Pengertian Biografi, Ciri – Ciri, Jenis Dan Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Pengertian Biografi – Biografi merupakan salah satu jenis goresan pena yang dibentuk menurut kisah konkret mengenai kisah hidup seseorang yang dianggap penting. Ya, biografi biasanya hanya dibentuk untuk orang – orang yang dianggap penting, hebat, atau pun besar lengan berkuasa terhadap kehidupan banyak orang.

 Biografi merupakan salah satu jenis goresan pena yang dibentuk menurut kisah konkret mengenai  Pengertian Biografi, Ciri – ciri, Jenis dan Unsur Kebahasaan Teks Biografi
Pengertian Biografi, Ciri – ciri, Jenis dan Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Definisi dan Pengertian Biografi

Istilah biografi intinya berasal dari kata bios (bahasa Yunani) yang artinya makhluk hidup dan kata graphien (bahasa Yunani) yang artinya tulis. Jika diartikan dari asal katanya, maka biografi ialah goresan pena yang menjelaskan mengenai riwayat hidup seseorang.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian biografi ialah sebuah goresan pena yang berisi dongeng berupa fakta – fakta mengenai kisah hidup seseorang yang dianggap penting atau pun besar lengan berkuasa terhadap kehidupan seseorang.

Biografi sanggup dibagi menjadi dua macam yaitu biografi singkat dan biografi panjang. Biografi singkat berisi mengenai fakta – fakta kehidupan seseorang beserta dengan tugas penting yang pernah dilakukannya, sedangkan biografi panjang berisi mengenai informasi penting yang ditulis secara lebih mendetail dengan gaya penyampaian yang baik.

Dalam pembuatan biografi, seorang penulis biografi harus memakai sumber rujukan yang harus sanggup dipertanggungjawabkan. Beberapa sumber rujukan yang biasanya dipakai oleh seorang penulis biografi yaitu buku harian, surat, koran, kerabat tokoh yang ditulis, rekan kerja orang yang ditulis, dan beberapa sumber rujukan lainnya.

Menurut wikipedia, Biografi ialah kisah atau keterangan wacana kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita wacana perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh semenjak kecil hingga tua, bahkan hingga meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

Baca Juga  Pengertian, Istilah, Jenis-Jenis Manfaat Hutan Serta Bagian-Bagian Hutan

Ciri – ciri Biografi

Secara umum, biografi mempunyai beberapa ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki pola atau pun struktur baku yang terdiri dari : orientasi, peristiwa, dan reorientasi;
  2. Berisi fakta yang disajikan dengan memakai narasi / cerita;
  3. Fakta diambil dari insiden hidup orang yang dinarasikan;
  4. Hanya dibentuk untuk orang – orang atau pun tokoh yang dianggap penting atau pun besar lengan berkuasa terhadap kehidupan banyak orang.

Struktur Penyusunan Biografi

Secara umum, biografi tersusun atas tiga komponen utama berikut ini :

Orientasi
Orientasi merupakan bab perkenalan dari sebuah biografi. Di bab ini penulis biografi biasanya menjelaskan citra awal orang yang dikisahkan di dalam biografi tersebut.

Peristiwa / Masalah
Peristiwa atau pun duduk perkara merupakan bab isi / utama dari sebuah biografi. Di bab ini penulis akan menjelaskan mengenai seluruh insiden dan insiden penting yang dialami oleh orang atau pun tokoh yang diceritakan di dalam biografi. Dapat dikatakan, bab insiden / duduk perkara merupakan bab utama atau pun bab pokok yang harus ada dalam sebuah biografi.

Reorientasi
Reorientasi merupakan bab epilog dari sebuah biografi. Di bab ini penulis biografi akan memperlihatkan pandangannya terhadap tokoh yang dikisahkannya. Berbeda dengan bab struktur peristiwa, keberadaan pandangan penulis dalam sebuah biografi bersifat optional (bisa ada sanggup juga ditiadakan).

Jenis Jenis Biografi

Berdasarkan sisi penulis

  1. Autobiografi, Suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut.
  2. Biografi, Suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau dongeng suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, duduk perkara atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain.

