Sudah Dibuka Pengumuman SBMPTN 14 Agustus 2020, Hari Ini Pukul 15.00

Sudah dibuka pengumuman SBMPTN 14 Agustus 2020, hari ini pukul 15.00 – Perubahan waktu pengumuman seleksi nasional untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah diputuskan. Jadwal semula pengumuman SBMPTN tanggal 20 Agustus ternyata menjadi lebih cepat. Jika sebelumnya anda bisa bersantai-santai sambil menunggu pengumuman, adanya perubahan waktu bisa membuat agendamu ikut berubah. Tentu anda tidak sabar untuk segera mengetahui hasil kelulusan, apalagi jika anda optimis bisa mengerjakan soal-soal UTBK. Kali ini Mamikos akan menginformasikan pengumuman terkait hasil SBMPTN yang akan keluar pada 14 Agustus 2020.

Informasi Pengumuman SBMPTN 2020

krjogja.com

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah salah satu jalur masuk yang bisa anda tempuh jika ingin masuk PTN. Seleksi ini berbeda dengan seleksi PTN lainnya karena dilakukan secara serentak menggunakan tes, yaitu UTBK. Jadi, pendaftar PTN melalui jalur SBMPTN wajib memiliki skor nilai UTBK untuk digunakan sebagai acuan penerimaan. Meskipun demikian, masih ada alternatif jalur lainnya yang bisa anda tempuh untuk diterima di PTN, baik jalur seleksi nasional maupun jalur mandiri.

Seleksi SBMPTN 2020 juga terbilang ketat karena ada ratusan ribu peserta yang mengikuti. Ditambah lagi, peserta SBMPTN tidak hanya berasal dari lulusan tahun 2020 saja. Panitia mengizinkan lulusan dua tahun sebelumnya, yaitu tahun 2019 dan 2018 untuk mengikuti seleksi ini. Baik peserta dari SMA, MA, SMK, hingga lulusan paket C berlomba-lomba untuk bisa diterima di PTN tujuan.

Jadwap Pelaksanaan UTBK – SBMPTN tahun 2020 yang sudah diperbarui secara resmi oleh LTMPT adalah sebagai berikut.

• Pendaftaran Akun LTMPT: 17 Februari – 05 April 2020
• Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020: 02 Juni – 20 Juni 2020
• Pelaksanaan UTBK Tahap I: 05 – 14 Juli 2020 (2 sesi setiap hari, kecuali Jumat 1 sesi)
• Pelaksanaan UTBK Tahap II: 20 – 29 Juli 2020(2 sesi setiap hari, kecuali Jumat 1 sesi)
• Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN: 14 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB

Apabila anda sudah menjalani prosedur pendaftaran dan mengikuti panduan protokol kesehatan dari panitia penyelenggara, anda bisa mengikuti seleksi.

Protokol Wajib Peserta UTBK SBMPTN 2020

Perjuangan untuk bisa mengikuti seleksi UTBK SBMPTN 2020 tidak cukup hanya dengan menguasai materi dan belajar saja. Peserta diharapkan mematuhi protokol agar diizinkan mengikuti ujian di dalam ruangan. Hal tersebut berkaitan erat dengan pandemi Covid-19 yang masih terjadi di banyak wilayah. Syarat wajib peserta yang akan mengikuti UTBK adalah suhu tubuh yang tidak melebihi 37,5 derajat Celcius. Selain itu, peserta juga bisa menunjukkan hasil rapid test yang non-reaktif atau hasil swab test negatif sebelum mengikuti UTBK.

Peserta yang tidak menjaga diri dan menjaga kesehatan dengan isolasi mandiri di rumah berpotensi datang dalam kondisi tidak prima. Oleh karena itu, peserta UTBK – SBMPTN juga perlu menjaga asupan nutrisi, memerhatikan pola makan, serta menjaga kebugaran tubuh dengan senantiasa berolahraga. Apabila peserta datang dalam kondisi tidak sehat ke lokasi UTBK, peserta tidak diizinkan mengikuti tes. Langkah antisipasi yang dilakukan panitia penyelenggara adalah dengan meminta peserta melakukan rapid test lebih awal. Hal tersebut bertujuan agar jika peserta mendapatkan hasil reaktif, masih ada waktu untuk tes ulang atau swab test.

Protokol kesehatan sebelum UTBK yang ketat tersebut tentunya bisa meminimalisir penularan Covid-19. Bahkan, saat pelaksanaan UTBK pun baik panitia penyelenggara maupun peserta tetap mengikuti protokol yang berlaku. Peserta dan panitia wajib menggunakan masker, face shield, dan memakai hand sanitizer. Ruangan tempat UTBK juga akan diberi disinfektan saat peralihan sesi ujian. Jadi, anda tidak perlu khawatir ketika mengikuti UTBK saat pandemi.

