Pengumuman Hasil SBMPTN Unsrat 2021 (Universitas Sam Ratulangi)

Di kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Pengumuman Hasil SBMPTN Unsrat 2021, Universitas Sam Ratulangi. Tetapi sebelum membahas hal tersebut, admin akan kita bahas tentang informasi mengenai UNSRAT atau Universitas Sam Ratulangi. 

Universitas Sam Ratulangi atau UNSRAT sendiri merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang letaknya berada di salah satu kota besar di Indonesia, tepatnya di Kota Manado, Sulawesi Utara. Moto dari UNSRAT adalah “ Sitou Timoi Tomou Tou”, dimana yang artinya sendiri sangat mendalam yaitu “Manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia”.

UNSRAT sendiri memiliki beberapa Fakultas dan juga Program Studi yang beragam, mulai dari jenjang Diploma, Sarjana, Magister, hingga Doktor. Berikut admin akan bahas secara lengkap informasinya.

Program Diploma dan Sarjana di UNSRAT

Di UNSRAT sendiri ada beberapa pilihan fakultas unggulan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa yang mendaftar. Tentunya setiap Fakultas punya jurusan serta prodi yang berbeda dan juga menjadi unggulan.

Berikut ini informasi lengkap seputar Fakultas dan juga Jurusan di UNSNRAT :

Fakultas Kedokteran

  1. Jurusan pada Fakultas Kedokteran Umum
  2. Jurusan pada Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)

Fakultas Teknik

  1. Jurusan Teknik Mesin
  2. Jurusan Teknik Elektro
  3. Jurusan Teknik Arsitektur
  4. Jurusan Teknik Sipil

Fakultas Pertanian

  1. Jurusan Budaya Pertanian
  2. Jurusan Tanah
  3. Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan
  4. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
  5. Jurusan Teknologi Pertanian

Fakultas Peternakan

  1. Jurusan Peternakan Produksi

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

  1. Jurusan Manajemen Suberdaya Perairan
  2. Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan

Fakultas Ekonomi

  1. Jurusan Ilmu Ekonomi
  2. Jurusan Manajemen Ekonomi
  3. Jurusan Akuntansi
  4. Jurusan International Business Administration
  5. Jurusan Keuangan Perbankan
  6. Jurusan Manajemen Koperasi
  7. Jurusan Manajemen Pariwisata

Fakultas Hukum

  1. Jurusan Ilmu Hukum

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  1. Jurusan Sosiologi
  2. Jurusan Ilmu Komunikasi
  3. Jurusan Ilmu Administrasi
  4. Jurusan Ilmu Pemerintahan
  5. Jurusan Antropologi

Fakultas Sastra

  1. Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Jerman, Sastra Sejarah
  2. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Farmasi, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika

Program Magister UNSRAT

  1. Pengelolaan Sumber Daya Pembangunan
  2. Linguistik
  3. Ilmu Perancangan Bangunan Wilayah
  4. Ilmu Pangan
  5. Ilmu Perairan
  6. Entomolog
  7. Agronomi
  8. Ilmu Hukum
  9. Ilmu Kesehatan Masyarakat
  10. Teknik Sipil
  11. Magister Arsitektur

Program Doktor UNSRAT

  1. Entomologi
  2. Linguistik
  3. Ilmu Hukum
  4. Ilmu Kelautan

Setiap fakultas tentu punya kualitas baik dan juga keunggulannya masing-masing. Calon pendaftar bisa menjadi mahasiswa UNSRAT dengan banyak jalur. Salah satu jalur pilihan adalah SBMPTN, dimana Pengumuman Hasil SBMPTN Unsrat 2021 dan tentu cara pendaftarannya akan kita bahas bersama.

Jalur Pendaftaran UNSRAT 2021

Pada tahun 2021 ini Universitas Sam Ratulangi atau UNSRAT sudah membuka jalur seleksi untuk penerimaan mahasiswa baru untuk program Diploma, Sarjana, Spesialis, Magister, dan juga Doktor. Secara garis besar penerimaan UNSRAT terdiri dari 2 bagian, yaitu jalur reguler dan juga non reguler.

Oleh karena itu sebelum mengetahui Pengumuman Hasil SBMPTN Unsrat 2021, ada baiknya untuk memahami kedua jalur pendaftaran tersebut bagi anda calon mahasiswa yang mendaftar di UNSRAT.

Pada penerimaan reguler sendiri dikhususkan untuk program diploma dan juga program sarjana yang terdiri dari beberapa jalur yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN , Simikolah, Tumou Tou (T2), dan juga Kemitraan serta Bidikmisi ( telah diganti menjadi KIP Kuliah).

