Solat Berjamaah Atau Sendirian?

Ketika kita di tanyakan hal ibarat itu Solat Berjamaah Atau Sendirian? Tentu akan menjawab solat berjamaah.
Namun ketika dikaitkan dengan sikap kenyataan ternyata masih banyak yang menentukan solat sendirian dirumahnya.
Sebetulnya dikala ini banyak sekali mesjid yang berdiri, di tempat sayapun tidak kurang hampir setiap 2 hingga 5 km ada mesjid. Silahkan saja anda lakukan perjalanan banjarmasih – batulicin maka sepanjang jalan akan  temukan aneka macam macam mesjid dan musola. Semuanya tidak ada yang sama unik has setiap tempat yang di lewati.
Namun apa yang disayangkan adalah  orang – orang justru kebanyakan solat  di rumah terbukti setiap kali waktu solat 5 waktu jamaah hanya satu hingga 3 sap saja sedangkan pada jumatan mesjid – mesjid hingga membludak. Jamaahnya alias tak tertampung. Inilah yang menjadi kesimpulan saya jikalau solat itu masih banyak di lakukan dirumahnya masing – masing.
Untuk itulah saya mencoba mencari rujukan keutamaan solat berjamaah di mesjid di bandingkan solat di rumah biar menggoda para jamaah untuk kembali berjamaah di mesjid. Terhusus lagi bagi saya sebagai penulis.
Karena mau tidak mau ketika kita di tanya solat berjamaan atau sendiri yang lebih utama pasti jawabannya ialah solat berjamaan, namun saya pikir alasannya kurangnya ngeh atau rasa ngeh dalam diri untuk melaksanakan solat berjamaah sehingga terpaksalah solat sendirian.  Untuk itulah biar kita makin ngeh terhusus saya sebagai penulis, mari kita ulas keutamaan solat berjamaah.

Keutamaan Solat Berjamaah di Mesjid

Info lain yang mungkin mengingatkan kita 4 tanda solat di terima

Banyak rujukan yang sanggup kita buka mengenai hal ini, mulai dari media umum ataupun media buku ataupun media internet lainnya.

Baca Juga  Lupa Dalam Sholat, Apa Yang Harus Dilakukan?

Yuk saya resume beberapa yang saya baca

1. Derajatnya di angkat dan setiap langkah jadi peghapus kesalahannya.

Siapa yang tidak mau diampuni dosanya coba?

”Maka tidak ada seseorang yang bersuci dan ia sempurnakan wudunya kemudian ia berjalan ke masjid diantara masjid-masjid ini kecuali Allah SWT mencatat bagi setiap langkah menjadi kebaikan yang mengangkat derajatnya dan bagi setiap langkah yang diturunkannya menjadi penghapus kesalahannya.”

“Maukah kalian saya tunjukkan sesuatu yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa dan mengangkat derajat ?” Para shahabat berkata : “Tentu, Ya Rasulullah”, Beliau bersabda ” dan memperbanyak langkah menuju ke masjid ” (HR. Muslim) 

“Barang siapa yang menuju ke masjid untuk shalat berjama’ah maka setiap langkahnya menghapuskan dosa dan ditulis padanya satu kebaikan baik ketika ia pergi maupun ia kembali” (HR. Ahmad)

“Apabila salah seorang dari kalian duduk untuk menunggu shalat di masjid maka ia senantiasa dalam keadaan shalat selama ia tidak berhadats (dan) para malaikat akan mendo’akannya : “Ya Allah ampunilah dia, Ya Allah rahmatilah dia” (HR. Muslim)

2. Akan diakui sebagai seorang  muslim dikala bertemu Alloh

Sebagai orang beragama islam tentu sangat mau sekali di akui oleh yang Maha pengasih alasannya jikalau di akui tentu akan mendapat keutamaan- keutamaan diantaranya berupa surgaNya.

Barangsiapa ingin bertemu Allah esok hari sebagai seorang muslim, maka ia harus menjaga benar-benar sholat pada waktunya ketika terdengar bunyi adzan.”

3. Menjadi Pemakmur Mesjid

Emang kenapa dengan pemakmur mesjid?

