Pengertian Recount Text Lengkap Dengan Struktur Dan Unsur Kebahasaannya

Pengertian Recount Text, Struktur Dan Unsur Kebahasaannya

Pengertian Recount Text | Kita pastinya sering mendengar istilah rekonstruksi, dimana yang dimaksud dengan rekonstruksi tersebut ialah penggambaran kembali atas suatu kejadian yang menimpa seseorang. Demikian pula yang dimaksud dengan recount text, dimana pada tulisan ini kita akan membahasnya bagaimana pengertiannya, struktur pembangun dan unsur-unsur apa saja yang sering digunakan. Jenis teks ini merupakan kelanjutan dari jenis teks sebelumnya yakni spoof text yang sudah dibahas pada tulisan terdahulu.

 Kita pastinya sering mendengar istilah rekonstruksi Pengertian Recount Text Lengkap Dengan Struktur Dan Unsur Kebahasaannya

Pengertian Recount Text Lengkap

Jangan lupa untuk menguasai jumlah jenis teks atau text genre dalam bahasa inggris disini : 12 Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian recount text dalam bahasa inggris berikut dengan struktur dan unsur kebahasaannya :

Pengertian Recount Text

Yang dimaksud dengan recount text adalah jenis teks dimana kontennya merupakan laporan sebuah peristiwa, kejadian atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau berupa kejadian yang menimpa seseorang. Dengan membaca recount text kita seolah mereka ulang apa yang telah terjadi atau menimpa seseorang.

Dibuatnya jenis tekx ini bertujuan untuk memberitahukan sesuatu atas sebuah kejadian atau juga bisa sebagai hiburan semata karena apa yang menimpanya menarik untuk diceritakan.

Struktur

Pada umumnya recount text memiliki struktur sebagai berikut :

Orientation, yakni pendahuluan atau pembuka berupa pengenalan tokoh, waktu dan tempat.

Events, yakni rangkaian kejadian atau peristiwa yang menimpa seseorang.

Reorientation, yakni penutup dimana disana terdapat ungkapan-ungkapan yang menunjukan bahwa peristiwa atau kejadian tersebut sudah selesai.

Komentar pribadi akan peristiwa yang diutarakan, hanya saja ini sifatnya opsional.

Unsur Kebahasaan

Adapun unsur kebahasaan yang terdapat dalam recount text tersebut ialah sebagai berikut :

Noun tertentu sebagai kata ganti orang dimana umumnya ini menggunakan nama orang seperti Budi, Rudi Rita dan lain-lain.

Individual participant, yakni terfokus pada kisah pelaku (partisipan) tertentu yang spesifik.

Past tense, yakni menggunakan kata kerja bentuk lampau misalnya played, cooked, waited dan lain-lain.

Time connective dan conjunction, yakni untuk mengurutkan suatu kejadian. misalnya kata after, before, then, after that dan lain-lain.

Action verbs, yakni kata kerja yang menunjukan peristiwa atau kegiatan tertentu, misalnya bathed, collected, cooked dan lain-lain.

Adverbs dan adverb phrases, yakni untuk menunjukan tempat, waktu dan cara masalnya slowly, carefully, at home, lastweek, yesterday dan lain-lain.

Dari pemaparan di atas kiranya kita sudah bisa memahami apa itu pengertian recount text dalam bahasa inggris dan juga struktur dan beberapa unsur kebahasaannya.

Loading...
loading...
close