Sambil Menunggu Pengumuman SNMPTN 22 Maret 2021, Ini yang Bisa anda Lakukan

Sambil Menunggu Pengumuman SNMPTN 22 Maret 2021, Ini yang Bisa anda Lakukan – Jadwal pengumuman SNMPTN 2021 akan dirilis tanggal 22 Maret 2021 nanti secara resmi. Apakah anda akan bersantai-santai sambil menunggu pengumuman kelulusan?

unsplash.com

Setelah menjalani proses pendaftaran SNMPTN yang cukup panjang dan menguras tenaga serta pikiran, seringkali pendaftar ingin mengambil waktu bersantai. Apalagi jeda waktu antara batas waktu pendaftaran SNMPTN dengan pengumuman cukup lama. Hal ini dimanfaatkan pendaftar SNMPTN untuk melakukan aktivitas lain atau sekadar bermalas-malasan sampai pengumuman SNMPTN dirilis secara resmi.

Sebenarnya anda mempunyai pilihan untuk menikmati jeda waktu sebelum pengumuman dengan meng-upgrade diri atau justru tidak melakukan apa pun. Namun, tentunya anda seharusnya tetap produktif dan memiliki tambahan skill setelah menjadi mahasiswa baru nanti. Jika anda bingung dengan kegiatan pengisi waktu selagi menunggu pengumuman SNMPTN 2021, berikut referensi kegiatan yang bisa dilakukan dari Mamikos.

1. Membuat Perencanaan Kegiatan

unsplash.com

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum menentukan aktivitas selama masa tunggu pengumuman adalah membuat perencanaan. Sudah pernah mendengar kutipan bahwa orang yang gagal merencanakan sejatinya sedang merencanakan kegagalan? Jangan sampai hal ini terjadi padamu.

Cobalah mencari tahu hal-hal yang belum anda kuasai dan ingin dipelajari dalam waktu dekat. Mungkin saja selama menempuh studi di sekolah anda tidak memiliki waktu untuk belajar hal baru. Ini lah saatnya anda memanfaatkan waktu untuk belajar hal-hal yang ada di dalam daftar.

Untuk memudahkan, buatlah perencanaan kegiatan di buku jurnal atau buku agendamu. Mendesain kegiatan dengan menarik pun akan membuat semangat meningkat. Sebaiknya buat rencana secara spesifik dan bisa dicapai, misalnya ‘belajar bahasa baru’ atau ‘bertemu teman lama’. Lakukan evaluasi harian untuk memastikan target-targetmu senantiasa tercapai dan anda mengetahui waktu produktif.

2. Berlibur

unsplash.com

Tidak ada salahnya mengambil waktu sejenak untuk liburan di lokasi dekat rumah. Karena kondisi masih pandemi, lakukan survey tempat liburan secara mendalam. Hindari tempat berlibur yang memungkinkan banyak orang berkerumun dan berinteraksi. Pemilihan waktu liburan pun perlu dilakukan secara matang, seperti pada hari kerja dan bukan pada hari libur.

Contoh destinasi wisata yang bisa anda kunjungi misalnya pantai pada pagi hari atau pegunungan. Tidak bisa keluar rumah karena terkendala jarak? sekadar bersepeda dengan rute baru dan rute yang melewati persawahan serta area hijau pun akan menjadi obat. Liburan tidak harus mahal. Manfaatkanlah apa yang ada di sekitarmu.

3. Membaca Buku

unsplash.com

Biasanya, alasan tidak bisa membaca buku adalah tidak punya waktu karena sibuk belajar materi ujian. Sebelum waktu pengumuman SNMPTN 2021 dirilis, anda memiliki banyak waktu untuk melihat kembali rak buku dan membaca buku yang belum sempat tersentuh. Jika ada banyak buku yang belum terbaca, prioritaskan topik bacaan sesuai minatmu saat ini.

anda ingin belajar memasak? Prioritaskan buku-buku resep masakan atau buku lain yang berkaitan. Ingin belajar tentang investasi? Bacalah buku tentang investor, cara investasi, dan buku lain yang relevan. Adanya alternatif buku di perpustakaan online yang bisa dipinjam secara gratis juga menjadi solusi untuk menambah sumber belajar.