Pertama orang yang selalu kemesjid ialah pemakmur mesjid, sebagaimana hadis qudsi berikut :

“Sesungguhnya rumah-rumah-Ku di bumi ialah masjid-masjid dan para pengunjungnya ialah orang-orang yang memakmurkannya”

Baca Juga  Keutaman Sholat Dalam Islam Sehingga Harus Dilaksanakan Selama Masih Hidup

Dan bagi yang suka kemesjid ibarat ini keterangannya.

 Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang pagi dan sorenya selalu pergi ke masjid pasti Allah akan menyediakan baginya nirwana sebagai tempat istirahat setiap pagi dan sore.” (H.R. Ahmad dan Syaikhani)

Dan Abi Sa’id Al Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Apabila kalian melihat seseorang yang biasa mengunjungi masjid, maka yakinilah bahwa orang tersebut telah beriman. (H.R. Ahmad dan Abi Sa’id Al Khudri)

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diperlukan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. at-Taubah:18)

4. Akan gampang melintasi jembatan Shiroth

Berikut keteragannya.

Rasulullah SAW bersabda: “Masjid ialah rumah setiap orang yang bertaqwa. Dan AlIah menjamin orang yang menimbulkan masjid sebagai rumahnya dengan kesenangan, rahmat dan fasilitas dalam melintasi titian (shirath,) hingga hingga kepada keridhaan Allah, yaitu surga.” (H.R.At Thabrani)

5. Solat bejamaah di mesjid lebih utama dari solat sendirian

Hal ini sebagaim mana hadis yang sangat terkenal berikut ini.

“Shalat Jamaah lebih utama dua puluh tujuh kali dibanding shalat sendiri” (H.R. Bukhari dan Muslim).

“Shalatnya seorang laki-laki berjamaah pahalanya 25 derajat dibanding sendirian di rumah atau di pasar, yang demikian itu alasannya jikalau ia berwudhu dengan tepat kemudian ia keluar rumah dengan satu tujuan shalat berjamaah di masjid, maka setiap langkahnya mengangkat satu derajat dan diampuni satu dosanya, dan selama ia di majelis shalat tanpa hadats didoakan para malaikat, “Ya Allah, ampunilah ia dan rahmatilah ia”, dan dianggap mengerjakan shalat sepanjang menunggu waktu shalat” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga  Sholat Gerhana Matahari, Cara Dan Manfaatnya

“Barang siapa yang shalat selama empat puluh hari secara berjama’ah dan selalu mendapat takbir pertama, maka di menetapkan baginya dua pembebasan : Pembebasan dari api neraka dan pembebasan dari kemuniqan” (HR. Tirmidzi)

“Apabila imam mengucapkan “ghairul maghduubi ‘alaihim waladdhaliin” maka katakanlah “Amin” alasannya barang siapa yang aminnya bertepatan dengan aminnya para malaikat maka akan diampuni dosanya yang telah kemudian ” (HR. Bukhari)

“Barang siapa shalat Isya’ dengan berjamaah, maka ia ibarat mendirikan shalat selama setengah malam, barangsiapa shalat Subuh berjamaah, maka ia laksana shalat semalam suntuk” (H.R. Muslim)

Sekian diantara sekian banyak perihal keutamaan solat berjamaah yang sanggup saya bagikan di Guru Madrasah. Dari aneka macam sumber yang di tuliskan di bawah. Semoga menjadi kebaikan kita bersama. aamiin
Yang ingin menambahkan silahkan di kolom komentar. Semoga menjadi amal kebaikan.aamiin

Sumber :
http://www.eramuslim.com/suara-langit/ringan-berbobot/pentingnya-sholat-berjamaah-di-masjid.htm
https://masjidjamiannimah.wordpress.com/2011/02/23/fadhilah-memakmurkan-masjid/
https://www.facebook.com/permalink.php?id=113300332188367&story_fbid=113411322177268
https://www.facebook.com/situskomunitasmuslim/posts/149345308570139
https://www.facebook.com/notes/motivasi-dan-inspirasi-sukses-islami/peringatan-sholat-sendiri-atau-berjamaah-di-masjid-/545804988811934/

loading...