Peserta UTBK 2021 Wajib Membawa Surat Rapid Tes/Surat Sehat?

Peserta UTBK 2021 wajib membawa surat rapid tes/surat sehat? – Aturan seleksi masuk Perguruan Tinggi banyak mengalami penyesuaian sejak Pandemi Covid-19 terjadi. Jika sebelumnya peserta ujian masuk Perguruan Tinggi hanya perlu membawa kartu peserta ujian, di tahun 2021 ada aturan baru untuk membawa surat sehat.

Aturan Surat Rapid atau Surat Sehat untuk Peserta UTBK 2021

www.alodokter.com

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai salah satu jenis seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi akan segera dilaksanakan. Aturan UTBK tahun 2021 diprediksi lebih ketat dibandingkan UTBK tahun sebelumnya, apalagi di tahun 2021 pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Baik peserta ujian maupun panitia penyelenggara diminta untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin meluas.

Pertanyaan “Apakah membawa surat rapid tes atau surat sehat wajib saat akan mengikuti UTBK 2021?” pastinya banyak diajukan oleh peserta tes. Sebab, jika aturan surat rapid tes atau surat sehat diwajibkan oleh panitia, peserta yang tidak membawa surat tersebut tidak diperkenankan masuk ke dalam ruangan. Artinya, peserta tidak dapat mengikuti UTBK dan dipastikan gugur. Tentu sangat disayangkan jika persiapan belajar UTBK sia-sia karena lupa melakukan tes rapid atau tes kesehatan.

Kewajiban Membawa Surat Rapid dan Surat Sehat untuk UTBK 2021

Sebaiknya peserta UTBK 2021 mengecek pengumuman resmi pusat UTBK pilihannya masing-masing secara berkala. Sebab, kewajiban membawa rapid tes atau surat sehat untuk mengikuti UTBK bergantung kebijakan masing-masing pusat UTBK itu sendiri. Meskipun demikian, pemberitahuan tersebut akan diberikan melalui surat edaran, website, atau media sosial pusat UTBK terkait, sehingga peserta UTBK tidak perlu khawatir ketinggalan informasi.

Format surat rapid dan surat sehat untuk UTBK 2021 biasanya sudah ditentukan oleh tempat memeriksakan diri. Semakin lengkap keterangan pada surat tersebut, pastinya akan semakin bagus. Setidaknya, pada surat rapid tes dan surat sehat UTBK 2021 terdapat informasi nama lengkap peserta, tanggal pengambilan tes, masa berlaku surat, dan dokter yang memeriksa serta cap resmi. Pada surat tersebut juga perlu adanya kop surat untuk menunjukkan bahwa surat tersebut dikeluarkan instansi resmi serta menjamin keasliannya.

Informasi Layanan Konsultasi UTBK IPB

Salah satu pusat UTBK yang menyediakan layanan konsultasi terkait UTBK adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Peserta dapat mengakses layanan tersebut melalui laman https://halo.admisi.ipb.ac.id. Prioritas pusat UTBK IPB diperuntukkan bagi peserta UTBK yang domisilinya berada di wilayah Jabodetabek, Sukabumi, dan Cianjur. Peserta UTBK 2021 wajib membawa hasil tes antigen yang dilakukan minimal 3 hari sebelum UTBK 2021 dilaksanakan. Hindari melakukan tes terlalu cepat karena hasilnya tidak akan berlaku. Informasi layanan konsultasi di pusat-pusat UTBK lainnya bisa dirimu dapatkan dengan mengakses laman LTMPT dan media sosial terkait.

Cara Mendapatkan Surat Rapid Tes dan Surat Sehat untuk UTBK 2021

Setelah dirimu mengetahui aturan wajib atau tidaknya membawa surat rapid tes atau surat, cari tahu lokasi terdekat untuk mendapatkan surat tersebut beberapa hari sebelum UTBK dilaksanakan. Saat ini, pemeriksaan tes Covid-19 untuk UTBK dapat dilakukan di tempat-tempat berikut:

  1. Rumah sakit
  2. Puskesmas
  3. Klinik kesehatan

Biaya rapid tes dan biaya mendapatkan surat sehat untuk UTBK 2021 bisa saja berbeda-beda di satu tempat dengan tempat yang lain. Usahakan tidak membawa uang pas ketika datang ke lokasi dan cari tahu terlebih dahulu biaya rapid tes untuk UTBK dan biaya mencari surat sehat untuk UTBK 2021.

