Penerimaan Bintara Tni Ad 2019-2020

Bintara Tentara Nasional Indonesia AD 2019 — Seleksi Calon Bintara Tentara Nasional Indonesia AD, Rekrutmen Bintara Tentara Nasional Indonesia AD, Penerimaan Caba Tentara Nasional Indonesia AD, Rekrutmen Bintara Prajurit Tentara Nasional Indonesia AD, Secaba Tentara Nasional Indonesia AD, Pendaftaran Tentara Nasional Indonesia AD, Penerimaan Ba PK Tentara Nasional Indonesia AD, Seleksi Penerimaan Calon Bintara Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia AD, Persyaratan Penerimaan Bintara PK Tentara Nasional Indonesia AD, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, 2021. 2022.

Informasi yang akan diberikan pada kesempatan ini yaitu perihal Penerimaan Bintara Tentara Nasional Indonesia AD 2019-2020. Dengan adanya gosip ini diperlukan sanggup memperlihatkan panduan bagi anda dalam proses persiapan pendaftaran bintara Tentara Nasional Indonesia AD. Mari simak gosip selengkapnya berikut ini.

 Seleksi Penerimaan Calon Bintara Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia AD Penerimaan Bintara Tentara Nasional Indonesia AD 2019-2020

Bintara yaitu tanda kepangkatan pada TNI yaitu di atas Tamtama dan di bawah Perwira. Tanda kepangkatan ini berlaku untuk seluruh Angkatan pada TNI, yaitu pada Tentara Nasional Indonesia AD, Tentara Nasional Indonesia AL, dan Tentara Nasional Indonesia AU.

Bintara Tentara Nasional Indonesia AD yaitu jenjang kepangkatan pada TNI AD yaitu di atas Tamtama Tentara Nasional Indonesia AD dan di bawah Perwira Tentara Nasional Indonesia AD.

Untuk Penerimaan Bintara Tentara Nasional Indonesia AD, maka sumbernya adalah Bintara dari masyarakat umum atau Bintara dari Tamtama.

Bagi anda lulusan minimal Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, maka sanggup mendaftar Bintara Tentara Nasional Indonesia AD. Ini artinya yaitu anda calon Bintara dari masyarakat umum. Berikut persyaratan dan ketentuan yang harus anda ikuti.

A. Persyaratan Umum Pendaftaran Bintara Tentara Nasional Indonesia AD

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Republik Indonesia tahun 1945
  4. Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada dikala pembukaan pendidikan pertama
  5. Tidak mempunyai catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia
  6. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata; dan
  7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan aturan tetap

B. Persyaratan Khusus Pendaftaran Bintara Tentara Nasional Indonesia AD

  1. Laki-laki dan/atau perempuan, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.
  2. Berijazah minimal Sekolah Menengan Atas / MA / SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, dengan persyaratan nilai rata-rata UN harus sesuak ketentuan. (akan diupdate nanti) 
  3. Memiliki tinggi tubuh sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta mempunyai berat tubuh seimbang berdasarkan ketentuan yang berlaku.
    • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pertama hingga dengan 2 (dua) tahun sehabis simpulan pendidikan pertama.
    • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun.
    • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    • Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang mencakup : administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, psikologi dan akademik.

    C. Persyaratan Tambahan Pendaftaran Bintara Tentara Nasional Indonesia AD

    1. Harus ada surat persetujuan orang tua/wali dan orang tua/wali selama proses penerimaan prajurit Tentara Nasional Indonesia AD tidak melaksanakan intervensi terhadap panitia penerimaan maupun penyelenggara pendidikan pertama dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun.
    2. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau forum pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat ratifikasi dari Kemendikbud.
    3. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota tubuh lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat.
    4. Bagi yang sudah bekerja diharuskan :
      • Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas / jawatan / instansi yang bersangkutan
      • Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK Tentara Nasional Indonesia AD.
    5. Melampirkan surat keterangan dari Babinsa setempat dengan diketahui Lurah/Kades asal tempat tinggal.
    6. Bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik pribadi maupun tidak langsung, apabila terbukti secara aturan melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jikalau pelanggaran tersebut ditentukan dikemudian hari pada dikala mengikuti pendidikan pertama.


