Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022 (pengumuman sbmptn ltmpt.ac.id)

Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022 (pengumuman sbmptn ltmpt.ac.id) – Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021 adalah salah satu informasi yang paling dicari di tahun 2021 ini. SBMPTN adalah sebuah tes yang harus dijalankan oleh lulusan SMA dan sederajat untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN bersifat nasional, sehingga diikuti oleh lulusan SMA dan sederajat di seluruh Indonesia.

SBMPTN dilakukan dengan memberikan ujian tulis kepada para pendaftar. Khusus untuk pendaftar yang memilih jurusan di olahraga dan seni, maka dia wajib mengikuti ujian keterampilan. Ujian tambahan ini memang sengaja dilakukan untuk mengetahui keterampilan dari pendaftar di bidang olahraga dan seni.

Apakah Terjadi Perubahan Pada SBMPTN?

SBMPTN mulai mengalami perubahan di tahun 2019. Dengan perubahan yang terjadi, para pendaftar SBMPTN harus mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) terlebih dahulu sebelum mendaftar SBMPTN. Nilai yang didapatkan dari UTBK nantinya akan digunakan untuk melengkapi persyaratan pendaftaran SBMPTN. 

Hal ini cukup berbeda di tahun-tahun sebelumnya dimana nilai dari ujian nasional tidak digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Perubahan ini dianggap akan memberikan dampak yang lebih baik bagi pendidikan di Indonesia.

Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021 tidak akan langsung keluar setelah tes tulis dan tes keterampilan selesai dilaksanakan. Para peserta diharuskan menunggu sampai tanggal yang ditentukan oleh pihak penyelenggara SBMPTN.

Maka dari itu, sembari menunggu hasil dari SBMPTN para pendaftar disarankan untuk membaca informasi penting lain seputar seleksi masuk PTN. Setelah SBMPTN masih ada jalur seleksi PTN lain yaitu seleksi mandiri. Seleksi mandiri biasanya diadakan oleh setiap PTN yang ada di Indonesia. Seleksi mandiri hanya untuk masuk satu universitas saja.

Hal tersebut tentu berbeda dengan SBMPTN, dimana para pendaftar bisa memilih lebih dari 1 universitas yang nantinya akan dijadikan tempat untuk kuliah. Hal ini sangat wajar mengingat penyelenggara seleksi mandiri adalah pihak kampus bukan pihak dari pemerintahan.

Selain informasi mengenai seleksi PTN, dirimu juga harus mencari informasi mengenai tata cara daftar ulang mahasiswa baru. Apabila dirimu lolos SBMPTN, maka dirimu diwajibkan melakukan daftar ulang di universitas yang menerima dirimu. Maka dari itu, supaya prosesnya berjalan lancar dirimu harus benar-benar memahami alur daftar ulang.

5 Poin Penting Dalam Seleksi PTN

Ada 5 poin penting dalam seleksi PTN yang bisa berpengaruh terhadap kemungkinan diterimanya seorang murid sebagai mahasiswa baru :

1. Universitas yang Dipilih

Yang pertama adalah universitas yang dipilih. Universitas favorit pastinya akan diminati oleh banyak orang ketika SBMPTN. Tak hanya itu, semakin bagus suatu universitas semakin tinggi pula nilai yang dibutuhkan untuk lolos. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021 bisa saja dipengaruhi oleh universitas yang dipilih oleh pendaftar.

2. Jurusan yang Dipilih

Yang kedua adalah jurusan yang dipilih. Ada beberapa jurusan favorit yang selalu diminati oleh banyak orang setiap tahun seperti teknik informatika, kedokteran umum, kedokteran gigi, akuntansi, manajemen, dan lain sebagainya. Pendaftar SBMPTN yang memilih jurusan favorit pastinya akan memiliki saingan yang lebih banyak sehingga peluang lolosnya juga semakin menurun. 

3. Daya Tampung dari Jurusan

Yang ketiga adalah daya tampung dari jurusan. Setiap universitas memiliki daya tampung yang berbeda-beda untuk setiap jurusan yang ada. Daya tampung berpengaruh terhadap peluang lolos pendaftar SBMPTN. Semakin tinggi daya tampung suatu jurusan, semakin tinggi pula kemungkinan pendaftar diterima sebagai mahasiswa baru pada jurusan tersebut.

