Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Resmi Dibuka Hari Ini, Cek Cara Daftar dan Syaratnya

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Resmi Dibuka Hari Ini, Cek Cara Daftar dan Syaratnya – LTPMT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi telah mengumumkan tanggal pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020. Menurut pengumuman LTPMT, pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 akan dibuka mulai tanggal 2 Juni 2020 dan ditutup tanggal 20 Juni 2020. Dengan pengumuman tersebut, tentunya anda juga harus segera mempersiapkan segala persyaratan dan harus mengetahui bagaimana sistematika pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Simak penjelasan Mamikos berikut ini untuk cara daftar dan syarat pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.

Cara dan Syarat Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

unsplash.com

Untuk anda yang sedang bersedih karena belum diterima PTN idaman melalui SNMPTN 2020, kesempatanmu masih terbuka lebar di UTBK-SBMPTN 2020. Setelah sebelumnya mengalami penundaan, pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 diumumkan akan dibuka mulai tanggan 20 Juni 2020. Penundaan tersebut menyusul dengan kebijakan pemerintah terkait protokol pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Berikut anda bisa simak selengkapnya tentang pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.

Ketentuan Umum, Persyaratan, dan Tahapan UTBK-SBMPTN 2020

LTPMT sebagai lembaga penyelenggara UTBK-SBMPTN 2020 telah merilis daftar ketentuan, persyaratan, dan tahapan UTBK-SBMPTN 2020 yang bisa anda ikuti. Semua ketentuan yang telah dirilis memiliki beberapa penyesuaian mengingat bahwa sedang terjadi pandemi Covid-19. Berikut ini penjelasan Mamikos tentang ketentuan umum, persyaratan, dan tahapan UTBK-SBMPTN 2020.

Ketentuan Umum, Persyaratan, dan Tahapan UTBK

Ketentuan Umum

anda hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2020 sebanyak satu kali. Hasil UTBK 2020 nantinya akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2020 dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri.

Persyaratan

  1. anda adalah siswa SMA/MA/SMK Kelas XII yang telah lulus pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020.
  2. Kalau anda adalah siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019 anda juga diperbolehkan mengikuti pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020.
  3. anda wajib untuk mengikuti satu kali tes UTBK.
  4. Jangan lupa juga untuk membayar biaya UTBK.

Tahapan Mengikuti UTBK

  1. Mulailah dengan melakukan registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 17 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Selanjutnya, anda bisa login dengan menggunakan username atau email anda dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Pilih bagian menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Lanjutkan dengan memilih bagian menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. anda bisa membayar biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar
  6. Kuliah (KIP-K). anda harus melakukan pembayaran harus dilakukan paling lambat 2 x 24 jam. Jika lebih dari waktu yang ditentukan, maka anda harus mengulang pendaftaran dari awal.
  7. Setelah membayar, login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  8. Setelah menyelesaika semua prosedur pendaftaran, anda bisa mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Ketentuan Umum, Persyaratan, dan Tahapan SBMPTN

Ketentuan Umum

Untuk anda yang belum tahu, SBMPTN 2020 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN atau PTKIN di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Seleksi tersebut dilakukan di bawah koordinasi LTMPT dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau kombinasi hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan oleh PTN.

Persyaratan

  1. anda adalah siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2020, atau lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019, atau lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.
  2. Bagi anda siswa SMA/MA/SMK/Sederajat yang telah lulus tahun 2020 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri anda dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Bagi anda siswa SMA/MA/SMK/Sederajat yang lulus tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 harus sudah memiliki ijazah.
  4. anda juga diwajibkan memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran SBMPTN 2020 dan proses studimu di PTN nanti.
  5. Memiliki Nilai UTBK 2020 yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti tes UTBK 2020.
  6. Pastikan anda sudah mempunyai akun di LTMPT.
  7. Jika anda lolos jalur SNMPTN 2020, anda tidak diperbolehkan mengikuti SBMPTN 2020.

