Pendaftaran Utm 2019/2020 (Universitas Trunojoyo Madura)

pmb.trunojoyo.ac.id 2019 — PMB UTM / UNIJOYO, Pendaftaran Mahasiswa Baru UTM, Pendaftaran UTM Online, Pendaftaran Online UTM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UTM, Panduan Pendaftaran UTM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UTM, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Trunojoyo Madura. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memperlihatkan gosip wacana Pendaftaran UTM 2019/2020 (Universitas Trunojoyo Madura). Dengan adanya gosip ini, diperlukan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melaksanakan registrasi sebagai mahasiswa gres UTM. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.
 Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Trunojoyo Madura Pendaftaran UTM 2019/2020 (Universitas Trunojoyo Madura)
Universitas Trunojoyo Madura atau yang dikenal dengan disingkat Unijoyo atau UTM yaitu Perguruan Tinggi Negeri yang beralamatkan di l. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura 16912, Jawa Timur, Indonesia.
Universitas Trunojoyo Madura (UTM) telah diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid.
Pada ketika ini, Fakultas dan kegiatan studi yang ada di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), yaitu :
  • Fakultas Hukum : Prodi Ilmu Hukum (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Prodi Manajemen (S2), Prodi Akuntansi Forensik (S2), Prodi Manajemen (S1), Prodi Akuntansi (S1), Prodi Ekonomi Pembangunan (S1),  Prodi Akuntansi Sektor Publik (D3), dan Prodi Enterpreneurship (D3), 
  • Fakultas Pertanian : Prodi Teknologi Industri Pertanian (S1), Prodi Agribisnis (S1), Prodi Agroekoteknologi (S1), dan Prodi Ilmu Kelautan (S1).
  • Fakultas Teknik :  Prodi Teknik Industri (S1), Prodi Teknik Informatika (S1), Prodi Teknik Elektro (S1), Prodi Manajemen Informatika (D3),  Prodi Mekatronika (D3), Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) : Prodi Sosiologi (S1), Prodi Sastra Inggris (S1), Prodi Ilmu Komunikasi (S1), dan Prodi Psikologi (S1).
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) : Prodi PGSD (S1), Prodi Pendidikan Informatika (S1), Prodi Pendidikan IPA, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, serta Prodi Pendidikan bahasa dan sastra indonesia.
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Keislaman (FIK) : Prodi Hukum Bisnis Syariah (S1) dan Prodi Ekonomi Syariah (S1)
Dari beberapa kegiatan studi yang ada di UTM tersebut, mugkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa gres UTM.
Bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa gres UTM, maka anda perlu megetahui salah satu gosip penting yaitu wacana jalut-jalur penerimaan mahasiswa gres UTM yang dibuka pada tahun ini.
Pada tahun ini UTM kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa gres melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. Penjelasan lebih lanjut mengenai jalur seleksi yang dibuka oleh UTM akan diberikan berikut ini.
A. Penerimaan Mahasiswa Baru UTM Jalur Seleksi Nasional
Jalur seleksi nasional yaitu jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres yang diselenggarakan secara eksklusif oleh Pemerintah. Dalam hal ini, Pemerintah bertindak sebagai panitia.
Ada beberapa jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Pemerintah yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi. UTM merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam seleksi jalur nasional tersebut.
1. Pendaftaran Jalur SNMPTN
SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi tanpa tes tertulis yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Seleksi dilakukan dengan didasarkan pada prestasi-prestasi akademik dan prestasi lain yang dimiliki siswa.
Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui 3 tahapan. Tahap pertama yaitu pengisian data sekolah atau data siswa di PDSS di alamat pdss.snmptn.ac.id oleh Kepala Sekolah, kemudian dilanjutkan verifikasi oleh siswa. Tahap kedua yaitu pemeringkatan. Tehap ketiga yaitu registrasi SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website resmi yaitu web.snmptn.ac.id , baca : Pendaftaran Web SNMPTN ac id

Tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jumlah pilihan Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi, daftar Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, dan lain-lain sanggup anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN
SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yaitu jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui ujian tertulis (CBT/PBT) untuk semua peserta dan ujian pelengkap berupa ujian keterampilan untuk peserta yang menentukan kegiatan studi bidang seni atau keolahragaan.
Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Calon peserta mengakses alamat tersebut untuk melaksanakan registrasi secara berdikari tanpa melalui pihak sekolah.
Untuk gosip panduan atau tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, krteria penerimaan, dan lain sebagainya sanggup anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.
3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi
Kekurangan ekonomi bukan menjadi alamsan untuk tidak kuliah. Pemerintah ketika ini telah berusaha untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang bisa untuk bisa kuliah dengan cara memperlihatkan tunjangan biaya pendidikan dan biaya hidup.
Pemberian biaya pendidikan dan biaya hidup tersebut dikenal dengan nama Bidikmisi.
Bagi anda yang ingin mendaftar Bidikmisi, maka terlebih dahulu harus mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolah. Selanjutnya sanggup melaksanakan registrasi Bidikmisi ke alamatresminya yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian pilih sajian siswa.
Bidikmisi yang sanggup dipilih yang ada di UTM yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN atau Bidikmisi jalur SBMPTN, namu apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Informasi lebih lanjut sanggup anda lihat eksklusif di website resmi UTM.
Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya sanggup anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Bidikmisi
B. Penerimaan Mahasiswa Baru UTM Jalur Seleksi Mandiri
Jalur berdikari merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres yang diselenggarakan secara eksklusif oleh Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Jalur berdikari UTM terdiri dari SMMUTM D3 dan SMMUTM Umum. Berikut klarifikasi selengkapnya.

1. Pendaftaran Jalur SMMUTM D3

SMMUTM D3 atau Seleksi Mandiri Masuk UTM D3 merupakan jalur seleksi masuk ke UTM melalui tes tertulis yang diperuntukkan bagi calon peserta yang ingin melanjutkan pendidikan kegiatan Diploma 3 di UTM.
Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulus jenjang Sekolah Menengan Atas / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
Pendaftaran direncanakan dibuka untuk 2 gelombang. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.trunojoyo.ac.id . Informasi lainnya sanggup dilihat eksklusif melalui alamat tersebut.

2. Pendaftaran Jalur SMMUTM Umum
SMMUTM Umum merupakan jalur seleksi berdikari masuk ke UTM yang dibuka untuk calon mahasiswa yang melanjutkan pendidikan jenjang Sarjana di UTM.
Sama ibarat pada jalur SMMUTM D3 di atas bahwa jalur ini diperuntukan bagi calon peserta lulusan Sekolah Menengan Atas / sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Untuk seleksi jalur SMMUTM Umum dilakukan melalui tes tertulis.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.trunojoyo.ac.id . Untuk gosip lainnya sanggup anda kanal melalui alamat tersebut.

Penting!!!

Untuk gosip mengenai penerimaan mahasiswa gres UTM yang belum dimuat disini, maka sanggup anda lihat eksklusif di website resmi UTM, atau apabila perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku yaitu yang ada di website resmi UTM.

Baca juga :

Demikianlah gosip wacana Pendaftaran UTM (Universitas Trunojoyo Madura). Semoga gosip tersebut bermanfaat dan juga bisa memperlihatkan pencerahan untuk anda semua.
Admin selaku pengurus web ini turut serta mendoakan yang terbaik untuk anda semoga bisa lulus seleksi. Selain itu, admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengujung setia yang telah meluangkan waktunya untuk membaca disini. 
Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo turut menyebarkan (G+1) atau share (fb) gosip ini pada teman lainnya.