Pengertian Narrative Text Dalam Bahasa Inggris, Struktur dan Unsurnya

Pengertian Narrative Text Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Narrative Text | Jika kita hobi membaca, kita pastinya sering menemukan teks yang berupa sebuah dongeng atau cerita. Lalu, jenis teks apakah tulisan yang berbentuk dongeng tersebut? Jawabannya adalah teks narasi. Kali ini kita akan mempelajari bagaimana pengertian teks narasi, dilengkapi dengan struktur dan unsur kebahasaan yang paling umum digunakan pada jenis teks tersebut. teks narasi sendiri merupakan salah satu dari 12 jenis teks yang sudah kita pelajari pada postingan sebelumnya.

Pengertian Narrative Text Dalam Bahasa Inggris Pengertian Narrative Text Dalam Bahasa Inggris, Struktur dan Unsurnya

Pengertian Narrative Text Bahasa Inggris

Teks narasi sendiri merupakan jenis teks dengan urutan kedelapan, dimana urutan sebelumnya bisa sobat pelajari disini : Pengertian Teks Review, Struktur dan Unsurnya

Berikut ini adalah pengertian narrative text secara lengkap, berikut dengan model struktur dan unsur-unsur kebahasaannya :

Pengertian Narrative Text

Narrative text adalah jenis teks yang berupa cerita atau dongeng dengan tujuan untuk menghibur pembaca, dimana ia menceritakan serangkaian peristiwa kronologis yang saling berhubungan. Bentuk dari narrative text tersebut bisa berupa khayalan, dongeng atau kisah nyata yang kemudian direkayasa.

Struktur

Pada umumnya, narrative text memiliki unsur-unsur sebagai berikut :

Orientation, yakni pendahuluan atau pembuka yang berupapengenalan tokoh, waktu dan tempat.

Complication/crisis, yakni pengembangan konflik atau pemunculan masalah.

Resolution, yakni penyelesaian konflik atau langkah yang diambil sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Reorientation, yakni penutup atau ungkapan-ungkapan yang menunjukan bahwa cerita sudah berakhir, dimana ini sifatnya hanya opsional.

Coda, yakni perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut, dan ini sifatnya opsional juga.

Unsur Kebahasaan

Adapun unsur-unsur kebahasaan yang terkandung dalam narrative text tersebut pada umumnya sebagai berikut :

Noun tertentu yang khusus sebagai kata ganti orang, hewan atau benda yang ada dalam cerita tersebut, misalnya household, stepmother dan lain sebagainya.

Individual participant, yakni terfokus pada cerita partisipan (pelaku) tertentu yang spesifik.

Past tense, yakni menggunakan kata kerja bentuk lampau misalnya asked, called, changed, visited, came  dan lain-lain.

Time connective dan conjunction, yakni untuk mengurutkan kejadian yang saling berhubungan misalnya before, after, after that, then dan lain-lain.

Action verbs, yakni kata kerja yang menunjukan sebuah peristiwa atau kegiatan mislanya kata killed, climbed, pushed, studied dan lain-lain.

Saying verb dan thinking verbs, yakni kata kerja yang menunjukan laporan atau ujaran misalnya kata said, taught, wrote, found dan lain sebagainya.

Sampai disini pengertian narative text dalam bahasa inggris berikut dengan struktur dan unsur kebahasaannya.

Loading...
loading...
close