Program Studi (Prodi) Sekolah Vokasi UNS

Program Studi (Prodi) Sekolah Vokasi UNS — Pihak UNS telah mengkonfirmasi bahwa sebanyak 1.068 pendaftar dinyatakan lolos seleksi Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) pada tahun 2020 Program Diploma Sekolah Vokasi (SV). Tentu saja dirimu perlu mengetahui juga apa saja Program Studi sekolah vokasi UNS yang bisa dirimu pertimbangkan tersebut.

Program Studi (Prodi) Sekolah Vokasi UNS 2020

https://tekno.tempo.co/

Sebab tentu saja mengetahui dengan baik profil dari jurusan atau Program Studi yang kita incar akan sangat membantu kita dalam menentukan pilihan. Makanya jika dirimu sudah penasaran dan ingin segera mengetahui apa saja Program Studi sekolah vokasi UNS tersebut. Langsung saja simak daftar lengkapnya di bawah ini:

Daftar Program Studi Sekolah Vokasi UNS

1. D3-Akuntansi

Program Studi sekolah vokasi UNS yang pertama adalah Prodi DIII Akuntansi UNS. Prodi ini menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang akuntansi terapan, yang mana menuntut pengembangan diri dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pemahaman kaidah kehidupan bermasyarakat.

Program Studi memberikan bobot mata kuliah praktik yang lebih besar dibandingkan mata kuliah teori, sehingga mampu menghasilkan mahasiswa yang siap kerja. Selain itu, Prodi juga memiliki keunggulan berupa Peringkat Akreditasi dengan status A.

Program studi DIII Akuntansi selalu memberikan pembekalan secara terstruktur kepada para mahasiswa, untuk mewujudkan lulusan yang siap kerja. Jadi jika dirimu memiliki kesempatan untuk lebih cepat bekerja, maka dirimu bisa memilih Program Studi sekolah UNS satu ini.

2. D3-Keuangan dan Perbankan

Nomor berikutnya dalam daftar Program Studi sekolah vokasi UNS adalah Prodi Diploma 3 Keuangan dan Perbankan. Program Studi ini menawarkan pendidikan keterampilan di bidang Perbankan dan sektor keuangan. Prodi telah memiliki sebuah laboratorium simulasi berupa mini bank untuk proses pembelajaran praktiknya.

Dunia perbankan dan sektor keuangan menjadi salah satu bidang kerja idaman bagi kaum muda. Prestise yang tinggi dengan gaji yang menarik merupakan salah satu penyebabnya.

Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi di prodi ini selanjutnya memiliki keunggulan yang bisa membuatnya memenangkan persaingan untuk kerja di Bank Nasional, Bank Internasional, BPR, BMT, dan Lembaga Keuangan Sejenis.

Penguasaan teori keuangan semakin kuat dengan didukung dengan kemampuan praktik yang diperoleh dari simulasi dan pembekalan oleh pelaku perbankan. dirimu tertarik bekerja di dunia perbankan? Maka bisa saja dirimu cocok untuk mengambil Program Studi ini di UNS.

3. D3-Manajemen Pemasaran

Program Studi sekolah vokasi UNS berikutnya ada D3 Marketing Management (Manajemen Pemasaran) Fakultas Ekonomi & Bisnis. Prodi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo satu ini sudah memperoleh Gelar Akreditasi A, Sekolah Bisnis Vokasi yang berbasis Teknologi Informasi mempersiapkan mahasiswa memasuki era revolusi industri 4.0.

Maksudnya Prodi tadi lebih menekankan pada digital economy, artificial intelligence, big data, system Information, di era disruptive innovation saat ini. Program Studi D3 Marketing Management menyiapkan kurikulum dengan kompetensi-kompetensi marketing unggulan agar mampu berkompetisi secara nasional maupun internasional.

4. D3-Manajemen Bisnis

Prodi D3 Manajemen Bisnis menjadi salah satu Program Studi sekolah vokasi UNS yang bisa dirimu pilih berikutnya. Prodi ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 143/E/O/2011 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi D3 Manajemen Bisnis pada Universitas Sebelas Maret.