4. Membersihkan Kamar

unsplash.com

Saatnya membersihkan kamar untuk menyambut suasana baru saat menjadi mahasiswa nanti. Ada banyak referensi gaya kamar minimalis hingga modern yang cocok bagi mahasiswa. Mulailah dengan membuang barang-barang tidak terpakai di kamar, menyingkirkan barang yang membuat kamar terkesan penuh dengan memindahkannya di gudang, hingga melakukan renovasi. Pastinya kamarmu akan terlihat lebih rapi dan anda pun semakin nyaman menempatinya.

Apabila ingin merenovasi kamar, anda bisa memulainya dengan melakukan pengecatan ulang. Pastikan memilih warna cat kamar sesuai kepribadianmu karena bisa berpengaruh terhadap mood. Tidak ada salahnya berkreasi dengan warna-warna cat apabila anda ingin suasana berbeda. Pilih desain minimalis, modern, klasik, atau desain mewah untuk dekorasi kamar. Tambahkan sedikit pernak-pernik, seperti karpet, gantungan dinding, jam, dan asesoris lainnya untuk membuat kamar semakin cantik.

5. Menjual Barang-Barang yang Tidak Digunakan

unsplash.com

Barang-barang yang menumpuk di rumah dan tidak terpakai terlalu sayang jika dibuang begitu saja. Selagi pengumuman SNMPTN belum dirilis, luangkan waktu untuk menjual barang-barang tersebut. Gunakan media online untuk membantu mengiklankan produk untuk memperluas jangkauan pasar. Saat ini ada banyak aplikasi gratis untuk menjual barang-barang yang tidak terpakai. Agar nilai jual bisa meningkat, anda bisa mencuci, mengelap, dan sedikit memodifikasi barang tersebut. Khusus barang-barang yang masih bagus tetapi sayang untuk dijual, cobalah untuk mendonasikannya pada pihak yang membutuhkan atau tawarkan pada pihak lain secara gratis.

6. Membeli Kebutuhan Kuliah

unsplash.com

Persiapan kuliah perlu dilakukan sejak dini. Kalaupun anda belum memiliki daftar kebutuhan yang harus dimiliki saat kuliah, kini saatnya meluangkan waktu untuk membuat daftar tersebut. Barang yang diperlukan mahasiswa tentu berbeda dengan barang untuk sekolah, apalagi di kampus nanti tidak ada pakaian seragam lagi. anda bisa berpenampilan sesuai tren, hingga menggunakan make up saat kuliah. Kebutuhan pakaian, perawatan diri, buku-buku kuliah, dan perangkat penunjang kegiatan kuliah seperti gadget ini lah yang perlu dimasukkan ke dalam daftar.

7. Melihat Kurikulum Perkuliahan

unsplash.com

Calon mahasiswa akan menjalani kegiatan kuliah dengan kurikulum baru sesuai program studi yang dituju. Hal ini lah yang membuat kurikulum antar program studi tidak sama meskipun untuk beberapa mata kuliah akan ditemui kesamaan, seperti mata kuliah bahasa Indonesia, keagamaan, pendidikan kewarganegaraan, dan mata kuliah umum lainnya.

Cara melihat kurikulum perkuliahan bisa anda lakukan dengan membuka website resmi kampus tujuan. Jika tidak ada di website utama, data tentang kurikulum bisa didapatkan di website jurusan atau website program studi. Pelajari mata kuliah apa saja yang ditawarkan setiap semester dan buku referensi yang diperlukan. Hal ini penting untuk dilakukan agar anda bisa membuat perkiraan budget pembelian sumber belajar ketika kuliah nanti. Apabila dinilai terlalu mahal, anda dapat meminjam buku tersebut pada kakak tingkat atau membeli buku second.

8. Melakukan Survey Kost Dekat Kampus

unsplash.com

Kuliah di tempat yang jauh dari rumah membutuhkan persiapan lebih banyak. Tidak mungkin anda akan menumpang di rumah teman setiap hari. Oleh karena itu, gunakan waktu jeda pengumuman SNMPTN 2021 untuk melakukan survey kost. Aktivitas survey kost dianggap sebagai kegiatan yang menguras waktu sekaligus tenaga karena harus teliti dan tidak kenal lelah dalam membandingkan kamar kost.

anda bisa melakukan survey di tengah pandemi secara online menggunakan aplikasi pencari kost Mamikos secara gratis. Tanpa harus keluar rumah, semua informasi tentang kost, mulai dari alamat, harga sewa kamar kost, fasilitas kamar kost, serta aturan-aturan. Jika ingin bertanya lebih lanjut terkait kost, hubungi nomor kontak tertera dan lakukan booking kamar kost. Semua proses pemilihan kamar kost mulai dari mencari hingga membayar sewa kost dapat anda lakukan secara online. Lebih hemat waktu dan biaya, bukan?

