Registrasi Online Uii 2019/2020 (Universitas Islam Indonesia)

pmb.uii.ac.id 2019 — PMB UII, Pendaftaran UII, Pendaftaran UII Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UII, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UII, Pendaftaran Kuliah UII, Jalur Masuk UII, Jalur CSB, Jalur PBT, Jalur PSB, Jalur Bidikmisi, Universitas Islam Indonesia (UII), 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memperlihatkan informasi tentang Pendaftaran Online UII 2019/2020 (Universitas Islam Indonesia). Admin akan mengawali dengan pembahasan ini dengan memperlihatkan sedikit ulasan wacana Universitas Islam Indonesia (UII). Simak informasinya berikut ini.

     Pada kesempatan ini admin akan memperlihatkan informasi wacana  Pendaftaran Online UII 2019/2020 (Universitas Islam Indonesia)
    Sekilas Tentang Universitas Islam Indonesia (UII)

    Universitas Islam Indonesia atau yang disingkat dengan UII merupakan PTS tertua di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Daerah spesial Yogyakarta, Indonesia.
    Selain kampus yang beralamat di Kabupaten Sleman, masih terdapat kampus lainnya yang tersebar di beberapa lokasi. Universitas Islam Indonesia (UII) telah didirikan semenjak 8 Juli 1945.

    Fakultas dan Program Studi yang telah diselenggarakan di Universitas Islam Indonesia (UII) yaitu

    • Fakultas Ekonomi terdiri dari : Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Ilmu ekonomi, Pendidikan Profesi Akuntansi, Doktoral Ilmu Ekonomi, dan Diploma Ekonomi.
    • Fakultas Hukum terdiri dari : Ilmu Hukum, Profesi Advokat, Magister Hukum, Magister Kenotariatan, dan Doktoral Hukum.
    • Fakultas Ilmu Agama Islam terdiri dari : Pendidikan Islam, Hukum Islam, Ekonomi Islam, Magister Studi Islam, dan Doktoral Studi Islam.
    • Fakultas Kedokteran terdiri dari : Pendidikan Dokter.
    • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Statistika, Ilmu Kimia, Farmasi, Profesi Apoteker, dan Diploma Kimia Analisis.
    • Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya terdiri dari : Psikologi, Magister Psikologi, Magister Profesi Psikolog, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Diploma Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Inggris.
    • Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan terdiri dari : Teknik Sipil, Arsitektur, Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr), Teknik Lingkungan, dan Magister Teknik Sipil.
    • Fakultas Teknologi Industri terdiri dari : Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Eletro, Teknik Mesin, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Informatika, International Program, Industrial Engineering, Business and Economics, dan Law.
    Setelah mengetahui beberapa fakultas dan agenda studi yang ada di Universitas Islam Indonesia (UII), mungkin ada salah satu yang anda minati. Ayo kini kita lanjutkan kembali pembahasan utama kita wacana jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa gres Universitas Islam Indonesia (UII).

    Pada tahun ini, Universitas Islam Indonesia (UII) kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut diantaranya yaitu jalur CSB, jalur PBT, jalur PSB, dan jalur Bidikmisi. Melalui jalur-jalur tersebutlah penerimaan mahasiswa gres dilakukan.

    Dengan banyaknya jalur penerimaan mahasiswa gres tersebut, maka anda mempunyai peluang yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII). Tentunya hal tersebut harus diiringi dengan doa dan perjuangan yang sungguh-sungguh. Semoga dengan doa dan perjuangan yang anda lakukan bisa membantu anda mewujudkan impian yaitu diterima menjadi mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII).

    Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Indonesia (UII) dilakukan secara online melalui pmb.uii.ac.id. Keterangan-keterangan yang berkaitan dengan pendaftaran bisa dilihat pada alamat website tersebut. Berikut ini admin telah merangkum informasi jalur penerimaan mahasiswa gres Universitas Islam Indonesia (UII). Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.
    Sebelum melaksanakan pendaftaran, terlebih dahulu anda mengetahui alur mekanisme pendaftaran PMB UII secara umum berikut ini.

    Alur Prosedur Pendaftaran Online PMB UII secara Umum
    • Pembayaran paket uang kuliah angsuran pertama, sanggup melalui teller Bank, ATM, e-channel
    • Memasukan data pendaftaran online ke alamat registrasi.uii.ac.id
    • Mencetak bukti data registrasi
    • Verifikasi dokumen (calon mahasiswa harus hadir di kampus UII) sesuai jadwal
    Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres UII berikut ini.
    1. Pendaftaran Online Jalur PSB UII

