Pengertian Teks Review, Struktur dan Unsur Kebahasaannya

Pengertian Teks Review, Struktur dan Unsur Kebahasaannya

Pengertian Teks Review | Apa yang akan kita lakukan jika kita ingin mengetahui kualitas dari sesuatu? ya, tentunya review adalah jawabannya. Untuk mengulas kualitas dari sebuah karya, apapun itu, maka kita harus menggunakan teks review. kali ini kita akan membahas mengenai rangkuman materi tentang teks review dalam bahasa inggris yang mencakup pengertian, struktur dan unsur kebahasaannya. Jenis teks ini merupakan kelanjutan dari teks prosedur yang berada pada urutan sebelumnya.

 Apa yang akan kita lakukan jika kita ingin mengetahui kualitas dari sesuatu Pengertian Teks Review, Struktur dan Unsur Kebahasaannya

Pengertian Teks Review

Teks review sendiri merupakan salah satu anggota dari 12 jenis teks yang sudah dibahas pada tulisan sebelumnya.

Menguasai teks review sangat penting jika kita ingin memberikan ulasan pada sesautu baik berupa kritik dan juga saran agar karya tersebut bisa semakin disempurnakan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian teks review lengkap dengan struktur dan unsur kebahasaannya :

Pengertian Teks Review

Teks review adalah teks yang dibuat dengan tujuan untuk memberi ulasan tentang sebuah karya seperti buku, musik, film, dan karya-karya lainnya. Pada umumnya, teks review disajikan dalam bentuk kritik atau apresiasi akan sebuah karya yang bersangkutan.

Namun, pada dasarnya teks review bisa dibuat dalam bentuk apa saja baik itu berupa paparan/ulasan, perbandingan, pendapat, telaah atau pun saran maupun usul. Maka, cara penyajian teks review ini bisa seperti teks deskripsi, report, eksplanasi, eksposisi ataupun diskusi, hanya saja yang membedakannya adalah isi dari teks tersebuat yaitu mengupas sebuah karya.

Struktur Teks Review

Struktur yang membangun pada teks review pada umumnya sebagai berikut :

Evaluation, yakni penilaian atau interpretasi atau tafsir penulis akan karya yang bersangkutan.

Orientation, yakni pengenalan karya yang akan ditulis.

Interpretative recount, yakni rangkuman plot atau alur cerita atau konten.

Evaluatif summation, yakni rangkuman akan penilaian atau interpretasi atau tafsir yang dilakukan penulis tentang karya itu.

Unsur Kebahasaan Teks Review

Adapun unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam teks review adalah sebagai berikut :

Perspective adjective, yaitu menggunakan kata sifat yang menunjukan sikap atau penilaian misalnya kata good, bad, wonderful, extraordinary dan lain-lain.

Particular participant, yakni terfokus pada psrtisipan atau karya tertentu yang spesifik.

Long and complex sentences, yaitu banyak menggunakan kalimat-kalimat panjang dan berstruktur kompleks.

Bahasa metafor, yakni melakukan perbandingan analogis.

Demikianlah rangkuman materi mengenai Pengertian Teks Review dalam bahasa inggris berikut dengan uraian Struktur dan Unsur Kebahasaannya lengkap.

Loading...
loading...
close