Tahapan Setelah Mendaftar SNMPTN 2021 Hingga Finalisasi Cetak Kartu

Tahapan setelah mendaftar SNMPTN 2021 hingga finalisasi cetak kartu – Proses pendaftaran SNMPTN 2021 tidak hanya dilakukan dengan memilih program studi di kampus tujuan saja. Pendaftar akan diminta untuk melengkapi berkas hingga melakukan finalisasi data sebelum mencetak kartu bukti pendaftaran.

Tahapan Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2021

indonesia.go.id

Pendaftaran SNMPTN yang mulai dilaksanakan bulan Februari akan segera ditutup. Berdasarkan jadwal resmi yang terdapat pada website LTMPT, pendaftaran sejak 15 Februari 2021 resmi ditutup pada 24 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN 2021 hanya dapat dilakukan siswa yang dinyatakan eligible atau layak oleh pihak sekolah melalui mekanisme seleksi tertentu. Jumlah siswa yang diikutkan SNMPTN pun didasarkan pada akreditasi sekolah, seperti sekolah dengan akreditasi A dapat mengirimkan 40% siswa-siswi terbaiknya. Untuk sekolah dengan akreditasi B, siswa-siswi yang dapat diikutkan sebanyak 25%, sedangkan sekolah dengan akreditasi C dan tidak terakreditasi mendapatkan jatah sebanyak 5%.

Siswa pendaftar SNMPTN akan diminta untuk mengikuti alur registrasi sebelum mencapai tahap verifikasi dan finalisasi data. Pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku pelaksana penyelenggara tes masuk di Perguruan Tinggi sudah mengeluarkan jadwal secara resmi. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat beberapa penyesuaian, seperti perubahan jadwal dan mekanisme. Lalu bagaimana tahapan setelah selesai mendaftar SNMPTN 2021 hingga finalisasi cetak kartu? Berikut ini ulasan dari Mamikos.

1.Tahap 1: Login Akun LTMPT

Tahap pertama yang dilakukan adalah login melalui website resmi LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Gunakan data email aktif dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Sebelum login, pastikan bahwa dirimu adalah siswa eligible (dinyatakan layak mendaftar SNMPTN) dan sudah memiliki akun permanen serta nilai lengkap di Pengisian Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

2.Tahap 2: Melengkapi Data Orang Tua

Tahap untuk melengkapi data orang tua bisa dirimu lakukan jika sudah berhasil login ke website LTMPT. Perli dirimu ketahui bahwa data yang tertera pada bagian biodata siswa akan otomatis terisi seperti data yang sudah dimasukkan pendaftar sebelumnya. Data-data tersebut tidak dapat diubah dan sudah bersifat permanen. Tahap kedua hanya memungkinkan pendaftar untuk melengkapi kolom data orang tua. Nantinya akan ada beberapa pertanyaan terkait kondisi orang tua yang wajib diisi. Setelah melakukan pengisian data, simpan data tersebut hingga tertera keterangan “berhasil menyimpan kelengkapan data”.

3.Tahap 3: Memilih Program Studi

Sudah tidak sabar memilih program studi tujuan pada seleksi SNMPTN 2021? Pemilihan program studi bisa dirimu lakukan di tahap ketiga. dirimu bisa memilih salah satu program studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, atau politeknik yang tersedia. Pertama-tama, tentukan apakah dirimu akan memilih PTN ataukah Politeknik Negeri. Setelah memilih, dirimu akan melihat daftar program studi yang dapat dipilih oleh pendaftar.

Peserta SNMPTN 2021 bisa memilih paling banyak 2 program studi dengan imbauan tidak lintas minat. Apabila pendaftar hanya memilih satu program studi, maka lokasi program studi tersebut tidak ditentukan. dirimu bisa memilih PTN atau politeknik negeri di provinsi mana pun. Namun, jika pendaftar memilih dua program studi, baik berupa PTN atau politeknik negeri, maka salah satu Perguruan Tinggi tersebut harus berasal dari provinsi asal pendaftar. Setelah yakin dengan program studi yang dipilih, pendaftar dapat menyimpan pilihan tersebut.

4.Tahap 4: Mengisi Portofolio

Apakah dirimu mendaftar di program studi terkait seni atau program studi yang berhubungan dengan olahraga? Jika iya, persiapkanlah portofolio dengan baik. Sebab, seleksi untuk masuk program studi tersebut tidak hanya ditentukan nilai rapor saja. Tidak semua program studi mensyaratkan adanya portofolio, sehingga dirimu dapat mengosongi halamn tersebut.