    Jalur PSB atau Penelusuran Siswa Berprestasi yaitu jalur penerimaan mahasiswa gres melalui teladan seleksi prestasi bidang akademik dan minat-bakat. Jalur PSB ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi selama di sekolah yang berasal dari Sekolah Menengan Atas yang lulus tahun ini dan tahun kemaren.
    Jalur PSB terdiri dari empat kategori, yaitu :
    • Siswa berprestasi Bidang Akademik, Kategori ini ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional (seperti olimpiade sains, dan lomba karya ilmiah remaja).
    • Siswa berprestasi Bidang Seni dan Olahraga, Kategori ini ditujukan bagi siswa yang mempunyai talenta dan prestasi dalam bidang olah raga dan seni di tingkat internasional, nasional dan atau regional/provinsi.
    • Hafiz / Hafizah Al-qur’an, Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Al-Qur’an minimal 15 Juz. Bagi pendaftar yang lolos seleksi melalui kategori ini sanggup mengajukan Beasiswa Hafidz / Hafidzah Al-Qur’an.
    • Beasiswa Bibit Unggul, Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang sangat tinggi dan membutuhkan derma biaya pendidikan
    Dari beberapa jalur PSB di atas, silahkan anda pilih jalur seleksi PSB yang sesuai dengan prestasi yang anda miliki serta harus bisa memenuhi persyaratan pendaftarannya.

    Prosedur Pendaftaran Jalur PSB
    1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PSB secara individu melalui mekanisme sebagai berikut:
      • Melakukan pembayaran melalui salah satu cara berikut:
        1. ATM, e-channel atau seluruh Kantor Cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia,
        2. Bank Bukopin di Kantor Kas seluruh UII (Gedung GBPH Prabuningrat, Kantor Rektorat UII; Gedung Prof. Ace Partadiredja, Fakultas Ekonomi UII; dan Gedung Prof. Mohamad Yamin, Fakultas Hukum UII).
        3. Bank Muamalat yang terletak di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman Yogyakarta.
      • Pendaftar mendapatkan slip pembayaran yang berisi nomor Ujian Potensi Calom Mahasiswa (UPCM) dan kata kunci (password) yang dipakai untuk melaksanakan pengisian data pendaftaran secara daring (online) di alamat pmb.uii.ac.id (klik menu/tautan PSB pada website).
      • Prosedur pembayaran melalui ATM sanggup dilihat melalui laman pmb.uii.ac.id. Pembayaran (via ATM) yang dilakukan sehabis pukul 15:00 WIB gres sanggup melaksanakan login pada hari berikutnya.
      • Pembayaran pendaftaran PMB pada tiap final periode pendaftaran (sesuai jadwal) disarankan untuk dilakukan sebelum pukul 15:00 WIB.
    2. Melakukan pengisian data (key in) di laman pmb.uii.ac.id dengan mekanisme sebagai berikut:
      • Login dengan nomor UPCM yang diterima/dimiliki (satu nomor UPCM hanya sanggup dipakai satu orang pendaftar).
      • Pengisian data diri dan prestasi sesuai dengan kategori PSB yang dipilih (prestasi bidang akademik, prestasi bidang olah raga dan seni, beasiswa bibit unggul, atau hafidz/hafidzah Al-Qur’an).
      • Setelah menyatakan selesai, pendaftar menentukan sajian “simpan” yang tersedia di sistem.
    3. Mencetak hasil isian key in (kartu pendaftaran). Satu lembar untuk pendaftar dan satu lembar dikirimkan ke  panitia PMB.
    4. Mengirimkan atau menyerahkan hasil isian key in (kartu pendaftaran), pas foto (3×4), fotokopi rapor, slip pembayaran dan dokumen pendukung ke Sekretariat PPMB.
    Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan silahkan baca pribadi di situs resmi PMB UII.

    2. Pendaftaran Online Jalur CBT UII

    CBT atau Computer Based Test yaitu jalur penerimaan mahasiswa gres melalui teladan seleksi dengan memakai komputer. Seleksi jalur CBT dilaksanakan melalui ujian soal di dalam komputer.
    Jadwal CBT terbagi menjadi dua yaitu agenda untuk yang di dalam kampus UII dan yang di luar kampus UII. Jadwal selengkapnya sanggup dilihat di web UII. Selain itu, lokasi penyelenggaraan CBT di luar kampus UII bisa di lihat pada alamat website resmi UII.
    Prosedur dan Syarat CBT
    1. Membayar biaya pendaftaran ke bank atau kepada petugas di lokasi penyelenggaraan CBT
    2. Menyerahkan kepada petugas syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut :
      • Fotokopi surat tanda pengenal diri, yaitu: Kartu Tanda Penduduk, Kartu Siswa, Surat Izin Mengemudi atau Surat Keterangan Pelajar dari Kepala Sekolah;
      • Slip pembayaran CBT;
      • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
      • Khusus pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT atau 4,5 untuk IELTS.
    3. Melakukan pengisian data (key-in) di Ruang Komputer CBT
    4. Mengerjakan soal di Ruang Komputer CBT maksimal selama 100 menit
    5. Menerima hasil CBT dari petugas (hasil pribadi didapat sehabis selesai mengerjakan soal) bagi pendaftar yang diterima. Hasil CBT untuk pendaftar yang tidak diterima hanya dicetakkan apabila ada seruan dari pendaftar.
    Baca Juga  Pendaftaran Online Upr 2019/2020 (Universitas Palangka Raya)

