Syarat & Ukuran Foto Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 dari LTMPT

Syarat & ukuran foto pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 dari LTMPT – Syarat pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 sudah dirilis oleh LTMPT. Bagi anda yang ingin mendaftar tes masuk PTN melalui SBMPTN, penuhi berbagai persyaratan wajib dan tambahannya.

Persyaratan Foto untuk Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

liputan6.com

SBMPTN adalah salah satu jalur masuk PTN yang bisa anda tempuh agar dapat diterima di program studi tujuan. Penyelenggaraan UTBK SBMPTN dilaksanakan secara serentak setelah SNMPTN berakhir. UTBK dan SBMPTN tidak dapat terpisahkan. Pada seleksi SBMPTN, terdapat nilai UTBK yang diperlukan. anda bisa memperoleh nilai UTBK setelah menjalani tes tertulis. Jika anda ingin mendaftar SBMPTN, anda wajib memiliki nilai atau skor UTBK.

Terdapat syarat-syarat lain yang perlu dipenuhi bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran agar bisa mendapatkan kartu peserta UTBK SBMPTN. Pendaftar juga akan diminta untuk mengunggah foto sebagai syarat pendaftaran UTBK SBMPTN. Agar tidak bingung, Mamikos akan memberikan informasi terkait syarat tersebut, terutama persyaratan tentang foto.

Waktu Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021

Pahami waktu pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 agar anda bisa memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan.

• Registrasi akun LTMPT: 7 Februari – 12 Maret 2021
• Pendaftaran akun UTBK dan SBMPTN 2021: 5 Maret – 1 April 2021
• Pendaftaran UTBK gelombang 1: 12 April – 18 April 2021
• Pendaftaran UTBK gelombang 2: 26 April – 2 Mei 2021
• Pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2021: 14 Juni 2021

Informasi pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 secara resmi dapat anda peroleh melalui website LTMPT dan media sosialnya. Terus pantau update informasi agar tidak tertinggal informasinya.

Pentingnya Foto untuk Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang resmi, yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) sudah mengumumkan persyaratan yang digunakan untuk mendaftar. Baik pendaftar jalur SNMPTN maupun SBMPTN perlu mematuhi aturan yang ditetapkan oleh LTMPT tersebut.

Salah satu syarat yang diwajibkan pada proses pendaftaran UTBK SBMPTN adalah foto. Sayangnya, syarat tersebut seringkali dianggap remeh oleh para peserta UTBK. Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pendaftar UTBK SBMPTN antara lain.

  1. Foto peserta tidak fokus dan tidak niat
  2. Foto selfie dilakukan dengan hewan peliharaan (kucing, anjing)
  3. Foto selfie dilakukan bersama keluarga atau pacar
  4. Foto tidak menghadap kamera atau membelakangi kamera

Kesalahan tersebut tentunya berpengaruh pada tidak diterimanya syarat foto yang akan digunakan pada pendaftaran UTBK SBMPTN 2021. Foto diri seharusnya dilakukan secara baik dan benar. Apabila pendaftar tidak memperhatikan ketentuan foto pada pendaftaran UTBK SBMPTN 2021, kecil kemungkinan aplikasinya akan diproses oleh LTMPT. Bahkan, bisa saja LTMPT tidak memeriksa pendaftaran peserta. Pendaftar yang tidak melakukan foto diri secara sesuai akan dianggap curang. Agar pendaftar tetap bisa melakukan tes dan lulus, foto harus dilakukan dengan benar.

Syarat Foto untuk Pendaftaran Online UTBK 2021

Setelah membaca pentingnya syarat foto pada pendaftaran UTBK SBMPTN, pahami persyaratan yang sudah diberikan. Adapun ketentuan foto yang diperlukan pada pendaftaran UTBK mengacu tahun-tahun sebelumnya antara lain:

