Pendaftaran Utul Ugm 2019/2020 – Ujian Tulis Jenjang D3, D4, Dan S1

um.ugm.ac.id 2019Pendaftaran UTUL UGM 2019 — Pendaftaran UM UGM, Pendaftaran Jalur Ujian Tulis UGM, Pendaftaran Jalur Mandiri UGM, Jalur UTUL Sarjana (S1) – Vokasi / Diploma (D3 / D4), Persyaratan Pendaftaran, Prosedur Pendaftaran, Dokumen Pendaftaran, Jadwal Pendaftaran, Biaya Pendaftaran, Cara Pendaftaran, Pilihan Prodi, Lokasi Ujian, dan Pengumuman. 2021. 2022.
Kali ini admin akan memberikan isu mengenai Pendaftaran UTUL UGM 2019/2020 – Ujian Tulis Jenjang D3, D4, dan S1 / Jalur Mandiri UGM. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri masuk kuliah di UGM melalui jalur berdikari (UTUL). Untuk mengetahui informasinya, eksklusif saja simak penjelasannya di bawah ini.

Universitas Gadjah Mada atau dikenal dengan nama UGM ialah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit di Indonesia. Lokasi UGM yang berada di Yogyakarta cukup terjangkau dari banyak sekali tempat di Indonesia.
Di setiap tahun pemikiran barunya, sangat banyak sekali para lulusan Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan yang berkeingianan melanjutkan pendidikan di UGM. Namun dalam penerimaan mahasiswa baru, tidak semua peserta yang mendaftarkan diri bisa eksklusif diterima. Peserta harus di seleksi sesuai dengan jalur seleksi yang diikutinya.
Calon peserta yang berprestasi selama di sekolah, maka bisa mengikuti jalur SNMPTN atau jalur tanpa tes lainnya yang dibuka oleh UGM, sedangkan calon peserta yang kemampuannya sedang-sedang saja, maka sanggup megikuti seleksi jalur lainnya menyerupai SBMPTN.
Namun ketika itu jalur SNMPTN dan SBMPTN telah berakhir. Kedua jalur telah usai dilaksanakan. Bagi peserta yang lulus melalui salah satu jalur tersebut, tentunya tinggal mendaftar ulang dan membayar biaya kuliah saja, tetapi untuk peserta yang dinyatakan tidak lulus melalui jalur di atas, maka perlu untuk mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka oleh UGM.
Sebagao solusi bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke UGM, maka dibukalah jalur berdikari UGM yang dikenal dengan nama jalur ujian tulis UGM atau UTUL UGM.
UTUL UGM merupakan jalur seleksi berdikari yang diselenggarakan oleh UGM untuk menyeleksi calon mahasiswa gres jenjang Diploma / Vokasi dan Sarjana, melalui ujian tertulis.
Calon mahasiswa jenjang Diploma / Sarjana harus bersunggung-sunggu dalam mengikuti seleksi jalur UTUL ini alasannya jalur ini merupakan jalur terakhir yang dibuka oleh UGM untuk mendapatkan mahasiswa baru. Untuk itu, persiapkan diri sebaik mungkin ya.

Nah, untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada jalur UTUL UGM, maka bacalah isu di bawah ini dengan baik.

Pendaftaran UTUL UGM Jenjang Diploma (D3, D4) dan Sarjana (S1)
A. Jalur UTUL
Jalur UTUL merupakan jalur seleksi masuk ke UGM yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma atau Sarjana di UGM. Pola seleksi yang dipakai ialah ujian tertulis.

Pada jalur ini, calon peserta sanggup menentukan 3 (tiga) jadwal studi yang ada di Program Sarjana dan / atau Program Diploma.

Untuk bisa lulus, maka peserta harus mengikuti ujian, dan nilai ujian yang memenuhi kriteria kelulusan akan mengantarkan peserta lulus dan diterima menjadi mahasiswa gres UGM. 

1. Persyaratan Pendaftaran
Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pendaftar ialah lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA, atau sederajat, atau paket C yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir. Hitung mundur 3 tahun kebelakang.
  3. Pendaftar mempunyai kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di jadwal studi yang dipilih.
Persyaratan Khusus :

  1. Lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat atau Paket C lulusan tahun kemaren dan kemarennya harus mempunyai ijazah.
  2. Lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat atau Paket C tahun ini minimal harus mempunyai Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat isu jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap / stempel yang sah. Pada proses registrasi online, SKL belum diperlukan; tetapi pada ketika mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.

