Pengumuman Online SBMPTN 2021/2022, Ada Namamu?

Pengumuman Online SBMPTN 2021/2022 – Di sini merupakan pengumuman online SBMPTN 2021 sehingga Anda harus mengecek namanya di bawah ini. Nah, pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah dapat dilihat dan Anda harus mengecek apakah namanya terdaftar atau masuk seleksi. Seperti yang kita ketahui jika SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional dengan hasil tertulis, kombinasi hasil ujian tertulis dan juga ujian keterampilan.

Nah, untuk ujian keterampilan biasanya khusus untuk program studi olah raga dan juga kesenian. Kemudian jika sudah melakukan pendaftaran secara online bisanya akan mengikuti tes seleksi SBMPTN dan sekarang waktunya untuk melihat informasi pengumuman online. Pastinya Anda akan merasa penasaran dan juga berdebar-debar di waktu menjelang pengumuman sebab khawatir tidak masuk atau lolos. 

Oleh sebab itu, harus memastikan untuk tahu cara melihat pengumuman seleksi SBMPTN sehingga tidak bingung mencari informasinya. Ada banyak sekali artikel yang membahas mengenai cara melihat atau mengecek pengumuman online seleksi SBMPTN tahun 2021/2022. Sehingga nantinya Anda bisa segera mengecek dan juga dapat mempersiapkan apabila lulus seleksi untuk pendaftaran ulang. 

Cara Melihat Pengumuman Online SBMPTN 2021/2022

Mungkin saja masih ada yang belum paham caranya melihat pengumuman online seleksi SBMPTN sehingga harus lihat langkah-langkahnya terlebih dahulu. Kemudian perhatikan juga jadwal pengumuman online sehingga tidak ketinggalan informasi dan juga bisa segera daftar ulang. Biasanya kriteria kelulusan calon mahasiswa baru telah ditentukan panitia SBMPTN sehingga tidak perlu khawatir dan tetap optimis. 

Jika Anda ingin sekali untuk mengecek pengumuman online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri mudah sekali caranya. Sehingga tidak perlu khawatir akan ketinggalan informasi untuk pengumuman online yang sudah ada. Kemudian biasanya Anda dapat mengecek atau melihat langsung apakah ada nama Anda di dalam daftar peserta calon mahasiswa yang lulus seleksi dan ini dia caranya :

1. Mengakses Website SBMPTN 

Cara atau langkah pertama untuk mengecek pengumuman online SBMPTN 2021 yang pertama adalah dengan memasuki atau mengakses website SBMPTN https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Nah, Anda akan mendapatkan informasi daftar nama yang masuk seleksi dan akan diterima di perguruan tinggi negeri yang Anda daftar. Oleh sebab itu, masuklah ke website resmi SBMPTN untuk segera melihat pengumumannya. 

Contoh pengumuman sbmptn 2020

Satu hal yang harus Anda tahu adalah pengumuman kelulusan calon mahasiswa hanya ada di website resmi. Sehingga jangan sampai mengakses website yang lain dan belum tentu informasi yang didapatkan tepat. Itulah sebabnya harus mengakses website SBMPTN resmi dan tempat dimana Anda daftar dan mengikuti seleksi. 

2. Masukan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir

Kemudian Anda harus login dengan menggunakan nomor peserta dan juga tanggal lahir Anda. Nah, ini data yang penting sekali untuk login sebab untuk melihat pengumuman kelulusannya. Oleh sebab itu, Anda harus ingat dengan nomor peserta pada saat pendaftaran dan juga dengan tanggal lahir. Selain itu, harus masukkan kode captcha yang tersedia di bawah kolom tersebut. 

Jangan sampai lupa dengan nomor peserta untuk mengecek pengumuman online SBMPTN 2021 namun jika Anda lupa bisa melihat di email atau bertanya ke petugas yang terkait. Namun biasanya Anda bisa melihat nomor peserta di kartu peserta yang sudah didapatkan. Sehingga bisa mengeceknya kembali dan kemudian masukan nomor peserta yang tertulis di kartu peserta. 

3. Pilih Tombol “Lihat Hasil” 

Selain itu, isi data dengan baik seperti di atas lalu Anda pilih menu cari yang ada di bawah kolom. Nah, jika tidak berhasil karena captcha yang dimasukkan salah maka Anda harus mencoba ganti captcha. Namun jika belum berhasil juga sebaiknya hapus cookies dan kemudian ulangi seperti awal lagi dengan login dan sebagainya pasti berhasil. 

