Syarat dan Jadwal Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus 2021

Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus akan dibuka lagi tahun ini. Pastinya, anda sudah siap untuk mendaftar, ya. Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk bisa mendaftar beasiswa yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang sedang menempuh S1 dan D4 di beberapa universitas yang sudah menjalin mitra dengan Djarum Foundation. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perguruan tinggi yang sudah punya mitra, anda bisa langsung ke situs resmi Djarum Beasiswa Plus. Untuk sementara, Mamikos akan membantu anda mempersiapkan syarat dan juga mengingatkan tanggal penting pendaftaran beasiswa.

Informasi Syarat dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa Djarum 2021

djarumbeasiswaplus.org

Ada beberapa syarat yang harus anda persiapkan dan penuhi sebagai pendaftar. anda harus mengikutinya supaya bisa sampai di tahap tes penerimaan beasiswa yang dinilai dari hasil tes dan wawancara. Dengan urutan dari tanggal pendaftaran sampai tes, anda diharapkan bisa mempersiapkan diri secara administratif dan kemampuanmu sebagai calon penerima beasiswa. Oleh sebab itu, perlu anda catat tanggal dan berkas-berkas yang harus anda kumpulkan ke panitia.

Syarat Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus 2021

Ada beberapa dokumen dan ketentuan penerima beasiswa yang harus anda penuhi. Selain itu, anda akan mengikuti tes tulis dan wawancara dengan atribut yang diminta. Pastikan alamat email, nomor handphone dan dokumen-dokumen pendukung benar dan dapat dihubungi.

Syarat Pendaftar

  1. Mahasiswa dari universitas-universitas mitra Djarum Foundation jenjang S1 dan D4 semester 4 semua jurusan.
  2. Syarat nilai adalah IPK minimal 3.20 dari semester 3, lalu masih bertahan di angka yang sama di semester 4.
  3. Aktif mengikuti organisasi di berbagai tingkat, baik di dalam kampus maupun di luar kampus.
  4. Sedang tidak menerima beasiswa lain.

Syarat Administrasi

  1. Cetak form pendaftaran online, dalam PDF.
  2. Satu lembar pas foto 4 x 6 berwarna, menggunakan jas almamater.
  3. Satu lembar fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa.
  4. Transkrip nilai dari semester 3, dengan cap dan tandatangan resmi kampus.
  5. Bukti Surat Keterangan, sertifikat aktif berorganisasi, dan semacamnya atau sertifikat prestasi yang pernah diikuti dan dimiliki.
  6. Surat pernyataan dari kampus, yang ditandai oleh rektorat bahwa pendaftar sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Perlengkapan Tes Tulis dan Wawancara

  1. Kartu Tanda Mahasiswa.
  2. Bukti undangan tes dari Djarum Beasiswa Plus, akan dikirim melalui email atau SMS.
  3. Membawa alat tulis sendiri.
  4. Memakai pakaian; jas almamater, rok atau celana panjang, dan bersepatu tertutup.

Alur Pendaftaran

  1. Pendaftaran beasiswa secara daring melalui situs resmi Djarum Beasiswa Plus yang akan dibuka sesuai dengan jadwal pendaftaran yang telah ditetapkan panitia.
  2. Mengirimkan berkas administrasi yang ditujukan pada panitia ke alamat yang tercantum di formulir pendaftaran online.
  3. Akan ada pemberitahuan dari SMS atau email mengenai undangan tes seleksi untuk pendaftar yang syarat administrasinya sudah lengkap dan lolos.
  4. Mengikuti tes seleksi Djarum Beasiswa Plus yang akan dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia.
  5. Pengumuman resmi yang akan disampaikan melalui situs djarumbeasiswaplus.org atau bisa juga melalui bagian Kemahasiswaan di kampus masing-masing.

Cara Menjadi Mitra Djarum Beasiswa Plus

Sudah dari awal Djarum Beasiswa Plus hadir di beberapa perguruan tinggi unggulan yang tersebar di Indonesia. anda bisa melihat daftar kampus yang telah menjalin mitra dengan Djarum Foundation di situs resmi beasiswa ini. Kalau kampus anda belum menjadi mitra, anda bisa menghubungi ke [email protected]

Jadwal

Dilansir dari situs resmi Djarum Beasiswa Plus, pendaftaran dibuka hanya sekali mulai dari tanggal 21 Maret 2021. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 23 Mei 2021. Untuk waktu pendaftarannya, anda bisa update berita melalui situs resmi beasiswa tersebut.

