Resmi! 400 Ribu Peserta SNMPTN 2021 Tidak Akan Lolos, Ada Nama dirimu?

Resmi! 400 Ribu Peserta SNMPTN 2021 Tidak Akan Lolos, Ada Nama dirimu? – Persaingan jalur masuk Perguruan Tinggi melalui SNMPTN sangatlah ketat. Dari sekian banyak pendaftar, tidak semuanya diterima. Ada lebih 400 ribu perserta yang tidak diterima jalur SNMPTN 2021.

400 Ribu Peserta yang Tidak Lolos SNMPTN 2021

unsplash.com

Harapan untuk lolos jalur SNMPTN 2021 pasti menjadi harapan semua pendaftar. Tanpa harus menjalani seleksi ujian tulis, pendaftar bisa mendaftar program studi pilihannya berbekal nilai rapor serta portofolio. Selain itu, hanya pendaftar eligible atau layak dan sudah diseleksi oleh pihak sekolah saja yang dapat mengajukan pendaftaran.

Perjuangan menempuh seleksi SNMPTN tidak berhenti sampai memastikan nilai rapor semester 1 – 5 dinyatakan layak saja. Peluang diterima dan tidaknya pendaftar juga ditentukan oleh pemilihan program studi atau jurusan di PTN atau politeknik. Apabila pada suatu program studi tersedia puluhan kuota, sedangkan pendaftarnya berjumlah ratusan, bahkan ribuan, pasti hanya yang memiliki nilai terbaik lah yang akan diterima.

Jumlah Pendaftar SNMPTN 2021

Pendaftar jalur SNMPTN tahun 2021 jumlahnya meningkat dibandingkan pendaftar tahun 2020, yaitu mencapai 595.000 orang peserta. Peningkatan jumlah pendaftar SNMPTN tahun 2021 juga diutarakan oleh Prof. Nasih selaku ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Angka tersebut menunjukkan bahwa persaingan untuk bisa diterima di program studi tujuan pun semakin ketat. Apalagi jika program studi yang diinginkan memiliki passing grade tinggi dengan kuota terbatas. Meksipun demikian, program studi yang kurang favorit pun tetap banyak diminati.

Sistem penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tahun 2021 dinilai lebih efektif dan efisien. Sebelum diseleksi oleh Perguruan Tinggi, siswa diseleksi oleh pihak sekolah terlebih dahulu dengan melihat prestasi dan nilai rapor. Selain itu, pemberlakuan kuota siswa berdasarkan akdreditasi, yaitu sekolah dengan akreditasi A dapat mengirimkan 40% peserta terbaiknya, sekolah akreditasi B dapat mengirimkan 25% siswa terbaiknya, dan sekolah akreditasi C serta tidak terakreditasi dapat mengirimkan 5% siswa terbaiknya pun turut membuat proses seleksi lebih cepat.

Jumlah sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya saat SNMPTN mengalami lonjakan. Tahun 2020, terdapat 15 ribu sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya untuk mengikuti jalur SNMPTN. Tahun 2021, jumlahnya meningkat hingga 1000 peserta hingga menjadi 16 ribu peserta.

Kuota SNMPTN 2021 di Perguruan Tinggi

Jumlah pendaftar yang mencapai 595.000 orang tersebut jauh lebih banyak dari kuota SNMPTN di seluruh program studi kampus yang ditawarkan. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara resmi ujian seleksi masuk PTN merilis informasi bahwa besar kuota SNMPTN 2021 di 86 Perguruan Tinggi yang mengikuti SNMPTN adalah 115.000.

Cara Melihat Siswa yang Tidak Lolos SNMPTN 2021

Apakah dirimu sudah tahu jumlah pendaftar SNMPTN yang dinyatakan tidak lolos? Berdasarkan informasi resmi, terdapat 400 ribu lebih pendaftar SNMPT tidak lolos seleksi SNMPTN 2021. Artinya, pendaftar tersebut perlu mencoba jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya, seperti jalur mandiri atau jalur UTBK – SBMPTN yang akan dibuka setelah SNMPTN selesai diselenggarakan. Ingin tahu status kelulusanmu saat SNMPTN 2021?