Program Studi D3 Manajemen Bisnis merupakan salah satu Program Studi D3 di bawah bidang ilmu manajemen. Program Studi D3 Manajemen Bisnis telah terakreditasi A BAN-PT. Keberadaan Program Studi D3 Manajemen Bisnis sangat dibutuhkan dalam skala nasional maupun internasional.

5. D3-Manajemen Perdagangan

Program Studi sekolah vokasi UNS berikutnya ini setingkat diploma 3 ini mengambil fokus pembelajaran di bidang keahlian ekspor impor. Mahasiswa diberikan bekal keterampilan pengurusan dokumen ekspor impor, diantaranya PEB,PIB, COO, Commercial Invoice dan Packing List .

Selain keterampilan mengenai pengurusan berbagai dokumen tersebut, prodi ini juga menawarkan kepada masyarakat penguasaan terhadap proses berjalannya dan seluk beluk ekspor impor itu sendiri. Proses pembelajaran didukung dengan beberapa kegiatan kolaborasi dengan berbagai pelaku bisnis ekspor impor.

Mitra utama pengembangan pembelajaran adalah Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Praktisi bisnis yakni eksportir, importir, Forwarding, EMKL, dan Bea Cukai juga sering berkolaborasi untuk memberikan pemahaman lebih kepada mahasiswa.

6. D3-Perpajakan

Prodi D3 Perpajakan juga ditawarkan dalam daftar Program Studi sekolah vokasi UNS selanjutnya. Prodi satu ini menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang terapan perpajakan, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing.

Hal ini didukung oleh kompetensi dosen yang memadai, seperti memiliki sertifikasi di bidang pajak serta ahli dibidang akuntansi keuangan dan sektor publik. Selain itu, Prodi didukung berbagai fasilitas untuk menghasilkan kajian terapan di bidang perpajakan seperti seminar pajak, pelatihan brevet pajak, pelatihan SAP bersertifikat internasional, magang, dan kunjungan Industri.

7. D4 Demografi dan Pencatatan Sipil

Program Studi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil merupakan satu-satunya Program Studi yang ada di Indonesia. Kabar gembiranya Prodi satu ini menjadi salah satu Program Studi sekolah vokasi UNS yang bisa dirimu pilih. Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil menekankan 60% praktek dan 40% teori.

Mahasiswa yang memilih Program Studi ini akan belajar mengenai demografi dan pencatatan sipil, hukum, serta mata kuliah umum seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kewarganegaraan pada awal semester.

Selain itu mahasiswa D-4 Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil UNS juga diajar langsung oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Untuk angkatan pertama mahasiswa yang diterima sebanyak 141 mahasiswa dari 700 pendaftar.

8. D3-Bahasa Inggris

Program D3 Bahasa Inggris menjadi salah satu program studi sekolah vokasi UNS berikutnya. Prodi satu ini merupakan pilihan tepat bagi generasi muda yang bervisi jauh ke depan, yang tidak ingin gagap berkomunikasi dengan siapapun. Lebih dari dua miliar orang berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Karena itu, Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional, bahkan menjadi bahasa pergaulan. Lebih dari separuh konten yang tersedia di internet menggunakan bahasa Inggris. Bukan hanya itu, bahasa Inggris juga menjadi bahasa paling dominan di dunia bisnis internasional.

Fakta-fakta inilah yang mendorong Program Studi D3 Bahasa Inggris terus berupaya menyediakan pendidikan bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan; sehingga lulusan Prodi UNS satu ini akan lebih siap dan mampu memenangkan persaingan global.

9. D3-Bahasa Mandarin

Program Studi D3 Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret didirikan atas dasar izin Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 4216/D/T/2004 tertanggal 27 Oktober 2004.

Program Studi D3 Bahasa Mandarin diproyeksikan dapat menghasilkan tenaga Ahli Madya yang kompeten dan terampil berbahasa Mandarin baik keahlian umum (general skills) maupun keahlian khusus (Chinese Language for Specific Purpose).

Keterampilan umum yang menjadi target adalah kemampuan aktif/pasif dan lisan-tulis dalam bahasa Mandarin. Adapun keterampilan khusus meliputi realisasi berbagai konsentrasi, seperti bisnis (business), kehumasan (public relations), pemandu wisata (guiding) dan pengajaran (teaching).

