Syarat Sm3t 2018 Terbaru Apa Sih? Cari Tahu Jawabannya Disini

Berikut di masuk universitas informasikan syarat sm3t. SM3T merupakan kegiatan terbaru pemerintah dalam dunia pendidikan. Program SM3T akan menjadi salah satu kegiatan bagi para sarjana yang mempunyai pengabdian tinggi dalam memajukan pendidikan. Kemenristekdikti menyatakan bahwa kegiatan SM3T akan terselesaikan pada tahun 2018 mendatang. Hingga ketika ini masih terdapat 3.000 SM3T yang belum ikut serta dalam kegiatan PPG (Pendidikan Profesi Guru).

Dan tentunya tidak semua sarjana pendidikan sanggup mengikuti program SM3T ini. Karena untuk mengikuti kegiatan tersebut, para sarjana harus memenuhi syarat SM3T yang dibutuhkan, mulai dari prodi yang sampai persyaratan pribadi lainnya.

T merupakan kegiatan terbaru pemerintah dalam dunia pendidikan Syarat SM3T 2018 Terbaru Apa Sih? Cari Tahu Jawabannya Disini

Lantas kira-kira apa saja syarat SM3T itu? Langsung saja, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Syarat SM3T Terbaru 2018

Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja syarat SM3T dan masih penasaran, simak baik-baik klarifikasi di bawah ini. Jangan lupa, bila perlu catat di kertas atau buku notebooknya. Meskipun syarat sm3t dibawah ini standar dan gampang dimengerti, akan tetapi syaratnya terdiri dari 9 yang ada dibawah ini.

1. WNI

Syarat pertama yang harus Anda penuhi yaitu status kewarganegaraan Anda yaitu WNI. Program SM3T merupakan kegiatan pendidikan dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia. Oleh lantaran itu, syarat utama yang harus dipenuhi para calon penerima SM3T yaitu WNI yang ditunjukkan dengan bukti KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM yang masih berlaku sampai ketika Anda mendaftar.

2. Merupakan Sarjana dari Prodi Kependidikan

Syarat SM3T yang kedua yaitu Anda merupakan sarjana yang berasal dari prodi kependidikan (Sarjana Pendidikan). Hal ini dikarenakan, nantinya para penerima SM3T akan terjun pribadi dalam memajukan pendidikan dengan mengajar, sehingga dibutuhkan basic penerima dalam dunia pendidikan sebagai bekal mengajar.

Selain itu, Pendaftaran kegiatan SM3T hanya boleh dilakukan dengan syarat 3 tahun lulusan terakhir, artinya apabila Anda mendaftar SM3T pada tahun 2018, Anda merupakan sarjana pendidikan lulusan 2015, 2016, atau 2017. Program studi yang Anda ikuti pun harus mempunyai status minimal terakreditasi B.

3. Usia Maksimum 27 Tahun per Desember tahun Anda mendaftar

Syarat yang ketiga yaitu usia. Usia juga sangat diharapkan didalam syarat sm3t ini. Nah, kalau Anda mendaftar di tahun 2018, maka usia Anda ketika itu kurang dari 27 tahun, atau maksimum 27 tahun di bulan Desember 2018.

4. IPK Minimal 3,00

Syarat SM3T yang tidak kalah penting juga yaitu mempunyai IPK minimal 3,00, yang dibuktikan dengan ijazah atau transkrip nilai yang telah dilegalisir pihak Perguruan Tinggi. Selain melampirkan transkrip nilai atau ijazah, lampirkan pula pas foto berwarna yang diupload bersamaan ketika pendaftaran.

5. Surat Keterangan Berbadan Sehat

Syarat SM3T selanjutnya yaitu surat keterangan dari dokter, puskesmas, atau klinik yang menyatakan Anda sehat, baik secara fisik maupun mental. Hal ini sebagai jaminan bahwa tidak ada penyakit berbahaya yang Anda alami, yang nantinya sanggup membahayakan diri Anda ketika terjun di lapangan.

6. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Syarat selanjutnya yaitu SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) yang sanggup Anda peroleh dari pihak berwenang. Dalam surat keterangan ini berisi pernyataan yang menyatakan bahwa Anda bebas dari Narkoba, Psikotropika, serta zat adiktif lainnya.

7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Syarat SM3T selanjutnya yaitu SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang menyatakan riwayat sikap baik Anda bebas dari tindak kejahatan. Surat keterangan ini dikeluarkan oleh pihak Polres/Polresta.

8. Belum Menikah

Peserta SM3T juga diwajibkan berstatus belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mereka mengikuti kegiatan SM3T ini. Pernyataan tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan dengan materai 6.000 rupiah. Hal ini diharapkan biar tidak mengganggu proses mengajar selama mengikuti kegiatan SM3T ini.

9. Berstatus Belum Pernah Mengikuti Program SM3T Sebelumnya

Syarat SM3T yang terakhir yang perlu Anda perhatikan bahwa kalau Anda ingin mengikuti kegiatan ini di tahun ini, pastikan bahwa Anda tidak mengikuti kegiatan ini di tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, penerima yang ingin mendaftar SM3T menciptakan surat pernyataan sanggup mengikuti kegiatan PPG sesuai waktu yang ditentukan.

Itulah syarat-syarat yang harus Anda penuhi untuk mengikuti kegiatan SM3T.

Keterangan:

Bukti persyaratan di atas (Nomor 1 – 9) di bawa pada ketika Anda mengikuti tes wawancara. Selain membawa persyaratan di atas, penerima SM3T juga wajib membawa teladan RPP yang telah Anda buat sendiri. Materi RPP diadaptasi dengan prodi masing-masing penerima dengan topik yang telah dipilih. Di bawah ini prodi yang dibutuhkan dalam kegiatan SM3T

Program Studi (Prodi) SM3T

Tidak semua prodi di Perguruan Tinggi dibutuhkan dalam kegiatan SM3T ini. Dan berikut ini daftar prodi yang dibutuhkan dalam kegiatan SM3T, yang sanggup Anda pilih sesuai dengan jurusan Anda.

Ingat ada 28 jurusan kuliah dibawah ini:

  1. Pendidikan Sejarah
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Pendidikan Fisika
  4. Pendidikan Ekonomi
  5. Pendidikan Matematika
  6. Pendidikan Geografi
  7. Pendidikan IPS
  8. Pendidikan Kimia
  9. Pendidikan IPA
  10. Pendidikan Biologi
  11. Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  12. Pendidikan Teknik Mesin
  13. Pendidikan Teknik Bangunan
  14. Pendidikan Teknik Elekro atau Ketenagaankelistrikan
  15. Pendidikan Teknik Elektonika
  16. Pendidikan Teknik Otomotif
  17. Pendidikan Bahasa Indonesia
  18. Pendidikan Bahasa Inggris
  19. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
  20. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana
  21. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga
  22. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias
  23. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  24. Pendidikan Guru Anak Usia Dini
  25. Pendidikan Luar Biasa
  26. Pendidikan Seni Budaya
  27. Pendidikan Seni Rupa
  28. Bimbingan dan Konseling

Itulah gosip terkait syarat SM3T dan kegiatan studi yang dibutuhkan dalam SM3T. Jika Anda memenuhi persyatan di atas, jangan ragu lagi untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui sebuah pengabdian dalam kegiatan SM3T.

 

Sumber :

pmb.upi.edu/persyaratan-ppg/


Sumber: https://www.masukuniversitas.com

Loading...
loading...
close