Tanggal 22 Maret 2021 nanti, pengumuman kelulusan SNMPTN akan dirilis secara resmi melalui website LTMPT dan laman mirror. Ikuti langkah berikut untuk bisa mengakses pengumuman dan mengetahui status kelulusan:

  1. Buka laman website pengumuman SNMPTN 2021 di http://pengumuman.snmptn.ac.id/. Jika mengalami kendala ketika membuka website resmi, gunakan alternatif website mirror.
  2. Masukkan nomor peserta SNMPTN (dapat dilihat pada kartu tanda peserta SNMPTN)
  3. Masukkan tanggal lahir

dirimu bisa melihat status kelulusan, baik dinyatakan lolos ataupun tidak lolos seleksi. Bagi yang dinyatakan lolos, Mamikos ucapkan selamat karena dirimu bisa meneruskan tahap selanjutnya, yaitu mendaftar ulang di program studi PTN tujuan. Bagi yang belum lolos, tidak perlu berkecil hati. Ada beberapa tips yang dapat dirimu lakukan.

Tips Bagi yang Tidak Lolos SNMPTN 2021

Kecewa dan sedih karena tidak diterima jalur SNMPTN 2021 sangat wajar dirasakan. Apalagi jika dirimu mengandalkan jalur ini sebagai sarana agar bisa meraih cita-cita. Namun, dirimu harus segera bangkit dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan terlalu lama. Ada 400 ribu orang lainnya yang juga bernasib sama dan masih berusaha menjemput impiannya. Lalu, apa yang harus dilakukan jika tidak lolos SNMPTN 2021?

1. Mencari Informasi Pendaftaran Jalur Mandiri

Bagi dirimu yang sangat ingin mendaftar program studi incaran, Mamikos sarankan untuk mencari informasi pendaftaran jalur mandiri sedini mungkin. Langsung saja menuju ke website resmi Perguruan Tinggi atau universitas tujuanmu. Pilih menu penerimaan mahasiswa baru dan cari tahu jalur apa saja yang dibuka. Jangan lupa untuk mencatat waktu pendaftaran dan persyaratan yang diberikan bagi para pendaftar.

Setiap kampus akan memberlakukan mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang berbeda, sehingga dirimu tidak bisa mencari info pendaftaran jalur mandiri dari satu website kampus saja jika ingin mendaftar ke banyak kampus. Pahami sistem seleksi jalur mandiri yang ditetapkan. Ada jalur mandiri yang menggunakan tes tulis sebagai bentuk seleksi, ada yang menggunakan nilai tes UTBK, ada pula yang menggunakan nilai rapor. Apabila dirimu sudah mengetahui bentuk seleksi di setiap kampus, dirimu dapat mempersiapkan diri lebih awal.

Cari tahu pula biaya pendaftaran jalur mandiri kampus tujuanmu beserta biaya kuliah yang perlu dikeluarkan. Biasanya, perbedaan jalur masuk kampus akan berpengaruh pada biaya studi setiap semester dan uang pangkalnya

2. Belajar Materi UTBK – SBMPTN

Jalur UTBK – SBMPTN dibuka setelah SNMPTN selesai diselenggarakan. Jalur tersebut diperuntukkan bagi pendaftar yang belum diterima SNMPTN 2021 serta lulusan SLTA tahun 2019, 2020, dan paket C. Jalur UTBK – SBMPTN juga terbilang ketat meskipun memberikan kuota penerimaan lebih banyak dibandingkan jalur SNMPTN.

Mekanisme seleksi yang ditetapkan pada UTBK – SBMPTN dilakukan berdasarkan nilai UTBK. Jika dirimu ingin diterima SBMPTN, berusahalah agar nilai UTBK-mu tinggi dan melebihi referensi rata-rata nilai UTBK di program studi kampus tujuan. Untuk mendapatkan nilai terbaik, pastinya dirimu perlu belajar materi UTBK lebih giat, bahkan mengambil kursus atau pelajaran tambahan. Ada banyak sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai nilai UTBK sesuai target.

Semoga informasi resmi! 400 ribu peserta SNMPTN 2021 tidak akan lolos, ada nama dirimu? Bisa memberikan referensi untuk mempersiapkan diri dalam meneruskan studi. Baik dirimu yang sudah diterima SNMPTN ataupun belum lolos seleksi tetap perlu produktif sambil menunggu waktu perkuliahan dimulai. Tidak ada salahnya membuat agenda untuk mencari kost murah dekat kampus menggunakan aplikasi kost Mamikos yang dapat didownload gratis melalui playstore di ponsel kesayanganmu. Ada banyak pilihan kamar kost yang cocok untuk mahasiswa dengan fasilitas lengkap sesuai kebutuhanmu. Selamat mencari!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close