Pengumuman Hasil SBMPTN Unila 2021, Ada Nama dirimu ?

Pengumuman Hasil SBMPTN Unila 2021 – Saat ini Indonesia sudah banyak memiliki universitas negeri yang terkenal bagus dan berkualitas. Maka dari itu seleksi masuk untuk PTN masih saja memiliki banyak peminat dan hal tersebut bisa dilihat dari semakin banyaknya jumlah calon mahasiswa yang mengikuti SBMPTN.

Sehingga tidak mengherankan jika saat-saat seperti pengumuman hasil SBMPTN Unila 2021 maupun universitas negeri lainnya menjadi saat-saat yang paling mendebarkan. Jadi pengumuman tersebut bisa memberikan informasi bahwa kalian bisa masuk ke universitas yang diinginkan ataupun tidak.

Tentunya semua peserta menginginkan hasil yang baik ketika membuka pengumuman tersebut, namun sayangnya tidak semua orang bisa merasakan hal tersebut. Banyak faktor yang bisa mempengaruhinya entah itu karena kesalahan pribadi ataupun eror pada saat pelaksanaan ujian.

Faktor Penyebab Kegagalan SBMPTN

Sebenarnya faktor penyebab kegagalan dari dalam diri sendiri bisa disebabkan karena banyak hal seperti kurang persiapan dalam mengikuti ujian atau bahkan karena kalian kurang teliti. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kegagalan tersebut, semakin awal kalian mengetahuinya maka akan semakin cepat melakukan pencegahan nantinya.

Menganggap Sepele SBMPTN

Hal yang menjadi penyebab kesalahan pertama yaitu menganggap SBMPTN bukan suatu hal yang penting. Bahkan kebanyakan peserta lebih mementingkan UN sehingga tidak belajar maksimal ketika mengikuti SBMPTN. Faktanya kedua hal tersebut sama pentingnya terutama jika memang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Untuk mengubah hal tersebut maka mindset kalian haruslah diubah. Bila dipikirkan baik-baik peluang untuk lulus UN itu sangatlah besar dibandingkan untuk lulus SBMPTN. Akan lebih bijak mulai saat ini jangan menganggap SBMPTN tidak penting dan mulai pelajari materinya. Semakin paham materinya maka peluang lulus pengumuman hasil SBMPTN Unila 2021 akan semakin besar pula.

Hanya Fokus Pada Satu Sistem Seleksi

Penyebab lainnya yaitu kalian hanya terfokus pada satu jalur masuk saja. Memang optimis itu perlu namun memiliki rencana cadangan juga tidak kalah pentingnya. Sebelum SBMPTN ada jalur seleksi lainnya yaitu SNMPTN. Kebanyakan peserta yang mengikuti seleksi SNMPTN hanya akan terfokus pada itu saja.

Hasilnya jika tidak lolos maka waktu yang digunakan untuk menunggu pengumuman akan terbuang sia-sia. Padahal jika kalian tidak hanya mengandalkan satu jalur saja, waktu yang ada untuk menunggu tadi bisa lebih dimanfaatkan untuk belajar materi SBMPTN yang terbilang cukup sulit.

Keketatan Jurusan

Banyak dari kalian ketika memilih jurusan asal saja dalam melakukannya. Memang hal tersebut tidaklah salah namun ada baiknya jika hal-hal seperti keketatan jurusan harus kalian perhatikan. Ini merupakan hal sederhana yang harus dipahami yaitu untuk mendapatkan satu kursi di jurusan ada banyak pesaingnya.

Mengabaikan Syarat Khusus

Jika kalian benar-benar ingin lolos maka bisa memperhatikan hal tersebut dan memilih jurusan dengan keketatan yang lebih longgar. Jangan lupa juga perhatikan mengenai masalah persyaratan khusus, jangan sampai kalian tidak teliti sehingga gagal masuk ke jurusan yang diinginkan.

Faktor tersebut sangat penting untuk diperhatikan terutama untuk kalian yang kurang teliti. Nilai yang sangat bagus sekalipun namun jika persyaratan tadi tidak bisa terpenuhi maka jangan harap ketika pengumuman hasil SBMPTN Unila 2021 kalian bisa lolos.

Kurang Tepat Memilih Jurusan

Terkadang ketika memilih jurusan banyak dari kalian yang masih mementingkan gengsi. Seperti diketahui bersama terkadang ada beberapa jurusan yang memang sangat populer dan banyak orang tertarik untuk masuk kesana padahal belum tentu jurusan tersebut sesuai kemampuan.