Biografi menurut izin penulisan dibagi menjadi dua:

  1. Authorized biography, sebuah biografi yang penulisannya mendapat izin atau sepengetahuan tokoh yang akan di tulis dongeng hidupnya.
  2. Unauthorized biography, biografi yang penulisannya tanpa seizing dan sepengetahuan tokoh yang akan di tulis kisah hidupnya. Biasanya penulisan unauthorized biography terjadi alasannya ialah tokoh tersebut telah wafat.
Baca Juga  Lengkap - Silabus Ma Semua Mata Pelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017/2018/2019

Berdasarkan isinya

  1. Biografi perjalanan hidup, berisi sebuah perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap mempunyai kesan.
  2. Biografi perjalanan karir, berisi sebuah perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan ketika ini atau sanggup juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

Berdasarkan Persoalan yang dibahas

  1. Biografi politik, penulisan dongeng hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi semacam ini mendapat materi dari kumpulan banyak sekali riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.
  2. Biografi intelektual, biografi ini hampir sama dengan biografi politik, persamaannya yaitu kumpulan bahannya yang didapatkan dari banyak sekali riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  3. Berdasarkan jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai materi pendukung cerita.

Berdasarkan Penerbit

  1. Buku sendiri, sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laris dijual dipasaran atau mendapat perhatian publik.
  2. Buku subsidi, penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi menyerupai kalau dilihat dari segi komersil tidak akan laris ataupun kalau laris harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Kata Hubung
Kata hubung ialah kata yang berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain dalam sebuah kalimat dan juga kata hubung antara satu kalimat dengan kalimat yang lain.

Apabila kata hubung tersebut berfungsi sebagai penyambung kata dalam sebuah kalimat, kata hubung itu dinamakan konjungsi intrakalimat. Contoh : dan , tetapi, lalu, kemudian.

Baca Juga  6 Perkara Ini Jalan Kesuksesan Mencar Ilmu Coba Anda Terapkan Dengan Benar Niscaya Berhasil

Apabila kata hubung tersebut berfungsi menyambungkan antara satu kalimat dengan kalimat lain, kata hubung itu dinamakan konjungsi antarkalimat. Contoh : oleh alasannya ialah itu, akan tetapi, meskipun demikian, tidak hanya itu.

Rujukan Kata
Rujukan kata yaitu kata yang merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya. Kata rujukan dikatagorikan menjadi beberapa bagian, antara lain:

  1. Kata rujuk benda atau hal. Contoh : ini, itu, tersebut.
  2. Kata rujuk tempat. Contoh : disini, disana, disitu.
  3. Kata rujuk orang. Contoh : dia, ia, beliau, mereka, -nya.

Peristiwa waktu dan tempat
Dalam teks biografi, terdapat kata yang berfungsi memperlihatkan peristiwa, waktu dan daerah yang dialami oleh tokoh.

Kata Kerja
Kata kerja atau verba ialah suatu kelompok kata yang menjelaskan sesuatu hal yang dilakukan oleh tokoh. Kata kerja dibagi menjadi dua, yakni menurut bentuk dan menurut jenis.

Kata Berdasarkan bentuk

1. Kata kerja dasar
Kata kerja dasar ialah kata kerja yang masih dalam bentuk aslinya, yang berarti kata kerja ini belum mengalami pengimbuhan baik awalan, akhiran ataupun sisipan.

Contoh : Adil, ambil, ajak

2. Kata kerja berimbuhan
Kata kerja berimbuhan merupakan kata kerja yang sudah mengalami penambahan, baik berupa awalan, akhiran, maupun sisipan.

Contoh :

Mengambil. Awalan = me + ambil (kata kerja dasar)
Mengadili. Awalan = meng + adil (kata kerja dasar) + i (akhiran)

Demikianlah pembahasan teks biografi mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, struktur dan unsur kebahasaan yang sanggup kau pelajari. Semoga Bermanfaat!!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • biografi tokoh indonesia
  • contoh biografi
  • contoh teks biografi
  • biografi pahlawan
  • contoh teks biografi pahlawan
  • biografi tokoh indonesia yang menginspirasi
  • biografi singkat tokoh dunia
  • contoh biografi tokoh

loading...