    D. Tata Cara Pendaftaran Bintara Tentara Nasional Indonesia AD

    1. Buka alamat : ad.rekrutmen-tni.mil.id
    2. Pilih sajian Bintara. Jika pendaftaran dibuka, maka sajian tersebut sanggup di klik.
    3. Daftarkan diri anda dengan menekan tombol “Daftar/Registrasi
    4. Lalu muncul halaman Proses Mengisi Form Pendaftaran. Isilahlah data-data yang diminta pada halaman tersebut yang berupa nama anda, pendidikan, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, dan email anda.
    5. Jika telah mengisi data tersebut, kemudian klik tombol “daftar
    6. Selanjutnya sistem akan menginput data anda. Jika sistem mendeteksi adanya kesalahan input, data tidak ada diproses dan akan ditampilkan pesan error untuk kesalahan input tersebut. Jika tidak ada kesalahan input, akan ditampilkan halaman yang menyatakan bahwa pendaftaran sukses.
    7. Selanjutnya anda akan mendapat username dan password yang sanggup dipakai untuk melaksanakan pendaftaran tahap selanjutnya. Silahkan cek email anda yang telah anda daftarkan karena username dan password juga dikirim ke email tersebut.
    8. Buka kembali alamat ad.rekrutmen-tni.mil.id untuk login.
    9. Isilah kolom yang tersedia dengan username dan password yang anda miliki, kemudian klik “login“.
    10. Selanjutnya mengikuti Proses Mengisi Form Data Profil Pendaftar yang terdiri dari data pribadi, data orang tua, data wilayah dan matra, data pendidikan, serta menyetujuan peraturan penerimaan prajurit TNI.
    11. Setelah simpulan mengisi data, kemudian tekan tombol “selesai
    12. Lalu akan muncul konfirmasi data. Jika ada yang masih salah, silahkan klik “ubah data“. Jika telah benar, silahkan “simpan
    13. Jika anda belum yakin dengan isian / pilihannya, klik logout dan data tidak akan tersimpan. Pendaftar sanggup kembali login di lain waktu untuk mengisi form pendaftaran dengan mengulangi dari langkah awal.
    14. Jika anda menentukan untuk menyimpan data, maka akan tampil data yang telah anda isi.
    15. Selanjutnya cetaklah formulir pendaftaran dengan klik tombol “Cetak Halaman Ini
    16. Untuk menyimpan bukti formulir pendaftaran, klik sajian “File Save Page As…”
    17. Jika sudah simpulan melihat formulir ini, silahkan klik “Logout” untuk keluar dari halaman pendaftaran

                                                Itulah tata cara pendaftaran yang sanggup anda ikuti. Apabila seandainya ada perbedaan/perubahan tata cara pendaftaran, silahkan ikuti yang ada di website resminya.

                                                Setelah melaksanakan pendaftaran online, kemudian satukan berkas pendaftaran online tersebut dengan berkas lainnya untuk dibawa ke Panda / Subpanda terdekat untuk di periksa.

                                                E. Materi Seleksi

                                                Materi yang akan diujikan pada seleksi  Bintara Tentara Nasional Indonesia AD diberikan pada 2 tahap, yaitu tahap awal dan tahap seleksi tingkat pusat.

                                                1. Pengecekan tahap awal, dilaksanakan oleh Panda / Subpanda dengan materi investigasi / pengujian sebagai berikut : Pemeriksaan administrasi, Pemeriksaan kesehatan, dan Pemeriksaan postur.
                                                2. Seleksi tingkat Panpus / Subpanpus, dilaksanakan oleh Tim Pusat di tempat dengan materi investigasi / pengujian sebagai berikut : Pemeriksaan administrasi, Pemeriksaan kesehatan, Rik/Uji jasmani (Garjas A dan B, postur, serta ketangkasan renang), Pemeriksaan Mental Ideologi, Pemeriksaan Psikologi, dan Pengujian Akademik.
                                                F. Jadwal Pelaksanaan

                                                G. Biaya Seleksi

                                                Ingat!! selama proses penerimaan berlangsung, panitia tidak memungut biaya apapun pada calon. Jika ada yang mengatas namakan panitia untuk meminta bayaran, maka sudah niscaya itu penipuan. Segera laporkan ke panitia terdekat.

                                                Demikianlah gosip tentang Penerimaan Bintara Tentara Nasional Indonesia AD yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan gosip tersebut sanggup memperlihatkan pencerahan untuk anda.
                                                Untuk gosip penerimaan calon anggota Tentara Nasional Indonesia silahkan baca disini : Penerimaan Anggota TNI atau Penerimaan Tentara Nasional Indonesia AD AL AU

                                                Admin turut mendoakan biar cita-cita anda untuk sanggup lulus seleksi Bintara Tentara Nasional Indonesia AD sanggup terwujudkan. Aamiin.
                                                Terima kasih atas kunjungan anda. Jangan lupa untuk like halaman web kami dan menyebarkan (G+1) info ini pada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.