Surat Edaran LTMPT 29 Juni, Cetak Ulang Kartu Hingga Relokasi Tempat UTBK 2020

Surat Edaran LTMPT 29 Juni, Cetak Ulang Kartu Hingga Relokasi Tempat UTBK 2020 – Pemberitahuan terkait pencetakan ulang kartu peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 sudah diumumkan LTMPT. Sebagai lembaga resmi yang menyelenggarakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), LTMPT mengeluarkan informasi yang valid dan terpercaya.

Informasi Cetak Ulang Kartu Peserta UTBK dan Jadwal Relokasi Tempat UTBK

unsplash.com

 

 

Informasi terbaru yang dirilis oleh LTMPT adalah pengumuman terkait pembaruan pencetakan kartu peserta UTBK. Hal ini dikarenakan adanya perubahan sesi ujian yang semula empat sesi menjadi dua sesi per hari. Selain itu, ada pula jadwal relokasi atau perubahan tempat UTBK. Informasi per tanggal 29 Juni 2020 dikeluarkan LTMPT dengan nomor 15/SE.LTMPT/2020 terkait Relokasi UTBK – SBMPTN 2020.

Bagi dirimu yang menjadi peserta UTBK tahun 2020, informasi resmi berikut bisa menjawab pertanyaanmu sebelumnya.

1. Wajib Mencetak Ulang Kartu Tanda Peserta UTBK

Sudah mendaftar UTBK – SBMPTN 2020 dan pernah mencetak kartu peserta ujian?. Sehubungan dengan adanya edaran terbaru, peserta UTBK – SBMPTN wajib melakukan pencetakan ulang Kartu Peserta UTBK lagi. Hal ini dikarenakan adanya perubahan jadwal sesi UTBK dan perubahan lokasi.

Cara mencetak ulang Kartu Peserta UTBK 2020 cukup mudah. Lakukan login melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id pada menu ‘Pendaftaran UTBK – SBMPTN’. Kartu Peserta Tes UTBK bisa dicetak mulai tanggal 29 Juni 2020 pukul 14.00 WIB. dirimu tidak perlu terburu-buru melakukan pencetakan karena batas akhir pencetakan kartu adalah 2 Juli 2020 pukul 12.00 WIB.

Jika mengalami kendala seperti waktu tunggu website yang cukup lama, dirimu bisa melakukan pencetakan pada malam hari. Bisa saja traffic pengunjung web LTMPT sedang membludak, sehingga website menjadi lama ketika dibuka. Masukkan informasi login yang tepat agar dirimu tidak perlu me-reset password dan mengalami kebingungan.

2. Pemindahan Lokasi Pusat UTBK dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Bagi dirimu yang memilih lokasi pusat UTBK di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), bersiaplah untuk berpindah lokasi. Pusat UTBK di UNESA dinyatakan tidak menyelenggarakan UTBK. Hal tersebut dikarenakan alasan tertentu, serta pertimbangan yang dikeluarkan oleh pihak kampus.

Peserta UTBK – SBMPTN 2020 yang memilih UNESA sebagai lokasi tes akan direlokasi. Adapun lokasi pusat UTBK sebagai ganti dari UNESA adalah Pusat UTBK Universitas Airlangga (UNAIR). Selain itu, ada pula peserta UTBK yang direlokasi ke Pusat UTBK Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Informasi relokasi pusat UTBK yang sudah dirimu terima hendaknya digunakan untuk mempersiapkan diri sedini mungkin. Setelah dirimu mengetahui bahwa pusat UTBK yang dirimu pilih dipindah, cari tahu akses menuju lokasi pusat UTBK terbaru. Apalagi jika lokasi terbaru cukup jauh dari rumah dan membutuhkan waktu lama untuk mencapainya.

3. Syarat Relokasi Pelaksanaan UTBK Tahap I ke Pelaksanaan UTBK Tahap II

Peserta UTBK – SBMPTN 2020 mungkin mengalami kendala ketika memilih jadwal tes UTBK tahap I yang berlangsung tanggal 5 – 14 Juli 2020. Jika peserta tidak bisa mengikuti tes karena tidak memenuhi syarat yang ditetapkan Satgas Covid-19 daerah, maka peserta wajib melapor ke pusat UTBK di lokasi tes sesuai data yang tertera pada Kartu Tanda Peserta UTBK terbaru, selambat-lambatnya 2 Juli 2020 pukul 16.00 WIB. Peserta yang permohonannya disetujui oleh pusat UTBK akan direlokasi untuk mengikuti UTBK tahap II.