    Informasi lainnya silahkan baca pribadi di http://pmb.uii.ac.id

    3. Pendaftaran Online Jalur PBT UII

    Jalur PBT adalah  jalur penerimaan mahasiswa gres melalui teladan seleksi yang diselenggarakan secara tertulis. Penentuan kelulusan calon mahasiswa ditentukan menurut hasil ujian tertulis.
    Semua agenda studi melaksanakan seleksi calon mahasiswa memakai teladan seleksi PBT. Khusus agenda studi Pendidikan Dokter, seleksi calon mahasiswa dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama berupa PBT dan tahap kedua berupa Ujian Komprehensif.
    Kategori Seleksi PBT
    Seleksi ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri.

    PBT Potensi

    • Pada teladan seleksi ini hasil nilai UPCM akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Sumbangan Catur Dharma. Dengan teladan ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan.

    PBT Mandiri

    • Pada teladan seleksi ini nilai UPCM akan menentukan kelulusan pendaftar, sedangkan besar Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara sanggup bangun diatas kaki sendiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh agenda studi yang dipilih oleh calon mahasiswa.

    Persyaratan Pendaftar Jalur CBS dan PBT
    1. Membayar biaya pendaftaran PBT. Pembayaran sanggup dilakukan melalui:
      • Bank Mandiri melalui ATM dan e-channel (lihat mekanisme pembayaran di kolom kanan pada laman ini) atau melalui kantor cabang di seluruh Indonesia
      • Bank Bukopin di kantor kas seluruh UII (Gedung GBPH Prabuningrat, Kantor Rektorat UII; Gedung Prof. Ace Partadiredja, Fakultas Ekonomi UII; atau di Gedung Prof. Mohamad Yamin, Fakultas Hukum UII).
      • Bank Muamalat yang terletak di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman Yogyakarta.
    2. Pendaftar harus tiba sendiri di Sekretariat PPMB di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) untuk menyerahkan syarat-syarat pendaftaran kepada petugas berupa:
      • Fotokopi surat tanda pengenal diri, yaitu: Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Siswa atau Surat Ijin Mengemudi, atau Surat Keterangan Pelajar dari Kepala Sekolah,
      • Slip pembayaran PBT,
      • Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS.
      • Khusus Pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter harus melampirkan fotokopi Akte Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun) dan fotokopi rapor Sekolah Menengan Atas atau sederajat Jurusan IPA (MIA) Semester 2, 3, dan 4 atau 3, 4, dan 5.
    3. Melakukan pengisian data (key-in) Pendaftaran PBT.
    4. Melakukan pengambilan foto Pendaftar oleh petugas.
    5. Melakukan perekaman sidik jari Pendaftar oleh petugas.
    6. Menerima Kartu Peserta UPCM.
    7. Pendaftar mengerjakan tes sesuai agenda dan lokasi.
    8. Hasil UPCM & surat pemberitahuan pernyataan diterima diunduh melalui akun UPCM masing-masing di laman pmb.uii.ac.id (sesuai agenda pengumuman).
    9. Khusus pendaftar yang menentukan Seleksi PBT Mandiri diharuskan mengisi surat pernyataan yang berisi kesanggupan pembayaran Sumbangan Dana Catur Dharma dan kesediaan tidak akan menarik kembali semua dana yang sudah dibayarkan. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh orang renta atau wali di atas materai Rp. 6000,-.
    Untuk informasi lainnya yang anda perlukan silahkan baca pribadi di pmb.uii.ac.id

    4. Pendaftaran Online Jalur Bidikmisi UII

    Bidikmisi merupakan derma biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang bisa dilihat dari segi ekonomi dan juga mempunyai prestasi akademik yang baik dikala di sekolah.
    Pendaftaran Bidikmisi sanggup dilakukan secara online melalui bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Informasi selengkapnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

    Buka link, untuk melihat pendaftaran online Pendaftaran Universitas Swasta

    Informasi lebih lanjut mengenai jalur-jalur masuk ke Uiiversitas Islam Indoensia (UII) sanggup anda baca pribadi di website resmi PMB UII di alamat pmb.uii.ac.id

    Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang  Pendaftaran Online UII (Universitas Islam Indonesia). Semoga informasi yang admin berikan tersebut bermanfaat bagi anda dan bisa memperlihatkan pencerahan dalam melaksanakan pendaftaran online. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku yaitu yang ada di website resmi UII.
    Admin turut mendoakan supaya anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang ada ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di web ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.
    Mari bantu mengembangkan (G+1) atau share (FB) informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan jangan lupa untuk menyukai juga halaman web kami.

    loading...
    close