Pengumuman Hasil SBMPTN Unsri 2021, Universitas Sriwijaya

Pengumuman hasil SBMPTN Unsri 2021 dapat dilihat melalui tautan yang tersedia secara resmi. Para peserta yang telah mengikuti ujian SMBPTN dapat mengetahui hasil dengan melihat pengumuman yang tertera. Setelah itu dapat melakukan tahapan pendaftaran selanjutnya untuk menjadi mahasiswa di Universitas Sriwijaya tahun ajaran 2021/2022.

Pendaftaran Terbuka SBMPTN Universitas Sriwijaya 2021

Calon mahasiswa yang telah lulus SMA pada tahun 2021 dapat mengikuti ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Sriwijaya. Adapun jalur seleksi yang dapat diikuti adalah jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN.

SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan melalui jalur khusus. Jalur penerimaan melalui SNMPTN dengan melihat potensi akademik dan hasil rapor selama SMA para calon mahasiswa baru, apabila memiliki akumulasi nilai yang sesuai dengan ketentuan maka dapat dinyatakan lolos dalam seleksi SNMPTN.

Sedangkan SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan oleh Panitia Khusus. Panitia Pelaksana umumnya dibentuk oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang bertugas mengawasi proses penerimaan mahasiswa baru di berbagai Perguruan Tinggi Negeri. Pengumuman hasil SBMPTN Unsri 2021 akan ditampilkan secara serentak setelah ujian terlaksana.

Ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN telah dibuka untuk tahun 2021, sehingga Anda perlu melakukan pendaftaran secepatnya. Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan dengan melengkapi persyaratan dan melakukan pendaftaran secara online pada laman resmi yang dibentuk oleh Panitia UTBK.

Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Universitas Sriwijaya 2021

Universitas Sriwijaya merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Sumatra Selatan, biasa disebut sebagai Unsri. Universitas Sriwijaya memiliki 10 fakultas dengan lebih dari 69 jurusan untuk program studi diploma dan sarjana. Universitas Sriwijaya telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Bagi calon mahasiswa Unsri yang tidak lolos melalui jalur SNMPTN dapat mengikuti ujian SBMPTN yang akan diselenggarakan. Ujian SBMPTN untuk menjadi mahasiswa Unsri dapat dilakukan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, dan dapat melakukan pendaftaran secara online. Peserta juga dapat melihat pengumuman hasil SBMPTN Unsri 2021 melalui sistem online.

Daya tampung SBMPTN untuk Universitas Sriwijaya tahun 2021 cukup banyak sehingga peluang keberhasilan Anda cukup tinggi. Meski demikian peminat jalur SBMPTN juga masih tinggi, tingkat keketatan rata-rata mencapai 1:20. Ujian SBMPTN dapat diikuti oleh calon mahasiswa baik dari pulau Sumatra maupun dari luar pulau Sumatra. 

Cara melakukan pendaftaran SBMPTN Unsri 2021

Para siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi seperti Universitas Sriwijaya maka perlu mengikuti SBMPTN. Sebelum mendaftar maka peserta atau calon mahasiswa perlu mengikuti sebuah tes yang dikenal sebagai UTBK. Jika hasil UTBK telah keluar, maka peserta dapat melakukan pendaftaran SMBPTN di Universitas Sriwijaya tahun 2021.

Ada dua tipe pada laur pendaftaran SBMPTN yaitu tipe A dan tipe B, hal tersebut untuk mengelompokkan para calon mahasiswa pada saat pendaftaran. Anda perlu memahami dengan baik kedua tipe pendaftaran sebelum melakukan proses registrasi untuk ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru. Namun pengumuman hasil SBMPTN Unsri 2021 untuk kedua tipe dilakukan secara serentak.