4. Wajib Melapor Apabila Tidak Bisa Mengikuti UTBK

Jika peserta yang sudah mendapatkan jadwal tes pada pelaksanaan UTBK tahap II (20 – 29 Juli 2020) ternyata tidak dapat mengikuti tes di pusat UTBK yang sudah ditetapkan, misalnya karena alasan keadaan memaksa atau force majeur (seperti kesulitan akses datang ke lokasi pusat UTBK, bencana, dan sebagainya) dan/atau tidak memenuhi syarat yang sudah ditetapkan Satgas Covid-19 daerah, maka peserta wajib melapor pada Pusat UTBK tempat peserta harus mengikuti tes (sesuai data yang terdapat di Kartu Tanda Peserta UTBK terbaru) tanggal 6 – 10 Juli 2020 pada jam kerja.

5. Tidak Boleh Membuat Laporan Palsu

Peserta UTBK – SBMPTN yang mengalami kendala sesuai nomor 3 dan 4 wajib menyampaikan kondisi sebenar-benarnya. Jika laporan yang disampaikan terbukti tidak jujur dan tidak benar, peserta tidak diizinkan mengikuti UTBK.

Pelaksanaan UTBK Kondisi Normal Baru

Selama mengikuti kegiatan UTBK saat new normal atau normal baru, ada protokol yang wajib diikuti seluruh peserta dan penyelenggara. dirimu perlu mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan dan melaksanakan instruksi yang diberikan. Adapun protokol bagi peserta UTBK – SBMPTN tahun 2020 agar diizinkan mengikuti tes adalah:

1. Menjaga kesehatan dengan tetap berada di rumah selama 7 – 14 hari sebelum hari pelaksanaan tes. Adapun waktu penyelenggaraan UTBK dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap I tanggal 5 – 14 Juli 2020 dan UTBK tahap II tanggal 20 – 29 Juli 2020. Setiap hari, pelaksanaan UTBK terbagi menjadi dua sesi, dengan jadwal sesi pertama pukul 09.00 – 11.15 dan sesi kedua pukul 14.00 – 16.15.

2. Mencari informasi terkait lokasi pusat UTBK yang dipilih. Survey lokasi bisa dicari dengan melihat lokasi yang tertera di web pusat UTBK PTN. Jadi, peserta UTBK tidak perlu datang langsung ke lokasi ujian apabila akan melakukan survey.

3. Membuat estimasi waktu tempuh dari lokasi tempat tinggal atau lokasi asal menuju pusat UTBK. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, apalagi bagi peserta UTBK yang langsung berangkat dari rumah. Pertimbangkan penggunaan kendaraan, seperti motor, mobil, atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan sudah membawa surat perjalanan lengkap demi menunjang kelancaran.

Jaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan prima sebelum hari pelaksanaan UTBK. Sebab, akan ada pemeriksaan yang dilakukan panitia sebelum peserta memasuki ruangan ujian. Jangan sampai dirimu tidak diizinkan mengikuti UTBK karena sakit akibat kurang bisa menjaga diri.

Demikian informasi pencetakan ulang kartu UTBK dan relokasi tempat UTBK tahun 2020. Jangan lupa persiapkan diri sebelum mengikuti UTBK, terutama dalam hal protokol kesehatan. Siapkan pula barang-barang yang wajib dibawa ketika UTBK. dirimu juga bisa menyewa kamar kost murah dekat dari lokasi pusat UTBK.

Gunakan aplikasi rumah kost Mamikos dengan mengunduhnya secara gratis melalui ponsel android atau ios. Tidak hanya informasi mengenai lokasi kost saja yang akan dirimu dapatkan, tetapi juga informasi fasilitas kost, deskripsi kost, harga sewa kamar kost, dan info lainnya. Bahkan, dirimu bisa booking kamar kost untuk persiapan UTBK dalam jangka waktu semalam saja. Adanya fitur booking online Mamikos akan semakin memudahkan aktivitasmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close