Portofolio Seni Dan Olahraga Snmptn 2019/2020

Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN 2019 — Informasi / Solusi Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN, FAQ Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN, Tanya Jawab Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN, Daftar Borang Isian Portofolio SNMPTN, Penjelasan Portofolio SNMPTN, 2021. 2022.
Kali ini admin akan membuatkan informasi ihwal Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN 2019/2020. Informasi ini dikhususkan untuk penerima SNMPTN yang akan mendaftarkan diri pada jadwal studi bidang seni atau keolahragaan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya berikut ini.
 Kali ini admin akan membuatkan informasi ihwal  Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN 2019/2020
SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang secara konsisten memperlihatkan prestasinya di setiap semester.
Proses registrasi diawali oleh Kepala Sekolah yang memperlihatkan rekomendasinya untuk siswa dengan mengisi data registrasi di pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa melaksanakan verifikasi data registrasi dan apabila data telah sesuai kemudian melaksanakan registrasi SNMPTN secara online di halaman web.snmptn.ac.id
Khusus untuk penerima SNMPTN yang menentukan jadwal studi bidang seni atau keolahragaan, maka selain mengisi data registrasi SNMPTN juga harus mengisi borang portofolio bidang seni atau keolahragaan.
Dalam mengisi borang portofolio bidang seni atau keolahragaan, mungkin saja penerima SNMPTN mengalami kesulitan. Maka dari itu admin berinisiatif membagikan informasi tanya jawab (FAQ) seputar Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN yang bersumber dari situs web SNMPTN. Namun ada beberapa kalimat yang begitu panjang sehingga admin memotongnya. Maka dari itu anda sebaiknya membaca juga di web resmi SNMPTN untuk mendapat informasi lebih lengkap. Langsung saja simak berikut ini.

Tanya Jawab (FAQ) Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN

1. Apa yang dimaksud portofolio?

Portofolio yaitu Dokumentasi kumpulan karya dan/atau penampilan (performance) siswa dalam bidang Seni atau Olahraga selama menempuh studi di tingkat Sekolah Menengah Atas.

Karya dan/atau penampilan tersebut merupakan dokumen yang menjadi representasi kemampuan terbaik siswa dalam bidang Seni atau Olahraga, baik yang dihasilkan melalui acara mencar ilmu formal di sekolah maupun hasil acara non formal di luar sekolah

2. Bidang studi apa yang mewajibkan portofolio?

Portofolio wajib disertakan oleh setiap penerima SNMPTN yang menentukan jadwal pendidikan bidang seni atau olahraga, dengan pilihan jadwal studi sebagai berikut:

  1. Bidang Seni, yang terdiri dari :
    • Seni Rupa, Seni Murni, Kriya, Seni Musik, Musik, Tari, Seni Pertunjukan, Teater, Fotografi, Fim dan Televisi, Seni Karawitan, Etnomusikologi, Sendratasik; jadwal kependidikan dalam bidang seni menyerupai Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Musik, Pendidikan Tari, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan SeniPertunjukan, dan / atauPendidikan Kriya; serta DesainInterior, Desain Komunikasi Visual, DesainProduk atau Desain Produk Industri.
    1. Bidang Keolahragaan, yang terdiri dari :
      • Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga

    3. Bagaimana jikalau ingin mendaftar ke prodi bidang Seni atau Olahraga tetapi belum mempunyai portofolio?

    Jika belum mempunyai portofolio yang sesuai dengan bidang pilihannya, siswa pendaftar diharuskan untuk menciptakan dokumen portofolio yang memenuhi ketentuan isi dan format sesuai bidang pilihannya.  Apabila siswa yang mendaftar ke bidang Seni atau Olahraga tidak menyertakan dokumen portofolio yang sesuai, maka yang bersangkutan DAPAT didiskualifikasi dalam proses seleksi.
    4. Dimana saya bisa mendapat teladan template portofolio?

    Di laman SNMPTN (https://web.snmptn.ac.id/portofolio) tersedia seluruh template file dan teladan dokumen yang dipersyaratkan. Tidak diperkenankan menambah jumlah halaman slide dari template yang tersedia. 

    5. Bagaimana dan kapan proses Pengunggahan Dokumen Portofolio dilakukan?

    Dokumen portofolio diunggah bersamaan dengan proses registrasi SNMPTN yang dilakukan oleh siswa.

    6. Seperti apa isi dokumen portofolio Seni Rupa?

    Dokumen portofolio seni rupa berisikan:

    1. Dua buah karya wajib berupa 1 buah gambar komposisi benda dan 1 buah gambar suasana yang melibatkan manusia
    2. Satu buah karya suplemen (jika ada)
    3. Satu lembar Pernyataan keaslian/orisinalitas atas informasi data dan karya gambar yang diunggah
    4. Satu buah bukti raihan prestasi dalam bidang Seni Rupa (jika ada)

    7. Seperti apa isi dokumen portofolio Seni Tari?

    Dokumen portofolio seni tari berisikan:

    1. Dua buah rekaman video penampilan menari yang terdiri dari 1 (satu ) buah rekaman tari tunggal tradisional dan 1 (satu) buah rekaman tari kelompok
    2. Satu lembar Pernyataan keaslian/orisinalitas atas informasi data dan penampilan menari
    3. Satu buah bukti raihan prestasi dalam bidang Seni Tari (jika ada)

    8. Seperti apa isi dokumen portofolio Seni Musik?

    Dokumen portofolio Seni Musik berisikan:

    1. Dua buah rekaman video keterampilan berolah musik yang terdiri dari :
      • satu buah rekaman video siswa menyanyikan 1 (satu) lagu wajib/nasional tanpairingan musik (hanya vokal).
      • satu buah rekaman video siswa memainkan salah satu instrument musik yang dikuasai ATAU bernyanyi (vocal dengan iringan musik).
    2. Satu lembar Pernyataan keaslian/orisinalitas atas informasi data dan penampilan bermusik
    3. Satu buah bukti raihan prestasi dalam bidang Seni Musik (jika ada)

