SNMPTN 2020: Ketentuan & Cara Pemilihan Program Studi SNMPTN 2020/2021

SNMPTN 2020: Ketentuan & Cara Pemilihan Program Studi SNMPTN 2020/2021 – Seleksi masuk Pergutuan Tinggi Negeri sebentar lagi akan segera tiba. Bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah menengah, persiapan matang akan sangat menentukan kesuksesan. Banyak yang masih bingung dengan jurusan yang akan dipilih, bahkan kampus tujuan.

SNMPTN 2020: Ketentuan & Cara Pemilihan Program Studi SNMPTN 2020/2021

SNMPTN sebenarnya hanya satu dari sekian banyak jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Selain SNMPTN, masih ada jalur SBMPTN, jalur undangan, jalur mandiri PTN, jalur tulis, jalur prestasi, dan sebagainya. Namun, SNMPTN menjadi jalur yang banyak dicari karena direkomendasikan oleh sekolah. Siswa tidak perlu menjalani tes karena proses seleksi akan didasarkan pada prestasi.

• Keuntungan Mengikuti SNMPTN 2020/2021


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua siswa bisa mengikuti SNMPTN. Hanya siswa berprestasi dan direkomendasikan oleh sekolah saja yang dapat mengikuti SNMPTN. Bagi anda yang belum terpilih, tidak perlu berkecil hati. Manfaatkan waktu setelah lulus untuk belajar lebih keras agar bisa diterima di PTN melalui jalur lainnya. Bagi anda yang terpilih mengikuti SNMPTN, berikut keuntungan yang bisa didapatkan:

1. Tidak perlu mengikuti ujian tertulis

Bersyukurlah bagi anda yang bisa masuk kuota SNMPTN dan direkomendasikan pihak sekolah. anda tidak perlu belajar lagi ketika akan masuk PTN. Banyak-banyaklah berdoa agar nilai rapor dan prestasimu bisa mengalahkan saingan dari sekolah lain.

2. Tidak perlu membayar biaya sepeser pun

Jika ujian mandiri di PTN biasanya memakan banyak biaya, pada SNMPTN siswa tidak perlu membayar biaya apa pun. Semua biaya penyelenggaraan SNMPTN sudah ditanggung oleh pemerintah.

3. Bisa mengajukan keringanan biaya

Apabila ada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi tinggi, ada jalur pendaftaran Bidikmisi. Jika mendaftar melalui jalur Bidikmisi, siswa akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan ketika diterima.

4. Kuota jalur SNMPTN paling banyak

Persaingan masuk program studi favorit tentu tidak mudah. Untunglah dibandingkan jalur penerimaan lainnya SNMPTN mengalokasikan porsi yang paling besar bagi siswa yang diterima. Peluang siswa untuk masuk PTN melalui jalur SNMPTN pun menjadi lebih tinggi dibandingkan jalur lain.

• Pelaksanaan SNMPTN 2020/2021


Mungkin ada sebagian dari anda yang bertanya, kapan pendaftaran SNMPTN 2020?. Pastikan bahwa anda sudah mengetahui jadwal pelaksanaan SNMPTN tahun 2020/2021 karena tanggalnya akan berbeda dari jadwal SNMPTN 2019/2020. Jadwal pendaftaran SNMPTN 2020 direncanakan awal tahun nanti. Info SNMPTN 2020 yang masih simpang siur dari blog atau situs tidak resmi semestinya tidak perlu anda hiraukan. Mendekati masa ujian, informasi jadwal SNMPTN dan SBMPTN 2020 akan sangat membludak.

• Ketentuan SNMPTN 2020/2021

Jika anda belum paham seluk beluk pendaftaran SNMPTN, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu ketentuan memilih jurusan. Biasanya calon mahasiswa masih belum mengerti cara pendaftaran SNMPTN dan pengisiannya. Bahkan, tidak jarang ada yang belum bisa menentukan program studi tujuannya karena belum menemukan passion.

Kemendikbud sudah mengeluarkan informasi secara resmi terkait Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Terdapat tiga jalur yang dibuka oleh Kemendikbud, diantaranya adalah SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri di PTN. Selain itu, jadwal pelaksanaan SNMPTN 2020 pun sudah dirilis.

Persayaratan dan ketentuan ketika mengikuti SNMPTN harus dipahami oleh siswa. Dibutuhkan kerja sama antara pihak sekolah dan pihak siswa demi menunjang kelancaran proses pendaftaran SNMPTN tersebut.