9. Mempelajari Skill Baru

unsplash.com

Jadilah mahasiswa yang memiliki skill tambahan ketika kuliah nanti. Daripada hanya rebahan atau bermalas-malasan, anda dapat belajar bahasa baru dan mencoba berinteraksi dengan orang-orang di luar negeri. Secara tidak langsung, anda sudah membangun koneksi dan melatih dirimu agar lebih berani.

Skill lain yang dibutuhkan mahasiswa adalah skill memasak, apalagi jika nantinya anda akan tinggal jauh dari orang tua. Cobalah mencari resep masakan yang mudah ala anak kost hingga resep masakan mahal yang bahan-bahannya mudah didapatkan. Cara ini akan membantumu tetap bisa makan enak sekalipun sedang tanggal tua. Tentunya skill memasak tidak hanya bermanfaat saat menjadi mahasiswa saja, tetapi juga di kehidupanmu sehari-hari.

10. Mencari Tahu Jadwal Ujian Mandiri Kampus

unsplash.com

Bersikap optimis diterima kuliah melalui jalur SNMPTN memang harus dilakukan. Namun, anda tetap perlu realistis dengan tingkat persaingan SNMPTN 2021 yang sangat ketat. Selagi belum ada pengumuman resmi yang menyatakan bahwa anda diterima, gunakanlah waktu untuk mencari jadwal ujian mandiri di kampus-kampus yang ada di Indonesia.

Ujian mandiri di kampus, baik PTN, politeknik, PTS, dan PTKIN adalah solusi bagi anda yang belum diterima melalui jalur SNMPTN. Masih ada banyak jalan untuk mencapai cita-cita dan diterima di program studi idaman. Jadwal seleksi mandiri di setiap kampus biasanya tidak sama karena kebijakannya diatur masing-masing Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, anda bisa menuju website resmi Perguruan Tinggi untuk mencari tahu jadwal pendaftaran, syarat pendaftaran, mekanisme seleksi, dan biaya yang perlu dikeluarkan.

11. Belajar Materi SBMPTN

unsplash.com

Persiapan mengikuti UTBK SBMPTN juga tidak kalah penting sebagai pengisi waktu luang sebelum anda dinyatakan secara resmi diterima melalui SNMPTN. Perlu diketahui bahwa UTBK SBMPTN memang diperuntukkan bagi pendaftar yang belum berkesempatan diterima melalui jalur SNMPTN. Persaingannya pun lebih ketat karena tidak hanya pendaftar yang lulus tahun 2021 saja yang dapat mendaftar. Peserta gap year, lulusan tahun 2020, dan lulusan tahun 2019 pun diizinkan mendaftar selagi memenuhi persyaratan.

Persaingan ketat SBMPTN tidak perlu membuatmu khawatir. Manfaatkan waktu produktif untuk belajar materi soal-soal UTBK. Tingkat kesulitan soal UTBK yang lebih tinggi dari soal ujian sekolah bisa dipelajari. Jika perlu, buatlah kelompok belajar atau ambil kursus untuk mempelajari konsep materi UTBK. Ikutilah try out online UTBK untuk menguji kemampuanmu. Meskipun nantinya anda diterima pada jalur SNMPTN 2021, belajarmu tidak akan sia-sia. anda bisa mengajarkan materi UTBK pada teman yang belum mendapatkan kesempatan kuliah melalui jalur SNMPTN dan ingin mencoba UTBK SBMPTN.

Jadi, sambil menunggu pengumuman SNMPTN 22 Maret 2021, ini yang bisa anda lakukan. Buatlah agenda kegiatan tersebut pada kalender atau buku agendamu. anda juga dapat mencatat rencana tersebut sekaligus membuat reminder atau pengingat melalui gadget. Dengan demikian, anda tidak akan lupa pada rencana-rencana yang dibuat dan bisa lebih produktif karena selalu diingatkan. Selagi masih ada waktu, manfaatkanlah waktu tersebut dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari. Semangat!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close