Akan lebih baik disini kalian pilih jurusan yang memang benar-benar cocok. Segala sesuatu jika cocok dengan kalian maka akan menjalankannya dengan lebih mudah. Banyak kasus mahasiswa berhenti di tengah jalan salah satunya karena merasa jurusan yang diambil tidak cocok.

Jadi lebih baik pilih jurusan yang memang realistis sesuai dengan kemampuan pengetahuan kalian saja. Asalkan maksimal dalam menjalankannya, jurusan apapun yang diambil akan dapat membawa kesuksesan tentunya. 

Cemas Berlebihan

Anak muda zaman sekarang memang kreatif namun juga sangat senang untuk overthinking hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Memang ketika mengikuti SBMPTN bisa dikatakan sebuah penentuan untuk bisa masuk ke jurusan impian. Namun terlalu overthinking terhadap SBMPTN akan membuat kalian menjadi gelisah.

Dampak terburuk dari rasa gelisah ini yaitu kalian akan gagal dalam mengikuti ujian tersebut. Maka dari itu selain belajar materi SBMPTN, kalian juga harus belajar mengendalikan diri agar tidak gelisah berlebihan. Jangan sampai hal tersebut menjadi sebuah kegagalan untuk mendapatkan pengumuman hasil SBMPTN Unila 2021 dengan status lulus.

Kurang Latihan Soal

Pernah dengar pepatah bahwa latihan bisa membuat segala hal menjadi sempurna maka hal ini berlaku juga bagi kalian yang sedang mengikuti SBMPTN. Jika kalian hanya belajar tanpa pernah berlatih mengerjakan soal maka kalian tetap saja akan merasa kesulitan.

Maka dari itu pencegah kegagalan selanjutnya yaitu rajin mengikuti try out. Untuk mencari informasi seputar try out bukan hal yang sulit terlebih lagi di era internet seperti saat ini. Banyak lembaga yang menyediakan try out SBMPTN secara gratis dan bisa kalian ikuti.

Jadi itulah hal-hal yang menjadi penyebab kegagalan kalian ketika mengikuti seleksi masuk perguruan yang satu ini. Jangan abaikan informasi diatas agar nantinya ketika mencari hasil SBMPTN nama kalian bisa tercantum di dalamnya dan itu akan sangat membahagiakan.

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN

Bagi kalian yang sudah mendaftar SBMPTN namun tidak paham mengenai cara melihat pengumuman hasil SBMPTN Unila 2021 tersebut maka ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Hal pertama yaitu kalian bisa mengecek pengumumannya tidak hanya pada satu laman saja.

Untuk memudahkan pengakses laman tersebut tersedia beberapa laman mirror yang jumlahnya cukup banyak lebih dari 10. Jika kalian sudah masuk pada salah satu lamannya jangan lupa untuk memasukkan nomor peserta. Mengingat pentingnya nomor tersebut usahakan untuk selalu mengingatnya.

Selain nomor peserta kalian juga harus memasukkan tanggal lahir dan klik saja opsi selanjutnya dan tunggu beberapa saat. Setelah menunggu maka laman tersebut akan memuat hasil atau status kelulusan, jika berhasil lulus maka kalian lihat informasi selanjutnya agar lebih jelas untuk proses lainnya.

Untuk melakukan pengecekan pastikan untuk mengetahui tanggal pastinya. Informasi yang kalian cari tidak akan ditemukan jika kalian mengakses laman tidak sesuai dengan tanggal pengumuman yang telah ditentukan.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengumuman hasil SBMPTN Unila 2021 kalian harus sering-sering berkunjung ke laman resminya. Jangan sampai kalian ketinggalan informasi mengenai hal tersebut.

Jika kalian ketinggalan informasi bisa jadi beragam informasi penting yang berkaitan dengan proses selanjutnya jika kalian dinyatakan lulus akan sia-sia. Hal ini termasuk sepele namun banyak peserta yang tidak memperhatikannya.

Informasi seperti pemantauan PTN dan sejenisnya merupakan hal yang wajib untuk dilakukan terlebih lagi jika memang dinyatakan lulus. Banyak proses selanjutnya yang harus dilakukan seperti verifikasi berkas dan juga daftar ulang.

Baca juga :

  1. Situs Alternatif Melihat Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  2. Daftar Laman Mirror Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  3. Pengumuman Online SBMPTN 2021/2022
  4. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022 (pengumuman sbmptn ltmpt.ac.id)
  5. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022

Kemudian untuk sertifikat UTBK biasanya bisa kalian unduh satu hari setelah proses pengumuman dilakukan. Jadi jangan abaikan itu dan bagi yang baru pertama mengikuti seleksi ini harus banyak mencari informasinya agar tidak ketinggalan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close