Syarat Siswa dan Sekolah yang Bisa Mendaftar SNMPTN 2021

Syarat Siswa dan Sekolah yang Bisa Mendaftar SNMPTN 2021- Berkuliah di perguruan tinggi negeri mungkin merupakan impian bagi banyak lulusan sekolah menengah tingkat atas. Selain biayanya yang lebih terjangkau, beragam PTN juga dinilai mampu mencetak lulusan yang berkualitas. Maka, tidak heran apabila informasi terkait SNMPTN 2021 senantiasa dicari.

Ketentuan Pendaftaran SNMPTN 2021

ltmpt.ac.id

Secara garis besar, terdapat tiga pilihan jalur bagi siswa kelas 12 yang hendak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Ketiga jalur ini yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Seleksi yang akan diadakan dalam waktu terdekat adalah SNMPTN. Seleksi ini tidak dipungut biaya dan turut melibatkan pihak sekolah dalam penyelenggaraannya.

Karena penyelenggaraan SNMPTN melibatkan pihak sekolah secara langsung, tentu tidak semua sekolah boleh mengakomodir siswanya untuk menjadi peserta SNMPTN. Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh pihak sekolah. Persyaratan-persyaratan ini tentu berbeda dengan ketentuan yang berlaku bagi pihak siswa. Nah, artikel ini akan membahas syarat SNMPTN 2021 bagi pihak siswa maupun sekolah secara lebih rinci. Silakan disimak, ya.

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2021 untuk Sekolah

1. Mendaftarkan diri di PDSS

PDSS merupakan singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa, yaitu basis data berisi rekam jejak kinerja sekolah serta nilai rapor siswa yang eligible sebagai pendaftar SNMPTN. Kebenaran data terkait pengisian PDSS ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah. Hanya sekolah yang menggunakan kurikulum nasional saja yang boleh mendaftar PDSS. Adapun kurikulum nasional yang diakomodir oleh PDSS adalah Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS)

2. Merupakan SMA/MA/SMK yang sudah memiliki NPSN

NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional merupakan kode pengenal bagi sekolah yang berlaku secara nasional. Nomor ini unik karena membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya.

3. Mengisi PDSS berisi data siswa yang sesuai ketentuan

Sebagaimana yang sudah sempat disebutkan, dalam SNMPTN 2021, pihak sekolah berwenang menentukan siapa saja siswa yang eligible atau berkesempatan mendaftar SNMPTN. Jumlah siswa yang dapat didaftarkan tergantung pada akreditasi masing-masing sekolah. Berikut persentase kuota untuk masing-masing akreditasi.

  1. Akreditasi A : 40% siswa terbaik di sekolah
  2. Akreditasi B: 25% siswa terbaik di sekolah
  3. Akreditasi C dan lainnya: 5% siswa terbaik di sekolah

Secara lebih rinci, kuota akan diumumkan oleh pihak LTMPT selaku penyelenggara seleksi perguruan tinggi negeri. Kepastian kuota ini dibuat dengan patokan akreditasi masing-masing sekolah dan jumlah seluruh siswa kelas 12. Untuk itu, pihak sekolah diharapkan memeriksa status masing-masing sekolah di Pusdatin-PDSPK. Alasanya adalah pihak LTMPT akan mengambil data sekolah dari Pusdatin-PDSPK Kemendikbud untuk mengetahui status akreditasi dan jumlah total siswa kelas 12 masing-masing SMA/ SMK/ MA sebagai bahan penentuan kuota.

Pihak LTMPT menyatakan bahwa sekolah paling tidak harus memastikan kebenaran data di Pusdatin-PDSPK maksimal tanggal 23 Desember 2020. Pengumuman kuota akan dilakukan secara terbuka pada tanggal 28 Desember 2020 di laman resmi LTMPT. Apabila ternyata informasi yang ditampilkan LTMPT terkait kuota dianggap tidak benar, pihak sekolah masih dapat menyampaikan sanggahan hingga maksimal tanggal 1 Januari 2021 pukul 15:00 WIB.

Di samping itu, sekolah yang sudah memiliki akun LTMPT pada tahun-tahun sebelumnya dapat melanjutkan menggunakan akun tersebut. Artinya sekolah tidak perlu membuat akun baru.

