Pengumuman Hasil SBMPTN UI 2021 (Universitas Indonesia)

Pada masa pandemi seperti sekarang ini tidak menyulutkan minat siswa yang sudah lulus SMA sederajat untuk menempuh pendidikan lebih lanjut di Perguruan Tinggi. Walaupun untuk proses seleksi berbeda dari biasanya, yaitu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, tetapi terbukti peminatnya pun tidak sedikit terutama pada universitas negeri favorit seperti Universitas Indonesia.

Jalur yang pertama kali dibuka adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang kemudian dilanjutkan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pengumuman Hasil SBMPTN UI 2021 nampaknya sedang banyak ditunggu-tunggu bagi adik-adik yang sudah melakukan tes. 

Untuk Universitas Indonesia pada tahun 2021 ini membuka kuota jalur SNMPTN sebanyak 20%, jalur SBMPTN sebanyak 30%, dan jalur SIMAK UI sebanyak 50%. Dimana untuk jalur SNMPTN sudah dikeluarkan yaitu sebanyak 1,094 orang berhasil lolos dari 16,474 peserta yang ikut seleksi.

Daftar Ulang Bagi Peserta Lolos Seleksi UI

Sambil menunggu pengumuman hasil SBMPTN UI 2021, alangkah baiknya jika menyimak bagaimana proses daftar ulang setelah berhasil diterima. Sehingga nantinya tidak terlalu tergesa-gesa karena belum mengetahui cara dan prosesnya.

  1. Mengunggah kartu tanda peserta dengan tahun akademik 2021/2022 dalam file pdf melalui link https://penerimaan.ui.ac.id.
  2. Setelah Anda mendapatkan NPM atau Nomor Pokok Mahasiswa maka bisa melanjutkan ke tahap Pra Registrasi untuk mengisi berbagai data yang dibutuhkan.
  3. Calon mahasiswa melakukan konfirmasi untuk permohonan mekanisme pemilihan kelas dalam hal pengajuan pembayaran, tahap pembayaran untuk biaya pendidikan sampai dengan tahap Registrasi Akademik.

Keterangan lebih lanjut bisa berubah-ubah sewaktu-waktu, sehingga calon mahasiswa yang sudah diterima wajib untuk selalu mengikuti website Universitas Indonesia. Hal ini agar Anda tidak ketinggalan informasi penting yang bisa menghambat atau bahkan menggugurkan status calon mahasiswa.

Dalam melakukan registrasi atau daftar ulang, Anda pun harus selalu memperhatikan tanggal dimulainya registrasi hingga tanggal penutupan yang merupakan hal mutlak yang sangat penting. Jika dalam waktu yang ditentukan calon mahasiswa tidak melakukan proses registrasi atau daftar ulang maka dapat dianggap mengundurkan diri dan tidak bisa melanjutkan untuk proses lebih lanjut sebagai mahasiswa.

Jurusan Saintek Favorit Universitas Indonesia

Anda mungkin sedang penasaran dan gelisah menunggu pengumuman hasil SBMPTN UI 2021. Terlebih jika Anda mendaftar pada jurusan favorit yang tentu saja peminatnya lebih banyak dan menambah kuota saingan Anda untuk dapat diterima. Dari ilmu Saintek, berikut ini jurusan favorit di Universitas Indonesia.

Kedokteran

Jurusan kedokteran selalu menjadi primadona bagi setiap tahun dalam setiap seleksi yang dilakukan. Untuk jurusan kedokteran ini terdapat dua kampus yang utama yaitu yang berlokasi di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Depok dan juga Kampus yang berada di Salemba.

Untuk proses pembelajarannya sendiri terdiri dari 3 tahap dengan mengikuti kurikulum Fakultas Kesehatan UI. Pada tahap pertama, Anda akan diberikan materi general education di semester satu. Kemudian tahap kedua materi berupa medical science yang biasanya ada di semester 2 hingga 6. Tahap ketiga akan diberikan materi clinical practice yang dilakukan di semester 7 hingga 10.

Di tahap ketiga ini juga tidak hanya sebatas materi saja yang diberikan, tetapi juga ada internship yang wajib dilakukan selama 1 tahun. Untuk prospek kerjanya pun terbilang menjanjikan di antaranya dokter umum, dokter spesialis, pengajar, PNS, peneliti, kepala Rumah Sakit dan lain-lain.