1. Alur Pendaftaran SBMPTN Tipe A

Pendaftaran untuk jalur SBMPTN tipe A merupakan pendaftaran yang dipungut biaya atau berbayar. Pendaftaran tipe A dikhususkan untuk para pelajar yang mendaftar melalui jalur reguler dan memilih kuliah dengan skema KIP, sehingga diwajibkan untuk membayar ketika mengikuti tes UTBK. Berikut ini tahapan-tahapan pendaftaran SBMPTN Tipe A

  1. Calon peserta telah memiliki akun LTMPT siswa, registrasi untuk pembuatan akun LTMPT dapat dilakukan melalui laman resmi dari LTMPT. Hal tersebut agar data-data siswa dapat tersimpan secara permanen ketika melakukan pendaftaran.
  2. Lakukan login dengan menggunakan email dan password untuk masuk ke dalam akun LTMPT siswa.
  3. Siswa akan masuk ke halaman utama yang berisi berbagai menu, pilihlah menu untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN tipe A. 
  4. Peserta harus memilih pusat UTBK yang sesuai atau dekat dengan domisili, pusat UTBK adalah tempat untuk diadakan ujian SBMPTN. Jika memilih pusat UTBK yang terdekat maka akses menuju lokasi menjadi lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu.
  5. Mengisi data diri secara lengkap dan benar.
  6. Bagi siswa yang ingin memilih skema KIP untuk kuliah maka perlu mengisi nomor Pendaftaran KIP Kuliah.
  7. Lakukan pencetakan pada slip pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya tes SBMPTN.
  8. Lakukan pembayaran melalui bank terdaftar seperti BNI, BRI, BTN, dan Mandiri. Jika Anda telah mencetak slip pembayaran, maka sebaiknya lakukan pembayaran dalam kurun waktu paling lama 2×24 jam. Anda dapat melihat petunjuk dan cara melakukan pembayaran melalui laman resmi, atau meminta bantuan customer service di bank.
  9. Setelah pembayaran telah berhasil, maka login kembali ke dalam akun LTMPT Anda untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  10. Isilah jenis jurusan yang akan Anda ambil saat mengikuti ujian, yaitu Saintek atau Soshum.
  11. Pilihlah program studi yang Anda minati, Anda hanya dapat memilih 2 program studi baik dari satu perguruan tinggi maupun dari berbeda perguruan tinggi negeri.
  12. Lakukan proses unggah portofolio jika program studi yang Anda pilih mewajibkan untuk mengunggah portofolio.
  13. Periksa kembali data diri dan biodata Anda kemudian lakukan konfirmasi agar dapat disimpan secara permanen di dalam sistem.
  14. Cetaklah kartu tanda peserta sebagai bukti bahwa Anda telah menjadi peserta untuk mengikuti SBMPTN Universitas Sriwijaya 2021. Pengumuman hasil SBMPTN Unsri 2021 akan diberikan setelah tes dilakukan paling lama 2 hingga 3 minggu.

Baca juga :

  1. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  2. Pengumuman Online SBMPTN 2021/2022
  3. Daftar Laman Mirror Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  4. Pengumuman Hasil SBMPTN Unsyiah 2021 Universitas Syiah Kuala
  5. Pengumuman Hasil SBMPTN Unila 2021, Ada Nama dirimu ?

2. Alur pendaftaran SBMPTN Universitas Sriwijaya Tipe B

Alur pendaftaran tipe B diperuntukkan bagi siswa yang atau pendaftar yang tidak berbayar. Peserta yang mengikuti pendaftaran oleh Kemendikbud tidak akan dipungut biaya ketika melakukan tes UTBK. Berikut tahapan dalam proses pendaftaran SBMPTN tipe B:

  1. Calon peserta telah memiliki akun LTMPT yang terdaftar bagi siswa, lakukan login agar dapat mengakses menu yang terdapat dalam akun tersebut.
  2. Login menggunakan ID atau email dengan password yang benar
  3. Pilihlah pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk tipe B yang tersedia pada salah satu pilihan menu. 
  4. Peserta wajib memilih lokasi pusat UTBK sebagai tempat pelaksanaan ujian atau tes.
  5. Jika peserta memiliki kebutuhan khusus sebaiknya lakukan pengisian data yang diperlukan.
  6. Peserta tidak perlu melakukan pembayaran melalui bank karena pendaftaran tipe B tidak dikenakan biaya.
  7. Mengisi jenis jurusan untuk SMTA
  8. Peserta memilih program studi dengan jumlah paling banyak yaitu dua program studi dari satu PTN maupun berbeda PTN.
  9. Melakukan pengecekan terhadap data kemudian melakukan konfirmasi, sistem akan otomatis menyimpan data secara permanen.
  10. Melakukan pencetakan pada kartu ujian atau kartu tanda peserta untuk digunakan sebagai bukti dalam mengikuti ujian SBMPTN. Pengumuman hasil SBMPTN Unsri 2021 dapat diakses melalui akun LTMPT Anda.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close