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2021 untuk Siswa

1. Merupakan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2021 yang punya prestasi unggul

Prestasi unggul yang dimaksud adalah prestasi di bidang akademik serta persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

2. Mempunyai NISN yang sudah terdaftar di PDSS

NISN merupakan Nomor Induk Siswa Nasional yang nantinya akan digunakan untuk login saat pengisian formulir SNMPTN di website LTMPT.

3. Nilai rapor semester 1 hingga 5 sudah diisikan di PDSS

Pengisian nilai rapor dilakukan oleh pihak sekolah. Hanya siswa yang memenuhi ketentuan dan kuota saja yang datanya diinput oleh sekolah ke sistem PDSS.

4. Mengunggah Portofolio bagi peserta SNMPTN yang mengambil program studi di bidang seni dan olahraga

Portfolio ini juga merupakan salah satu bahan pertimbangan PTN penerima.

Memahami Konsep Siswa Eligible dalam Penyelenggaraan SNMPTN 2021

Pemahaman mengenai siswa eligible  yang layak didaftarkan sebagai peserta SNMPTN 2021 mungkin masih membingungkan bagi sebagian orang. Pada dasarnya, siswa eligible  merupakan siswa yang menempati peringkat atas apabila dilihat dari nilai mata pelajaran selama lima semester. Patokan peringkat teratas ini disesuaikan dengan kuota masing-masing sekolah. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, persentase kuota tergantung pada akreditasi sekolah. Persentase kuota ini kemudian dikalikan dengan total seluruh siswa kelas 12 secara paralel dari seluruh jurusan.

Sebagai contoh, Sekolah Q memiliki status akreditasi A dengan total siswa kelas 12 sebanyak 100 orang. Berdasarkan ketentuan akreditasi, 40 orang siswa dengan peringkat teratas dari sekolah Q berhak didaftarkan sebagai peserta SNMPTN. 40 siswa ini kemudian dibagi kembali menjadi beberapa jurusan yang ada di sekolah Q sesuai proporsi masing-masing jurusan.

Mata Pelajaran sebagai Dasar Pemeringkatan

Mata pelajaran yang digunakan sebagai dasar pemeringkatan siswa tergantung pada jurusannya. Berikut rincian mata pelajaran yang dijadikan dasar perhitungan nilai menurut masing-masing jurusan.

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing yang dipilih
  4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian

Di samping mata pelajaran di atas, prestasi akademik lain dapat pula ditambahkan sebagai bahan pertimbangan. Tambahan berupa prestasi akademik ini dapat digunakan untuk memutuskan apabila ada siswa yang total nilainya sama.

Tanggal-tanggal Penting Terkait SNMPTN 2021

Berikut tanggal-tanggal penting yang perlu diingat terkait penyelenggaraan SNMPTN 2021:

  1. Pengumuman Kuota SNMPTN 2021 di website LTMPT: 28 Desember 2020
  2. Pelayanan masa sanggah kuota oleh sekolah: Maksimal Jumat 15 Januari 2021
  3. Peluncuran Sistem PMB 2021: 4 Januari 2021
  4. Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari 2021- 1 Februari 2021
  5. Penetapan siswa yang eligible oleh pihak sekolah: 4 Januari 2021- 8 Februari 2021
  6. Pengisian PDSS oleh sekolah: 11 Januari 2021- 8 Februari 2021
  7. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa yang memenuhi kuota: 1-24 Februari 2021
  8. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021
  9. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN: tergantung PTN penerima

Sekian dulu artikel mengenai persyaratan pendaftaran SNMPTN 2021 untuk pihak sekolah dan siswa. Bagi siswa yang tidak memenuhi ketentuan SNMPTN, tidak perlu berkecil hati. Meski pihak sekolah menyatakan siswa tidak masuk dalam kuota SNMPTN 2021, seluruh siswa diimbau agar tetap membuat akun LTMPT. Akun ini nantinya dapat digunakan untuk mendaftar UTBK SBMPTN 2021.

Temukan juga artikel menarik lainnya tentang pendidikan, perkuliaham, hingga dunia kerja dengan mengunjungi website Mamikos. Untuk dirimu yang mencari kost-kostan dekat kampus impian, jangan lupa download dan install aplikasi Mamikos di smartphone kesayanganmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close