    9. Seperti apa isi dokumen portofolio Seni Drama?

    Dokumen portofolio Seni Drama berisikan:

    1. Dua buah rekaman video penampilan drama yang terdiri dari :
      • Satu buah rekaman video penampilan monolog oleh siswa dengan atau tanpa membaca naskah
      • Satu buah rekaman video penampilan pantomim oleh siswa dengan atau tanpa memakai ilustrasi musik
    2. Satu lembar Pernyataan keaslian / orisinalitas atas informasi data dan penampilan drama
    3. Satu buah bukti raihan prestasi dalam bidang Seni Drama (jika ada)

    10. Seperti apa isi dokumen portofolio Olahraga?

    Untuk pendaftar bidang Olahraga, isi dokumen portofolio terdiri dari:

    1. Satu lembar dokumen informasi kesehatan siswa ihwal kondisi fisik siswa, Riwayat penyakit yang pernah diderita (jika ada), dan  Pernyataan sehat atau tidak sehat.
    2. Satulembar salinan hasil scan atau foto digital dari lembaran piagam, sertifikat, surat penghargaan, plakat, atau piala atas raihan prestasi
    3. Satu buah rekaman video keterampilan/teknik cabang olahraga yang dikuasai siswa.

    11. Bagaimana jikalau mempunyai banyak raihan prestasi untuk salah satu bidang? Mana yang perlu disertakan/dicantumkan dalam dokumen portofolio?

    Cantumkan hanya SATU raihan prestasi yang dianggap terbaik.

    12. Siapakah yang mengisi lembar pernyataan orisinalitas/keaslian dokumen portofolio?

    Lembar pernyataan orisinalitas / keaslian portofolio diisi secara lengkap dan ditandatangani oleh siswa pendaftar, serta diketahui, ditandatangani, dan dibubuhi stempel oleh kepala sekolah (tempat siswa menempuh pendidikan).

    13. Apakah wajib memakai template yang disediakan? Bagaimana jikalau memakai file powerpoint sendiri, tidak memakai template yang disediakan?

    Siswa pendaftar wajib / diharuskan memakai template yang disediakan dan sanggup diunduh (download) dari laman https://web.snmptn.ac.id/portofolio

    14. Siapakah yang harus mengisi borang informasi kesehatan? Bagaimana jikalau borang isian informasi kesehatan tidak diisi, ditandatagani, dan dibubuhi stempel instisusi kesehatan pemeriksa?

    Borang isian informasi kesehatan harus diisi oleh tenaga kesehatan (seperti dokter, mantri, bidan, atau perawat) yang bekerja pada institusi kesehatan yang resmi dan mempunyai ijin. Jika proses pengisian informasi kesehatan siswa tidak dilakukan oleh tenaga kesehatan, maka siswa pendaftar DAPAT didiskualifikasi dalam proses seleksi.

    15. Bagaimana jikalau tidak mempunyai dan tidak menyertakan bukti raihan prestasi untuk dokumen portofolio olahraga? Bagaimana jikalau bukti raihan prestasi tidak disertai dengan surat rekomendasi KONI atau pengurus cabang OR terkait?

    Siswa pendaftar wajib menyertakan bukti raihan prestasi yang disertai surat rekomendasi KONI/pengurus cabang OR terkait. Jika siswa pendaftar tidak menyertakan bukti raihan prestasi DAN surat rekomendasi KONI / pengurus cabang OR terkait, maka ybs DAPAT didiskualifikasi dalam proses seleksi.

    16. Bagaimana dan kapan proses Pengunggahan Dokumen Portofolio dilakukan?

    Dokumen portofolio diunggah bersamaan dengan registrasi SNMPTN yang dilakukan oleh siswa.

    17. Seperti apakah isi dokumen portofolio yang dianggap baik dan memenuhi syarat?

    Dokumen portofolio dianggap baik dan memenuhi syarat untuk proses seleksi SNMPTN yaitu yang:

    1. Menyertakan seluruh materi portofolio secara lengkap sesuai dengan bidang yang dipilihnya, dengan:
      • Menggunakan file hasil pindai/scan berformat JPEG/TIFF/PNG yang terlihat jelas, gampang dibaca, dan memenuhi ketentuan teknis yang dipersyaratkan.
      • Menggunakan file rekaman berformat MPEG-4 atau MOV yang terlihat jelas, gampang diikuti, dan memenuhi ketentuan teknis yang dipersyaratkan.
    2. Menggunakan template atau teladan lembar dokumen portofolio yang disediakan oleh panitia nasional SNMPTN
    3. Mencantumkan data yang secara orisinil/asli merupakan representasi karya atau penampilan, raihan prestasi, serta informasi kesehatan milik siswa pendaftar sendiri.
    18. Bagaimana jikalau di tempat siswa pendaftar tidak terdapat kemudahan untuk melaksanakan pengunggahan dokumen portofolio secara online?

    Dalam hal siswa mengalami kendala teknis terkait pengunggahan dokumen portofolio secara online, dimungkinkan untuk memberikan dokumen portofolio termaksud secara offline memakai pos tercatat. Penyampaian dokumen secara offline hanya dilaksanakan di tempat tertentu (yang dinyatakan diperbolehkan memakai sistem offline dalam SNMPTN).

    Itulah informasi tentang Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN yang sanggup admin bagikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk anda penerima SNMPTN.
    Perlu dicatat : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku yaitu yang ada di website resmi SNMPTN.
    .
    Terima kasih telah membaca artikel ini dan mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya juga