Pengertian Dan Fungsi Administrasi Berdasarkan Para Ahli

Manajemen intinya yaitu proses aktivitas yang harus dilakukan dalam setiap organisasi atau perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dengan melalui kolaborasi orang -orang dengan memakai sumber daya – sumber daya tersedia. Namun terdapat beberapa pengertian manajeman menurut para mahir lain, yaitu sebagai barikut: 



1. Pendapat John D. Millet

Manajemen yaitu proses pembimbingan dan penyediaan akomodasi – akomodasi kerja terhadap orang – orang yang bergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan. – Jhon D. Millet

2. Pendapat Harold & Cryil O’donnell 

Manajemen yaitu penyelesaian pekerjaan melalui aktivitas – aktivitas dari pada orang lain. – Harold & Cryil O’donnell 

3. Pendapat Oei Liang Lee

Manajemen yaitu ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengawasi tenaga insan dengan derma alat – alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. – Oei Liang Lee

Loading...

Berdasarkan definisi yang di kemukakan oleh beberapa mahir manajemen, maka sanggup disimpulkan bahwa definisi administrasi atau pengertian manajemen yaitu ilmu dan seni untuk mendapat sesuatu melalui kolaborasi dengan orang lain yang direncanakan, diorganisasi, dikoordinasi, dan diarahkan berdasarkan suatu tujuan yang telah ditetapkan. 

Fungsi – Fungsi Manajemen
#1. Planning (Perencanaan)
Perencanaan yaitu penetapan terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan kemudian, dalam batas waktu tertentu untuk mendapat hasil tertentu, dengan penggunaan faktor – faktor tertentu. Secara garis besar dalam perencanaan menggambarkan wacana apa, bagaimana, mengapa, dan kapan suatu aktivitas akan dilakukan.

#2. Organizing (Pengorganisasia)
Dalam pengorganisasian ditetapkan sistem organisiasi yang dianut dalam memutuskan pembagian pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab dari masing – masing orang yang ikut bekerja untuk mempermudah pencapaian suatu tujuan yang telah ditetapkan di perencanaan. 

#3. Directing (Pengarahan)
Pengarahan yaitu pemberian intruktis resmi dari manajer kepada para bawahan biar para bawahan mau melakukan kiprah yang dibebankan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan pada perencanaan. bentuk pengarahan yang diberikan oleh manajer sanggup berypa orientasi, perinta, maupun delegasi wewenang. 

#4. Coordinating (Pengkordinasian dan Penyusunan Staf)
pengkoordinasian yaitu aktivitas terutama yang dilakukan oleh manajer untuk menyelaraskan banyak sekali macam pendapat antara masing – masing orang kepada suatu keadaan yang serasi sehingga suatu tujuan yang telah ditetapkan akan sanggup tercapat.

#5. Controlling (Pengawasan)
Pengawasan merupakan evaluasi terhadap pekerjaan baik yang sedang dikerjakan maupun yang sudah tamat dikerjakan, sehingga sanggup diketahui jikalau terjadi penyimpangan – penyimpangan dan sanggup dilakukan perbaikan – perbaikan biar tujuan yang telah ditetapkan sanggup tercapai. 

Secara keseluruhan prosedur kerja dari fungsi – fungsi manajemen tersebut sanggup dilihat pada gambar berikut :

Gambar diatas mengambarkan bahwa administrasi bermula dari adanya isu untuk memanfaatkan sumberdaya – sumberdaya yang tersedia baik berupa sumberdaya alam (natural resource) maupun sumber daya insan (human resource) guna memenuhi kebutuhan dan cita-cita insan itu sendiri. Untuk mencapai hasil yang sebaik – baiknya, aktivitas tersebut perlu dilaksanakan secara manajerial melalui fungsi -fungsi manajemen.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan  Pengertian Manajemen Lengkap dengan Fungsi Manajemen yang kami rangkum dari banyak sekali macam artikel online lain. Semoga bermfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Loading...
loading...
close