Pengumuman Hasil SBMPTN Undip 2021, Universitas Diponegoro

Peserta ujian atau calon mahasiswa yang mengikuti tes SBMPTN dapat melihat pengumuman hasil SBMPTN Undip 2021 di laman resmi. Peserta hanya perlu mengisi nomor peserta dan tanggal ujian ke dalam kolom yang disediakan pada laman resmi panitia pelaksana UTBK-SBMPTN. 

Tujuan diadakan SBMPTN Universitas Diponegoro 2021

SBMPTN diadakan untuk menyeleksi para calon mahasiswa dengan kemampuan akademis yang siap. Namun ada pula tujuan diadakannya SBMPTN Undip tahun 2021 yang perlu Anda ketahui sebagai berikut ini:

1. Menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK dan atau hasil UTBK beserta kriteria lain yang telah disepakati dan ditetapkan bersama oleh PTN. Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu untuk mengikuti studi di perguruan tinggi hingga selesai dengan baik dan tepat pada waktunya.

2. Memberikan kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk dapat memilih perguruan tinggi negeri lebih dari satu, baik di satu wilayah yang sama maupun di lintas wilayah.

3. Memperoleh calon mahasiswa dengan nilai akademik yang baik sehingga dapat mengembangkan kemampuan serta nilai akademik dari siswa tersebut. 

Seleksi SBMPTN dilaksanakan dengan memberikan soal-soal yang telah ditentukan oleh kemendikbud dan panitia pelaksana. Pengumuman hasil SBMPTN Undip 2021 akan diberikan kepada peserta melalui online secara serentak di seluruh penjuru Indonesia.

4 Tips Sukses Mengikuti Ujian SBMPTN Universitas Diponegoro 2021

Calon peserta SBMPTN sebaiknya mengetahui tips jitu agar dapat lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru. Jalur SBMPTN merupakan jalur penerimaan dengan menguji kemampuan akademis dari para peserta maupun calon mahasiswa baru yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi negeri namun tidak lolos dalam SNMPTN. Berikut tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Pahami Konsep saat Latihan Soal

Jika Anda ingin sukses dalam mengikuti ujian dan mendapatkan pengumuman hasil SBMPTN Undip 2021 yang memuaskan, maka Anda perlu memperbanyak latihan mengisi soal-soal. Tidak hanya mengisi, sebaiknya Anda juga memahami konsep pelajaran dengan baik. Pasalnya, soal-soal ujian UTBK memiliki pola yang tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun sehingga dapat dijadikan patokan untuk berlatih.

Ada tips yang perlu diketahui agar Anda mudah dalam mencermati materi ujian, yaitu mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah terlebih dahulu. Apabila soal mudah telah selesai maka Anda dapat berfokus pada soal-soal yang lebih rumit. Hal ini juga berlaku jika Anda akan mengerjakan ujian IPC bagi lintas jurusan di SBMPTN.

Anda dapat berlatih dengan soal-soal UTBK melalui hardcopy maupun soft copy, keduanya sama-sama berguna. Anda dapat menggunakan hard copy ketika sedang berada di ruang belajar, lalu dapat menggunakan soft copy yang disimpan pada perangkat handphone Anda untuk digunakan kapan saja dan dimana saja. 

2. Rajin Mengikuti Try Out dan Perhatikan Skor yang diperoleh

Jika Anda ingin melihat progress hasil belajar Anda, maka Anda dapat mengikuti try out. Try out dapat dilakukan secara offline maupun online, apalagi di situasi pandemi saat ini kebanyakan calon peserta SBMPTN akan mengikuti try out secara online. Jika memungkinkan, Anda dapat mengikuti semua jadwal try out untuk melihat perkembangan dari hasil belajar Anda selama ini.

Mengikuti try out akan menguji kemampuan kita dalam memahami materi soal-soal UTBK, sehingga kita dapat mengukur kemampuan kita. Jika hasil yang didapatkan kurang memuaskan, maka Anda dapat mempelajari kembali soal-soal yang Anda anggap paling sulit ketika mengikuti try out. Pengumuman hasil SBMPTN Undip 2021 yang memuaskan bisa Anda dapatkan dengan perbanyak latihan.

