau tanah yang khawatir anak-anaknya akan mengonsumsi hal-hal yang bersifat porno. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Ironisnya, ada situs-situs yang memang menjadikan anak-anak sebagai sasaran khalayaknya. Mereka berusaha untuk membuat situs yang kemungkinan besar mempunyai keterkaitan dengan anak-anak dan sering mereka jelajahi.


  • Antisocial Behavior.

Salah satu dampak yang sanggup ditimbulkan dari penyalahgunaan komputer yakni antisocial behavior. Dimana pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan komputer. Selain itu, pengguna komputer tersebut tidak peduli lagi apa yang terjadi disekitarnya, satu-satunya yang sanggup menarik perhatiannya hanyalah komputer saja.


Orang akan menjadi lebih jarang berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Lama kelamaan, seseorang akan sulit menjalin komunikasi dan membangun kekerabatan dengan orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana insan usang kelamaan akan sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Dinamika Penduduk : Pengertian, Dampak, Faktor Dan Solusinya Lengkap


Teknologi Informasi

Teknologi Informasi Merupakan teknologi yang di dalamnya berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, memanipulasi, serta dalam pengelolaan informasi.


Teknologi komputer yakni teknologi yang bekerjasama dengan komputer, termasuk peralatan yang bekerjasama dengan komputer, ibarat printer, pembaca sidik jari, danh bahkan CR-ROM. Komputer yakni mesin serba guna yang sanggup dikontrol dan diprogram, digunakan untuk mengolah data menjad iinformasi. Program yakni deretan kode yang digunakan untuk mengendalikan komputer hingga komputer sanggup melaksanakan tugasnya sesuai yang dikehendaki oleh pembuat program. Data yakni materi mentah bagi komputer yang sanggup berupa angka atau karakter atau simbol, sedangkan isu yakni bentuk data yanag telah diolah sehingga sanggup menjadi materi yang berkhasiat untuk pengambilan keputusan.


Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi yakni teknologi yang bekerjasama dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori teknologi ini yakni telepon, radio dan televisi.

Teknologi Komunikasi Merupakan teknologi yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu dalam mengirimkan dan memproses data yang berasal dari perangkat satu ke perangkat lain.


Cara Penyampaian Informasi sanggup di sampaikan dengan 3 cara yang diantaranya

  • Natural Penyampaian dengan natural atau Manusia merupakan penyampaian isu de;gnanmenggunakan tangan Manusia. Seperti misalnya pada zaman dahulu yang menggunakan gambar-gambar atau gesekan yang ada di dinding dan bebatuan goa.
  • Mekanis Penyampaian dengan mekanis merupakan penyampaian isu yang di lakukan de;gan menggunakan peralatan dengan bentuk mekanik yang di gerakan Manusia.
  • Elektronik Penyampaian dengan elektonik merupakan penyampaian isu dengan menggunakan peralatan elektronik.


Pengelompokan Teknologi Informasi

Telah diketahui bahwa teknologi isu meliputi teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Lebih rinci, teknologi infromasi sanggup dikelompokan menjadi 6 teknologi, yakni teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpanan, dan teknologi mesin pemroses.


  • Teknologi Masukan

Teknologi masukan (input technology) yakni teknologi yang bekerjasama dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Piranti masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.


  • Teknologi Mesin Pemroses

Mesin Pemroses (processing machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor. Contoh prosesor yang terkeanl dikala ini, antara lain yakni Pentium dan PowerPC.


  • Teknologi Penyimpanan

Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan penyimpanan eksternal. Memori internal (biasa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengikat sementara baik bagi data, program, maupun isu ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Dua teladan memori internal yaitu ROM dan RAM. ROM (Read Only Memory) yakni memori yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM (Read Access Memory) yakni memori yang isinya bisa diperbaharui.


Penyimpanan eksternal (external storage) dikenal juga dengan sebutan penyimpanan sekunder. Penyimpanan external yakni segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Pengertian permanen disini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpanan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak menerima aliran listrik). Harddisk dan disket juga flashdisk yakni teladan penyimpanan eksternal.


  • Teknologi Keluaran

Teknologi keluaran (output technology) yakni teknologi yang bekerjasama dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan isu hasil pengolahan sistem. Layar dan monitor dan printer merupakan piranti yang biasa digunakan sebagai piranti keluaran.