Statistik Peserta UTBK SBMPTN 2020

Statistik jumlah peserta yang terdaftar pada UTBK tahun 2020 berdasarkan laman resmi LTMPT berjumlah 713.230 orang. Namun, tidak semua peserta hadir dalam tes UTBK SBMPTN. Hanya 662.404 orang saja yang mengikuti seleksi, sedangkan 50.826 sisanya tidak hadir. Selain itu, ada pula peserta tunanetra sebanyak 46 orang yang juga mengikuti seleksi masuk jalur SBMPTN.

Mengkalkulasi peluang diterima di kampus tujuan bisa anda lakukan selagi menunggu waktu rilis pengumuman resmi. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui perkiraan kelulusan meskipun tidak seratus persen akurat. Cara termudah yang bisa anda lakukan salah satunya adalah dengan melihat passing grade jurusan atau program studi yang anda inginkan. Semakin tinggi passing grade jurusan tersebut, ditambah dengan peminat yang besar, persaingan juga akan semakin ketat.

Cara Mengecek Pengumuman SBMPTN 2020

Sudah siap melihat pengumuman SBMPTN tahun 2020 yang akan dikeluarkan secara resmi tanggal 14 Agustus 2020 jam 15.00 WIB?. Bagi anda yang tinggal di kawasan Indonesia Tengah, acuan waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesi Tengah (WITA). waktu pengumuman SBMPTN menjadi 1 jam lebih lama, yaitu pukul 16.00 WITA. Sedangkan bagi anda yang tinggal di kawasan Indonesia Timur dengan acuan Waktu Indonesia Timur (WIT), waktu pengumuman SBMPTN adalah pukul 17.00 WIT.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui pengumuman SBMPTN. LTMPT telah mengumumkan link atau tautan resmi untuk melihat pengumuman SBMPTN 2020 melalui laman http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.


Bagaimana jika ada kendala dalam melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2020?

anda tidak perlu khawatir karena ada link mirror sebagai alternatif apabila link resmi tidak dapat dibuka. Biasanya, akses bersamaan dari peserta SBMPTN membuat website menjadi down hingga sulit diakses. Akibatnya, waktu tunggu akan menjadi lebih lama atau halaman tidak akan memunculkan tulisan sama sekali. Alternatif link yang dapat anda akses adalah sebagai berikut.

  1. Laman website Universitas Indonesia: http://sbmptn.ui.ac.id
  2. Laman website Universitas Gadjah Mada: http://sbmptn.ugm.ac.id
  3. Laman website Universitas Diponegoro: http://sbmptn.undip.ac.id
  4. Laman website Universitas Airlangga: http://sbmptn.unair.ac.id
  5. Laman website Universitas Sriwijaya: http://sbmptn.unsri.ac.id
  6. Laman website Universitas Tanjungpura Pontianak: http://sbmptn.untan.ac.id
  7. Laman website Institut Teknologi Bandung: http://sbmptn.itb.ac.id
  8. Laman website Institut Teknologi Sepuluh Nopember: http://sbmptn.its.ac.id
  9. Laman website Institut Pertanian Bogor: http://sbmptn.ipb.ac.id
  10. Laman website Universitas Andalas: http://sbmptn.unand.ac.id
  11. Laman website Universitas Hasanuddin: http://sbmptn.unhas.ac.id
  12. Laman website Universitas Syiah Kuala: http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Peserta UTBK SBMPTN tahun 2020 dapat mengunduh sertifikat UTBK hari Sabtu, 15 Agustus pukul 15.00 WIB. Siapkan pengingat agar anda tidak lupa mengunduh sertifikat tersebut.

Demikian informasi tentang pengumuman SBMPTN 14 Agustus 2020, hari ini pukul 15.00 WIB yang sudah dibuka. Mamikos ucapkan selamat untuk anda yang diterima di PTN tujuan setelah lolos SBMPTN 2020. Kini, anda bisa melakukan aktivitas selanjutnya, seperti memilih tempat kost di dekat kampus. Karena masa Pandemi masih terjadi dan pencarian kost cukup sulit, download aplikasi pencari kost Mamikos untuk memudahkan. Tanpa datang ke lokasi kost dan survey di kost tujuan, anda sudah bisa mendapatkan info lengkap kost hingga melakukan booking.

Namun, bagi anda yang belum diterima, tidak perlu berkecil hati karena masih ada jalur mandiri PTN yang dapat dicoba. Selain itu, Perguruan Tinggi Swasta dengan jurusan yang anda inginkan pun dapat menjadi alternatif. Jika masih ingin berusaha masuk PTN melalui jalur SBMPTN, keputusan untuk gap year juga terbuka lebar. Tidak perlu berkecil hati dengan hasil SBMPTN karena anda sudah berusaha. Tetap semangat dan jangan berhenti berusaha!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close