Pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id Login dan Cek Nama dirimu

Pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id Login dan Cek Nama dirimu – Pada tanggal 9 Agustus 2020, LTMPT sebagai penyelenggara resmi UTBK mengumumkan bahwa pengumuman akan dilaksanakan lebih cepat. Kini, para peserta hanya tinggal menghitung hari sebelum akhirnya mengetahui hasil kelulusan mereka dalam SBMPTN tahun 2020 ini. Untuk mengetahui lulus tidaknya peserta, LTMPT menyediakan beberapa link, salah satunya adalah melalui https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Informasi Terbaru Cek Hasil Pengumuman SBMPTN 2020

kompas.com

Setelah berbulan-bulan berlatih soal dan berusaha keras mengerjakan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK, kini para peserta hanya tinggal menunggu hasil kelulusan saja. Di masa pandemi Covid-19 ini, para peserta tidak perlu pergi ke luar rumah dan datang ke kampus pilihan untuk melihat pengumuman kelulusan. LTMPT memberi kemudahan bagi para peserta untuk mengakses pengumuman dari rumah saja melalui laman resmi yang tersedia. Berikut adalah tata cara yang bisa diikuti oleh para peserta untuk mengakses hasil kelulusan pada pengumuman SBMPTN 2020.

Link Pengumuman SBMPTN Terbaru 2020

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, para peserta bisa mengakses pengumuman hanya dengan menggunakan internet dan gadget yang dimiliki. Para peserta bisa langsung menuju laman resmi yang disediakan oleh LTMPT dan login untuk melihat hasil kelulusan masing-masing. Berikut adalah beberapa tautan untuk melihat hasil kelulusan pada pengumuman SBMPTN 2020.

  1. Link Resmi Pengumuman SBMPTN 1: https://pengumuman.sbmptn.ac.id
  2. Link Resmi Pengumuman SBMPTN 2: https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id

Link Alternatif Pengumuman SBMPTN 2020

Selain link resmi yang sudah Mamikos berikan di atas, para peserta juga bisa mengakses hasil kelulusan melalui link alternatif lainnya. LTMPT menyediakan sebanyak 12 link alternatif untuk beberapa perguruan tinggi. Link alternatif tersebut disediakan oleh LTMPT mengingat bahwa laman resmi di atas memiliki kemungkinan mengalami masalah karena akan diakses oleh banyak orang dalam satu waktu. Berikut adalah beberapa link alternatif yang bisa digunakan para peserta untuk melihat hasil kelulusan SBMPTN 2020.

  1. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Indonesia (UI): http://sbmptn.ui.ac.id/
  2. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB): http://sbmptn.itb.ac.id/
  3. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP): http://sbmptn.undip.ac.id/
  4. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS): http://sbmptn.its.ac.id/
  5. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Gadjah Mada (UGM): http://sbmptn.ugm.ac.id/
  6. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Insitut Pertanian Bogor (IPB): http://sbmptn.ipb.ac.id/
  7. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Airlangga (UNAIR): http://sbmptn.unair.ac.id/
  8. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Andalas (UNAND): http://sbmptn.unand.ac.id/
  9. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI): http://sbmptn.unsri.ac.id/
  10. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH): http://sbmptn.unsyiah.ac.id/
  11. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN): http://sbmptn.untan.ac.id/
  12. Link Alternatif Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Hasanuddin (UNHAS): http://sbmptn.unhas.ac.id/

Jadwal Terbaru Pengumuman SBMPTN 2020

Rencana awal LTMPT adalah menyelenggarakan UTBK pada tanggal 5 hingga 12 Juli 2020 dan pengumuman akan dilaksanakan pada tangga 25 Juli 2020. Kemudian, LTMPT merubah jadwal dan merencanakan bahwa UTBK akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama telah selesai terlaksana pada tanggal 5 hingga 14 Juli 2020 dan gelombang kedua juga telah selesai dijalankan oleh para peserta tanggal 20 sampai 29 Juli 2020. Sehingga, pengumuman hasil kelulusan para peserta juga ikut diundur hingga tanggal 20 Agustus 2020 mendatang.