Tahapan Mengikuti SBMPTN

  1. Pendaftaran SBMPTN 2020 akan dilakukan secara online melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. anda bisa melanjutkan dengan mengisi biodata. Jika anda sudah terdaftar di SNMPTN 2020 anda bisa melewati tahap ini.
  3. Lanjutkan dengan memilih PTN dan program studi yang anda inginkan dengan ketentuan bahwa anda dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  4. Jika anda memilih program studi bidang seni atau olahraga, anda wajib mengunggah portofolio yang sudah ditentukan oleh program studi pilihanmu. Tata cara pengisian borang portofolio bisa anda unduh dari laman https://download.ltmpt.ac.id.
  5. Jika dibutuhkan, jangan lupa untuk mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2020.

Cara Daftar UTBK-SBMPTN 2020

Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dibagi menjadi dua tipe dengan penjelasan sebagai berikut.

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A

Pendaftaran Tipe A adalah pendaftaran berbayar yang diperuntukkan bagi pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK. Berikut tahapannya.

  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun: (a) tahap I (2 Desember 2019 – 10 Januari 2020) atau (b) tahap II (17 Februari – 5 April 2020).
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.
  8. Membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah dimiliki dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Lihat dan baca petunjuk tata cara pembayaran di laman https://www.ltmpt.ac.id. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal.
  9. Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK-SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id untuk menuntaskan proses pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  10. Mengisi jenis jurusan SMTA.
  11. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  12. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  13. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  14. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B

Pendaftaran Tipe B adalah pendaftaran tidak berbayar yang diperuntukkan khusus bagi pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud. Berikut tahapannya.

  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun: (a) tahap I (2 Desember 2019 – 10 Januari 2020) atau (b) tahap II (17 Februari – 5 April 2020).
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mengisi jenis jurusan SMTA
  8. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  9. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  10. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  11. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan UTBK-SBMPTN 2020

anda masih bingung dengan kelompok program studi dan jumlah pilihan yang harus anda ambil saat pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 nanti? LTPMT telah mengeluarkan ketentuan untuk pemilihan program studi di UTBK-SBMPTN 2020 nanti. Berikut penjelasannya.

  1. Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta SBMPTN 2020 dapat memilih program studi di PTN mana pun.
  5. Program studi, daya tampung per PTN tahun 2020, dan nilai UTBK per program studi PTN tahun 2019 dapat dilihat di laman https://www.ltmpt.ac.id.

Materi UTBK-SBMPTN 2020

Selama ini anda mungkin tahu bahwa materi tes UTBK-SBMPTN 2020 adalah TKA DAN TPS. Tetapi, sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19 maka tes UTBK-SBMPTN 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes TPS ini akan digunakan untuk mengukur kemampuan kognitifmu.

Kemampuan kognitif tersebut meliputi kemampuan penalaran, pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan penalaran yang dimaksud berkembang melalui proses belajar dan transfer dari pengalaman-pengalaman yang anda dapatkan selama di sekolah maupun di luar sekolah.

Jadwal Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020

Setelah anda tahu semua ketentuan dan syarat yang dibutuhkan untuk UTBK-SBMPTN 2020, kini saatnya anda mendaftar UTBK-SBMPTN 2020. Berikut adalah timeline atau jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 agar anda tidak ketinggalan.

  1. Pendaftaran Akun LTMPT: 17 Februari – 5 April 2020
  2. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 2 Juni – 20 Juni 2020
  3. Pelaksanaan UTBK: 5 – 12 Juli 2020
  4. Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

Nah, apakah anda sudah siap mengikuti UTBK-SBMPTN 2020? Pastikan tidak ada satu pun informasi yang terlewat, ya! Jangan pernah berhenti berusaha dan berdoa agar UTBK-SBMPTN 2020 yang akan anda jalani nanti lebih lancar.  Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close