10. D3-Usaha Perjalanan Wisata

Program pendidikan D3 Usaha Perjalanan Wisata diselenggarakan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret merupakan pendidikan kepariwisataan yang memadukan antara teori dan praktek dalam bidang usaha perjalanan wisata dan didukung oleh jalinan kerja sama dengan berbagai pihak.

Para lulusan program ini merupakan tenaga profesional yang siap pakai. Masih terbatasnya jumlah lulusan D3 kepariwisataan di Indonesia menjadikan pasar kerja di bidang ini sangat besar.

Peluang kesempatan kerja itu dapat diciptakan dan dilakukan melalui kegiatan usaha perjalanan wisata yang menjadi sentral berkembangnya pariwisata, sehingga semua infrastruktur pariwisata sangat memerlukan tenaga-tenaga profesional di bidang ini.

11. D3-Komunikasi Terapan

Program Studi D3 Perpustakaan FISIP UNS diselenggarakan sebagai manifestasi keprihatinan FISIP UNS atas kondisi perpustakaan pendidikan dan perpustakaan umum yang ada di Indonesia, utamanya berkaitan dengan langkanya tenaga terampil yang tersedia. Pada sisi lain, lembaga pendidikan tinggi yang seharusnya bertindak sebagai “penyedia” tenaga tersebut masih sangat terbatas.

FISIP UNS berusaha mengisi kekosongan tersebut dengan menyelenggarakan program pendidikan ilmu perpustakaan berjenjang D-3. Ini merupakan pilihan jangka pendek, yaitu menyediakan tenaga terampil bidang perpustakaan dalam waktu yang relatif singkat (dibandingkan jenjang S1), agar kebutuhan tenaga kerja bidang keperpustakaan segera terisi, yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan layanan perpustakaan sebagaimana fungsi yang sebenarnya.

12. D3-Manajemen Administrasi

Program Studi Diploma III Kebidanan adalah salah satu program diploma yang bernaung di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sejarah berdirinya Program Studi D III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret juga tidak lepas dari keinginan luhur untuk berpartisipasi aktif dalam rangka membantu pemerintah di bidang pembangunan, khususnya pendidikan kesehatan.

Oleh sebab itu pendidikan diploma bidan yang berkelanjutan dan “up to date” sangat diperlukan. Itulah yang mendasari kenapa Program Studi D III Kebidanan FK UNS menjadi salah satu Program Studi yang diharapkan mampu turut serta dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia. Apakah dirimu berniat masuk ke Program Studi sekolah vokasi UNS satu ini?

13. D3-Perpustakaan

Program Studi D3 Perpustakaan FISIP UNS diselenggarakan sebagai manifestasi keprihatinan FISIP UNS atas kondisi perpustakaan pendidikan dan perpustakaan umum yang ada di Indonesia, utamanya berkaitan dengan langkanya tenaga terampil yang tersedia. Program Studi sekolah vokasi UNS satu ini bisa dibilang juga Prodi yang istimewa.

Pada sisi lain, lembaga pendidikan tinggi yang seharusnya bertindak sebagai “penyedia” tenaga tersebut masih sangat terbatas. FISIP UNS berusaha mengisi kekosongan tersebut dengan menyelenggarakan program pendidikan ilmu perpustakaan berjenjang D-3.

Ini merupakan pilihan jangka pendek, yaitu menyediakan tenaga terampil bidang perpustakaan dalam waktu yang relatif singkat (dibandingkan jenjang S1), agar kebutuhan tenaga kerja bidang keperpustakaan segera terisi, yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan layanan perpustakaan sebagaimana fungsi yang sebenarnya.

14. D3-Hiperkes dan Keselamatan Kerja

Saat ini Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja FK UNS berfokus dan bertekad mempertahankan dan mengembangkan peningkatan kualitas institusi agar tetap memiliki mutu yang baik dengan daya saing tinggi.