  1. Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm (latar belakang polos, disarankan background merah atau biru)
  2. Resolusi foto minimal 200 px x 300 px dengan rasio aspek 2:3
  3. Ukuran maksimal foto 300 KB (ketentuan ukuran maksimal dapat mengalami perubahan). Apabila ukuran foto melebihi batas maksimal, proses upload foto akan gagal).
  4. Orientasi pasfoto UTBK adalah portrait atau vertikal
  5. Posisi badan dan kepala tegak menghadap kamera. Tidak diperkenankan bergaya kepala miring, kanan, kiri, atau selfie
  6. Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri dan batas kanan sama)
  7. Kualitas foto tajam dan fokus (tidak blur)
  8. Bagian wajah dan kepala tidak terpotong dan tidak tertutup ornamen

Syarat Foto untuk Pendaftaran Online SBMPTN 2021

Syarat foto yang digunakan untuk SBMPTN 2021 sedikit berbeda dengan syarat foto untuk pendaftaran UTBK 2021. Ketika akan mengunggah foto untuk pendaftaran SBMPTN, berikut ini syarat yang diberikan mengacu pada tahun sebelumnya.

  1. Pasfoto berukuran 4 cm x 6 cm
  2. Resolusi foto minimal 400 px x 600 px
  3. Format foto .jpg atau .png
  4. Ukuran maksimal foto 100 KB (ketentuan ukuran maksimal dapat mengalami perubahan). Jika ukuran foto melebihi batas maksimal, proses upload foto akan gagal.)
  5. Posisi badan dan kepala tegak menghadap kamera dengan proporsi wajah 25% – 50%.
  6. Tidak diperkenankan bergaya kepala miring, kanan, kiri, atau selfie
  7. Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri dan batas kanan sama)
  8. Kualitas foto tajam dan fokus (tidak blur)
  9. Bagian wajah dan kepala tidak terpotong dan tidak tertutup ornamen

Cara Mengubah Resolusi Foto untuk Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

https://www.img2go.com/

Untuk mendapatkan foto berkualitas bagus dan tidak blur biasanya membuat ukuran foto juga besar. Namun, kendala yang seringkali dihadapi pendaftar adalah ukuran foto yang terlalu besar, sehingga proses upload menjadi gagal. Lalu, apa yang harus dilakukan jika ukuran foto untuk UTBK SBMPTN 2021 melebihi batas maksimal?

anda tidak perlu panik dan bingung ketika menjumpai ukuran foto yang besar. Terdapat software dan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengubah resolusi foto tersebut. Software bisa anda dapatkan di PC atau di ponsel. Cara penggunaannya pun mudah:

  1. Pilih foto yang akan diubah ukurannya
  2. Masukkan ke dalam software atau aplikasi melalui fitur ‘browse’
  3. Jika ada pilihan ukuran resolusi foto, sesuaikan dengan kebutuhan untuk pendaftaran UTBK SBMPTN
  4. Tunggu aplikasi memproses foto
  5. Unduh hasil perubahan

Periksa kembali ukuran foto yang sudah diubah tersebut. Apabila ukurannya masih tetap besar, lakukan kompres foto untuk UTBK SBMPTN 2021 sekali lagi hingga mendapatkan ukuran yang diinginkan.

Tips Mendapatkan Foto UTBK SBMPTN 2021 Berkualitas

Foto yang bagus tentunya akan meningkatkan peluang agar diterima ketika proses pendaftaran. Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan agar hasil foto yang anda dapatkan berkualitas:

  1. Ambil foto di studio foto. Biaya foto studio untuk UTBK SBMPTN memang sedikit mahal. Namun, hasilnya akan bagus karena diambil oleh fotografer profesional. Selain itu, anda akan mendapatkan soft file dan hasil foto yang dicetak.
  2. Hindari mengambil foto sendiri dengan handphone. Apabila anda belum pernah memiliki pengalaman mengambil foto resmi, sebaiknya percayakan pengambilan foto pada profesional.
  3. Ulangi foto apabila hasilnya blur. Faktor teknis yang menyebabkan hasil foto blur pastinya perlu diatasi dengan pengambilan foto baru.

Demikian informasi syarat & ukuran foto pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 dari LTMPT. Penuhi syarat yang ditetapkan agar anda bisa mengikuti pendaftaran UTBK SBMPTN dan diperkenankan mengikuti ujian. Apabila terdapat syarat yang belum lengkap, catat dan persiapkan diri jauh-jauh hari dan jangan lupa belajar untuk memperbesar peluang diterima di program studi tujuan. Semangat!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close