Pengumuman Hasil SBMPTN ITS 2021, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Pengumuman Hasil SBMPTN ITS 2021, Institut Teknologi Sepuluh Nopember – Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang dilakukan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saat ini sedang berjalan. Pendaftaran telah ditutup pada tanggal 1 April 2021 lalu dan proses UTBK dibagi menjadi dua gelombang. Pada gelombang pertama dilaksanakan mulai dari tanggal 12 – 18 April 2021, sementara gelombang kedua dilaksanakan pada 26 April hingga 02 Mei 2021. Setelah pelaksanaan UTBK, calon mahasiswa baru akan mendapatkan pengumuman hasil pada tanggal 14 Juni 2021 mendatang melalui akun masing-masing yang terdaftar pada portal resmi LTMPT.

Website untuk Melihat Hasil Seleksi UTBK-SBMPTN ITS 2021

unsplash.com

Para peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang telah mendaftar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya nantinya dapat melihat hasil dari tes yang telah mereka laksanakan pada beberapa laman resmi yang telah disediakan oleh LTMPT. Pada tanggal 14 Juni 2021, peserta SBMPTN dapat melihat hasilnya pada laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id yang biasanya akan dibuka sekitar pukul 15.00 WIB.

Selain pada laman resmi LTMPT, terdapat 12 laman mirror lainnya yang dapat digunakan untuk melihat hasil SBMPTN ITS 2021. Laman mirror tersebut diantaranya:

  1. http://sbmptn.its.ac.id
  2. http://sbmptn.ui.ac.id
  3. http://sbmptn.ugm.ac.id
  4. http://sbmptn.itb.ac.id
  5. http://sbmptn.undip.ac.id
  6. http://sbmptn.ipb.ac.id
  7. http://sbmptn.unair.ac.id
  8. http://sbmptn.unand.ac.id
  9. http://sbmptn.unsri.ac.id
  10. http://sbmptn.unhas.ac.id
  11. http://sbmptn.untan.ac.id
  12. http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Jika dirimu tidak dapat mengakses salah satu halaman website di atas karena banyaknya pengguna yang berusaha mengakses, dirimu dapat mencoba untuk mengakses laman mirror lainnya. Kalau dengan cara tersebut dirimu juga masih kesulitan untuk mengaksesnya, maka tunggu beberapa waktu lalu coba untuk akses kembali. Menunggu agar penggunanya sudah tidak terlalu ramai biasanya dapat mempermudah akses portal tersebut karena mengingat angka pendaftar SBMPTN 2021 yang mencapai 777.863 peserta.

Tata Cara Melihat Hasil UTBK-SBMPTN 2021 untuk ITS Surabaya

Berikut ini cara yang dapat dirimu lakukan untuk melihat pengumuman terkait hasil UTBK-SBMPTN 2021, diantaranya:

  1. Buka halaman website yang telah disediakan oleh LTMPT untuk pengumuman SBMPTN melalui http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau juga dapat menggunakan laman mirror lainnya yang tertera di atas.
  2. Masukkan nomor peserta SBMPTN 2021 pada kolom yang telah disediakan serta tanggal lahir.
  3. Klik pada bagian Lihat hasil dan tunggu hingga muncul status kelulusan.

Biasanya untuk peserta yang lolos akan terlihat warna hijau pada status kelulusan, sementara yang belum lolos berwarna merah. Setelah lolos seleksi SBMPTN 2021 untuk ITS Surabaya, calon mahasiswa baru nantinya perlu untuk melakukan registrasi dan pendaftaran ulang pada laman http://sipmaba.its.ac.id. Penuhi seluruh persyaratan yang tertera dan lakukan prosesnya sesuai dengan panduan yang diberikan pada laman tersebut. Catat seluruh jadwal yang berkaitan dengan pendaftaran ulang ITS sehingga dirimu tidak tertinggal atau melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi (SKMP) untuk ITS 2021

Bagi dirimu yang belum lolos seleksi SBMPTN 2021 masih memiliki kesempatan untuk menjadi mahasiswa baru ITS menggunakan pendaftaran jalur mandiri atau juga disebut dengan SKMP. Seleksi ini juga berdasar pada nilai UTBK yang didapatkan ketika melakukan pendaftaran SBMPTN. Seleksi mandiri untuk pendaftaran ITS memiliki tiga jalur penerimaan, diantaranya:

  1. Seleksi Kemitraan yang merupakan utusan dari instansi yang bekerja sama dengan ITS.
  2. Seleksi Mandiri bagi masyarakat umum yang ingin mendaftarkan diri sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.
  3. Seleksi Prestasi untuk siswa SMA/MA/SMK/sederajat yang memiliki prestasi atau penghargaan pada bidang lomba minimal tingkat provinsi, ketua OSIS, maupun penghafal kitab suci.