Pada tahun 2005, dengan SK nomor 015/BAN-PT/Ak-V/Dpl-III/XII/2005 tanggal 27 Desember 2005, mendapatkan akreditasi peringkat A, dan pada tahun 2016 ini akan melakukan reakreditasi.

Dalam menjalankannya perannya sebagai pencetak ahli madya hiperkes dan keselamatan kerja, Program Studi satu ini mengembangkan dirinya dengan berkonsentrasi kepada pembentukan lulusan yang lebih berorientasi kepada pengelolaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Selain itu juga Prodi satu ini tetap berfokus pada kemampuan profesional dalam higiene perusahaan. Hal ini didukung dengan mata kuliah bidang Higiene Perusahaan (fisika, kimia, dasar hiperkes, sanitasi industri dan kesehatan lingkungan, manajemen B3, pengukuran dan pemantauan faktor fisika-kimia, PKL, magang) yang kemudian merupakan jati diri Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran UNS.

15. D3-Kebidanan

Program Studi sekolah vokasi selanjutnya yang mungkin membuat dirimu tertarik adalah Prodi Diploma III Kebidanan. Prodi satu ini merupakan salah satu program diploma yang bernaung di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sejarah berdirinya Program Studi D III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret tidak lepas dari keinginan luhur untuk berpartisipasi aktif dalam rangka membantu pemerintah di bidang pembangunan, khususnya pendidikan kesehatan.

Tingginya angka kematian Ibu dan Anak di Indonesia (survei tahun 2015 sebesar 305/100.000 kelahiran hidup untuk angka kematian ibu dan 22/1000 kelahiran hidup untuk angka kematian bayi) membuat bidan sebagai garda terdepan memerlukan pengetahuan dan skill yang cukup.

Oleh sebab itu pendidikan diploma bidan yang berkelanjutan dan “up to date” sangat diperlukan. Itulah yang mendasari kenapa Program Studi D III Kebidanan FK UNS menjadi salah satu prodi yang diharapkan mampu turut serta dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia.

16. Kebidanan Sarjana Terapan

Program Studi D IV Kebidanan FK UNS juga menjadi Program Studi sekolah vokasi UNS yang bisa dirimu pertimbangkan. Prodi ini adalah salah satu Program Studi yang baru di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Program studi ini berdiri atas surat ijin dari Direktorat Jenderal DIKTI Nomor 597/D/T/2005 pada tanggal 2 Maret 2005 Program studi D IV Kebidanan FK UNS mulai menerima mahasiswa baru sejak tahun akademik 2005/2006.

Tujuan Pendidikan Program Studi DIV Kebidanan FK UNS

  • Tujuan pendidikan Program Studi D IV Kebidanan adalah untuk menghasilkan Sarjana Sains Terapan (SST)
  • Kebidanan Profesional yang mampu melaksanakan tugas-tugas dan kompetensi sebagai berikut :
  • Mengembangkan dirinya sebagai bidan profesional yang berkepribadian Indonesia.
  • Menerapkan konsep keilmuan dan ketrampilan profesinya dalam pelayanan kebidanan.
  • Memberikan pelayanan kebidanan di masyarakat dengan tetap mempertimbangkan kultur budaya setempat baik dari segi preventif, kuratif maupun rehabilitatif.
  • Mampu mengembangkan dirinya sebagai seorang pendidik secara profesional di bidang ilmu kebidanan.
  • Meningkatkan penguasaan ilmu kebidanan untuk kepentingan dirinya baik sebagai bidan maupun pendidik.

17. D4-Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Program Studi Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan salah satu Prodi yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, berdiri pada tahun 2005 dengan dasar hukum Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 2003/D/T/2005 tanggal 24 Juni 2005.

Sedangkan izin penyelenggaraan program studi dimulai pada bulan September 2005. Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pendirian Prodi D IV K3 antara lain dilakukan untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) baik dalam sektor formal maupun informal yang semakin tinggi.

18. D3-Farmasi

Program Studi sekolah vokasi UNS selanjutnya adalah D3 Farmasi FMIPA. Prodi Universitas Sebelas Maret satu ini sudah berdiri sejak tahun 2008 dan kini telah meluluskan tujuh angkatan. Program studi D3 Farmasi merupakan Program Studi unggul yang mencetak ahli madya farmasi yang kompeten dan memiliki tenaga pengajar yang kompeten.