Sedangkan pada jalur non reguler dikhususkan untuk program Magister dan juga Doktor yang jalurnya dilaksanakan melalui jalur mandiri. Oleh karena ini pada kesempatan kali ini akan kita bahas secara rinci bagaimana jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Dari banyak jalur penerimaan mahasiswa baru ini, tentunya anda semua punya kesempatan yang besar untuk dapat diterima menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi. Namun tentunya untuk bisa resmi menjadi mahasiswa UNSRAT, harus melewati serangkaian proses seleksi terlebih dahulu.

Oleh karena itu admin kali ini akan memberikan informasi lebih  lanjut mengenai proses seleksi yang ada pada setiap jalur pendaftarannya. Admin akan membahas beberapa jalur pendaftaran UNSRAT pada jalur reguler, yaitu melalui Jalur SNMPTN dan juga SBMPTN.

Pendaftaran Jalur SNMPTN UNSRAT Tahun 2021

Pertama kita akan membahas jalur reguler pendaftaran UNSRAT yaitu melalui jalur SNMPTN. Jalur seleksi ini adalah jalur nasional khusus diperuntukkan untuk para siswa yang memiliki prestasi akademik. Setiap siswa yang ingin menempuh jalur ini harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu.

Jalur ini bisa anda ikuti sebelum mendaftar melalui jalur SBMPTN serta Pengumuman Hasil SBMPTN Unsrat 2021, karena SNMPTN lebih dulu di selenggarakan ketimbang jalur SBMPTN. Jadi tentunya kesempatan bisa lebih banyak dengan jalur pendaftaran lain yang bisa di tempuh.

Pada tahap SNMPTN dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, antara lain yaitu :

  1. Registrasi Akun pada laman LTMPT.
  2. Pengisian Data PDSS
  3. Proses Pemeringkatan
  4. Pendaftaran SNMPTN

Untuk informasi yang lengkap dan akurat mulai dari tata cara pendaftaran, syarat pendaftaran, jadwal, tahap seleksi, dan informasi penting lainnya bisa anda mengakses laman resmi dari LTMPT.

Pendaftaran Jalur SBMPTN UNSRAT Tahun 2021

Setelah jalur SNMPTN, ada jalur reguler lainnya yang bisa anda tempuh untuk bisa mendaftar di UNSRAT yaitu dengan jalur SBMPTN ini. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan secara nasional serta melakukan seleksi mahasiswa baru dengan dasar hasil dari UTBK.

Karena jalur SBMPTN ini dilakukan serentak  di tanggal 15 Maret 2021 hingga 1 April 2021, tentu Pengumuman Hasil SBMPTN Unsrat 2021 sudah bisa didapatkan pada laman resmi LTMPT. Adapun seleksi yang akan dilaksanakan secara 2 gelombang.

Gelombang I akan diselenggarakan pada tanggal  12 hingga 18 April 2021, dan pada Gelombang II akan diselenggarakan pada tanggal 26 April dan berakhir tanggal 2 Mei 2021.

Adapun beberapa alur yang perlu diikuti oleh seluruh pendaftar SBMPTN khususnya para calon mahasiswa baru UNSRAT, antara lain :

  1. Pendaftar bisa harus login terlebih dahulu pada laman resmi milik LTMPT dan mendaftar UTBK-SBMPTN 2021.  Isi lengkap biodata pendaftar pada laman tersebut setelah login.
  2. Para calon pendaftar dapat memilih PTN, bagi pendaftar UNSRAT bisa memilih 2 prodi pada satu PTN yaitu UNSRAT. Namun untuk pendaftar lain, bisa memilih 2 prodi di satu PTN atau 1 prodi di 2 PTN berbeda.
  3. Mengunggah  portofolio mereka, dimana sebagai syarat untuk melengkapi pendaftaran. Untuk pendaftar yang memiliki KIP, bisa memasukkan nomor KIP. Sedangkan pendaftar non KIP, wajib menyelesaikan administrasi biaya pendaftaran melalui 4 bank yang sudah menjadi mitra LTMPT, yaitu bank BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri.
  4. Setelah rangkaian pendaftaran dan biaya pendaftaran sudah dilunasi, maka pendaftar bisa mendapatkan nomor pendaftaran serta Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPT Tahun 2021. Kartu yang sudah didapat tersebut wajib di cetak, karena sudah jadi salah satu syarat kelengkapan UTBK-SBMPTN.

Baca juga :

  1. Pengumuman Hasil Tes UTBK SBMPTN 2021/2022
  2. Pengumuman Online SBMPTN 2021/2022
  3. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022
  4. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  5. LTMPT [pengumuman-sbmptn-ltmpt.ac.id] Pengumuman SBMPTN 2021/2022

Apabila semua alur sudah dilaksanakan dengan benar, maka tinggal tunggu Pengumuman Hasil SBMPTN Unsrat 2021 dan melihat hasilnya apakah lulus dan maju ke tahap seleksi atau tidak. Ada 2 tahapan seleksi yang perlu diikuti calon mahasiswa UNSRAT jalur SBMPTN, yaitu seleksi Tes Skolastik ( TPS dan Tes Kompetensi Akademik (TPK).


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close