1. Persyaratan yang Harus Dipenuhi Sekolah


Sekolah yang akan mendaftarkan siswanya agar bisa mengikuti SNMPTN perlu memiliki NPSN. Jika belum memiliki NPSN, maka SMA/MA/SMK perlu mendaftar terlebih dahulu. Ada pula ketentuan sistem peringkat yang ditetapkan berdasarkan akreditasi.

Sekolah dengan akreditasi A berhak mendaftarkan 40% siswa terbaiknya pada jalur SNMPTN. Sekolah dengan akreditasi B bisa mendaftarkan 25% siswa terbaiknya, sedangkan sekolah dengan akreditasi C bisa mendaftarkan 5% siswa terbaiknya. Setelah sekolah meranking siswanya berdasarkan akreditasi tersebut, sekolah baru bisa mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

2. Persayaratan yang Harus Dipenuhi Siswa


Siswa terpilih yang akan mengikuti SNMPTN perlu melengkapi persayaratan yang sudah ditetapkan. Agar bisa lolos seleksi berkas, siswa SMA/MA/SMK adalah siswa di kelas 12 pada tahun 2020. Selain itu, siswa juga memiliki prestasi unggul atau prestasi menonjol. Prestasi tersebut bisa berupa prestasi akademik. Selain itu, siswa juga sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PTN.

Pendaftaran SNMPTN hanya bisa dilakukan jika siswa memiliki NISN dan sudah terdaftar di PDSS. Apabila siswa belum mendapatkan password atau penjelasan tambahan, siswa bisa menanyakannya pada pihak sekolah. Karena seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi, siswa perlu memiliki nilai rapor semester 1-5 yang sudah diinput di PDSS.

Tidak semua program studi menawarkan syarat sama. Pastikan anda cermat ketika mencari tahu persyaratan yang telah ditetapkan masing-masing program studi. Bagi siswa yang memilih program studi berkaitan dengan seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio.

• Cara Memilih Program Studi SNMPTN 2020/2021


Setelah semua data yang diperlukan terpenuhi, kini saatnya anda menentukan pilihan program studi. Jika belum yakin dengan program studi yang diinginkan, masih ada waktu untuk memikirkan pilihan.

Secara umum, cara memilih program studi pada SNMPTN 2020/2021 adalah sebagai berikut. Pertama, siswa bisa memilih maksimal dua program studi dari PTN yang sama atau PTN berbeda. Kedua, sebaiknya siswa tidak melakukan pendaftaran program studi lintas minat. Ketentuan ini bisa disesuaikan dengan syarat PTN tujuan.

• Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2020/2021


Pelaksanaan SNMPTN 2020/2021 dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, diawali dengan peluncuran sistem PMB pada 15 November 2019. Tahap berikutnya yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Registrasi akun LTMPT pada 2 Desember 2019 – 7 Januari 2020
2. Pengisian PDSS pada 13 Januari 2020 – 6 Februari 2020
3. Sekolah membuat ranking atau pemeringkatan untuk siswa pada 13 Januari 2020– 6 Februari 2020
4. Pengumuman siswa yang berhak mendaftar SNMPTN pada 13 Januari 2020 – 6 Februari 2020
5. Pendaftaran SNMPTN pada 11 Februari – 25 Februari 2020
6. Pengumuman SNMPTN pada 4 April 2020
7. Pendaftaran ulang siswa yang lolos SNMPTN bisa dilihat langsung di website Perguruan Tinggi tujuan

• Cara Menentukan Program Studi Tujuan SNMPTN


Jangan khawatir apabila anda masih belum bisa menentukan program studi tujuan yang akan dipilih ketika SNMPTN nanti. Adanya fasilitas tes bakat dan minat yang diselenggarakan bimbingan belajar sebenarnya akan cukup membantu. anda dapat menganalisis kemampuanmu dari tes yang diberikan. Ada pula alternatif psikotes apabila ingin mencari tahu kemampuan dan potensimu lainnya.

Sebenarnya, menentukan program studi SNMPTN juga bisa anda lakukan dari passion atau kegemaranmu. Jika selama ini anda senang dengan mata pelajaran yang berkaitan dengan alam, jangan sampai program studi yang anda pilih justru bertolak belakang. anda juga bisa mempertimbangkan saran orang terdekat sebelum menentukan pilihan.

Tidak perlu bingung apabila kampus tujuanmu jauh dari rumah. Belajarlah untuk merantau dan mencari pengalaman baru. Untuk masalah hunian, serahkan saja pada aplikasi pencari kost terbaik Mamikos. Tinggal download aplikasi Mamikos di ponsel android atau ios kesayanganmu untuk mendapatkan kost dekat kampus. Pastinya survey harga kost dan fasilitasnya bisa anda lakukan dari rumah.

Klik dan dapatkan kost yang anda idamkan:


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close