Selain itu Prodi satu ini juga dilengkapi dengan sarana laboratorium yang komplet dengan sistem sharing dan fasilitas penunjang seperti perpustakaan dan fasilitas lain yg disediakan oleh Universitas Sebelas Maret sehingga menjadikan program studi ini merupakan program studi D3 unggulan.

Proses Pembelajaran di program studi D3 Farmasi dilaksanakan dengan menerapkan Kurikulum KBK 2016 yang mempersyaratkan bahwa untuk mencapai gelar Ahli Madya Farmasi (A.Md.Farm), mahasiswa harus menempuh 115 SKS. Jumlah ini yang terdiri atas 105 SKS mata kuliah teori dan praktikum serta 10 SKS mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (magang).

Kuliah magang ini terbagi menjadi 3 bidang yaitu kuliah magang apotik, puskesmas dan Rumah Sakit / industri. Total SKS ini terdistribusi dalam 2 semester yaitu semester gasal dengan 41 mata kuliah berbobot 60 SKS, dan semester genap 28 mata kuliah dengan bobot 55 SKS.

19. D3-Teknik Informatika

Program Diploma III Teknik Informatika, semula bernama Program Diploma III Ilmu Komputer, berdiri pada tahun 2002 dengan SK DIKTI 630/D/T/2002 tanggal 3 April 2002 dengan memiliki 2 konsentrasi keahlian yaitu Teknik Informatika dan Manajemen Informatika.

Karena tuntutan dari Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi khususnya teknologi terkait hardware maka pada tahun 2005 menambah 1 konsentrasi keahlian yaitu Teknik Komputer.

20. D3-Agribisnis

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta semula berasal dari Fakultas Pertanian Universitas Swasta yang tergabung dalam Universitas Gabungan Surakarta. Kemudian Universitas Gabungan Surakarta diresmikan menjadi Universitas Negeri pada tanggal 11 Maret 1976 dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia dan kemudian bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret disingkat UNS.

Fakultas Pertanian sebelumnya memiliki enam Jurusan/Program Studi dengan proses merger menjadi empat Program Studi yaitu Program Studi Agroteknologi/Agroekoteknologi ( hasil penggabungan Jurusan/Program Studi Agronomi dengan Jurusan/Program Studi Ilmu Tanah), Program Studi Agribisnis (hasil penggabungan Jurusan/Program Studi Agribisnis dengan Jurusan/Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian).

21. D3-Teknologi Hasil Pertanian

Sejak tahun 1995, Fakultas Pertanian menyelenggarakan semacam Program Non Reguler. Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan bagi lulusan Diploma I, II, dan III serta untuk menampung lulusan SLTA yang tidak mendapat kesempatan mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang mempunyai kemauan kuat meneruskan jenjang S1.

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta semula berasal dari Fakultas Pertanian Universitas Swasta yang tergabung dalam Universitas Gabungan Surakarta. Selanjutnya Universitas Gabungan Surakarta diresmikan menjadi Universitas Negeri pada tanggal 11 Maret 1976 dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No 10 tahun 1976, tertanggal 8 Maret 1976 semula bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret disingkat UNS.

22. D3-Budidaya Peternakan

Program Studi D3 Budidaya Ternak Universitas Sebelas Maret dalam pelaksanaan pembelajarannya menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta yang bergerak dalam bidang peternakan, termasuk pihak perbankan.

Institusi yang sudah menjalin kerja sama dengan D3 Budidaya Ternak Universitas Sebelas Maret meliputi kementerian, pemda, dinas terkait, institusi penelitian, industri pakan dan pembibitan ternak, perbankan, pengolahan hasil ternak, dan pengembangan ternak dalam rangka kedaulatan pangan.

Selain itu, beberapa kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri telah dibangun untuk meningkatkan kompetensi pendidikan Ahli Madya Peternakan yang dihasilkan.