Program untuk Penerima Beasiswa Djarum Beasiswa Plus

Selain anda berhak mendapatkan Rp1.000.000,- per bulan selama 1 tahun, anda akan mendapatkan pembekalan-pembekalan yang dapat melatih softskill. Para penerima beasiswa Djarum sering disebut Beswan Djarum. Dengan pelatihan-pelatihan yang akan didapat, para Beswan Djarum diharapkan bisa menggunakannya untuk mengembangkan hard skills dan kekuatan emosional lainnya.

Pelatihan soft skills yang akan anda dapat meliputi:

Character Building

Guna pelatihan Character Building adalah untuk mengembangkan kemandirian para Beswan Djarum. Biasanya, pelatihan ini akan diletakkan yang paling atas. Dengan membentuk karakter yang mandiri, diharapkan supaya penerima beasiswa mempunyai kualitas, seperti curiosity, inisiatif, kegigihan, kemampuan adaptasi, kepemimpinan, dan kesadaran dan kepekaan terhadap isu sosial dan budaya.

Leadership Development

Setelah mempunyai karakter yang kuat, para penerima akan dilatih kemampuan kepemimpinan secara lebih fokus. Supaya menjadi pemimpin yang baik, anda harus visioner, komunikatif, dan mampu memotivasi orang-orang lain yang bekerja sama denganmu agar tercapainya perubahan yang lebih baik. Setelah mengikuti program ini, anda bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Competition Challenges

Akan ada 2 kompetisi yang bisa anda ikuti; Writing Challenge dan Vlog Competition. Penilaian untuk kompetisi menulis adalah untuk melihat sisi intelektual. anda akan menulis tentang respon terhadap fenomena yang terjadi di Indonesia. Sedangkan untuk kompetisi membuat video, anda dinilai dari kemampuan mengekspresikan ide melalui komunikasi yang jelas ke media digital.

International Exposure

Djarum Beasiswa Plus juga memfasilitasi anak-anak muda yang berani dan terus berprestasi membawa nama baik negara melalui kompetisi yang diadakan di luar negeri. Program ini sudah ada dari tahun 2013.

Community Empowerment

Sebagai aksi nyata, para Beswan Djarum akan diberi kesempatan untuk menerapkan ilmu-ilmu dari kelas softskill ke masyarakat umum. Nantinya, anda akan membantu memecahkan permasalahan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang ada di sekitar dengan masyarakat yang setiap hari terjud ke situ. Harapannya, program yang ditaburkan ke masyarakat ini akan terus bisa dilanjutkan oleh komunitas.

Nation Building

Setelah mengembangkan softskill ke masyarakat, jangan lupa juga untuk tetap menjaga budaya bangsa. anda akan belajar lagi tentang makna dan hakikat kebangsaan supaya anda mampu bersaing dengan orang-orang baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Contoh dari program ini adalah cultural visit ke kota yang dipilih oleh panitia untuk mempererat dengan kebudayaan di Indonesia.

Tentang Djarum Beasiswa Plus

Pemberi Djarum Beasiswa Plus, Djarum Foundation, sudah ada sejak tahun 1984. Sudah sejak awal, beasiswa ini ditujukan untuk peningkatan kualitas pendidikan demi kesejahteraan bangsa di masa depan. Demi terwujudnya mimpi tersebut, para Beswan Djarum tidak hanya akan mendapatkan dana setiap bulan selama setahun, tetapi juga pelatihan-pelatihan untuk perkembangan diri, seperti kepemimpinan, pemecahan masalah, komunikasi, intelijen, dan emosional. Setelah kuatnya perkembangan diri, para penerima beasiswa diarahkan untuk mengaplikasikannya di kehidupannya sebagai seorang mahasiswa yang juga bisa dipakai di dunia pekerjaan atau kemasyarakatan lainnya. Sejauh ini, sudah ada lebih dari 11.840 penerima beasiswa yang tersebar di 123 perguruan tinggi terbaik yang ada di 34 provinsi di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengunjungi www.djarumbeasiswaplus.org, Twitter @BeswanDjarum, dan Instagram @djarumbeasiswaplus.

Ada berbagai macam beasiswa yang bisa anda ikut daftar saat menduduki dunia perkuliahan, salah satunya Djarum Beasiswa Plus. Dengan mengikuti beasiswa ini, anda tidak hanya diberi tunjangan dana setiap bulan selama setahun. anda juga akan diberikan pengembangan diri supaya anda menjadi penerus generasi bangsa dan dunia yang unggul. Kalau anda ingin pindah kos, sekarang mudah. Sudah ada aplikasi Mamikos yang bisa anda unduh di telepon genggam anda. Harganya juga dari berbagai range dan lokasi yang tersebar di dekat kampus atau lokasi kerja anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close