Pesan Penting Bagi Yang Sudah Menerima SK CPNS Tahun 2019

Halo Bos Soal Terbaru… Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh teman-temanku yang sudah berhasil mendapatkan anugerah sekaligus amanah dalam hidup menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang telah menerima SK CPNS di tahun 2019 ini.di mana pun Anda berada.
Dikarenakan saya sendiri pernah melewati masa-masa di mana saya menerima SK CPNS, terima gaji pokok sebesar 80% (terima 100% setelah PNS penuh), masih adaptasi lingkungan kerja yang tak dekat dan tak mudah ditempuh. Mengalami tinggal di daerah yang belum ada PLN, sinyal telephon sulit, medan jalan licin, menyeberang sungai dan berbagai tantangan lainnya. Namun ternyata semua itu akan selalu menjadi pengalaman yang berharga untuk dikenang sekaligus sebagai motivasi untuk terus mampu bertahan dalam situasi dan kondisi apapun juga.
Dan untuk teman-temanku ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan kepada Anda semuanya yang sudah menerima SK CPNS di tahun 2019 ini, sebagai berikut:
1. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung
Peribahasa ini berarti kita harus menghargai dan menghormati kebiasaan, adat istiadat maupun budaya yang berlaku lingkungan masyarakat di mana tempat tugas kita yang baru berada. Bukan hanya di lingkungan satuan kerja kita, namun juga di lingkungan masyarakat sekitar. Namun tetap memilah dan memilih namun dengan bijak tetap harus Anda utamakan karena bagaimana pun Anda sekarang sudah menjadi abdi negara yang disebut ASN (Aparatur Sipil Negara).
2. Jangan segan bertanya kepada senior ataupun atasan rekan kerja
Walaupun mungkin Anda memiliki latar pendidikan akademis yang sesuai dengan bidang kerja Anda saat ini, namun bertanya kepada orang yang lebih dulu melakukannya adalah bijak, karena Anda akan banyak mendapatkan sesuatu teknik atau cara kerja yang baru dan bahkan mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.
3. Bergaul dengan masyarakat sekitar
Loading...
Bukan hanya dengan di lingkungan satuan kerja saja, di lingkungan masyarakat sekitar, Anda pun harus sedikit sedikit memahami karakter di lingkungan masyarakat tersebut, agar langkah kerja yang akan Anda lakukan nanti tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan, dikarenakan semuanya sudah ada pertimbangan yang matang. Salah satunya dari tokoh masyarakat setempat misalnya, akan memberikan arahan dan masukan yang sangat berarti bagi Anda

Photo Peserta Diklat Prajabatan CPNSD Golongan III (Umum) Angkatan II Tahun 2009


4. Bekerjalah dengan se-profesional mungkin
Dalam setiap pelaksanaan tugas dari atasan, lakukan yang terbaik, jangan menunda-nunda, jangan segan bertanya jika memang belum paham akan uraian tugas tersebut.
5. Jangan cepat pindah dari satuan kerja yang sekarang
Ingat sebelum Anda sebelum terima SK CPNS sudah pernah menandatangani surat pernyataan yang mana Anda tidak pindah dari tempat tugas yang sekarang selama beberapa tahun bukan? Jika begitu, sebagai pribadi yang bertanggung jawab, jangan pindah dari tempat tugas yang sekarang sebelum waktu yang telah Anda janjikan itu telah Anda lakukan. Percayalah, kesabaran dalam kebaikan akan selalu berbuah manis
6. Jadilah pribadi yang baik (santun, ramah, jujur, dan bertanggung jawab)
Sebagai abdi negara sekaligus abdi masyarakat, selayaknya ditampilkan kepribadian yang santun dan ramah dengan siapapun. Ini penting, karena bagaimanapun, citra ASN telah melekat pada diri Anda, selanjutnya, jika melakukan sesuatu kesalahan jangan segan untuk segera meminta maaf kepada siapapun dan kapanpun juga.
Demikian beberapa pesan yang dapat saya sampaikan kepada Rekan-rekan yang telah mendapatkan SK CPNS di tahun 2019 ini. Semoga Anda betah dan menikmati apapun situasi dan kondisi baru di lingkungan yang baru pula yang mana semuanya itu akan menguji lahir dan batin Anda dalam rangka membentuk karakter abdi negara yang profesional. Semoga berhasil saudara dan saudariku semua… aamiin… Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Loading...
loading...
close