Syarat Mengikuti UTBK SBMPTN

Bagi peserta yang akan mengikuti UTBK SBMPTN, penuhi syarat-syarat kesehatan selama masa pandemi Covid-19, yaitu:

  1. Suhu tubuh tidak lebih dari 37,5°C
  2. Memiliki hasil rapid test non reaktif atau hasil swab test negatif

Peserta yang tidak memenuhi syarat di atas tidak diizinkan mengikuti UTBK 2021. Untuk berjaga-jaga, peserta bisa melakukan tes satu atau dua minggu lebih awal dari jadwal UTBK yang dipilih. Hal ini penting untuk mengantisipasi hasil tes yang reaktif, sehingga peserta UTBK dapat melakukan tes rapid atau tes kesehatan ulang. Selain itu, jika dinyatakan positif, siswa peserta UTBK bisa melakukan pemulihan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan sebelum hari pelaksanaan UTBK 2021.

Berdasarkan informasi tahun 2021, peserta UTBK diwajibkan menjaga protokol kesehatan dan membawa perlengkapan wajib berikut:

  1. Kartu peserta UTBK 2021
  2. Fotokopi ijazah bagi lulusan tahun 2020 dan 2019 atau Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi siswa lulusan 2021 yang ditandatangani kepala sekolah. SKL tersebut berisi nama siswa, NISN, dan NPSN
  3. Pas foto terbaru (selama tiga bulan terakhir)
  4. Peserta menggunakan masker
  5. Peserta menerapkan protokol jaga jarak.

Persiapan Sebelum UTBK 2021

Peserta UTBK 2021 pastinya membutuhkan banyak persiapan agar bisa sukses mengerjakan soal-soal UTBK. Selain perlu membawa surat rapid atau surat sehat sebagai salah satu syarat mengikuti ujian, ada hal lain yang tidak boleh diabaikan, seperti:

  1. Peserta wajib menjaga kesehatan beberapa minggu sebelum pelaksanaan UTBK. Konsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat cukup turut menjadi penentu.
  2. Peserta UTBK bisa melakukan tes rapid atau pemeriksaan kesehatan satu atau beberapa minggu sebelum jadwal ujiannya tiba. Cara ini merupakan langkah antisipasi apabila peserta ternyata memiliki hasil reaktif masih bisa melakukan tes ulang di tempat lain. Jika peserta dinyatakan positif, peserta bisa beristirahat dan memulihkan diri sampai waktu ujian tiba dan melakukan tes kesehatan kembali.
  3. Peserta perlu berlatih mengerjakan soal-soal UTBK SBMPTN dan membiasakan diri menghadapi soal-soal sulit. Tidak ada salahnya berlatih menjawab langsung dengan komputer agar saat ujian sudah terbiasa.
  4. Peserta UTBK sebaiknya tidak jalan-jalan atau ke luar kota dan bertemu banyak orang sebelum UTBK dimulai. Dikhawatirkan pandemi Covid-19 yang belum selesai akan meningkatkan risiko penularan saat peserta UTBK bertemu dengan orang lain.
  5. Untuk menghindari keterlambatan kedatangan di pusat UTBK, peserta perlu melakukan survey lokasi UTBK terlebih dahulu. Jika peserta datang dari luar kota, mencari tempat tinggal dekat pusat UTBK dibantu aplikasi nyari kost Mamikos pun bisa menjadi solusi. Ada banyak pilihan kost harian yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal sementara ketika akan UTBK.

Apakah dirimu sudah memahami aturan peserta UTBK 2021 wajib membawa surat rapid tes / surat sehat? Jika dirimu mendapatkan kepastian lokasi tes UTBK dan pengumuman aturannya, buatlah jadwal untuk melakukan tes rapid atau mencari surat sehat. Hindari mencari surat penting tersebut mendekati jadwal pelaksanaan tes. Dikhawatirkan antrian menumpuk dan peserta justru kelelahan dan kurang persiapan saat akan menjalani tes. Namun, pastikan untuk melihat masa berlaku surat rapid agar tidak terlewatkan. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close