Akan ada persentase khusus untuk portofolio pendaftar. Jika dirimu memilih program studi yang memerlukan portofolio, langsung saja unggah file portofolio sesuai syarat atau format yang ditentukan. Format tersebut bisa dirimu lihat di laman unduhan website LTMPT. Setelah semua portofolio dimasukkan, klik ‘simpan’.

5.Tahap 5: Mengunggah Prestasi

Memiliki prestasi yang ingin diisikan? Meskipun bagian ini tidak wajib, pendaftar bisa mengunggah paling banyak 3 prestasi yang dimiliki apabila ada. Tentunya prestasi tersebut harus sesuai dengan ketentuan penyelenggara SNMPTN, baik dari segi jenis perlombaan maupun tingkatnya. Unggah bukti prestasi dalam format .jpg atau format .pdf berukuran 2MB (maksimal).

Setelah berhasil mengunggah bukti prestasi, klik ‘simpan’. Akan muncul pemberitahuan ‘berhasil mengunggah file xxx’. Artinya dirimu sudah mengunggah file prestasi tersebut di website LTMPT. dirimu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki prestasi untuk diunggah. Bagian prestasi dapat dikosongi dan dilewati.

6.Tahap 6: Finalisasi

Tahap penting yang perlu dilakukan pendaftar sebelum menyelesaikan proses SNMPTN adalah finalisasi. Pada tahap ini, pendaftar akan diminta untuk memeriksa ulang data-data yang sudah diisikan agar tidak ada kesalahan apa pun. Pastikan bahwa data diri dan data pelengkap sudah benar.

Tahap finalisasi dapat dikatakan sebagai tahapan yang sangat penting karena setelah dilakukan pendaftar, data tersebut tidak dapat diubah kembali dan tidak dapat dibatalkan. Jika dirimu masih ragu pada data yang diisikan, sebelum melakukan finalisasi dirimu masih bisa melakukan perbaikan.

Sudah yakin dengan data-data tersebut? Berikan tanda ceklis pada pernyataan “Saya setuju untuk finalisasi”. Selanjutnya, dirimu bisa mengeklik tombol “finalisasi”. Layar monitor akan menampilkan tanggal dan waktu finalisasi yang dirimu lakukan.

7.Tahap 7: Mengunduh Kartu Registrasi

Seluruh tahapan sudah dirimu lakukan. Kini tinggal tahapan paling akhir yang perlu diselesaikan, yaitu mengunduh Kartu Registrasi untuk mendaftar SNMPTN 2021. Kartu registrasi dapat diunduh di halaman yang sama dengan halaman finalisasi pada tahap keenam. Namun, dirimu perlu menyelesaikan tahap finalisasi terlebih dahulu karena jika tahap finalisasi belum dilakukan, pendaftar tidak akan menemukan tombol download kartu pendaftaran. Proses pendaftaran pun selesai.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan

Proses pendaftaran SNMPTN hingga finalisasi data tersebut membutuhkan dokumen dan pendukung, seperti:

  1. Akun pendaftaran LTMPT beserta email aktif dan password
  2. Gadget, PC, atau laptop dengan koneksi internet stabil
  3. Data penghasilan orang tua (untuk mengisi data terkait orang tua)
  4. Dokumen-dokumen dalam bentuk soft file yang akan di-upload pada bagian portofolio dan bagian prestasi

Setelah dirimu menyelesaikan seluruh tahapan di atas, saatnya menunggu pengumuman SNMPTN 2021 yang rencananya akan dilakukan pada 22 Maret 2021. Pendaftar yang dinyatakan lulus kemudian akan diminta melakukan pendaftaran ulang sesuai kebijakan masing-masing Perguruan Tinggi tujuan.

Demikian informasi tahapan setelah mendaftar SNMPTN 2021 hingga finalisasi cetak kartu yang dapat dirimu jadikan acuan. Apabila masih bingung dengan proses yang harus ditempuh, dirimu dapat menanyakannya pada panitia penyelenggara atau pihak sekolah. Manfaatkan narahubung yang tersedia, baik melalui media sosial ataupun email. Sambil mempersiapkan dokumen untuk penutupan pendaftaran, dirimu bisa mengisi waktu untuk survey tempat tinggal dekat kampus menggunakan aplikasi pencari kost Mamikos yang bisa diunduh gratis via ponsel kesayangan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close