Biasanya soal-soal pada try out memiliki pola dan konsep yang sama dengan tes SBMPTN yang akan Anda lakukan. Jika skor atau hasil try out Anda telah mencapai atau melewati batas minimum kelulusan SBMPTN maka Anda telah berhasil dengan metode belajar yang Anda gunakan.

3. Mencari Informasi secara Detail tentang SBMPTN 2021

Tidak sedikit peserta yang gagal dalam mengikuti ujian SBMPTN dikarenakan data diri atau pendaftaran yang tidak benar. Sehingga penting sekali untuk mencari informasi secara lengkap dengan sebanyak-banyaknya mengenai SBMPTN yang akan diselenggarakan. Khususnya jika Anda hendak mengikuti SBMPTN Universitas Diponegoro.

Cermati pula pengisian pada pilihan kelompok untuk ujian IPC pada UTBK yang tersedia di tahun 2020. Namun sejak adanya pandemi, maka ujian IPC ditiadakan demi keselamatan bersama. Tentu saja hal tersebut berpengaruh terhadap UTBK yang akan diadakan karena tidak adanya mata uji TKA. Peserta hanya akan diuji dengan mata uji TPS saja. 

Kekurangan dokumen yang menjadi ketentuan wajib ketika mengikuti ujian SBMPTN juga dapat berpengaruh pada pengumuman hasil SBMPTN Undip 2021. Sebab jika dokumen penting Anda tidak lengkap maka tidak dapat memasuki ruang ujian sehingga Anda tidak bisa mendapatkan skor.

4. Pantau Peluang, Daya Tampung, dan Minat Pada Jurusan di PTN 

Sembari belajar untuk menyiapkan diri menghadapi ujian SBMPTN, Anda baiknya pula Anda memantau jurusan yang menjadi incaran Anda. Sebab daya tampung dan jumlah peminat dapat menjadi penentu kesuksesan Anda pada SBMPTN. 

Jika daya tampung pada jurusan di Universitas Diponegoro memiliki kapasitas yang sedikit sedangkan peminatnya sangat banyak, maka persaingan Anda untuk mendapatkan kursi di perguruan tinggi tersebut menjadi lebih sulit. Anda dapat memilih jurusan dengan daya tampung yang cukup banyak untuk meningkatkan peluang Anda lulus dalam ujian SBMPTN. 

Anda dapat melihat informasi seputar daya tampung jurusan pada laman resmi dari universitas Diponegoro. Biasanya laman resmi akan menampilkan informasi seputar pendaftaran, daya tampung, dan jumlah peminat secara lengkap. 

Jika Anda memiliki pesaing yang cukup banyak, Anda tidak perlu khawatir selama Anda mempersiapkan ujian dengan sebaik mungkin. Percayalah dengan kemampuan diri sendiri untuk mengisi setiap soal-soal tes SBMPTN dengan baik dan benar, maka hasil yang Anda dapatkan pun akan lebih memuaskan. 

SBMPTN Universitas Diponegoro Tahun 2021

Bagi Anda yang ingin mendapatkan salah satu kursi di Universitas Diponegoro maka Anda dapat mengikuti ujian SBMPTN. Tes ini dapat diikuti oleh siapa pun yang sesuai dengan ketentuan dalam syarat pendaftaran peserta SBMPTN. Jika Anda telah memenuhi kriteria dan melakukan pendaftaran secara benar, maka Anda dapat menjadi peserta ujian SBMPTN.

Pendaftaran peserta umumnya dikenakan biaya untuk mengikuti ujian, namun apabila Anda merupakan salah satu murid terpandai yang diikut sertakan oleh kemendikbud, maka Anda tidak perlu membayar biaya ujian. Anda cukup melakukan registrasi dan mengikuti ujian dengan baik, agar Anda dapat lolos dalam ujian SBMPTN.

Baca juga :

  1. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  2. Daftar Laman Mirror Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  3. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022 (pengumuman sbmptn ltmpt.ac.id)
  4. PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes 2021/2022
  5. LTMPT [pengumuman-sbmptn-ltmpt.ac.id] Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  6. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022

Pengumuman hasil SBMPTN Undip 2021 menjadi penentu apakah peserta lolos atau tidak dalam ujian penerimaan mahasiswa baru tersebut. Bagi peserta yang tidak berhasil lolos, maka dapat mengikuti ujian penerimaan melalui jalur mandiri secara langsung di Universitas Diponegoro.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close