Proses Pendaftaran, Ujian, Sampai Pengumuman Sbmptn 2019/2020

Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN 2019 – Proses Pendaftaran SBMPTN, Tes-Ujian-Seleksi SBMPTN, Pengumuman SBMPTN, Cara Mendaftar SBMPTN, Cara Melihat Pengumuman SBMPTN, Alur dan Tahapan Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN. Petunjuk dan Prosedur Pendaftaran, Ujian, Sampai Pengumuman SBMPTN, 2021. 2022.
Kali ini admin akan membagikan info perihal Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi calon penerima SBMPTN yang akan melaksanakan registrasi ataupun untuk penerima SBMPTN yang telah melaksanakan registrasi dan akan mengikuti proses berikutnya. Nah, pribadi saja simak pembahasannya berikut ini.
 Kali ini admin akan membagikan info perihal Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN 2019/2020
Proses pendaftaran, Ujian, hingga pengumuman SBMPTN merupakan suatu rangkaian terurut yang harus dilalui oleh penerima SBMPTN untuk sanggup diterima sebagai mahasiswa gres di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Peserta harus mengikuti mekanisme tersebut dengan baik supaya proses-proses yang dilalui sanggup berjalan lancar.
Berikut admin sampaikan klarifikasi selengkapnya mengenai Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN. Silahkan disimak dengan baik.
1. Proses Pendaftaran SBMPTN

Proses registrasi SBMPTN merupakan proses awal yang harus dilakukan oleh calon penerima SBMPTN. Calon penerima melaksanakan registrasi SBMPTN secara online melalui alamat resmi registrasi SBMPTN.

Sebelum melaksanakan registrasi SBMPTN, maka baca terlebih dahulu info seputar persyaratan, jadwal, biaya pendaftaran, daftar PTN, dan lain-lain pada artikel berikut :

 

Karena registrasi SBMPTN dilakukan secara online, maka sebaiknya anda mempersiapkan dua hal berikut ini :
  • Laptop / PC yang lancar untuk dioperasikan
  • Kecepatan koneksi internet yang stabil dan cepat
Dua hal tersebut menjadi hal yang perlu untuk disiapkan ketika proses registrasi SBMPTN sebab akan menunjukkan imbas dalam kelancaran proses registrasi online SBMPTN.
Setelah anda menyiapkan dua hal di atas, maka selanjutnya sanggup melaksanakan registrasi SBMPTN dengan alur sebagai berikut :
Alur Pendaftaran SBMPTN
  1. Calon penerima membuka alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Setelah terbuka alamat tersebut, akan ada dua pilihan sajian / tombol
    • Pilih tombol sebelah kiri kalau :
      • Belum mempunyai KAP & PIN (Reguler)
      • Memerlukan KAP & PIN Baru (Reguler)
      • Memerlukan KAP & PIN Baru (Bidikmisi)
    • Pilih tombol sebelah kanan kalau telah mempunyai KAP dan PIN
  3. Untuk yang belum mempunyai KAP & PIN atau yang memerlukan KAP & PIN gres maka harus klik tombol sebelah kiri dan selanjutnya mengisi data registrasi awal SBMPTN berupa : Peserta bidikmisi? ya atau tidak, isilah nama lengkap, tanggal lahir, dan kode captcha, kemudian klik “Daftar”.
  4. Kemudian cetak slip pembayaran dan lakukan pembayaranr biaya registrasi di Bank yang tertera di Slip Pembayaran.
  5. Setelah itu kanal kembali alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id lalu pilih tombol login (tombol sebelah kanan). Untuk yang telah mempunyai KAP & PIN juga sanggup pribadi login ke alamat tersebut.
  6. Login memakai KAP dan PIN yang dimiliki
  7. Selanjutnya melengkapi data registrasi hingga mencetak kartu penerima SBMPTN
2. Mengikuti Ujian SBMPTN
Setelah melaksanakan registrasi hingga mencetak kartu peserta, maka selanjutnya penerima sanggup mengikuti ujian tertulis SBMPTN (UTBK atau UTBC), serta ujian pelengkap berupa ujian keterampilan. untuk penerima dengan kegiatan studi bidang seni dan keolahragaan. Ujian tertulis dilaksanakan lebih dulu dari pada ujian keterampilan.
Peserta SBMPTN sanggup menentukan lokasi ujian terdekat dengan kawasan tinggalnya ataupun kawasan lain sesuai keinginannya. Lokasi ujian tertulis tersedia di seluruh PTN. Sedangkan lokasi ujian keterampilan hanya ada disebagian besar PTN, maka dari itu anda harus menentukan lokasi yang tersedia.
Agar proses ujian berjalan lancar, maka penerima harus membaca dan memahami tata tertip penerima ujian yang telah dibentuk oleh panitia SBMPTN. Silahkan ikuti ujian dengan baik.
3. Melihat Pengumuman SBMPTN
Setelah mengikuti ujian SBMPTN, selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu yaitu pengumuman SBMPTN.
Pengumuman SBMPTN ialah penentu kelulusan penerima SBMPTN. Pengumuman SBMPTN akan diumumkan secara online melalui situs resmi SBMPTN dan situs mirror beberapa PTN.
Cara melihat pengumuman SBMPTN sanggup dilihat pada artikel berikut ini. Silahkan kunjungi masing-masing artikel sesuai kebutuhan anda :
  • Pengumuman SBMPTN
  • Pengumuman Hasil SBMPTN
  • Pengumuman Hasil UTBC / UTBK SBMPTN
  • Pengumuman Kelulusan SBMPTN
  • Pengumuman Online SBMPTN
  • Cara Melihat Pengumuman SBMPTN
  • Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN
  • Pengumuman Hasil Ujian SBMPTN
  • Pengumuman Hasil Tes SBMPTN
  • Pengumuman SBMPTN Tiap Wilayah
  • Pengumuman SBMPTN ac id
  • Situs Alternatif Pengumuman SBMPTN
Demikianlah info yang sanggup admin sampaikan tentang Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN. Mudah-mudahan info tersebut sanggup menunjukkan isyarat bagi anda dalam melaksanakan pendaftaran, hingga melihat pengumuman.
Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga impian anda untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN sanggup terwujudkan. Amin. Cukup sekian dan semoga sukses selalu.
loading...
loading...
close