SKMP 2021 di ITS akan mulai dilakukan pendaftaran sejak tanggal 8 Mei hingga 16 Juni 2021. Setelah proses ini, pengumuman hasil kelulusan akan dilakukan pada 24 Juni 2021. Bagi calon mahasiswa baru yang lolos, diharapkan untuk melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 5 – 7 Juli 2021.

ITS membuka jalur pendaftaran melalui SKMP untuk program studi sarjana dan juga sarjana terapan yang diselenggarakan oleh ITS. Selain itu, ITS juga membuka kesempatan bagi yang ingin mengikuti program joint degree dan International Undergraduate Program (IUP).

Persyaratan Pendaftaran SKMP ITS 2021

Berikut ini syarat pendaftaran dan ketentuan yang perlu untuk dipenuhi ketika mendaftarkan diri untuk SKMP ITS 2021, diantaranya:

  1. Calon mahasiswa baru merupakan siswa SMA/MA/SMK/sederajat yang merupakan lulusan tahun 2019, 2020, atau 2021 yang memiliki nomor peserta TBK atau ujian Kemampuan Akademik ITS.
  2. Bagi calon mahasiswa yang mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Prestasi diwajibkan untuk mengunggah bukti sertifikat dan juga penghargaan yang dimiliki.
  3. Bagi calon mahasiswa yang mendaftarkan diri pada program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, atau Desain Interior diwajibkan untuk mengunggah portofolio yang dimiliki.
  4. Bagi calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Kemitraan, terdapat ketentuan lain yang perlu menjadi perhatian yaitu:
  • -Calon mahasiswa baru merupakan utusan dari instansi yang merupakan mitra dari ITS dan telah melakukan tanda tangan MoU serta MoA antara ITS dengan mitra tersebut.
  • -Calon mahasiswa baru  diwajibkan untuk mengirimkan bukti pendaftaran kepada instansi asal. Kemudian, instansi tersebut mengirimkan rekapan calon peserta yang direkomendasikan untuk mendaftarkan diri di SKMP.

Dokumen Persyaratan yang Perlu Dipersiapkan

  1. Slip pembayaran
  2. Nomor peserta UTBK atau ujian Kemampuan Akademik ITS
  3. Nilai rapor dari semester satu hingga enam
  4. Satu halaman yang berisi deskripsi diri tentang prestasi maupun keunggulan yang dimiliki
  5. Lampiran bukti prestasi jika dibutuhkan
  6. Bagi yang memilih program studi IUP diwajibkan untuk melampirkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris
  7. Pasfoto ukuran 4 x 6 cm dalam format JPG atau PNG dan berukuran maksimal 500 KB.

Tata Cara Pendaftaran SKMP ITS 2021

Calon mahasiswa baru yang berencana untuk mendaftarkan diri melalui jalur SKMP ITS dapat melakukan pendaftaran dengan cara berikut:

  1. Buka laman web resmi pendaftaran SKMP ITS pada http//smits.its.ac.id.
  2. Cari menu Pendaftaran Online dan pilih Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi.
  3. Tulis nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang aktif pada kolom yang telah disediakan. Tunggu hingga mendapatkan slip pembayaran yang dikirimkan melalui email.
  4. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan yang tertera dan program studi yang diinginkan melalui loket bank, teller, ATM, atau Internet Banking.
  5. Setelah selesai melakukan pembayaran, kembali buka laman web dengan klik pada pilihan menu yang sama.
  6. Login dengan menggunakan PIN dan KAP yang ada pada slip pembayaran.
  7. Mengikuti petunjuk dalam pengisian formulir secara online dengan benar.
  8. Menyimpan bukti pendaftaran online dan dicetak, lalu diberikan tanda tangan. Simpan bukti ini untuk keperluan daftar ulang.

Pengumuman akan diberikan melalui laman http://smits.its.ac.id pada 24 Juni 2021. Jika dinyatakan lulus, maka dapat melakukan proses daftar ulang melalui laman http://sipmaba.its.ac.id.

Saat ini masih dilaksanakan tes UTBK-SBMPTN 2021 sehingga informasi berkaitan dengan pengumuman hasil suatu saat dapat berubah. Selalu ikuti perkembangan terbaru terkait dengan pelaksanaan SBMPTN dan SKMP ITS 2021 hanya di Mamikos. Jika dirimu nantinya lulus dan diterima di ITS, cari lokasi kost yang nyaman dan mudah hanya menggunakan aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close