Sholat Jama Dan Qosor Lengkap

Bimillahirohmanirrohiim

Tidak menutup kemungkinan bahwa insan akan melaksanakan sesuatu yang tidak sanggup ditinggalkan dan sifatnya sangat penting sekali, namun demikian bukan berarti sholat boleh ditinggalkan. Sholat harus tetap ditegakan selama masih di alam dunia ini. Maka dari itu bila dalam kedaan yang mendesak dan dalam urusan yang syar’i ada dispensasi dalam mengerjakan sholat, yaitu Sholat Jama dan Qosor. Apa dan bagaimana sholat jama dan qosor Guru Madrasah akan membahasnya disini.

Silahkan sanggup disimak Juga 4 Tanda sholat yang Diterima

 

Sholat Qosor

Sholat qosor artinya yaitu sholat yang diringkas. Maksudnya meringkas sholat yang jumlahnya 4 rakaat menjadi 2 rakaat. Dengan demikian sholat yang sanggup di qosor yaitu sholat Dzuhur, Asar dan Isya. Sedangkan subuh dan Magrib dilarang di qosor atau di ringkas.

Sholat Jama’

Sholat jama’ yaitu menggabungkan dua waktu sholat dalam satu waktu sholat. Misalnya sholat dzuhur dan asar di gabungkan pengerjaanya dalam waktu sholat duhur atau asar.
Pada sholat yang di nitakan dengan jama ini sama sekali tidak mengurangi jumlah rakaat sholat.
Ada dua macam sholat jama’ yaitu jama taqdim dan jama’ takhir.
Yang dimaksud jama taqdim yaitu apabila menyatukan dua waktu sholat dan dikerjakan pada waktu sholat yang pertama. Sebagai teladan sholat duhur dan asar di jama’ dan dikerjakan di waktu sholat dzuhur.
Sedangkan yang dimaksud sholat jama takhir yaitu menyatukan dua waktu sholat dimana dikerjakannya pada waktu sholat yang ke dua. Contoh sholat asar dan dzuhur di jama’ dikerjakan pada waktu sholat asar.

Syarat Sholat DiQosor dan diJama’

Adapun syarat atau ketentuan bolehnya sholat yang 4 rakaat di qosor yaitu alasannya alasan berikut ini

Baca Juga  Melihat Solat Makmum Yang Ketiggalan

1. Sedang dalam perjalanan yang menempuh perjalanan sehari semalam
2. Perjalan yang dimaksud bukan untuk maksiat
3. Dalam kedaan ketakutan seprti hujan topan lebat sekali, tragedi alam.
3. Tidak bermakmum kepada orang yang bukan musafir.

Sholat Yang Bisa Di Jama’ dan atau di Qosor

Untuk memperjelas biar tidak terjadi kerancuan Guru Madrasah perlu mempertegas sholat – solat mana saja yang sanggup di qosor, sanggup di jama atau sanggup diqosor dan dijama alasannya tidak semua sholat sanggup di jama atapun di qosor. Berikut rinciannya:

Yang Boleh DiQosor

Sholat yang jumlahnya 4 rakaat saja, yaitu sholat dzuhur, asar, dan isya. Untuk sholat magrib dan shubuh tidak sanggup di qosor

Yang boleh DiJama

Sholat yang boleh di jama’ atau di gabungkan adalah:
Sholat dzuhur dengan sholat asar
Sholat Magrib dengan sholat isya

Tidak boleh mengabungkan sholat asar dengan magrib atau isa dengan subuh atau subuh dengan duhur.

Satu waktu sholat yang dilarang di jama’ dengan waktu sholat manapun yaitu sholat subuh.

Cara Melakukan Sholat Qosor

 

Seperti yang disebutkan diatas tadi bahwa sholat qosor yaitu solat 4 rakaat yang diringkas maka cara melakukannya yaitu seprti sholat yang 2 rakaat dengan niat dalam hati untuk mengqosor solat.

Cara Melakukan Sholat Jama’

Cara melaksanakan sholat jama’ yaitu dengan cara ibarat sholat biasa hanya saja diniatkan sholat tersebut untuk dijama’
Dahulukan sholat sesuai urutannya.
Misalkan melaksanakan sholat jama’ sholat dzuhur dengan sholat asar maka lakukalah terlebih dahulu sholat dzuhur hingga selesai hingga salam, kemudian berdiri kembali dan mengerjakan sholat asar. Baik itu jama taqdim atapun jama takhir.

Cara Melakukan Jama sekaligus Qosor

Pada keadaan tertentu dibolehkan juga sholat dijama sekaligus diqosor. Artinya sholat yang 4 rakaat sanggup menjadi 2 rakaat dan sanggup di gabungkan dalam satu waktu.

Baca Juga  Gambar Gerakan Solat

Caranya yaitu bila sholat tersebut 4 rakaat maka menjadi 2 rakaat dan di satukan dengan waktu sholat yang lainnya.

Contoh :

Jama sekaligus Qosor sholat duhur dan asar

Sholat dzuhur terlebih dahulu diketjakaan sebanyak dua rakaat hingga selesai kemudian bangun lagi dan melaksanakan sholat asar sebanyak 2 rakaat.

Lalu bagaimana untuk Jama Qosor Magrib dan isya?

Nah untuk yang ibarat ini yang sanggup di qosor hanya sholat isya saja, jadi lakukan sholat magrib tiga rakaat kemudian sholat isya 2 rakaat.

Demikian pembahasan ihwal Sholat Jama dan Qosor gampang – mudahan bermanfaat. Selain Jama dan Qosor ini dalam meringankan kita dalam melaksanakan sholat saat bepergian sanggup di lihat juga Tips Bepergian Supaya Tidak Sulit Melaksanakan Sholat

Hal lain yang mungkin bermanfaat Tuntunan Sholat Lengkap dan Tajwid Lengkap

Sumber Rujukan
Risalah Sholat Lengkap Disertai Doa Wirid Pilihan dan Hikmah – Hikmahnya Ust Maftuh Ahnan

loading...