Memang terkadang tidak langsung berhasil untuk mengecek hasilnya dikarenakan banyak sekali peserta lainnya yang sedang mengecek. Oleh sebab itu, Anda harus sabar menunggu proses melihat pengumumannya. Kemungkinan besar akan loading lama sebab server sibuk dan jika ingin lebih cepat sebaiknya jangan cepat-cepat mengecek dan mengakses website resmi SBMPTN. 

4. Mengecek Hasilnya 

Setalah memilih menu cari kemudian akan langsung muncul informasi pengumuman online SBMPTN 2021 dengan 2 kemungkinan. Nah, jika Anda melihat tulisan dengan kata-kata selamat Anda lulus SBMPTN maka Anda dinyatakan lulus. Namun jika ada mendapatkan tulisan Maaf Anda tidak lulus SBMPTN maka Anda dinyatakan tidak lulus seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri. 

Nah, bagi Anda yang sudah dinyatakan lulus seleksi SBMPTN, maka perlu melakukan pendaftaran ulang. Biasanya di masing-masing perguruan tinggi yang didaftar dan juga tempat Anda diterima menjadi calon mahasiswa baru. Secara umum pendaftaran ulang harus membawa sejumlah berkas persyaratan, membayar biaya kuliah awal, mengikuti tes kesehatan dan yang lainnya sehingga harus dipersiapkan. 

Kemudian bagi Anda yang tidak lulus seleksi SBMPTN jangan menyerah dan tetap semangat sebab masih ada kesempatan yang lain untuk diterima di perguruan tinggi harapan Anda. Biasanya setelah adanya seleksi SBMPTN nantinya ada jalur mandiri PTN yang akan diselenggarakan di setiap perguruan tinggi. Oleh sebab itu, Anda dapat mendaftar kembali dan mengikuti seleksi masuk PTN yang Anda inginkan. 

Selain itu, pastikan untuk mengecek pengumumannya di website resmi SBMPTN dan juga memastikan tidak error. Sebab jika terjadi masalah dengan website resmi SBMPTN maka kemungkinan tidak dapat melihat atau mengecek sementara informasi pengumumannya. Nah, Anda harus menunggu beberapa saat untuk mengakses kembali ke dalam website resmi SBMPTN supaya bisa melihat hasilnya dan daftar ulang.  

Alur Pendaftaran Ulang Lulus Pengumuman Online SBPMTN 

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di pengumuman online SBMPTN 2021 maka harus mengikuti pendaftaran ulang dan alurnya di bawah ini :

1. Isi formulir pendaftaran 

Alur untuk pendaftaran online bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi SBMPTN adalah dengan mengisi formulir secara online melalui website resmi PTN penerima. Sehingga Anda harus mengakses website resmi PTN tempat Anda diterima berdasarkan dari pengumuman online yang sudah didapatkan tadi. 

2. Verifikasi UKT 

Setelah itu perlu mengikuti verifikasi UKT yang sesuai dengan jadwal dan juga membawa perlengkapan berkas-berkas persyaratan. Oleh sebab itu, harus menyiapkan berkas persyaratan dan harus mencari informasinya di website resmi PTN penerima. 

3. Wawancara 

Kemudian bagi Anda yang lulus seleksi dengan program beasiswa bidikmisi perlu mengikuti wawancara. Nantinya Anda akan diberikan jadwal untuk melakukan wawancara sehingga harus dipersiapkan dengan baik. 

4. Pembayaran UKT 

Selanjutnya adalah pembayaran UKT melalui bank yang umumnya sudah bekerja sama dengan PTN. Kemudian setelah berhasil membayar UKT bisa mencetak bukti registrasi di website resmi PTN penerima. Setelah itu, melakukan penyerahan bukti registrasi ke gedung registrasi kampus Anda masing-masing. 

5. Pemeriksaan kesehatan 

Nah, terakhir adalah melakukan pemeriksaan kesehatan pada saat daftar ulang di kampus tersebut. 

Nah, jadi itulah dia informasi dari cara melihat pengumuman online SBMPTN 2021 dan juga alur daftar ulang ke PTN jika Anda sudah dinyatakan lulus seleksi SBMPTN. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close