Jurusan kedokteran Universitas Indonesia pada pengumuman hasil SBMPTN UI 2021 merupakan jurusan dengan Akreditas A dengan daya tamping 72 kursi. Untuk passing gradenya sendiri terbilang cukup tinggi yaitu 62,78%.

Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan masyarakat menjadi jurusan favorit bagi Anda yang ingin bekerja dalam dunia kesehatan namun Anda tidak ingin menjadi dokter. Pada jurusan ini fokus materi berada pada tindakan preventif atau pencegahan dan promotif atau kampanye tentang kesehatan di dunia medis.

Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang lebih tertarik dengan analisis dalam pemecahan masalah kesehatan, dan minat untuk ikut berkontribusi dalam memajukan ilmu-ilmu kesehatan secara umum. Prospek kerjanya sendiri cukup menjanjikan yaitu sebagai manajer Rumah Sakit, manajer pemasaran Rumah Sakit, bahkan bisa juga di Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Jurusan ini sudah mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT dengan daya tampung sebanyak  60 kursi. Walaupun untuk passing grade yang digunakan dalam jurusan ini cukup kecil yaitu 35,91% tetapi tidak menurunkan minat calon mahasiswa untuk memilih jurusan ini.

Jurusan Soshum Favorit Universitas Indonesia

Pengumuman hasil SBMPTN UI 2021 sedang dinanti pula bagi Anda calon mahasiswa yang memilih jurusan Soshum. Jurusan ini memang lebih banyak diminati daripada jurusan Saintek yang memang terlalu mengandalkan ilmu-ilmu pasti. Berikut ini jurusan soshum favorit di UI.

Ilmu Komunikasi

Seiring dengan perkembangan jaman dimana dunia sudah terbilang modern, jurusan Ilmu Komunikasi pun naik daun. Bahkan tidak hanya di Universitas Indonesia saja, tetapi hampir di setiap Universitas jurusan ini cukup banyak peminatnya.

Jurusan ini mempelajari banyak hal yang erat kaitannya dengan manusia, media serta perkembangan teknologi. Berbagai materi yang disajikan bahkan bisa digunakan dan diterapkan hampir di banyak lini kehidupan sehari-hari.

Prospek kerja yang bisa didapatkan pun terbilang menjanjikan yaitu sebagai public relations atau humas, content writer, creative media, bussines analyst, dan banyak lainnya. Akreditasi jurusan ini di UI yaitu A dengan daya tampung 40 kursi. Untuk passing gradenya sendiri cukup tinggi yaitu di angka 52,3%.

Akuntansi

Jurusan akuntansi sama dengan jurusan ilmu komunikasi dimana hampir di setiap Universitas bisa mendominasi minat calon mahasiswa. Di jurusan ini mempelajari hal-hal berupa analisa bisnis, manajemen pemasaran, audit, akuntansi biaya, asuransi, hukum bisnis dan materi lainnya.

Lulusan jurusan akuntansi ini memiliki prospek kerja sebagai akuntan, manajer keuangan, auditor, akuntan publik, analis manajemen, Certified Publik Accountants (CPA), dan lain-lain. Untuk akreditasi jurusan akuntansi sendiri yaitu A dengan daya tampung sebanyak 79 kursi. Passing grade jurusan ini yaitu -56,4%.

Ilmu Hukum

Ilmu hukum banyak diminati oleh calon mahasiswa dengan latar belakang IPS sebab melihat dari banyaknya prospek kerja yang bisa didapatkan dari jurusan ini. Anda bisa menjadi pengacara, konsultan hukum, hakim, notaris, diplomat dan lain sebagainya yang berhubungan dengan dunia hukum.

Untuk akreditasi jurusan ini mendapatkan nilai A dari BAN-PT dengan daya tampung cukup banyak yaitu 167 kursi. Sedangkan passing grade yang harus Anda lewati untuk dapat diterima di jurusan ini yaitu sebesar 50.6%.

Baca juga :

  1. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  2. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022
  3. Pengumuman Online SBMPTN 2021/2022
  4. Daftar Laman Mirror Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  5. PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes 2021/2022

Sambil menunggu pengumuman hasil SBMPTN UI 2021 sebaiknya Anda mulai mencari tahu bagaimana proses untuk lebih lanjut apabila diterima sebagai mahasiswa. Tetapi Anda juga harus mengantisipasi apabila tidak diterima, langkah apa yang harus Anda ambil. Mungkin Anda bisa mencoba jurusan lain dengan passing grade dan peminat yang lebih rendah untuk meningkatkan peluang Anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close