  • Teknologi Perangkat Lunak

Perangkat lunak (software) atau dikenal juga dengan sebutan program. Tentu saja untuk mengerjakan kiprah komputer, dibutuhkan perangkat lunak sendiri. Sebagai teladan Microsoft Word merupakancontoh perangkat lunak pengolah kata yang berkhasiat untuk membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop yakni perangkat lunak yang berkhasiat untuk mengolah gambar.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ Pengertian Kartografi Menurut Pendapat Para Ahli Serta Fungsi, Jenis Dan Tujuannya


Komponen Sistem Teknologi Informasi

Yang dimaksud dengan sistem teknologi isu yakni sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Suatu sistem teknologi isu intinya tidak hanya meliputi hal-hal yang bersifat fisik, ibarat komputer dan printer, tetapi juga meliputi hal-hal yang tidak terlihat secara fisik, yaitu piranti lunak dan yang lebih penting lagi yakni orang. Dengan kata lain, komponen utama sistem teknologi isu yakni berupa :

  • perangkat keras (hardware)
  • perangkat lunak (software)
  • orang (brainware)


Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi

Sistem teknologi isu sanggup dibedakan dengan banyak sekali cara pengklasifikasian. Misalnya, berdasarkan fungsi sistem (embedded IT System, dedicated IT system, dan general purpose IT system), berdasarkan departemen


Atau perusahaan bisnis (sistem isu akuntansi, sistem isu pemasaran, sistem isu produksi, dll), berdasarkan dukungan terhadap level manajemen dalam perusahana (sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, san sistem isu eksekutif), berdasarkan ukuran dan berdasarkan cara melayani undangan (klien-server).


Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Indonesia

Indonesia pernah menggunakan istilah telematika sebagai arti yang hampir sama dangan TIK yang bisa kita kenal dikala ini. Encarta Dictionary mendefinisikan telematika sebagai telekomunikasi + informatika (telecommunication + informatics) meski sebelumnya kata tersebut mempunyai makna science of data transmission.


Pengolahan isu melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang sebagai pemanfaatan di banyak sekali bidang kehidupan manusia, dan salah sarunya bidang pendidikan. Ide digunakan sebagai mesin-belajar, animasi proses-proses yang rumit didefinisikan dengan sangat menarik untuk praktisi pembelajaran, serta simulasi proses yang rumit.


Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah mempunyai sejarah yang sangat panjang. Inisiatif menyelengarakan siaran radio pendidikan dan juga televisi dendidikan merupakan perjuangan untuk melaksanakan pemerataan isu ke satuan-satuan pendidikan yang besar di seluruh Nusantara.


Hal ini merupakan satu perwujudan dari sebuah kesadaran untuk memaksinalkan pendayagunakan dalam membuat proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan yang paling utama siaran radio atapun televisi pendidikan merupakan tidak adanya feedback yang seketika. Sebuah siaran mempunyai manfaat yang utama dari narasamber atau fasilitator kepada pembelajaran.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Fungsi Dan Macam-Macam Satelit Beserta Contohnya Terlengkap


Buku elektronik

e-book atau Buku elektronik merupakan salah satu teknologi yang mempunyai manfaat ibarat komputer untuk menayangkan isu multimedia dalam bentuk yang dinamis dan ringkas. Suatu e-book sanggup bisa diintegrasikan tayangan berupa suara, gambar, grafik, annimasi ataupun movie sehingga apa yang disajikan sanggup lebih kaya daripada dengan buku konvensional.


E-learning

Berbagai pengertian bisa kita temukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misal, menyatakan bahwa e-learning ibarat pembelajaran pada semua tingkatan, formal ataupun nonformal, yang menggunakan sebuah jaringan kompute (internet ataupun ekstranet) untuk menghantarkan materi ajar, kemudahan ataupun interaksi. Pembelajaran yang sebagian kegiatannya berlangsung dengan santunan jaringan internet sering disebut juga sebagai online learinng.


Pengertian yang lebih luas di nyatakan pada working paper SEAMOLEC, yaitu e-learning merupakan pembelajaran melalui jasa elektronik. Walaupun banyak pengertian tetapi intinya disetujui bahwa e-learning merupakan sebuah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi.


Internet-based learning ataupun web-based learning dalam bentuk yang paling gampang merupakan website yang dimanfaatkan sebagai sajian materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar sanggup mengakses sumber berguru yang disediakan oleh fasilitator ataupun narasumber kapanpun akan dikehendaki. Jika dibutuhkan sanggup pula disediakan mailing list khusus sebagai situs pembelajaran yang mempunyai fungsi untuk form diskusi.


Fasilitas e-learning disediakan oleh perangkat lunak yang secara khusus disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran. atau LMS (learning menagement system).


Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan perserta atau siswa didik, proses pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga penilaian pembelajaran serta komunikasi pembelajaran dengan fasilitatornya.


Fasilitas ini sanggup mengungkinkan suatu acara dikelola tanpa adanya tatap muka langung diantara pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar).  ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Puisi – Ciri, Unsur, Jenis, Puisi Baru dan Lama, Contohnya

Loading...
loading...
close