4. Hasil UTBK

Yang keempat adalah hasil UTBK. Setelah murid SMA dan sederajat melaksanakan UTBK, pastinya murid akan mendapatkan nilai. Nilai ini ternyata bisa berpengaruh pada pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021. Semakin bagus hasil UTBK yang diraih oleh pendaftar, semakin bagus pula peluangnya untuk lolos ke PTN.

5. Persentase Keketatan

Yang kelima adalah persentase keketatan. Persentase keketatan menunjukkan tingkat persaingan untuk bisa masuk ke dalam suatu jurusan. Jika tingkat persaingan tinggi, maka peluang untuk lolos akan semakin rendah. Penting bagi pendaftar untuk memeriksa lebih lanjut persentase keketatan sebuah jurusan sebelum mendaftar di SBMPTN.

Penting bagi pendaftar SBMPTN untuk memahami kelima poin tersebut. Dengan memahami kelima poin tersebut seharusnya peluang murid untuk diterima sebagai mahasiswa baru akan semakin meningkat. Hal lain yang harus benar-benar diusahakan adalah belajar. Belajar dengan giat akan membuat nilai UTBK murid menjadi bagus sehingga kemungkinan lolos ke PTN semakin tinggi.

Setelah mengetahui informasi penting seputar pendaftaran SBMPTN, selanjutnya dirimu harus tahu tata cara untuk melihat pengumuman SBMPTN. Pengumuman SBMPTN bisa dilihat secara online menggunakan komputer atau HP. Dengan begitu, dirimu bisa melihat pengumuman SBMPTN dari rumah. 

Ketika pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021 sudah dirilis secara resmi, maka dirimu bisa langsung melihatnya. Ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para pendaftar SBMPTN karena masa depan mereka bergantung dengan pengumuman ini. Pengumuman SBMPTN akan menentukan apakah seorang murid lolos menjadi mahasiswa baru atau tidak.

Karena pengumuman SBMPTN dirilis secara online, maka nantinya para pendaftar SBMPTN bisa melihat langsung di website resmi yang dikelola oleh penyelenggara SBMPTN. Selain itu, ada juga beberapa website miliki PTN yang bisa diakses untuk melihat pengumuman SBMPTN tahun 2021. Hal ini untuk mengatasi traffic yang tinggi karena jumlah pendaftar SBMPTN sangat banyak.

Perlu dirimu ketahui bahwa jumlah traffic yang terlalu tinggi bisa menyebabkan server menjadi down. Dalam kondisi tersebut nantinya situs akan sulit untuk diakses atau bahkan mengalami error. Maka dari itu, dengan beberapa situs tambahan diharapkan nantinya akses untuk melihat pengumuman SBMPTN tahun 2021 tetap lancar.

Hasil SBMPTN antara satu situs dengan situs lainya pastinya tetap sama. Situs-situs yang ditunjuk sebagai tempat untuk pengumuman SBMPTN 2021 sudah terintegrasi sehingga tidak akan terjadi kesalahan mengenai hasil SBMPTN 2021. Namun, perlu dirimu ketahui bahwa pihak penyelenggara SBMPTN mengatakan bahwa informasi yang paling valid berasal dari website resmi SBMPTN.

Cara Cek Pengumuman SBMPTN 2021

Berikut ini adalah tata cara untuk mengecek pengumuman hasil SBMPTN tahun 2021 :

1. Kunjungi Situs Resmi dari Pengumuman SBMPTN

Situs resmi dari pengumuman SBMPTN adalah pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Tampilan dari situs ini tidak jauh beda dengan tampilan situs pengumuman SBMPTN di tahun sebelumnya.

2. Isi Kolom Pada Situs

Setelah dirimu berhasil mengakses situs tersebut, selanjutnya dirimu diwajibkan untuk mengisi beberapa kolom yang disediakan oleh situs. yaitu nomor peserta UTBK-SBMPTN dan tanggal lahir.

3. Klik Tombol “Lihat Hasil

Setelah dirimu mengisi kolom-kolom tersebut, selanjutnya dirimu hanya perlu klik tombol “cari” untuk melakukan pencarian secara otomatis. Tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan yang menyatakan dirimu tidak lulus SBMPTN atau dirimu lulus di salah satu universitas pilihanmu.

Itulah beberapa informasi penting mengenai pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021. Untuk dirimu yang masih belum mengetahui informasi seputar SBMPTN, sebaiknya dirimu segera mengumpulkannya. Dengan begitu nantinya dirimu tidak akan kebingungan ketika pengumuman SBMPTN telah tiba.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close