Tepat tanggal 9 Agustus 2020, LTMPT secara resmi mengumumkan kepada para peserta bahwa pengumuman SBMPTN akan dipercepat. LTMPT menetapkan bahwa pengumuman tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2020 tepat pukul 15.00 WIB. Pada tanggal tersebut, para peserta baru akan bisa mengakses hasil kelulusan mereka saja. Untuk skor dan nilai peserta hasil mengerjakan UTBK akan diumumkan secara terpisah dalam bentuk sertifikat yang bisa diunduh oleh para peserta.

Jadwal Download Sertifikat Nilai SBMPTN 2020

LTMPT menetapkan bahwa para peserta akan mulai bisa mengetahui hasil kelulusan mereka tanggal 14 Agustus 2020 mendatang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengumuman hasil skor UTBK akan diumumkan secara terpisah dengan hasil kelulusan. Para peserta baru akan bisa mengetahui dan mengunduh sertifikat skor UTBK pada tanggal 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB, satu hari setelah pengumuman hasil kelulusan. Sertifikat tersebut nantinya bisa digunakan oleh para peserta yang belum lolos SBMPTN untuk melandaftarkan diri mengikuti Seleksi Mandiri di beberapa PTN yang mensyaratkan nilai UTBK.

Cara Login dan Cek Nama Pengumuman SBMPTN 2020

Seperti ketentuan yang telah ditetapkan oleh LTMPT, para peserta SBMPTN bisa mengetahui hasil kelulusan mereka secara online. LTMPT akan mengumumkannya secara serentak pada tanggal 14 Agustus 2020 mendatang. Berikut adalah cara yang bisa diikuti para peserta untuk mengakses hasil kelulusan mereka pada laman resmi pengumuman SBMPTN.

  1. Untuk mengakses hasil kelulusan pengumuman SBMPTN, para peserta cukup membuka salah satu dari link yang Mamikos telah sebutkan di atas. Peserta bisa mengaksesnya menggunakan perangkat apapun, baikut itu komputer, laptop, atau ponsel.
  2. Setelah masuk ke laman tersebut, para peserta bisa menuliskan nomor peserta UTBK yang dimiliki atau yang tertera di kartu peserta UTBK.
  3. Selanjutnya, peserta bisa menuliskan tanggal lahir peserta sesuai dengan yang telah dituliskan saat mendaftar atau tanggal lahir yang tertera di kartu peserta.
  4. Setelah itu, peserta bisa mengklik tombol Cari di bagian bawah kolom tanggal lahir.
  5. Kemudian hasil UTBK SBMPTN akan muncul di layar peserta dan akan memperlihatkan status kelulusan peserta. Peserta tidak akan melihat nilai UTBK karena baru akan diumumkan tanggal 15 Agustus 2020 mendatang.

Langkah Selanjutnya Setelah Lolos SBMPTN

Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo mengatakan bahwa para peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN diharuskan untuk segera melakukan registrasi. Selain itu, para peserta juga harus segera melakukan verifikasi di PTN tujuan hingga resmi menjadi mahasiswa di perguruan tinggi pilihan masing-masing. Persyaratan dan berkas untuk melakukan verifikasi dan registrasi bisa berbeda-beda tiap perguruan tinggi. Sehingga, para peserta diwajibkan untuk melakukan konfirmasi langsung ke perguruan tinggi bersangkutan.

Budi Prasetyo juga menyebutkan bahwa untuk para peserta yang belum diterima, para peserta masih memiliki kesempatan yang cukup banyak. Pasalnya, beberapa perguruan tinggi masih membuka jalur Mandiri atau Seleksi Mandiri. Sehingga, para peserta disarankan untuk segera melakukan pendaftaran sebelum ditutup.

Nah, itu tadi sedikit informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar cara login dan cek nama dalam pengumuman SBMPTN. Jika dirimu mengalami masalah saat mengakses laman tersebut, dirimu mungkin bisa menunggu beberapa saat. Laman tersebut mungkin mengalami server down sehingga tidak bisa diakses dan membutuhkan sedikit waktu untuk bisa kembali pulih. Jangan lupa juga untuk berdoa terlebih dahulu sebelum dirimu mengakses hasil kelulusanmu, ya! Untuk dirimu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, dirimu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close