2. Dokumen yang Diunggah
  1. Scan Ijazah (untuk lulusan kemaren dan kemarennya) atau Surat Keterangan Lulus / SKL (untuk lulusan tahun ini)
  2. Scan KTP / Kartu Keluarga

Catatan
  • Dokumen yang diunggal berformat .pdf
  • Dokumen yang diunggah berukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus sanggup dibaca dengan jelas.

3. Kelompok Ujian
Kelompok ujian jalur UTUL UGM terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum
Setiap peserta sanggup mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran.
4. Lokasi Ujian
Lokasi Ujian Tulis (UTUL) UGM dilaksanakan di kota-kota berikut:
  • Jakarta, Pekanbaru, Medan, dan Yogyakarta
Khusus peserta yang menentukan lokasi ujian di luar Yogyakarta, dikenakan biaya tambahan.
5. Prosedur Pendaftaran
  1. Membuat akun registrasi melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir registrasi secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk menentukan 3 (tiga) jadwal studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan memperlihatkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh instruksi pembayaran.
  3. Membayar biaya registrasi melalui Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM).
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun registrasi masing-masing.
  5. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat isu lokasi dan jadwal ujian sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun registrasi masing-masing

Selain jalur UTUL ini, penerimaan mahasiswa gres jenjang Diploma UGM juga dibuka melalui jalur  PBUTM SV, jalur PBUK SV, jalur PBUSMAK SV, dan jalur PBUB SV yang sekarang telah ditutup. Informasinya telah disajikan pada artikel sebelumnya.
Sedangkan penerimaan mahasiswa gres pada jenjang Sarjana, selain jalur UTUL ini ada juga jalur SNMPTN dan SBMPTN, serta jalur Prestasi yang sekarang telah ditutup pendaftarannya. Informasinya juga telah disampaikan pada artikel sebelumnya.
B. Jalur Nilai UTUL
Jalur Nilai UTUL merupakan seleksi masuk ke Program Diploma / Sekolah Vokasi UGM dengan memakai referensi pengolahan hasil Ujian Tulis (UTUL) UGM. Jalur ini ditujukan khusus bagi yang telah mengikuti UTUL UGM. Setiap calon peserta sanggup menentukan 2 (dua) jadwal studi pada Program Diploma yang ada di UGM.
1. Persyaratan Pendaftaran
Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pendaftar ialah lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA, atau sederajat, atau paket C yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir. Hitung mundur 3 tahun kebelakang dari tahun ini.
  3. Peserta mengikuti Ujian Tulis UGM tahun ini kelompok ujian Saintek atau Soshum atau Campuran hingga tuntas.
  4. Pendaftar mempunyai kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di jadwal studi yang dipilih.
Persyaratan Khusus : 
  1. Lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat atau Paket C lulusan tahun ini minimal harus mempunyai Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat isu jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap / stempel sekolah / penyelenggara yang sah
  2. Lulusan tahun kemaren dan sebelumnya, sudah harus mempunyai ijazah

2. Prosedur Pendaftaran
  1. Calon peserta Login ke laman http://um.ugm.ac.id/admisi dengan memakai akun registrasi yang sama yang dipergunakan pada ketika mendaftar UTUL
  2. Kemudian menentukan intake / jalur SV gelombang 2 untuk mengisi formulir registrasi secara online. Bagi pendaftar jalur nilai ujian tulis UGM berhak untuk memilih  2 (dua) jadwal studi pada Program Diploma, urutan pilihan memperlihatkan skala prioritas
  3. Pilihan jadwal studi harus sesuai kelompok seleksi, tetapi Program Studi tidak harus sama dengan pilihan jadwal studi pada UTUL UGM
  4. Peserta menentukan Program Studi sesuai pada kelompok UTUL UGM yang diikuti.
  5. Membayar biaya registrasi melalui Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM)
  6. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun registrasi masing-masing
  7. Mencetak Kartu Peserta

3. Dokumen yang Diunggah
  • Kartu peserta UTUL UGM berformat .pdf
Itulah isu mengenai penerimaan mahasiswa gres UGM jalur UTUL untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Untuk isu lain yang diperlukan, maka sanggup dilihat di website resmi UGM. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku ialah yang ada di website resmi. Informasi ini bersumber dari http://um.ugm.ac.id
Selanjutnya, kembali ke artikel sebelumnya (Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM) atau baca artikel terkait lainnya di blog ini.
Demikian isu yang sanggup admin sampaikan kali ini. Mudah-mudahan isu tersebut bisa memperlihatkan pencerahan untuk calon mahasiswa UGM yang ingin mengikuti seleksi melalui jalur UTUL. Jangan lupa berguru semoga bisa lulus seleksi. Cukup sekian dan semoga sukses.