Registrasi Akun LTMPT UTBK SBMPTN Dimulai 7 Februari 2021 Via Link Ini

Registrasi akun LTMPT UTBK SBMPTN dimulai 7 Februari 2021 via link ini – Ingin mendaftar UTBK SBMPTN tahun 2021? Pastikan anda memiliki akun LTMPT. Tanpa akun yang bersifat wajib tersebut, anda tidak bisa mendaftar dan tidak diizinkan mengikuti ujian.

Link Registrasi Akun LTMPT UTBK SBMPTN 2021

https://www.ltmpt.ac.id/

Proses pendaftaran tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilakukan dalam beberapa tahapan. anda tidak bisa langsung mendaftar SBMPTN karena jalur masuk PTN tersebut membutuhkan nilai UTBK pada proses seleksinya. Untuk bisa mendaftar UTBK SBMPTN, anda wajib memenuhi syarat umum dan syarat khusus yang ditetapkan pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) selaku penyelenggara resmi.

Hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh pendaftar tes masuk PTN adalah pembuatan akun LTMPT. Penerapan mekanisme Single Sign Login (SSO) diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SLTA yang hendak mendaftar Perguruan Tinggi tahun 2021. Adanya akun LTMPT juga akan memudahkan pendaftar dalam melakukan proses pendaftaran masuk PTN. Pendaftar UTBK diperuntukkan bagi siswa yang belum lulus SNMPTN 2021, SNMPTN 2020, dan SNMPTN 2019. UTBK juga dapat diikuti oleh peserta tuna netra setelah mendapatkan surat keterangan Kepala Sekolah.

Jadwal Registrasi Akun LTMPT UTBK SBMPTN

Jalur masuk PTN melalui SBMPTN dapat dilakukan berdasarkan hasil UTBK saja atau ditambah dengan ketentuan lainnya sesuai kebijakan kampus tujuan. Pada tes UTBK, pendaftar akan menjalani tes menggunakan komputer. Kuota mahasiswa yang dapat diterima melalui jalur SBMPTN minimal adalah 40%. Adapun jadwal registrasi akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN 2021 adalah 7 Februari 2021 – 12 Maret 2021 dengan jadwal lengkap sebagai berikut:

• 7 Februari 2021 – 12 Maret 2021: Registrasi akun LTMPT
• 15 Maret 2021 – 1 April 2021: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN
• 12 April 2021 – 18 April 2021: Pelaksanaan UTBK gelombang 1
• 26 April 2021 – 2 Mei 2021: Pelaksanaan UTBK gelombang 2
• 14 Juni 2021: Pengumuman hasil seleksi SBMPTN

Informasi penting terkait UTBK SBMPTN tahun 2021 adalah pendaftar hanya diizinkan mengikuti UTBK satu kali tes saja. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar mendapatkan hasil maksimal dalam satu kali tes.

Link Registrasi Akun LTMPT UTBK SBMPTN

Kini saatnya anda melakukan pendaftaran akun LTMPT untuk mendaftar UTBK SBMPTN. Jadwal pendaftaran akun LTMPT UTBK SBMPTN akan dibuka pada 7 Februari 2021. anda bisa menuju link ini untuk pendaftaran atau masuk ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Hal Penting Sebelum Mendaftar Akun LTMPT UTBK SBMPTN

Terdapat hal-hal penting yang perlu anda perhatikan ketikan mendaftar akun LTMPT UTBK SBMPTN. Jangan sampai anda melakukan kekeliruan yang tidak dapat diperbaiki, sehingga berdampak pada status pendaftaranmu.

1.Kumpulkan Berkas Pendaftaran

Proses pendaftaran akun LTMPT UTBK SBMPTN membutuhkan dokumen dan data pendaftar. Sebaiknya persiapkan berkas pendaftaran sejak jauh-jauh hari agar bisa mempersiapkan dokumen lain apabila masih ada yang kurang. Melakukan persiapan dokumen sejak awal juga bisa membuat pendaftar lebih tenang dan lebih siap mengambil keputusan. Periksa kembali Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir pendaftar.

2.Hindari Mendaftar Mendekati Deadline

Ketika pendaftaran akun LTMPT UTBK SBMPTN dibuka 7 Februari 2021, bersegeralah untuk melakukan pendaftaran. Apabila anda menunda pendaftaran, dikhawatirkan ketika deadline atau batas waktu penutupan tiba, server menjadi down dan anda tidak bisa membuka laman tujuan. Tentu akan sangat disayangkan, apalagi jika semua dokumen yang diperlukan sudah anda miliki dan hanya tinggal mendaftar.

