Sebutkan Contoh Sumber Energi Listrik Alternatif Selain Minyak Bumi!

Sebutkan Contoh Sumber Energi Listrik Alternatif Selain Minyak Bumi!

Jawab :

Contoh sumber energi listrik alternatif :

  1. Energi matahari
  2. Energi angin
  3. Bioenergi
  4. Energi air

Penjelasan :

Keterbatasan energi tambang menjadikan sumber energi listrik tidak hanya dihasilkan dari minyak bumi atau batu bara.

Sumber-sumber energi alternatif, seperti energi matahari, energi angin, bioenergi, dan energi air dipilih karena ketersediaannya di alam yang sangat melimpah atau tidak akan pernah habis jika digunakan.

  • Energi matahari

Energi matahari adalah sumber energi terbesar dan ketersediaannya paling melimpah. Energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik melalui penggunaan panel surya.

Pada saat cuaca cerah dan matahari bersinar terang, maka eneri matahari akan disimpan dalam baterai agar dapat digunakan saat cuaca mendung atau bahkan malam hari.

Penggunaan energi surya di Indonesia diterapkan dalam dua macam teknologi, yaitu teknologi energi surya termal dan energi surya fotovoltaik.

Energi surya termal banyak digunakan untuk memasak (kompor surya), mengeringkan hasil pertanian dan memanaskan air.

Energi surya fotovoltaik digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik, pompa air, televisi, telekomunikasi, dan lemari pendingin.

Loading...
  • Energi angin

Kincir angin merupakan contoh sumber energi listrik alternatif yang memanfaatkan angin. Energi gerak, yang dihasilkan oleh gerakan angin terhadap kincir, diubah oleh generator menjadi energi listrik.

Pada tahun 1930, pemerintah Amerika sudah mulai menggunakan kincir angin sebagai sumber energi listrik utamanya.

Di California, sudah ada sekitar 13.000 kincir angin yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik hingga 1,5 – 4 juta kWh setiap tahunnya.

  • Bioenergi

Bioenergi adalah energi yang di peroleh dari biomassa. Biomassa merupakan bahan organik yang berasal dari makhluk hidup, baik dari tumbuhan maupun hewan.

Limbah dari budidaya pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, maupun perikanan juga dapat digunakan sebagai sumber bioenergi.

Energi yang diperoleh dari biomassa ini dapat diubah menjadi energi listrik dengan cara mengolah biomassa menjadi bahan bakar nabati, misalnya etanol atau biodiesel.

Bahan bakar nabati ini selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan bakar generator atau diesel untuk menghasilkan listrik.

  • Energi air

Air yang mengalir dari hulu ke hilir, khususnya pada sungai-sungai yang deras, dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.

Arus air sungai tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang terhubung pada generator, sehingga energi listrik dapat dihasilkan.

Banyaknya jumlah sungai dan danau air tawar membuat Indonesia membangun banyak Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di seluruh wilayahnya.

Loading...
loading...
close