23. D3-Desain Komunikasi Visual

Program Studi Diploma III Desain Komunikasi Visual (Prodi D3 DKV) berada di lingkup Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS. Prodi D3 DKV menyelenggarakan pendidikan untuk pengembangan ilmu pengetahuan seni rupa terapan sebagai upaya meningkatkan kreativitas dan profesionalitas kompetensi dalam bidang desain komunikasi visual serta pengembangan kemampuan berwirausaha. Bidang Desain Komunikasi Visual mempelajari 3 (tiga) kompetensi : a) Desain Grafis, b) Desain Multimedia Interaktif, c) Desain Iklan.

24. D3-Teknik Kimia

Prodi D3 Teknik Kimia berusaha menjadi institusi pendidikan vokasi teknik kimia yang kompeten terhadap perkembangan ilmu dan teknologi terapan berbasis sumber daya hayati yang dilandasi nilai-nilai luhur budaya nasional. Program Studi sekolah vokasi UNS satu ini juga terbilang tak sedikit lho yang berminat.

25. D3-Teknik Mesin

Program Studi Diploma Tiga Teknik Mesin (PS D3 Teknik Mesin) berdiri sejak 17 Februari 1999 berdasar pada SK DIKTI No. 33/DIKTI/Kep/1999. Akreditasi yang diperoleh Program Studi D3 Teknik Mesin adalah B (359) yang diberikan oleh BAN PT. Pengelolaan manajemen dan sumber daya manusia pada PS D3 Teknik Mesin mengacu pada sistem organisasi dan tata kerja pada UNS.

Program Studi sekolah vokasi UNS D3 Teknik Mesin dipimpin oleh seorang Kepala Program Studi dan dalam menjalankan tugas operasionalnya dibantu oleh kepala laboratorium, koordinator proyek akhir, koordinator kerja praktek dan tim pendukung. PS D3 Teknik Mesin diampu oleh 16 Doktor dan 15 Magister di bidangnya.

Sistem penerimaan mahasiswa baru PS D3 Teknik Mesin mengikuti proses seleksi yang dikelola oleh panitia seleksi Universitas Sebelas Maret di Unit Kerja SPMB. Daya tampung PS D3 Teknik Mesin adalah 40 mhs. Kurikulum PS D3 Teknik Mesin dikembangkan berdasarkan peminatan teknologi mesin.

26. D3-Teknik Sipil

Program Studi DIII Teknik Sipil salah satu program studi pada Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, yang pengelolaanya di bawah Jurusan Teknik Sipil. Program Studi DIII Teknik Sipil didirikan pada 1 Agustus 1997, dengan SK Rektor UNS No. 184/J27/PP/1997, yang dimaksudkan untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan akan tenaga kerja profesional di bidang teknik sipil seiring dengan meningkatnya pembangunan infrastruktur saat itu.

Sebelumnya (saat berdiri), program studi ini dinamakan Program Pendidikan Keahlian Teknik (PPKT) 3 Tahun yang memiliki konsentrasi pada bangunan gedung. Sejak tahun akademik 1999/2000, program PPKT diubah menjadi Program Studi DIII Teknik Sipil berdasarkan SK Dirjen Dikti No.33/DIKTI/KEP/1999, dengan dua konsentrasi yaitu Program Studi DIII Teknik Sipil Konsentrasi Bangunan Gedung dan Konsentrasi Transportasi.

Tujuan penetapan dua konsentrasi tersebut adalah untuk menambah daya tampung, disamping permintaan pasar akan kebutuhan ahli madya di bidang yang lebih spesifik yaitu di bidang bangunan gedung dan transportasi yang memungkinkan lulusan dapat memperoleh pekerjaan di bidang teknik sipil.

Itulah tadi penjelasan Mamikos tentang 26 Program Studi sekolah Vokasi UNS yang bisa Mamikos sampaikan pada dirimu sekarang. Mamikos harap dengan adanya informasi ini, dirimu jadi lebih bisa bersiap apabila hendak mendaftar ke sekolah vokasi UNS yang ada di Solo, Surakarta. Akses terus aplikasi pencari kost Mamikos untuk pembaruan informasi bermutu lainnya. Unduh aplikasinya sekarang untuk mempermudah pencarian hunian kost-kostan yang mungkin dirimu perlukan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close