3.Pastikan Koneksi Internet Lancar

Mendaftar akun LTMPT UTBK SBMPTN 2021 dengan koneksi yang lancar akan memudahkanmu dalam mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan. Gunakan penyedia layanan internet terbaik atau WiFi dengan kecepatan stabil. Dengan demikian, anda tidak akan mengalami kendala teknis terkait pengisian data di laman LTMPT dan pengunggahan dokumen pendaftaran.

4.Periksa Data yang Diisi

Pendaftar akun LTMPT UTBK – SBMPTN tidak akan diminta mengisi data secara tertulis dan mengirimkannya ke pusat. Adanya teknologi sudah memungkinkan pendaftar untuk mengisi kelengkapan dokumen dan berkas yang diperlukan secara online. Namun, pendaftar tetap perlu cermat dalam mengisi data yang dibutuhkan. Jika memungkinkan, mintalah bantuan teman untuk memeriksa kembali pengisian data dan kebenarannya.

Tahap Pendaftaran UTBK

Registrasi akun LTMPT wajib dilakukan bagi pendaftar UTBK. Adapun tahapan pendaftaran UTBK 2021 yang perlu dilakukan adalah:

  1. Registrasi akun LTMPT yang sifatnya wajib bagi pendaftar UTBK SBMPTN melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Gunakan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir
  3. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id dengan username atau email dan password
  4. Pilih menu “verifikasi dan validasi data siswa”
  5. Isi kelengkapan dokumen: biodata, pas foto berwarna (terbaru)
  6. Lakukan verifikasi biodata
  7. Pilih menu “pendaftaran UTBK”
  8. Pilih pusat UTBK PTN, jenis ujian, dan sesi ujian
  9. Dapatkan slip pembayaran setelah data sebelumnya diisi lengkap
  10. Lakukan pembayaran di bank menggunakan slip pembayaran dalam waktu 1 x 24 jam. Bank yang ditunjuk untuk pendaftaran adalah Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BTN. Biaya pendaftaran UTBK kelompok saintek atau kelompok soshum sebesar Rp 200.000, sedangkan biaya UTBK kelompok campuran sebesar Rp 300.000.
  11. Lakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  12. Pilih menu “Pendaftaran UTBK”
  13. Cetak kartu peserta UTBK
  14. Ikuti UTBK sesuai jadwal pilihanmu (hari, tanggal, sesi, lokasi pusat UTBK)

Tahap Pendaftaran SBMPTN 2021

Hasil UTBK yang anda dapatkan bisa digunakan untuk mendaftar SBMPTN tahun 2021. Pendaftaran SBMPTN dilakukan dalam waktu yang sama dengan pendaftaran UTBK. Kesempatan mendaftar SBMPTN hanya dimiliki lulusan SLTA yang belum diterima SNMPTN tahun 2021, 2020, dan 2019. Adapun tahapan pendaftaran SBMPTN 2021 adalah:

  1. Pendaftaran melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Pengisian biodata peserta (bersifat wajib, kecuali yang sudah menjadi peserta SNMPTN 2021)
  3. Pemilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan program studi tujuan. Pendaftar dapat memilih maksimal dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN berbeda.
  4. Mengupload dokumen yang dibutuhkan sesuai syarat PTN (portofolio bagi pendaftar jurusan bidang seni dan bidang olahraga)
  5. Pengumuman hasil SBMPTN

Setelah membaca informasi Registrasi akun LTMPT UTBK SBMPTN dimulai 7 Februari 2021 via link ini, segera persiapkan dokumen dan berkas yang dibutuhkan. Catat tanggal penting pendaftaran UTBK SBMPTN agar tidak lupa dan dapat mempersiapkan diri. Sangat penting menentukan kampus tujuan dan jurusan yang akan anda perjuangkan saat UTBK SBMPTN nanti.

Selagi pendaftaran belum dibuka, survey singkat terkait jurusan dan kampus tujuan bisa dilakukan. Selain itu, anda juga bisa mencari tahu kost terdekat dari kampus jika berniat merantau ke luar kota atau luar pulau. Ada aplikasi pencari kost Mamikos yang akan memudahkan proses pencarian kost. Segera download aplikasinya, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close